Siapa Sih Marga Hutasoit

Siapa Sih Marga Hutasoit?

Salam #MasBro #MbakBro

Marga Hutasoit itu sama dengan marga apa aja?
Marga Hutasoit itu asalnya darimana?

Berkaitan sama Marga Hutasoit ini, kita akan membahas rangkaian marga keturunan Toga Sihombing yaitu…
a. Siapa Sih Marga Silaban?
b. Siapa Sih Marga Lumbantoruan?
c. Siapa Sih Marga Nababan?
d. Siapa Sih Marga Hutasoit?

Baiklah mari kita lanjut …

Siapa Sih Marga Hutasoit?

Hutasoit merupakan salah 1 marga yang ada pada suku Batak (Batak Toba). Hutasoit yang diberi gelar Borsak Bimbinan adalah anak ke empat atau bungsu dari Toga Sihombing.

Menurut sejarah bangsa Batak, dahulu Toga Sihombing bermukim di Pulau Samosir kemudian merantau ke daerah Tipang (daerah pantai selatan Danau Toba).

Daerah Tipang kemudian diabadiin sebagai daerah asal dari keempat anak Toga Sihombing yaitu Borsak Junjungan SilabanBorsak Sirumonggur LumbatoruanBorsak Mangatasi Nababan dan Borsak Bimbinan Hutasoit.

Kemudian keempat anak Toga Sihombing merantau ke dataran tinggi Humbang. Hutasoit sendiri menempati beberapa wilayah di Humbang Habinsaran (Siborong-borong).

Hutasoit yang diberi gelar Borsak Bimbinan adalah anak ke empat atau bungsu dari Toga Sihombing.

Menurut Sejarah Toga Sihombing dahulu bermukim di Pulau Samosir kemudian merantau ke daerah Tipang.

Tipang kemudian menjadi diabadiin sebagai daerah asal dari keempat Anak Toga Sihombing: SilabanLumbantoruanNababan, dan Hutasoit kemudian keempat anak Toga Sihombing merantau ke dataran tinggi Humbang.

Hutasoit menempati beberapa wilayah di Humbang Habinsaran (Siborong-borong).

01. Asal usul

Secara umum Hutasoit menganggap Siborong-borong menjadi bonapasogit.

Dari daerah ini mereka menyebar ke wilayah:

Hutasoit tersebar dari Tipang naik ke dataran tinggi Humbang ke Negeri Lintongnihuta di desa Sigumpar dan Desa Hutasoit. dan ke Negeri Butar dan kemudian ke Negeri Siborongborong, yaitu di Desa Pardomuan dan Desa Siaro/silaitlait.

Keturunan keempat borsak ini secara bersamasma tinggal bedampingan di Dataran Humbang. Di Negeri Lintongnihuta keempat borsak itu memiliki desa dan juga di Negeri Siborongborong.

Desa-desa di Negeri Lintongnihuta kebanyakan di tempati Lumbatoruan, antara lain : Desa Parulohan, Sibntuon, Lumbajulu, Sigompul dan Siguriguri.

Desa lain ada desa Hutasoit dan Sigumpar di tempati Marga Hutasoit dan Negeri Silaban di tempati marga Silaban dan Negeri Nagasaribu di tempati marga Nababan.

Demikian juga di Negeri Butar,keempat borsak itu ada disana; Butar toruan tinggal Nababan dan Butar dolok tinggal Lumbantoruan, silaban, Hutasoit. Desa di Negeri Siborongborong di tempati Hutasoit antara lain di Lumban Pea, di Pardomuan, di Siaro, di Silaitlait dan di pusat kota siborongborong.

Dari Siborongborong Marga Hutasoit menyebar ke Pangaribuan dan Ke Silindung dengan namain marga Sihombing (memakai marga Sihombing bukan Hutasoit)

02. Submarga Hutasoit

Pada generasi keenam, Hutasoit dibagi dalam 2 submarga, yakni…

  1. Sunggu Parbaja
  2. Parpati Toba.

Berikut sejarah keturunanya per generasi:

  1. Borsak Bimbinan (Generasi I) anaknya 1 diberi nama: O.Raja Ginaung (Generasi II).
  2. Anak dari Raja Ginaung juga puna anak 1, namanya: O. Raja Dibabana (Generasi III).
  3. Anak dari O.Raja Dibabana juga 1, bernama: O. Lanok Nabolon (Generasi IV).
  4. Anak dari generasi ke empat ini baru ada 2, yaitu: Saribugaja dan O. Hundulbatu (Generasi VI).
  5. Anak dari O. Hundul Batu ada 2, yaitu: 1. Sunggu Parbaja dan 2. Parpati Toba.

Catatan: Keturunan dari Saribugaja ga diketahui?

03. Padan (perjanjian) dengan Marga lain

Hutasoit memiliki perjanjian buat ga saling menikah dengan : Sihotang – Marsoit.

Sihotang Marsoit adalah yang dilahirin boru Manik istri dari Sihotang. Anak itu diberi nama Marsoit oleh ibu yang melahirannya.

Pemberian nama ini adalah sebagai kenangan baginya bahwa Marsoit itu adalah anak yang dikandung dari marga Hutasoit. Hubungan boru Manik dengan Hutasoit terjadi ketika Sihotang ninggalinnya.

Beberapa tahun kemudian setelah ada hubungan boru Manik dan Hutasoit, pulanglah Sihotang ke rumahnya.

Demikian juga Hutasoit terpaksa melarikan diri ninggalin boru Manik, karna perkawinan mereka ga resmi. Sihotang menerima “Langge na do na tubu di porlakna”.

Langge adalah sejenis tumbuhan yang dapat berkembang sampai di luar perbatasan tanah. Tanaman itu menjadi milik dari pemilik tanah itu, walaupun bukan dia yang menenanam.

Karna kejadian itu Sihotang Marsoit dan Hutasoit merasa ada hubungan 1 darah dan memutuskan ga boleh kawin kedua marga itu.

Tokoh Marga Hutasoit

  1. Justin Hutasoit Ephorus HKBP tahun 1942- 1962.
  2. Manixius Hutasoit, Sekjen P & K dan Bapenas, sekaligus salah 1 tokoh Parkindo, berasal dari Sumatera Utara
  3. Ruyandi Hutasoit, Ketua Umum Partai Damai Sejahtera.
  4. Jansen Humuntal Hutasoit, mantan Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi Peternakan dan Perikanan dalam Kabinet Pembangunan IV.
  5. Potsdam Hutasoit, anggota MPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
  6. Lambok Hutasoit, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia.
  7. Abraham Lincoln Hutasoit, Ephorus Gereja Kristen Protestan Angkola.
  8. Edward Hutasoit, Newlywed!
  9. Alfred Hutasoit , Veteran BRI, Pinca termuda di usia 20thn pada thn 60-an,Anggota Partai Demokrat.
  10. Posma Sariguna J.K. Hutasoit, ahli ekonomi pertahanan.
  11. P.S Hutasoit jaksa penuntut sidang G30S/PKI. Kepala kejaksaan negeri beberapa wilayah di pulau sumatera.
    Penerima piagam kehormatan secara langusung oleh presiden RI soeharto

Cerita Tentang Hutasoit

1. …
2. …
3. …

Ada juga yang nanya

Hutasoit marga apa?
Marga Sihombing agama apa?
Silaban masuk marga apa di Karo?
Nababan batak apa?
Nababan masuk marga apa saja?
Apakah 1 marga dalam adat Batak boleh menikah?
Marga Batak apa saja?
Sihombing masuk apa aja?
Apa arti dari Sihombing?

Marga yang terkait
Silaban, Lumbantoruan, Nababan, Hutasoit

Google mesin mencarinya
kekitaan adalah sumbernya
Disini #MasBro #MbakBro bisa meminta dicariin informasi apapun … hmm yang positif
Silahkan ngobrol sama kita ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
hkbp.or.id dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
hupelita.com dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020id.wikipedia.org dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
kepustakaan-presiden.pnri.go.id dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
mail-archive.com dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
mpr.go.id dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
partaidamaisejahtera.com dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
silaban.net dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
pikiran-rakyat.com dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020
suarapembaruan.com dibaca 16:42 WIB pada hari Selasa tanggal 14 April 2020

Kata kunci lain yang sering dicari…
Borsak Junjungan SilabanBorsak Sirumonggur LumbatoruanBorsak Mangatasi NababandanBorsak Bimbinan HutasoitSilaban, Borsak JunjunganBorsak SirumonggurBorsak MangatasiBorsak BimbinanSilabanLumbantoruanNababan, Hutasoit, lagu mars hutasoithutasoit menterimarga yang masuk ke sihombingirish hutasoit wikipediasihombing masuk marga apa ke karopadan marga nababanmarga bataksilaban masuk marga apa di karo, 

Comments

Leave a Reply