Growth Mindset : Membangun Pola Pikir Pertumbuhan Untuk Sukses

Growth mindset adalah salah satu pola pikir dimana dia lebih berfikir secara bertumbuh. Contohnya ketika seorang Growth Mindset dihadapkan kepada salah satu kesulitan ia akan bertanya kepada dirinya sendiri “kenapa aku terlewat yah? kenapa aku tidak bisa? apa yang aku kurang pelajari.” Dibandingkan dengan orang yang Fixed Mindset yang langsung memberikan asumsi bahwa “aku tidak bisa di bagian ini”.

Dalam perjalanan mencapai impian dan cita-cita, pola pikir yang kita miliki memainkan peran kunci. Salah satu konsep yang muncul sebagai kunci kesuksesan adalah pola pikir pertumbuhan atau “growth mindset”. Dalam setiap langkah kita, penting untuk tidak hanya menghadapi tantangan, tetapi juga membentuk pola pikir yang mampu tumbuh seiring waktu.

Sumber : Jadiberita.com

Mari kita kenali lebih dalam perbedaan antara pola pikir Growth Mindset dan Fixed Mindset. Seseorang dengan pola pikir tetap mungkin berkata pada dirinya sendiri, “Saya tidak bisa melakukannya” ketika menghadapi tantangan. Sebaliknya, individu dengan pola pikir pertumbuhan akan berpikir, “Saya pasti bisa melakukannya” meskipun hanya dengan belajar selama 5 menit. Ini adalah langkah awal yang krusial dalam membangun dasar pola pikir yang dapat membawa kita menuju kesuksesan.

Jika kita membicarakan pembelajaran atau mencapai cita-cita, kita harus merancang langkah-langkah kecil yang dapat membantu kita mencapainya. Pola pikir yang positif akan mendorong kita untuk memiliki strategi dan komitmen harian untuk mencapai tujuan kita. Contohnya, jika kita bercita-cita menjadi seorang pengusaha, penting untuk mengikuti langkah-langkah yang relevan dengan tujuan tersebut. Apa yang kita pilih untuk lihat, dengar, dan pikirkan akan mempengaruhi bagaimana kita melihat diri kita sendiri dan kemungkinan kesuksesan kita.

Kunci untuk mengembangkan pola pikir pertumbuhan adalah tekad untuk selalu tumbuh dan berusaha menjadi lebih baik setiap hari. Memberikan waktu untuk belajar adalah langkah awal yang penting. Ketika kita menghadapi kesulitan, kita harus mengingat bahwa sulit adalah sesuatu yang wajar. Pertanyaan yang perlu kita tanyakan pada diri sendiri adalah, “Mengapa orang lain bisa melakukannya?” Jawabannya seringkali terletak pada kesediaan mereka untuk menyediakan waktu untuk mencapai tujuan mereka.

Saat kita berkomitmen untuk menyediakan waktu untuk belajar, kita membuka pintu untuk pertumbuhan. Kesulitan dan kegagalan bukan akhir dari segalanya; sebaliknya, mereka adalah pelajaran berharga yang membentuk kita. Jika kita membuat kesalahan, janganlah berhenti di situ. Sebaliknya, pelajari dari kesalahan tersebut dan lanjutkan perjalanan menuju tujuan kita.

Sumber : Linkeidn.com

Tidak peduli seberapa besar rintangan yang kita hadapi, kita harus yakin bahwa kita bisa terus berkembang. Saat satu rencana tidak berhasil, lanjutkan dengan rencana lainnya. Ingatlah, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tetapi hanyalah batu loncatan menuju kesuksesan. Sediakan waktu untuk mencoba hal-hal baru, dan jangan ragu untuk terus belajar.

Pentingnya memiliki pola pikir pertumbuhan bukan hanya tentang mencapai tujuan tertentu, tetapi juga tentang perjalanan menuju penemuan diri dan potensi tersembunyi yang kita miliki. Dengan tekad, kedisiplinan, dan keyakinan bahwa kita dapat terus berkembang, kita dapat membentuk kehidupan yang penuh prestasi dan kepuasan.



Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply