Cara Masukin Gambar ke WordPress

👁️27x   💬0   🕗01:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Salam #MasBro #MbakBro

Nambahin gambar ke WordPress itu satu hal yang bisa dilakuin buat optimalin info di website. Informasi itu bisa bentuknya logo yang biasanya ada di bagian header web, gambar bentuk icon yang biasanya muncul di browser, background image di halaman web, gambar iklan di banner, ato foto ilustrasi buat nguatin artikel di website.

Semua gambar yang masuk ke halaman website itu selain bisa ngejelasin identitas website ato isi artikel yang ditulis, gambar juga fungsinya sebagai sumber trafik website lewat google search image. Makanya banyak blogger ato webmaster yang pake gambar untuk optimalin mereka punya website.

Website tanpa image itu emang bakalan bikin loadingnya lebih cepat, karena ya gambar itu bisa bikin berat websitenya running. Tapi tuh kalo web tanpa gambar tuh ibarat makan sayur tanpa garam ato micin. Hampa euy. Bosan karena ya yang diliatnya text mulu

Ada banyak cara yang bisa kita lakuin biar gambar yang kita pake itu bikin website kita lebih optima. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita pake buat nambahin gambar dan optimalinnya ke website:

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

1. Siapin materi gambar yang bakalan diupload

Nyiapin materi gambar yang bakalan kita upload ke halaman worpress itu bisa dibilang sebagai langkah yang penting dan kudu dipikirin secara matang. Sebisa mungkin pake gambar hasil karya sendiri biar ga ngelanggar hak cipta punya orang laen. Tapi kalo misalnya pake gambar punya yang lain, jangan lupa sertai juga ya sumber dari gambarnya. Disaranin sih pastiin kalo gambarnya itu boleh dipake buat website.

Ada banyak sumber gambar yang bisa dipake dengan gratis. Gambar-gambar itu biasanya punya beberapa jenis lisensi Creative Common. Contohnya kita bisa pake foto itu dengan gratis, tapi kita kudu kasih atribusi berupa kredit ke fotografer ato link balik ke sumber si foto. Oya, Creative Common juga punya lisensi yang benar – benar ga perlu buat kita kasih atribusi apa-apa loh. Asyik! Contoh website yang bisa kasih gambar gratis itu kaya, pixabay.com, unsplash.com, freeimages.com, lifeofpix.com dan beberapa gambar di Flickr dan juga goole image lho!

Baca juga: Pembahasan Film Alive 2020 Pembahasan Film Greenland 2020 

a. Pilih gambar yang terbagus
Pas kita bakalan nambahin gambar ke halaman artikel kita, usahain ya pilih gambar yang paling kece dan berhubungan sama artikel yang kita tulis. Gambar yang bagus itu biasanya punya resolusi besar, komposisi warnya ga bikin sakit mata dan bisa langsung nge-grab perhatian orang.

b. Gambar yang diupload
Abis kita udah putuskan mau pake gambar yang mana, ganti nama file gambarnya sesuai sama isi gambar. Baiknya kalo nama gambarnya itu mengandung kata kunci dari artikel yang kita bikin. Biasanya itu nama file gambar yang dihasilin dari kamera itu terdiri dari huruf dan angka, nah bagian kita itu ubah nama filenya jadi lebih informatif misalnya kalo kita bikin artikel tentang SEO, nama filenya dibuat jadi foto-jasa-SEO.jpg.

c. Kompres gambar sekecil mungkin tapi masih tetap nyaman dilihat
Dengan kita nambahin gambar ke wordpress dengan ukuran yang gede, emang bikin gambarnya keliatan cakep dan enak buat dilihat. Tapi, tau ga sih kalo gambar yang besar itu bisa bikin loading halamannya jadi berat, hingga bisa bikin para pengunjung website jadi kurang nyaman. Nah solusinya itu kita bisa kompres gambarnya jadi ukuran yang lebih kecil. Kita bisa pake software kaya Photoshop dan Photoscape. Ato mungkin pake plugin wordpress macam WP Smush.it, Imsanity dan lain sebagainya. Abis itu setelah gambarnya udah ready, langsung aja tambahin gambarnya ke wordpress, entah itu lewat halaman postingan atopun lewat media library.

2. Nambahin gambar lewat Media Library

Media library itu adalah tempat penyimpanan semua media yang kita upload ke WordPress, entah itu bentuknya file video, suara, gambar maupun dokumen. Lewat media library inilah kita bisa nambahin gambar yang bakalan dipake sebagai logo website, icon, atopun postingan website. Biar bisa nambahin gambar lewat media library itu, kita tinggal masuk ke bagian  Dashboard WordPresstrus pilih Media lalu Add New. Kemudian kita bakalan liat halaman Pop-up buat nge-upload media baru. Kita bisa pilih gambar di folder komputer lewat tombol Select Files ato juga dengan cara Drop Files ke dalam area yang ditandai dengan garis putus-putus. 

Gimana Cara Masukin Link Url ke Dalam Gambar - kursus SEO GRATIS
Gimana Cara Masukin Link Url ke Dalam Gambar - kursus SEO GRATIS,

Kalo pas kita lagi ketemu kendala untuk nambahin gambar, kita bisa pake Browser uploader bawaan WordPress dengan cara tekan link text di bagian bawahnya. Caranya gampang banget, tekan tombol Choose File buat pilih file di folder komputer, abis itu tekan Upload. Kelar deh!

3. Nambahin gambar lewat halaman post ato page

Khusus buat halaman postingan, selain kita bisa nambahin gambar lewat Media Library, kita juga bisa nambahin gambar lewat halaman post ato page secara langsung. Caranya itu, kita bikin halaman postingan baru ato buka postingan yang udah ada, abis itu klik di teks di mana kita pengen nambahin konten gambarnya. Kemudian klik di tombol Add Media pada menu editor.

Abis itu bakalan muncul halaman pop-up kaya di gambar ini :

  • Insert Media/ Tambahkan Media : Untuk nambahin gambar ato media baru ke halaman WordPress
  • Create Gallery/ Buat Galeri : Untuk bikin galeri ato kumpulan foto di dalam halaman website
  • Create Audio Playlist/ Buat Daftar Audio Putar: Untuk bikin list audio yang bakalan ditambahin ke halaman website
  • Create Video Playlist/ Buat Daftar Video Putar:  Untuk bikin list video yang bakalan ditambahin ke halaman website
  • Feature Image/ Gambar Andalan : Buat nambagin gambar tumbnail ke halaman website
  • Insert from URL/ Sisipkan dari URL : Buat nambahin gambar dari URL ato website lain yang udah ada.

Untuk nambahin gambar, pilihlah Insert Media –> tab Upload Files –> klik tombol Select file untuk ambil file di komputer, ato kita bisa juga drag gambarnya dari folder komputer ke area itu, dan bakalan otomatis ke upload.

Abis proses upload kelar, bakalan muncul gambar yang ditandai sama tanda centang biru di pojok gambar beserta data gambar yang ada di sebelah kanan. Data gambar itu biasanya berbentuk alamat URL, tanggal kita upload, ukuran dari gambarnya, serta dimensi gambar.

Setelah kelar gambarnya ke upload, kita udah bisa masukin gambarnya ke halaman postingan kita dengan tekan tombol Insert into post ato Sisipkan ke dalam pos.

4. Optimalin gambar di mesin pencari

Dengan langkah-langkah yang udah kita bahas diatas, sebenarnya kita udah berhasil nambahin gambar ke WordPress. Tapi kalo kita pengen optimalin gambarnya di google search, kita kudu kasih deskripsi gambarnya dengan lengkap ya. Ngasih deskripsi yang lengkap ke gambarnya bisa langsung pas kita upload gambarnya ato bisa pas kita lagi edit gambar yang udah ada. Nah, buat beberapa keterangan gambar yang baik itu, mesti perhatiin beberapa hal dibawah ini ya.

  • Title : Judul gambar yang dengan otomatis bakalan ngikutin nama file yang kita upload. Kita bisa ganti Title ini sesuai sama isi gamba dan isi artikel yang kita tulis.
  • Permalink : Nama alamat URL gambar, biasanya tuh nama permalink yang otomatis sama kaya nama file yang kita upload, jadi itu sebelum upload gambarnya pastiin dulu nama file nya udah sesuai sama isi gambar dan artikel yang kita bikin.
  • Caption : Keterangan gambar yang bakalan muncul di postingan, letaknya ada di bagian bawah gambar.
  • Alternative Text : Sering disingkat Alt Tag yaitu kalimat singkat yang di taro di gambar yang fungsinya sebagai keterangan gambar yang ditujukan buat Search engine spider. Memang sih Alt Tag ini ga keliatan dihalaman web, tapi bisa di baca di bagian kode HTML.
  • Description : Penjelasan yang lebih rinci berkaitan gambar yang kita upload.

Selain bisa ngatur informasi gambar kaya yang disebutin diatas, kita juga dikasih wewenang buat ngatur tata letak gambar di WordPress, yaitu :

  • Alignment : Pilihan menu buat ngatur posisi gambar di website. Bentuknya itu bisa rata kiri, kanan, tengah.
  • Link to : Pilihan buat menghubungkan gambar itu, yang kalo di klik bakalan diarahin ke URL gambar, website lain.
  • Size : Pas kita upload gambar, WordPress nyiptain beberapa copy-an gambar dalam beragam ukuran. Buat di tunjukin ke halaman postingan, kita bisa pilih ukuran thumbnail, ukuran sedang maupun gambar penuh.

Nah itu sudah penjelasan tentang gimana sih cara untuk masukin gambar ke dalam artikel ato postingan kita yang ada di WordPress. 

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
Pengalaman Penulis
bukugue.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
pandagila.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
databoks.katadata.co.id dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari …
tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,
Cara Masukin Gambar ke WordPress


Terbit

dalam

,

oleh

Comments

Leave a Reply