Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Apa saja sih fenomena alam unik di Dunia?

Salam #MasBro #MbakBro

Fenomena alam merupakan peristiwa yang terjadi bukan akibat perilaku manusia melainkan fenomena yang terjadi secara alami dalam pandangan fisika. Tak hanya memberikan pemandangan yang indah kadang fenomena pada alam juga membuat takjub akan keanehan yang terjadi. Fenomena-fenomena apa aja sih yang sudah terjadi di Dunia ini?

Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

Fenomena-fenomena alam berikut ini memang sangat unik, indah dan terkadang menegangkan. Fenomena alam yang terjadi di beberapa tempat kadang membingungkan nalar. Ini adalah fenomena alam paling aneh yang pernah terjadi di bumi. 

1. Brinicle (Tornado Es Bawah Laut)

 Fenomena Brinicle, Tornado Es Bawah Laut ! – Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

Es bawah air ini terbentuk di lautan es di Kutub Utara dan Selatan, di mana air asin dilepaskan oleh air saat membeku menjadi es laut. Selama musim dingin suhu di atas laut -20 derajat Celcius sedangkan suhu air laut hanya -1,9 derajat Celcius. Air asin es ini mengalami pembekuan dan membentuk pipa es hingga menekan salur air asin ke dasar laut karena suhu yang sangat dingin.

Brinicles perlahan akan stabil dengan air asin di bawah titik nol terus meluncur ke bawah dan es baru terbentuk di sekitarnya. Air asin terus melakukan perjalanan sampai mencapai titik terendah lautan, di mana ia dapat mulai berkumpul dan makhluk laut dalam yang menyimpang ke dalamnya mungkin menemukan diri mereka terperangkap saat es terbentuk di sekelilingnya. Fenomena brinicle ini sangat berbahaya bagi makhluk hidup di sekitarnya, dapat menyebabkan kematian banyak organisme air di dekatnya

2. Underwater Rivers (Sungai dibawah Laut)

 Sungai Bawah Laut- Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh Mr.Contedu, dimana beliau menemukan suatu keanehan, bahwa didalam lau terdapat air tawar yang tidak tercampur dengan air laut. Apabila di lihat dari daratan, angelita terlihat seperti lobang kolam renang biasa, tetapi ketika kamu menyelam di kedalaman hamper 33 meter, kamu dapat melihat sungai dibawah laut ini.

Terletak di Cenote Angelita, Mexico, sungai bawah laut ini terjadi karena beberapa zat seperti hidrogen sulfur menyatu dengan sebagian air. Air yang tercampur tersebut akhirnya jatuh dan membentuk aliran yang terpisah. Ada juga yang menyebutkan bahwa fenomena ini terjadi karena lubang tersebut dipenuhi dengan air hujan, dimana kita tahu bahwa air sungai itu merupakan air tawar. Sungai ini terjadi Ketika air tawar bertemu dengan air asin.

3. The Everlasting Storm (Petir Abadi)

Petir Abadi - Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

Terjadi di salah satu daerah sungai di negara Venezuela, petir menyambar lebih sering daripada yang terjadi di seluruh wilayah di dunia dan pemandangan tersebut terjadi setiap tahun. Intensitas terjadinya petir di wilayah Catatumbo ini terus keluar hingga 160 hari dalam setahun, 10 jam per hari dan 280 kali per jam.

Kekuatan dari petir yang menyambar di danau Maracaibo, Catatumbo tentu saja sangat besar. Intensitas listrik yang dihasilkan oleh petir di sana bisa sampai 400.000 ampere dan itu terjadi terus menerus hampir setiap hari. Everlasting storm yang terjadi di danau Maracaibo itu disebabkan oleh gesekan angin dan awan dari pegunungan Andes yang membujur sepanjang Amerika Selatan. Selain itu adanya konfigurasi angin dan iklim tropis di Maracaibo menjadikan wilayah ini ideal sebagai tempat terjadinya petir abadi.

Baca Juga
1. Misteri dan Mitos Gunung di Indonesia
2. Budaya Indonesia yang Mendunia

4. Midnight Sun (Matahari Tengah Malam)

 Midnight Sun - Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

Untuk mereka yang cukup berani untuk menjelajah jauh ke belahan bumi utara planet Bumi dan melintasi Lingkaran Arktika, ada banyak fenomena menakjubkan yang terjadi. Svalbard adalah salah satu tempat di Norwegia di mana matahari tengah malam akan terjadi dalam periode terpanjang. Selain Svalbard beberapa area utama lain di Norwegia Utara yang mengalami midnight sun adalah Helgeland, Bodo dan Salten, Lofoten dan Vesteralen, Troms, dan Finnmark.

Di wilayah Svalbard ini matahari tidak akan terbenam antara 20 April hingga 22 Agustus. Bumi berputar pada sumbu relatif miring terhadap matahari. Dan selama bulan-bulan musim panas, Kutub Utara miring ke arah sinar matahari kita. Kemiringan itulah yang membuat matahari tidak pernah terbenam di atas Lingkaran Arktik selama beberapa minggu.

5. Aurora Borealis (Cahaya Utara)

Aurora Borealis - Aneh Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Unik di Dunia

Aurora Borealis terjadi saat adanya koalisi antara partikel gas di atmosfer bumi dan partikel listrik yang dipantulkan oleh matahari. Aurora menampilkan banyak warna, tetapi yang paling sering muncul adalah warna hijau muda dan pink. Warna merah, kuning, hijau dan biru telah beberapa kali muncul pula. Cahaya dari Aurora menampakkan bentuk berbagai macam seperti: wajah cantik seorang perempuan, wajah menakutkan seperti monster, bentuk pita, busur panah, dll.

Syarat utama untuk menyaksikan fenomena ini yaitu berada di lokasi yang gelap (tidak ada polusi cahaya) dan kondisi langit yang cerah (tidak berawan). Di Islandia banyak hotel di luar kota yang ideal untuk menyaksikan indahnya phenomena Aurora Borealis. Oleh karena itu, tidak lah mengherankan apabila Islandia menjadi tempat paling ideal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan pemburu cahaya Aurora.

Kesimpulan

Fenomena-fenomenanya sangat unik. Ada yang pernah kesana?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 20:20 WIB pada Hari Minggu tanggal 30 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Fenomena Alam Unik di Dunia, Brinicle (Tornado Es Bawah Laut), Underwater Rivers (Sungai dibawah Laut), The Everlasting Storm (Petir Abadi), Midnight Sun (Matahari Tengah Malam), Aurora Borealis (Cahaya Utara), Fenomena Alam, Fenomena Unik, 

Comments

Tinggalkan Balasan