6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia.

6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Tau gak apa aja sih misteri dan mitos gunung-gunung di Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro
Tak hanya indah, gunung di Indonesia ini memiliki mitos hingga kisah seram. Setiap gunung di Indonesia tentunya memiliki cerita dan mitos masing-masing. Apa aja ya misteri dan mitos gunung-gunung di Indonesia? 

6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Banyak tempat di Indonesia yang kerap dikait-kaitkan dengan mitos, termasuk gunung-gunung ini. Kamu harus tahu mitos di beberapa gunung favorit Indonesia. 

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi - 6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Gunung yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta ini banyak beredar kisah mistis di tanah yang akrab dengan Keraton Mataram. Sebelum mencapai puncak gunung kamu harus melewati daerah bebatuan dan berpasir yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah. Eyang Sapu Jagad dan Mbah Petruk menjadi pesohor untuk makhluk gaib dari Gunung Merapi, namanya sangat terkenal dan akrab di telinga para pendaki. Konon katanya Kraton Yogyakarta sering memberikan sesaji agar Eyang Sapu Jagad tidak Murka.

Terdapat juga cerita tentang Nyai Gadung Melati yang kerap menampakkan diri di salah satu gerbang utama menuju puncak Merapi. Sosok perempuan ini dikenal sebagai pemimpin pasukan gaib Keraton Merapi. Jika berbicara tentang Pasar Bubrah, maka orang-orang mulai menceritakan pengalaman-pengalaman gaibnya ketika mendirikan tenda di pasar Bubrah ini.

Sama seperti pasar pada umumnya, Pasar Bubrah sangat ramai dan tak sedikit sering adanya kegaduhan. Banyak orang bercerita, sering mendengar alunan gending dan gamelan. Ada cerita dimana dua orang pendaki sebut saja Bagas dan Bagus, kedua pendaki ini bukan dari Jawa Tengah melainkan dari luar Jawa Tengah. Mereka tiba di pasar Bubrah menjelang tengah malam dan mendirikan tenda di pasar Bubrah, sama seperti pendaki pada umumnya ketika sudah mendirikan tenda mereka memasak dan berbincang di luar tenda nya.

Malam itu cuaca sedikit mendung, tak sedikit petir tampak menyambar, kedua pendaki ini tetap saja tertawa sambil berbincang di luar tenda, hingga akhirnya petir menyambar dan membuat pendaki tersebut terkejut. Bukannya masuk kedalam tenda untuk istirahat, salah satu pendaki malah menantang dan menganggap lelucon petir tersebut dan berkata “ya Tuhan, silahkan foto saya lagi ya tuhan” ucap salah satu pendaki tersebut. Seketika itu juga petir menyambar lagi dan diiringi dengan suara tertawa wanita yang sangat kencang.

2. Gunung Salak

 Misteri Gunung Salak - 6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Gunung Salak berada di daerah Sukabumi Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini menjadi sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia karena menjadi lokasi jatuhnya pesawat pada 2012 silam yang memakan 45 korban meninggal dunia. Gunung ini ternyata tidak punya hubungan dengan buah salak. Salak yang dimaksud adalah ‘Salaka’ yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Perak.

Masyarakat setempat mempercayai Gunung Salak sebagai salah satu gunung suci. Gunung ini menjadi tempat menghilangnya pendiri Kerajaan Padjajaran, Prabu Siliwangi serta bersemayamnya para batara dari kayangan. Kejadian ini menimbulkan banyak isu yang beredar di kalangan pendaki, banyak pendaki yang hilang atau tersesat berjam-jam di Gunung Salak. Bahkan ada beberapa orang yang lebih dari satu kali ke sana bersaksi bahwa mereka selalu bertemu tentara yang berjumlah satu kompi pada tengah malam.

Padahal jika ditanya pada masyarakat sekitar tidak akan ada tentara yang latihan di gunung tersebut pada waktu itu. Atau ada suara lain yang sangat ramai sedang bersorak seperti sedang menonton pertunjukan bola. Hal tersebut terjadi pada waktu pergantian sore menuju malam bertepatan dengan azan Magrib. Selain itu terdapat pula cerita tentang wanita tua penunggu tebing, jeritan minta tolong dari area jatuhnya pesawat Sukhoi hingga alunan musik tradisional di tengah hutan.

3. Gunung Lawu

Misteri Gunung Lawu - 6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Gunung Lawu yang berada di dua provinsi dan tiga kabupaten. Yakni di Kabupaten Ngawi dan Magetan, Jawa Timur, serta di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu gunung angker di Pulau Jawa. Konon, menjelang keruntuhan Kerajaan Majapahit (1400 M), Brawijaya V atau Raja Majapahit terakhir mengasingkan diri ke gunung Lawu bersama pengikutnya yang bernama Sabdo Palon.

Hati raja Majapahit masygul ketika putranya Raden Fatah tidak mau melanjutkan pemerintahan Majapahit. Sebaliknya, sang Pangeran justru mendirikan kerajaan Islam di Demak. Di gunung ini terkenal dengan mitos pasar setannya. Jika kalian yang sudah sangat kelelahan dan tersesat pada malam hari, maka kalian akan melihat pasar setan ini. Pasar ini ramai dan berjualan berbagai macam kebutuhan.

Ada lagi mitos bahwa jika kalian melakukan pendakian ke Gunung Lawu maka kalian tidak boleh berjumlah ganjil, karena mungkin saja di jalan kalian akan berbeda formasi, lantaran menggenapkan jumlah rombongan adalah makhluk astral yang ada di gunung tersebut. Atau yang terakhir adalah jangan mendaki dengan menggunakan baju hijau. Jika kalian menggunakan baju hijau maka kalian akan tersesat pada jalur pendakian.

Baca Juga
1. Tempat Wisata dengan Nama Unik di Indonesia
2. Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

4. Gunung Semeru

 Misteri Gunung Semeru- 6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 3.676 mdpl, Gunung Semeru menyimpan banyak mitos yang hingga kini masih dipercaya oleh para pendaki. Gunung Semeru di juluki kerajaan jin, karena puncak gunungnya dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa. sepanjang perjalanan menuju puncak kalian akan melewati kawasan kelik.

Kawasan kelik merupakan kawasan di mana banyak terdapat batu in memoriam sebagai penanda ada pendaki yang meninggal di gunung tersebut, entah jasadnya sudah ditemukan atau belum. Namun daerah ini terkenal dengan kejadian-kejadian anehnya, seperti pendaki yang terjatuh, tersesat, bahkan hilang. Dan yang lebih menakutkan lagi, banyak pendaki mengalami kesurupan di daerah ini. Biasanya kesurupan dialami pendaki menyerupai berbagai makhluk dan juga binatang.

Di Gunung Semeru juga ada danau cantik yang bernama Ranu Kumbolo. Keindahan Ranu Kumbolo membuat siapapun terpesona, tetapi siapa sangka di balik keindahannya konon ada satu Ikan Mas yang bisa menjelma sebagai dewi cantik. Sosok dewi cantik itu merupakan penunggu Ranu Kumbolo. Ada peraturan yang harus dipatuhi para pendaki saat tiba di Ranu Kumbolo, yakni dilarang mandi, mencuci, memancing, dan harus mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau.

5. Gunung Kerinci

 Gunung Kerinci - 6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Gunung ini menjadi incaran para pendaki, karena termasuk 7 puncak tertinggi di Indonesia. Terletak di wilayah Sumatera, Gunung Kerinci memiliki legenda yang ada sejak turun temurun. Masyarakat sekitar sering menceritakan bahwa ada makhluk astral yang tinggal di sana bernama Uhang Pandak atau Orang Pendek.

Cirinya seperti kera dengan bulu yang tumbuh di sekitar tubuhnya. Konon pada zaman dahulu, makhluk ini bisa ditangkap. Masyarakat dahulu menangkap makhluk ini dengan menyiapkan sebuah perangkap. Namun, sampai saat ini tidak pernah ada laporan yang mengabarkan, bahwa seseorang pernah menangkap atau bahkan menemukan jasad makhluk ini. Namun, hal itu berbanding terbalik dengan banyaknya laporan dari beberapa orang yang mengatakan pernah melihat makhluk tersebut. Orang pendek ini masuk ke dalam salah satu studi Cryptozoology. Ekspediasi pencarian orang pendek sudah beberapa kali dilakukan di Kawasan Kerinci, salah satunya adalah ekspedisi yang di danai oleh National Geographic Society.

Di Kerinci jika kalian menuju puncak, kalian akan merasakan hawa lain pada pendakian tersebut. Banyak pendaki yang bersaksi bahwa mereka seperti tersedot ke dalam dunia lain yang menakutkan, bahkan di perjalanan inilah konon katanya banyak pendaki yang menghilang dan tidak ditemukan jasadnya sama sekali. Contohnya sosok Yudha yang pada tanggal 23 Juni 1990 menghilang namun hingga saat ini tidak dapat ditemukan.

6. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong - 6 Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia

Gunung Latimojong yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan merupakan salah satu gunung yang masuk kedalam jajaran 7 puncak tertinggi di Indonesia atau dikenal dengan sebutan 7 summits. Menurut para pendaki Gunung Latimojong merupakan gunung yang paling seram di antara gunung-gunung lainnya.

Gunung tertinggi di Sulawesi Selatan ini menyimpan misteri menarik, termasuk Hantu Popo. Salah satu makhluk astral yang berwujud manusia terbang dengan mata merah menayala. Konon Hantu Poppo seringkali menculik para pendaki pada malam hari. Oleh karena itu setiap pendaki dihimbau untuk selalu siaga apabila mendengar suara “pok…pok…pok” berulang-ulang karena keberadaan Hantu Poppo sudah semakin dekat.

Suara yang semakin keras menandakan ia terjatuh dari tempat yang ia hinggap atau sebaliknya jika suaranya mengecil, maka ia berarti sedang dekat sekali dengan kita. Hantu Popo biasa hinggap di rumah-rumah di kaki Gunung Latimojong atau pohon-pohon yang ada di sana,

Kesimpulan

Misteri mana nih yang menurutmu paling seram? Ingin berkunjung ke gunung-gunung tersebut?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 15:38 WIB pada Hari Minggu tanggal 30 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Misteri dan Mitos Gunung-Gunung di Indonesia, Gunung Merapi, Gunung Salak, Gunung Lawu, Gunung Semeru, Gunung Kerinci, Gunung Latimojong, Misteri, Misteri Gunung, Mitos, Horor
,

Comments

Leave a Reply