Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Apa aja sih Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia? Bangga Banget!

Salam #MasBro #MbakBro
Di Indonesia banyak sekali budaya dan kesenian yang sudah dikenal luas oleh dunia. Prestasi Indonesia di rancah internasional memang membanggakan. Budaya-budaya apa saja ya yang mendunia?

Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Kamu pasti sudah tahu bukan, bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan budaya. Kekayaan budaya yang ada di Indonesia ternyata bisa goes to international lho! 

1. Batik

Batik - Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Siapa yang tak kenal dengan batik. Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal di manca negara. Batik dibuat dengan cara yang unik yaitu dengan menuliskan lilin panas melalui canting ke atas kain. Oleh UNESCO, batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

2. Wayang 

 Wayang - Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Wayang merupakan pertunjukan seni yang dimainkan oleh dalang dan biasanya menggunakan iringan musik gamelan serta suara nyanyian dari pesinden. Kisah yang diceritakan dalam pewayangan biasanya merupakan kisah-kisah para punakawan seperti Semar, Petruk, Bagong dan Gareng. Pada 7 November 2003, UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

3. Angklung

Angklung - Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Angklung merupakan alat musik kesenian tradisional dari Jawa Barat bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Kata angklung berasal dari bahasa Sunda “angkleung-angkleung”, yang artinya gerakan pemain dengan mengikuti irama. Kebudayaan asli Indonesia ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO secara resmi sebagai bagian dalam World Heritage di tahun 2011.

Baca Juga
1. Tanaman Langka Asli Indonesia
2. Manfaat Kunyit Asem untuk Tubuh

4. Tari Saman

Tari Saman - Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat daerah setempat. Tarian saman menjadi salah satu tarian yang cukup unik, kerena hanya menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya tanpa adanya pergeseran dan liak-liuk anggota tubuh lain dan kaki. Tarian Saman ini sudah resmi diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak.

5. Keris 

Keris - Bangga! Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Keris adalah senjata tradisional dari Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan magis atau supranatural. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, sering kali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

Kesimpulan

Bangga banget sama budaya-budaya Indonesia yang udah mendunia ini.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:01 WIB pada Hari Senin tanggal 24 Mei 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 20:26 WIB pada Hari Sabtu tanggal 22 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia, Batik, Wayang, Angklung, Tari Saman, Keris, 

Comments

Leave a Reply