Digital Marketing Gampang, Untuk Pemula

by: Muhammad Rafhael Akbar

Sumber : Kekitaan.com

Tingginya minat dalam pemasaran digital telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan audiens mereka. Di era digital ini, perusahaan tidak lagi hanya mengandalkan media konvensional untuk mencapai pelanggan mereka. Artikel ini akan membahas betapa penting dan mudahnya digital marketing dalam dunia bisnis saat ini, baik bagi pemilik usaha kecil yang ingin memperluas jangkauan mereka, maupun bagi pemasar berpengalaman yang ingin memperdalam strategi mereka. Kami akan mengungkapkan mengapa pemahaman yang mendalam tentang dunia ini menjadi kunci untuk meraih kesuksesan dalam lingkungan bisnis yang semakin terhubung dan kompetitif.

Sebelum kita memulai belajar digital marketing, kita perlu berada di lingkungan yang bisa membantu kita untuk berkembang. Selain itu kita juga harus memahami apa yang dimaksud dengan digital marketing. Kita harus kenali dulu apa produknya, inti produk yang akan dijual. Kita juga perlu komunikasikan ke banyak orang, dan komunikasikan ke orang yang tepat.

A. Dasar Digital Marketing

1. Produk Marketing

Pertama, kita kenali dulu apa produknya. Itulah kenapa ada product knowledge. Kenali juga inti dari produk yang harus dijual. Pada akhirnya produk/jasanya bisa apapun. Kita perlu mencari apa masalahnya, apa kebutuhannya, dan berikan solusi.

2. Marketing Communications

Kedua, kita perlu komunikasikan ke sebanyak mungkin orang. Komunikasikan ke orang yang tepat. Karna ini konteksnya adalah digital marketing. Maka cara mengkomunikasikannya adalah konten.

Channel (media komunikasi) offline bisa lewat televisi, radio, koran, brosur, pamflet, baliho, billboard dan lain-lain. Sedangkan channel online bisa lewat search engine, sosial media, direct message, email, konten, dan lain-lain.

B. Tren Digital Marketing

Teknologi dulu dan sekarang terus menerus mengalami perubahan dan perkembangan. Mulai dari awal munculnya internet hingga saat ini. Terus kenapa kita perlu perhatian terhadap konten?

  • Konten Murah, Perhatian yang Mahal
    Dulu karna media sedikit jadi konten mahal. Orang rela lakuin apapun supaya bisa nonton tv pada waktunya.
    Sekarang karna terlalu banyak konten jadi menarik perhatian orang yang sulit.
  • Naiknya Privasi dan Kemanan Data
  • Polarisasi ide dan kepercayaan
    Jadi perlu tertarget, personalisasi, asli (genuine) atau pengalaman unik. Sosial media tuh “mau dapatin” perhatian kita. Jadi kalo kita suka A maka konten yang muncul akan selalu A.

C. Inti dari Marketing Online

Apa Itu Marketing? Strategi, Fungsi dan Cara Menjadi Marketer - Gramedia  Literasi
Sumber : Gramedia.com

Ada 4 channel utama yang perlu kita pahami. Apa aja itu?

1. Search (Pistol Jadul)
SEO perlu konten, artikel dan gambar.

2. Social Media (AK47)
Media sosial darahnya juga konten.

3. CRM (Pistol Modern)
Bayangin seperti ini, ga kenal lalu tukeran nomor. Lalu komunikasi langsung tanpa halangan. Ini adalah komunikasi setelah kita dapat data target market.

4. Content (Content)
Kenapa senjata dan peluru?
Karna memang begitulah adanya, ibarat kita mau nembak target market.

Kuncinya apa?

  1. Delight
  2. Attack
  3. Engage


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply