Tahukah Kamu? Ini yang Terjadi Pada Kesehatanmu Kalau Kamu Kesepian

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Kamu tau tidak apa yang terjadi pada kesehatanmu kalau kamu kesepian?

Kesepian, mungkin kamu sudah sering denger kata yang satu ini. Kesepian merupakan perasaan sedih dan tidak bahagia karena terisolasi secara sosial. Namun ternyata, kesepian juga punya dampak terhadap kesehatan fisik mu lho. Menurut penelitian, kondisi emosional dan psikososial seseorag punya pengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. 

Berdasarkan suatu penelitian, perasaan kesepian dan terisolasi atau terkucilkan punya dampak buruk bagi kesehatan fisik, hal ini setara dengan obesitas. Semakin buruknya kesehatan seseorang tergantung dari seberapa lama seseorang terganggu karena kesepian. Semakin lama seseorang terganggu karena kesepian, maka semakin buruk juga dampak terhadap kesehatan. 

Baca Juga :Kamu Harus Tau!! Kenapa Senyum Itu Bisa Buat Kamu Sehat

Risiko Kesehatan yang Dapat Terjadi Akibat Kesepian 

Ada banyak risiko kesehatan yang dapat terjadi jika kesepian tidak segera diatasi. Jika seseorang merasa kesepian, ia akan mudah merasa lelah, insecure, mengalami kecemasan yang berlebihan, gangguan tidur, hingga yang lebih berisiko yaitu depresi. 

Kondisi tersebut  bisa mempengaruhi keampuan seseorang untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga menyebabkan daya tahan tubuhnya cenderung lebih lemah. Hal itu juga bisa menyebabkan perubahan berat badan secara drastis, gangguan pencernaan, hingga masalah jantung dan pembuluh darah. 

Selain itu, kesepian bisa menyebabkan memburuknya kemampuan dan perkembangan kognitif yang mempengaruhi daya pikir. Berdasarkan penelitian, penurunan kemampuan kognitif 20% terjadi lebih cepat pada orang yang kesepian, dalam periode 12 tahun. Rasa kesepian juga bisa meningkatkan risiko dimensia pada orang usia lanjut sebesar 64% dan dapat menyebabkan risiko kematian dini sebesar 45%.

Baca Juga : Cinta dan Kesehatan, Emang Ada Hubungannya?

Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Menangani Agar Tidak Kesepian  

Berikut beberapa hal yang disarankan, terutama untuk kamu yang sedang mengalami kesepian:

  1. Biasakan Untuk Menyapa Sesama

    Bertegur sapa dengan orang mungkin dianggap biasa saja. Tapi menyapa adalah salah satu cara interaksi sosial yang punya manfaat positif untuk mengusir kesepian lho. Oleh karena itu jangan takut untuk bertegur sapa dengan orang lain.

  2. Eksplor banyak Hobi dan Aktivitas

    Melakukan berbagai aktivitas dan hobi bisa mengobati rasa kesepianmu lho. Kamu dapat melakukan aktivitas yang kamu sukai mulai dari berkerbun, olahraga, menonton video, membersihkan rumah, dan lain-lain. Kamu bisa melakukannya sendiri, namun akan lebih baik kalau kamu melakukannya bersama dengan teman. Namun bila kamu kesuliatn mencari teman, kamu bisa menggunakan diary untuk mencurahkan semua perasaaanmu .

  3. Menjadi Sukarelawan

    Menjadi sukarelawan atau melakukan kegiatan sosial merupakan kegiatan yang sangat positif. Kegiatan ini bisa membuat peluang besar untuk kamu mendapatkan teman baru, sehingga bisa mengusir rasa kesepianmu.

  4. Jangan Menutup Diri 

    Saat kamu merasa kesepian, jangan menutup diri. Coba untuk membuka diri dan bagikan perasaan juga pikiran kamu kepada orang terdekat. Sebaliknya juga, kalau kamu tahu ada orang terdekatmu yang sedang kesepian, jangan abaikan. Ajak dia untuk berbincang untuk menghilangkan rasa kesepiannya. 

Baca Juga : Kamu Harus Tau!! Fakta Kesehatan Ini Bisa Bikin Kamu Terkejut Sekaligus Takjub

Nah gimana? Kamu sudah tau hal yang akan terjadi kalau kamu merasa kesepian. Oleh sebab itu jangan anggap remeh rasa kesepian, juga jangan anggap remeh orang yang merasa kesepian. Ada baiknya jika kamu mengajak orang tersebut untuk berbincang. Tapi jika cara-cara tadi tidak ampuh, jangan ragu untuk konsultasi ke psikiater yaa.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Adakah manfaat menangis lainnya?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada manfaat menangis yang belum masuk ya?
Silahkan komen diatas ya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
ALODOKTER dibuka pukul 15.00 WIB pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
Tahukah Kamu? Ini yang Terjadi Pada Kesehatanmu Kalau Kamu Kesepian, kesepian, risiko, kesehatan, fisik, emosional, psikososial, penanganan, menyapa sesama, hobi, aktivitas, sukarelawan, jangan menutup diri,

Comments

One response to “Tahukah Kamu? Ini yang Terjadi Pada Kesehatanmu Kalau Kamu Kesepian”

  1. Alya Sandrina Avatar
    Alya Sandrina

    Gw nih salah satu orang yg sering kesepian, ternyata dampaknya buruk ya, gimana kalo visit ke Jawa Timur sekaligus biar tau fakta-fakta dari provinsi ini juga? Baca dulu https://tulisin.kekitaan.com/apa-yang-kamu-ketahui-dari-jawa-timur/ atau kunjungin profil gw buat tau lebih banyak ya😘

Leave a Reply