7++ Tips Masukin Gambar dan Video

Cara Menambah Traffic : 7++ Tips Masukin Gambar dan Video dalam Artikel

Salam #MasBro #MbakBro

Artikel di website mu udah ada video / gambarnya?
Traffic mu rendah ga?
Ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

Sebaiknya setiap artikel harus punya minimal 1 gambar (image). Bila blog adalah tentang tutorial, biasanya akan dipake lebih banyak gambar untuk membantu memperjelas langkah yang ingin disampein ato memperkuat argumen hasil dari topik tutorial yang dibahas. Gambar bisa membuat artikel lebih berisi, menarik perhatian dan memperjelas maksud.

Gambar blog juga memperkuat konten artikel agar lebih menonjol buat menarik perhatian visitor. Perpaduan antara gambar dan teks pada artikel dapat memberikan kualitas konten yang lebih baik bila dibandingkan dengan artikel yang hanya terdiri dari teks saja. Gambar di dalam artikel dapat menggugah suasana pikiran (mood) visitor untuk membaca.

Tapi …
Sayangnya sering kali optimasi cuma dilakuin sama website dan artikel aja, Gambar jarang. Perlu disadari bahwa sekarang ini, banyak orang mencari gambar di internet. Berita baiknya adalah kompetisi gambar di mesin pencari masih sedikit. Bila #MasBro #MbakBro lakuin optimasi gambar blog dengan baik, sangat mungkin #MasBro #MbakBro mendapatkan lalu lintas visitor yang lebih banyak lagi.

Gambar dapat diperoleh dari situs penyedia gambar gratis seperti Pixabay, MorqueFile dan FreeDigitalPhoto ato situs penyedia grambar komersial seperti ShutterStock.
Tapi
… berhati-hatilah waktu pake gambar hasil dari mesin pencari karna umumnya mempunyai hak cipta. Kalo #MasBro #MbakBro udah dapat gambar yang tepat, #MasBro #MbakBro perlu optimasi untuk lebih meningkatkan performa SEO website.

Cara Menambah Traffic : Masukin Gambar dan Video dalam Artikel

Pastiin gambar dan video berkaitan sama kontennya ya

Ini dia, nih, tips agar gambar dan video optimal:

a. Pake gambar / video yang berhubungan dan menjelaskan konten;

Pertama pastiin dulu yang kita masukin ke dalam artikel harus mewakili isi tulisan ya.
Misalnya…
Artikel : isinya tentang jasa SEO
Gambar Video : malah tentang pegunungan kan ga nyambung

b. Nama File Gambar dan Video Mengandung Kata Kunci

SEO gambar (image) dimulai dari nama dan cara penulisan yang tepat. Banyak blogger cenderung mengabaikan nama dan penulisan nama untuk file gambar. Robot perayap ga dapat merayapi gambar. Ta[o #MasBro #MbakBro dapat memberitahu kepada robot perayap tentang gambar yang dipake di artikel.

Pake gambar yang sesuai atau terkait dengan konten artikel dan beri nama yang deskriptif dan kaya akan kata kunci (keyword). Nama file gambar yang demikian dapat memberi sinyal kepada robot perayap dan gambar dapat diberi peringkat lebih baik. Hindari memberi nama yang ga deskriptif.

Kalo #MasBro #MbakBro menulis artikel tentang kursus SEO GRATIS. Kita dapat memberi nama file gambar, misalnya “kursus-seo-gratis-.jpgato nama lain yang menyerupai. Pake huruf kecil dan tanda hubung (-) antara dua kata di nama file gambar. Nama gambar apapun sebenarnya ga masalah, namun bila ingin melakukan optimasi gambar untuk SEO, pake nama yang mudah dibaca oleh manusia dan robot perayap.

c. Ukuran file gambar / video ga bengkak;

Umumnya file gambar yang diunduh dari situs penyedia gambar mempunyai ukuran file yang besar. #MasBro #MbakBro seharusnya ga langsung pake file gambar hasil unduhan begitu saja. Pake gambar dengan ukuran file yang besar dapat memperberat laman dan meningkatkan waktu muat. Kita tahu bahwa waktu muat laman menjadi faktor penting dalam pemeringkatan Google.

c. Format Gambar / Video

Ada tiga pilihan format gambar yang dapat dipake ke dalam artikel yaitu JPG (JPEG), PNG dan GIF. Masing-masing format gambar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kita saranin untuk pake format JPG (JPEG). Alasan di balik ini adalah format JPG (JPEG) dapat mempertahankan kualitas gambar saat dikompres ato ketika dirubah dimensinya.

e. Pastiin resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilin;

Kalo #MasBro #MbakBro udah selesai mengunduh gambar dari situs penyedia gambar.
Jangan … langsung nambahin gambar tersebut ke dalam artikel. Umumnya, gambar hasil unduhan mempunyai dimensi yang besar. Pake dimensi gambar yang sesuai dengan lebar area kontenwebsite. #MasBro #MbakBro bisa pake aplikasi Adobe Photoshop ato tool online seperti PicResize dan PicMonkey untuk merubah dimensi gambar sesuai keperluan.

Cara optimasi gambar blog untuk seo

Masih berkaitan dengan waktu muat laman, pake dimensi gambar aslinya dan melakukan perubahan dimensi gambar melalui kode CSS untuk disesuaikan dengan lebar area konten dapat meningkatkan waktu muat laman. Web browser memuat gambar sesuai dimensi aslinya dan kode melakukan perubahan dimensi kembali untuk disesuaikan dengan lebar konten area. Proses seperti ini akan meningkatkan waktu muat laman, terlebih lagi bila ada cukup banyak gambar dalam satu laman blog.

f. Kompres gambar supaya optimal;

#MasBro #MbakBro perlu kompresi file gambar agar diperoleh ukuran ((dalam bit) file gambar yang lebih kecil. #MasBro #MbakBro bisa pake … aplikasi untuk untuk memperkecil ukuran file gambar.
aplikasi offline …
… mudah : paint, micosoft image viewer
… seperti Adobe Photoshop
ato tool online…
… TinyPNG
… TinyJPG
… OptimiZilla
… JPEGmini
… Compressor.io

Pake gambar dengan ukuran file kecil dapat meringankan laman dan mengurangi waktu muat laman.

g. Tambahkan atribut alt waktu pake gambar.

Tujuan pake atribut alt (alternate) adalah untuk memberikan deskripsi pada gambar. Ketika gambar ga muncul karena suatu alasan, deskripsi alt dimunculkan sebagai pengganti gambar. Mesin telusur juga pake atribut alt untuk menentukan gambar terbaik dan kemudian menampilkannya di hasil pencarian gambar. Manfaatkan atribut alt untuk mendatangkan lebih banyak visitor.

Karena atribut alt terkait langsung dengan gambar, pake gambar yang sesuai dengan konten artikel. Isi atribut alt dengan derkripsi yang mengandung kata kunci. Kalo menulis artikel kursus SEO GRATIS, deskripsi untuk alt bisa berupa alt=”kursus SEO GRATIS” ato deskripsi lain yang relevan.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sering ditanya …

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Terimakasih
Pengalaman Penulis

topikit.com dibuka pukul 17:27 WIB pada Hari Rabu tanggal 27 Mei 2020

Kata kunci lain yang sering dicari …
ikon ikon untuk menyisipkan gambar antara lain,
tujuan menyisipkan gambar adalah brainly, ikon-ikon untuk menyisipkan gambar antara lain titik-titik dan titik-titik, ikon yang berfungsi untuk menyisipkan gambar, perintah untuk menyisipkan objek ke dokumen lain disebut, fungsi blog, ikon untuk membuat teks artistik adalah ikon, optimasi gambar, optimasi video, optimasi blog, optimasi website, Cara Menambah Traffic : 7++ Tips Masukin Gambar dan Video dalam Artikel

Comments

Leave a Reply