Apa Manfaat Gambar dan Video Dalam Artikel

Apa Manfaat Gambar dan Video Dalam Artikel

Salam #MasBro #MbakBro 

Termasuk tim mana?
Tim yang suka baca buku ato ga?
Ada yang bilang ga suka baca karna ga ada gambarnya

Hmm, masuk akal.
Hal ini juga berlaku untuk website
Coba kita bayangin sebuah website yang 100% isinya teks, ga ada gambar, pasti ngebosenin, kan. Karna itu, gambar dan/ato video adalah nilai tambah.

Apa Manfaat Gambar dan Video dalam Artikel?

1. Lebih menarik perhatian secara visual.

Masukin gambar ke dalam artikel blog akan lebih menarik secara visual bagi pembaca. Artikel kita akan terkesan lebih hidup kalo dibandingin hanya dengan tulisan aja. Tapi hal ini bisa didapat bila gambar yang disertakan relevan dengan isi artikel. Tampilan visual yang menarik lebih mampu untuk memikat pembaca.

Kalo #MasBro #MbakBro buka halaman sebuah blog, Kita liat daftar artikel terkait tampilan judul, meta deskripsi, dan thumbnail. Thumbnail sendiri berasal dari gambar yang ada di dalam artikel. Artikel terkait atau artikel populer dengan thumbnail ga hanya menambah daya tarik visual, tetapi juga meningkatkan CTR dan mengurangi bounce rate.

2. Mendatangkan trafik.

Di internet, ga sedikit orang yang mencari gambar. Melalui gambar, #MasBro #MbakBro juga dapat memperoleh banyak trafik dari mesin pencari gambar (image search engines). Agar ini dapat bekerja maksimal, #MasBro #MbakBro perlu mengoptimasi gambar untuk meningkatkan SEO. Ada beberapa cara mengoptimasi gambar, beberapa diantaranya adalah memberi nama dan cara menulis nama gambar dengan benar serta memanfaatkan atribut alt.

3. Membuat artikel nampak lebih panjang.

Gambar yang ditambahkan atau disertakan ke dalam artikel juga dapat membuat artikel nampak lebih panjang. Ini sangat berguna ketika #MasBro #MbakBro membuat artikel pendek. Tentu saja, gambar ga akan menambah jumlah kata, namun dapat membantu membuat artikel nampak lebih detail. #MasBro #MbakBro mungkin masih ingat pepatah yang mengatakan bahwa gambar dapat mewakili seribu kata.

4. Meningkatkan jumlah share di media sosial.

Media sosial bisa menjadi tempat atau wadah untuk banyak hal. Sebagai pengguna, #MasBro #MbakBro tentu menjaga agar media sosial #MasBro #MbakBro tetep terliat menarik. Karna itu, #MasBro #MbakBro tetap perlu seleksi apa yang mau dibagiin. Ketika mendapati artikel menarik dan bermanfaat, timbul keinginan untuk berbagi (share). Namun, Anda bisa saja membatalkan ketika mendapati gambar di artikel kurang bagus dan berkulitas.

Media sosial akan nampilon salah satu gambar yang ada di artikel. Karena itu, pastikan gambar yang ditambahkan atau disertakan di dalam artikel sesuai, bagus dan memiliki kualitas tinggi. Gambar yang sesuai dengan isi artikel, bagus dan juga berkualitas tinggi mendorong pengguna buat bagiin artikel kita. #MasBro #MbakBro akan mendapat banyak traffic yang bersumber dari media sodial.

5. Memperjelas isi artikel.

Gambar dapat memperjelas isi artikel. Gambar membantu orang lain memahami apa yang sedang #MasBro #MbakBro tulis di artikel. #MasBro #MbakBro bisa memahami lebih mudah ketika membaca artikel yang terkait tutorial. Pada umumnya, artikel tutorial lebih berorientasi pada langkah-langkah teknis dan spesifik. Tanpa bantuan gambar (screenshot), sulit rasanya untuk memahami dan mengikuti.

Sebagai contoh artikel tentang cara menyisipkan gambar ke dokumen Word. #MasBro #MbakBro mungkin sulit memahami ato ngikuti ketika hanya ditulis “Buka dokumen Microsoft Word, klik tab Insert, di kelompok Illustrations, klik tombol Pictures“. Bila kalimat atau paragraf ini diberi gambar dengan tanda yang nunjukin langkah, #MasBro #MbakBro akan jauh lebih mudah memahami dan mengikuti.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sering ditanya …

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Terimakasih
Pengalaman Penulis

bukugue.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
databoks.katadata.co.id dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
pandagila.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
topikit.com dibuka pukul 17:27 WIB pada Hari Rabu tanggal 27 Mei 2020

Kata kunci lain yang sering dicari …
ikon ikon untuk menyisipkan gambar antara laintujuan menyisipkan gambar adalah brainlyikon-ikon untuk menyisipkan gambar antara lain titik-titik dan titik-titikikon yang berfungsi untuk menyisipkan gambar, perintah untuk menyisipkan objek ke dokumen lain disebut, fungsi blog, ikon untuk membuat teks artistik adalah ikon,
manfaat gambar, manfaat video, artikel SEO,

Comments

Leave a Reply