Cara mengambil Keputusan

Cara Berpikir Mengambil Keputusan

Gak sedikit yang berpikir bahwa seni mengambil keputusan, adalah tentang apa dampak dari keputusan tersebut? Justru seninya adalah bagaimana kamu bisa sampai pada keputusan tersebut. Proses kognitif apa yang membawamu pada keputusan itu? Walau hal eksternal bisa mempengaruhi sebuah hasil, tetapi gak jarang keputusan yang baik, membawa hasil yang juga baik. 

1. Apa argumen di luar sana yang belum kamu ketahui

Gak bisa dipungkiri kalau ada pengalaman di luar sana yang belum pernah kamu rasakan. Tanpa memahami sudut pandang pengalaman baru ini, kamu bisa terjebak pada keputusan yang itu-itu saja. Berdiskusi dengan teman, senior, atau sekedar mendengarkan podcast, bisa jadi jalan untuk membuka wawasan baru yang bisa berguna untuk mengambil keputusan-keputusan penting.

2. Terlalu banyak informasi dan lumpuh berpikir

Ada sebuah dilema bahwa ketika pilihan itu semakin banyak, kamu jadi semakin cepat letih dan bingung untuk menentukan sebuah pilihan. Well, bisa gak sih kamu bener-bener tau 100% akan dampak sebuah keputusan? Gak juga. Paling tidak kamu sudah melakukan riset dan mengumpulkan data untuk mendukung pilihanmu, dan bersiap akan konsekuensi yang muncul setelah itu. Kebayang gak, kalau kamu bisa terus melatih proses kognitif dalam mengambil keputusan, kamu bisa semakin baik menuntun arah hidup kamu ke depan, setuju?

3. Batasi opsi kemungkinan

Membatasi opsi kemungkinan dari solusi terhadap permasalahan tersebut. Pilihlah hanya kemungkinan yang terbaik dari keputusan yang ingin kamu ambil sebab terkadang memiliki banyak pilihan hanya akan membuatmu merasa bingung dalam mengambil keputusan. 

Terlebih saat keputusan itu berhubungan dengan pekerjaan, kamu diharuskan berpikir cepat dan mencari mengambil keputusan dalam organisasi dengan tepat. 

Baca juga:
Manfaat Tidur siang untuk kesehatan

4. Ingat lagi targetmu

Setiap orang pasti memiliki target masing-masing. Apakah ingin menjadi seorang direktur, ataukah ingin memiliki bisnis yang sukses. Mengetahui atau mengingat kembali targetmu akan membantu kamu dalam keputusan di masa sekarang.

5. Bayangkan apa yang akan terjadi

Cobalah untuk membayangkan bagaimana masa depanmu ketika kamu memilih untuk mengambil keputusan tersebut.

Mulai dari hubunganmu dengan orang sekitar, hingga kondisi kesehatan atau keuanganmu ke depannya. Setelah selesai, kembali lakukan dengan cara di atas, yaitu dengan menuliskannya.

Terimakasih

ekrut.com dibuka pukul 17:20 WIB pada hari Jum’at tanggal 14 Mei 2021

Canva.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Comments

Tinggalkan Balasan