Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Salam #MasBro #MbakBro

Kalian suka tidur siang ga nih? ternyata tidur siang ada manfaat nya loh buat kesehatan tubuh. Tidur siang yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tidur siang ini, disarankan untuk tidak tidur telalu lama dan memilih waktu yang tepat.

Berikut Manfaat Tidur siang Untuk kesehatan :

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Suatu riset menyebutkan bahwa tidur siang yang cukup dapat meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang tidur siang selama 15–30 menit, akan terlihat lebih segar, mudah fokus, dan produktif, daripada orang yang kelelahan saat bekerja.

2. Memperbaiki suasana hati

Tidur siang juga baik untuk memperbaiki suasana hati. Jika sedang merasa stres, cemas, atau gelisah, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan tidur siang sejenak. Saat stres telah terkendali, akan merasa lebih santai dan suasana hati bisa membaik.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur siang baik untuk menambah energi dan kinerja otak. Suatu riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bisa bermanfaat untuk menambah daya ingat atau memori dan kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

Baca juga:
Manfaat  Minum Teh Manis
8 manfaat minum air putih

4.  Menurunkan tekanan darah

Tidur siang diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi.

Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Menambah jam tidur

Sebagian orang mungkin bekerja secara shift atau jadwal yang bergantian, sehingga kurang tidur di malam hari. Untuk mencukupi waktu tidur tersebut, tidur siang bisa menjadi pilihan. Pembagian waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, bisa menjadi pilihan. Pola tidur ini dinamakan tidur bifasik.

 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih

ners.unair.ac.id dibuka pukul 17:20 WIB pada hari Jum’at tanggal 14 Mei 2021

Canva.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, kesehatan tubuh, Manfaat Tidur di siang hari, Manfaat manfaat,

Comments

Leave a Reply