Cara ampuh untuk memelihara kesehatan lambung

Lambung adalah organ berotot yang ada di bagian kiri atas perut, di antara kerongkongan dan usus kecil. Ia Berfungsi untuk mencerna makanan. Dan lambung ini juga merupakan organ terpenting pada sistem pencernaan. Namun sebagian orang banyak meremehkan akan kesehatan lambung ini, padahal akibatnya bisa fatal bahkan bisa menyebabkan kematian loh !!!

Berikut merupakan cara memelihara kesehatan lambung.

  1. Mengelola stress dengan Baik

Ternyata ada hubungannya loh antara sesuatu yang kamu pikirkan dengan gangguan saluran percernaan, Nah Hubungan ini dikenal dengan sebutan gut-brain axis.

Mengapa hal itu memiliki keterkaitan ?? Karena pasalnya, dalam keadaan stres, seseorang bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Hal tersebut terjadi karena perasaan cemas yang berhubungan dengan berbagai keluhan pencernaan.

Pada sebagian orang, stres psikis dapat memicu kembung, nyeri perut, dan sembelit. Jadi, atasilah stres kamu dengan baik sebagai bentuk cara menjaga kesehatan lambung.

  1. Mengatur pola makan dengan benar

Pola makan yang baik adalah langkah awal agar lambung sehat. Luangkan waktu untuk makan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Hindari juga makan secara berlebihan, dan mengonsumsi makanan besar sebelum tidur. Disarankan untuk makan malam setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

Usahakan setiap pagi kita sarapan untuk memberikan ganjalan dan juga nutrisi untuk tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung 4 sehat dan 5 sempurna. Ingat juga untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari.

  1. Jauhi makanan Asam dan juga Pedas

Saat makanan masuk ke dalam lambung, secara alami lambung akan mengeluarkan asam HCl. Namun, jika makanan yang dikonsumsi bersifat pedas atau asam, lambung mengeluarkan asam HCl yang semakin banyak.

Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam lambung yang memicu perih. Karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi makanan pedas dan asam sebagai cara menjaga kesehatan lambung Anda.

  1. Menghindari Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein, dimana minuman ini kini mulai berkembang dan memiliki varian jenis kopi dan juga rasa. Teruntuk yang memiliki penyakit maag usahakan untuk berhenti mengkonsumsi kopi. Karena dengan Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan peningkatan pengeluaran asam lambung, yang berhubungan dengan gejala kembung dan nyeri ulu hati.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply