Wuhuu!!! 27++ Cara Agar Cepat Tidur Mengatasi Insomnia

Gimana Cara Kita Mengatasi Insomnia Akut?
Makanan Apa Aja yang Harus Kita Konsumsi Untuk Menghindari Insomnia?

Tinggi kokoh berdiri gagah
Rimbun nian si pohon jati
Lebih baik kita mencegah
Daripada nanti kita obati

Salam Mas Bro dan Mbak Bro.

Hidup di kota besar layaknya Jakarta rasanya sirkulasi tidur jadi satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bayangkan ketika esok hari kita akan wawancra di perusahaan baru kemudian malam sebelumnya kita ga bisa tidur?

Yang pasti kita akan kesiangan bukan?

Kekurangan tidur juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Seperti di lansir dari alodokter.com, 9 dari 10 orang yang menderita insomnia menderita penyakit serius. Seperti penyakit jantung, maupun gagal ginjal.

Lalu gimana sih cara mengatasi insomnia yang kita alami?

Berikut adalah ulasan cara agar cepat tidur mengatasi insomnia :

Sumber Gambar : Vemba.com

1.Perbanyak Olahraga Teratur

Olahraga masih merupakan obat paling ampuh untuk mengatasi insomnia. Lakukan olahraga minimal 30 menit sehari sekali. Langkan ini memang ga bersifat instan,perlu terapi kurang lebih 2-3 minggu sampe akhirnya kita mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Bagaimana olahraga dapat membantu seseorang mendapatkan tidur nyenyak?

Saat latihan fisik metabolisme tubuh kita mengalami peningkatan , terjadi pembakaran kalori tubuh. Proses pembakaran ini menyebakan tubuh mengalami pemanasan. Kemudian setelah itu ketika berisitirahat tubuh akan mengalami penurunan suhu (cooling down). Proses panas menuju pendinginan tubuh memproduksi hormon melatonin yang berfungsi merangsang tidur dengan nyenyak.

Baca Juga
1. Udah Coba? 27 Cara Sehat Agar Bisa Cepet Tidur
2. Parah!!! 27 Efek Buruk Begadang dan Akibat Kurang Tidur

Melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai anti oksidan dan merangsang tidur.Melatonin di sebut hormon awet muda. Berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah penuaan dini.Melatonin diproduksi alami pada kelenjar pineal yang terletak dalam sel otak. Melatonin merupakan hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina dari senyawa asam amino triptofan.

Sumber Gambar : balitri-litbang-pertania.go.id

2.Hindari Minuman Berkafein setelah pukul 14.00

Kafein adalah musuh besar bagi pengidap insomnia. Usahakan untuk menghindari kafein setelah pukul 2 siang. Kalo kita salah satu coffee addicted yang sulit untuk menghindari kebiasaan mengopi,maksimal waktu yang diperbolehkan yakni sampe pukul 17.00.

Kopi yang diminum harus berjenis cafe latte,ato capucino yang merupakan campuran antara long black dan susu. Jangan pernah menambahkan ekstra shoot espresso pada capucino kita. Hal ini akan membuat program penyembuhan insomnia kita sia sia. Secara logika,kandungan kafein pada espresso sangat pekat. hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas tidur kita.

Sumber Gambar : solusisehatku.com

3.Hindari Keadaan Stres Dimalam Hari

Kalo kita tergolong orang yang ga bisa mengkotak masalah antara pekerjaan dan rumah,sebaiknya hindari hal ini. Hal ini lah yang akan menyebabkan gangguan pada saat kita akan tidur. Permasalahan di kantor harus diselesaikan di kantor dan masalah rumah biar mengalir saja tanpa perlu kita jadikan beban berlebih. Rileksasi pikiran kita,jangan terlalu tegang dan jangan terlalu memikirkan hal hal yang berat.

Sumber Gambar : Inzanami.com

4.Membuat Suasana Kamar Lebih Nyaman

Membuat suasana kamar menjadi nyaman dapat kita lakukan dengan cara simple. Misalkan mengganti bed cover dengan yang baru. Pilihlah bedcover yang punya bahan dingin dan halus. Hal ini akan memberikan rileksasi tersendiri bagi kita.

Sumber Gambar : Republika.com

5.Mengindari Cahaya Pada Saat Tidur

Kalo kita terbiasa tidur dengan lampu menyala dan sering kali kita menjadi insomnia,sebaiknya kita hindari hal ini. Cahaya bisa dijadikan acuan jam biologis bagi tubuh kita. Karna cahaya yang diterima oleh mata ga membantu melihat, tapi dapat memberikan sinyal tubuh yang menunjukkan waktu tertentu bagi tubuh.

Mata juga dapat menyediakan fungsi sekunder, misal merespon cahaya dan mengatur ulang jam sikardian pada tubuh kita. Paparan cahaya menstimulasi aliran pada sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Hal ini digunakan untuk mengontrol hormon, temperatur pada tubuh, dan fungsi dalam membuat kita merasakan mengantuk.

Ketika mata terpapar cahaya antara waktu pagi dan sore, cahaya akan menghambat sel saraf dan menekan pelepasan melatonin. Ini menyebabkan jam sikardian tubuh menunjukkan waktunya tidur malam hari, bukan pada siang hari. Saat kita tidur dalam kondisi lampu menyala, otak ga memproduksi melatonin karna bingung apakah menunjukkan waktu malam ato justru siang.

Terlalu banyak paparan cahaya sesaat sebelum kita tidur juga dapat mencegah kita mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Jadi, sebaiknya matikan lampu kita sebelum tidur. Hal ini untuk memberikan sinyal pada tubuh kita bahwa ini adalah waktunya tidur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Sumber Gambar : anekatop10.com

6.Jauhkan Gadget!

Dengan adanya gadget, maka ketika mata mulai terpejam dan tiba-tiba berbunyi menandakan pesan masuk ato panggilan telepon. Otomatis kita terbangun dan ga sabar mengecek pesan ato mengangkat telepon tersebut.

Kadang, gadget yang dibawa ke kamar menunda waktu tidur. Asik bermain game, membalas chat, dan parahnya bila ada kabar duka ato sedih di medsos pikiran semakin susah tidur.
Gunakanlah gadget seperlunya kalo memang ga terlalu mendesak.

Sumber Gambar : Anidaonline.com

7.Banyak Minum Susu Sebelum Tidur

Segelas susu hangat ato dingin, diminum sebelum tidur dianjurkan bagi kita yang menderita insomnia. Susu mengandung kalsium yang memberikan efek menenangkan. Susu juga mengandung triptofan & neurotransmitter untuk membantu kita tidur dan mengendurkan otot-otot.

Sumber Gambar : resepmenu.wordpress.com

8.Banyak Makan Makanan Yang Mengandung Zinc Alami

Salah satu makanan yang banyak mengandung Zinc alami adalah kangkung. Kandungan Zinc pada kangkung berfungsi untuk membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita tentu maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi untuk orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya ga berlebihan mengkonsumsi.

9.Mandi Menggunakan Air Hangat

Sumber Gambar : cdn2.tstatic.net

Mandi menggunakan air hangat mampu merileksasi otot otot yang kencang setelah seharian beraktivitas. Hal ini dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

Sumber Gambar : Behac.com

10.Jaga Kesegaran Udara

Kita yang punya Ac di kamar tentu akan sangat membantu membuat tidur lebih nyenyak.
Tapi apa jadinya kalau kita ga menggunakan Ac? Yang harus kita perhatikan adalah sirkulasi didalam kamar tidur dapat bekerja secara maksimal. Hal ini akan membantu kita lebih rileks. Kalo perlu buka lah jendela kamar selama itu aman bagi kita. Kemudian pastikan juga saluran fentilasi udara bekerja dengan baik.

Sumber Gambar : Pedulisehat.info

11.Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Ketika kita terlalu banyak makan berat sebelum tidur,ga hanya akan menimbulkan obesitas,tapi juga menjadikan kita sulit untuk tidur. Keadaan perut yang terlalu penuh acap kali menjadikan perut begah dan justru menjadikan kita ga nyaman. Kurangi makan makanan yang berat sebelum tidur kalo kita pengen mengatasi masalah insomnia.

Sumber Gambar : Panduanhidupsehat.com

12.Lagu Rileksasi

Salah satu cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan menggunakan metode relaksasi. Relaksasi adalah salah satu teknik dalam terapi yang pertama kali dikenalkan oleh Jacobson, seorang psikolog dari Chicago. Jacobson mengembangkan metode fisiologis melawan ketegangan dan juga kecemasan. Teknik ini disebutnya relaksasi progresif yaitu teknik yang digunakan untuk mengurangi ketegangan otot.

Jacobson berpendapat bahwa semua bentuk pada ketegangan termasuk ketegangan mental didasarkan pada sebuah kontraksi otot. Kalo seseorang dapat diajarkan untuk merelaksasikan otot mereka, maka mereka akan benar-benar rileks. Latihan relaksasi digunakan untuk memasuki kondisi tidur  karna dengan mengendorkan otot secara sengaja akan membentuk suasana tenang. Suasana ini diperlukan untuk mencapai kondisi gelombang alpha yaitu keadaan yang diperlukan seseorang untuk memasuki fase tidur awal.

Pada sistem saraf manusia terdapat 2 sistem saraf yakni saraf pusat dan sistem saraf otonom.

Saraf pusat

Sistem saraf pusat adalah bagian dari sistem saraf yang terdiri dari otak dan juga sumsum tulang belakang. Sistem ini salah satu dari dua bagian utama dari sistem saraf. Sedangkan yang lainnya adalah sistem saraf perifer yang berada di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Fungsi dari sistem saraf pusat adalah mengendalikan gerakan-gerakan yang dikehendaki, misalnya gerakan tangan, kaki, leher, jari-jari, dan sebagainya.

Saraf otonom

Saraf otonom adalah sistem saraf yang melayani organ, otot polos, dan juga sejumlah kelenjar yang bekerja secara otonom . Saraf otonom bekerjanya tak dapat disadari dan bekerja secara otomatis ato disebut juga otot ga sadar.

Fungsi Sistem saraf otonom berfungsi untuk mengendalikan gerakan-gerakan otomatis. Misalnya fungsi digestif, proses kardiovaskuler, gairah seksual, dan lain sebagainya. Saraf otonom terdiri sistem saraf simpatis dan sistem saraf parasimpatis yang kerjanya berlawanan. Sistem saraf simpatis bekerja meningkatkan rangsangan ato memacu organ-organ tubuh.

Sistem saraf parasimpatis menstimulasi turunnya seluruh fungsi yang dinaikkan oleh sistem saraf simpatis. Selama sistem tersebut berfungsi normal, bertambahnya akfivitas pada Sistem akan menghambat ato menaikan efek sistem yang lain. Pada waktu individu mengalami ketegangan dan juga kecemasan yang bekerja adalah sistem pada saraf simpatis. Sedangkan waktu relaksasi yang bekerja adalah sistem saraf parasimpatis. Dengan demikian relaksasi menekan rasa tegang dan rasa cemas dengan cara resiprok, sehingga akan timbul counter conditioning dan penghilangan.

Apabila individu melakukan relaksasi ketika mengalami ketegangan, maka reaksi-reaksi fisiologis yang dirasakan individu akan berkurang. Apabila kondisi fisik rileks, kondisi psikis juga menjadi tenang. Teknik relaksasi udah dikenal lama dan banyak digunakan dalam berbagai terapi baik terapi permasalahan fisik maupun psikologis.

Musik adalah instrumental yang ga hanya didengar saja,musik juga salah satu obat yang paling efektif sebagai media terapi insomnia. Musik ga hanya asik dan enak saja untuk didengar ternyata musik punya nilai positif bagi kesehatan .

Terapi insomnia dengan musik memilki manfaat yang cukup besar dalam menenangkan sayaraf,dan meningkatkan kesehatan mental. Umumnya para ahli kesehatan mereka yang mengalami gangguan tidur karna adanya suatu konflik dalam diri. Cobalah dengan mendengarkan musik klasik. Para ilmuan mengatakan musik klasik dapat membantu otak manusia menikmati proses penyembuhan insomnia secara efektif dan alami.

Selain itu manfaat musik ga hanya sebagai media terapi penyembuh insomnia. Musik juga dapat membantu menurunkan tingkat emosi,kecemasan,dan juga meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Sumber Gambar : Wajibbaca.com

13.Menghindari Tidur Sore Hari

Kalo kita mengalami kelelahan dan pengen tidur siang usahakan untuk tidur sebelum jam 16.00. hal ini guna menghindari insomnia. Tantu saja penjelasannya sangat singkat. Kalo badan kita terlalu banyak recharge energi akan mengakibatkan badan lebih segar. Sementara normalnya badan akan mengalami lelah dan mengantuk pada malam hari.

Sumber Gambar : Merdeka.com

14.Periode Tidur yang Tetap

Pola tidur yang tetap akan menjadikan pola tidur kita lebih teratur. Tentu saja ini sangat berpengaruh pada insomnia yang kita alami. Kalo kita membiasakan untuk tidur jam 12 malam sistem syaraf kita mendapat rangsangan mengantuk pada jam yang sama keesokan harinya. Hal ini bukan karna tanpa sebab,tentu saja karna pengaruh syaraf otonom yang merangsang kita mengantuk.

Sumber Gambar : desadusunbali.files.wordpress.com

15.Aroma Rileksasi

Beberapa aroma terapi berfungsi untuk melancarkan pernafasan. Salah satunya adalah aroma  terapi Sandalwood dan Frangipani yang menenangkan. Gunakan aroma terapi untuk mengatasi insomnia kita.

Sumber Gambar : Hariansehat.com

16.Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau ato green tea punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tentu saja ini sangat bermanfaat bagi kita yang sering mengalami insomnia.

Sumber Gambar : Desainrumahnya.com

17.Buat Suasana Kamar Menjadi Lebih Nyaman

Caranya dengan merubah cat interior kamar kita. Warna biru merupakan warna yang sangat direkomendasikan karna warnanya yang teduh.

Sumber Gambar : Brilio.net

18.Rutin Membersihkan Kamar

Kebersihan tempat tidur tentunya akan membuat kita nyaman saat tidur didalamnya. Hal inilah yang akan membuat kita lebih mudah untuk tidur.

Sumber Gambar : Program-hamil.com

19.Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Makan makanan bernutrisi memberikan vitamin bagi tubuh kita. Umumnya orang yang terkena insomnia akan kekurangan nutrisi penting seperti vitamin A,B dan Zinc.

Sumber Gambar : Hipwee.com

20.Jauhkan Jam

Secara psikologis jam yang di pajang akan menimbulkan ketidak tenangan. Selain itu jenis jam analog akan menimbulkan suara dan hal ini lah yang akan sangat menggangu pada saat malam hari.

Sumber Gambar : Loop.co.id

21.Buka Jendela Secara Berkala

Kalo di awal tulisan kita udah membahas mengenai sirkulasi udara kamar yang nyaman dapat mengatasi insomnia. Lebih spesifikasinya kita bisa membuka jendela kamar secara berkala. Hal ini bermanfaat untuk pergantian udara didalam kamar agar ga pengap. Pengap dalam kamar juga dapat menyebabkan udara didalam kamar ga sehat karna lembab.

Sumber Gambar : Health.liputan6.com

22.Hindari Obat Tidur!

Obat tidur hanya akan mengakibatkan kita ketergantungan. Tentu saja kalo kita ga meminum obat tidur ini kita akan kembali terjaga sepanjang malam. Selain itu obat tidur ini juga akan sangat berbahaya dalam jangka panjang bagi ginjal kita. Endapan endapan kimiawi yang ga terbuang akan semakin menumpuk dan merusak system didalam ginjal kita dalam penyaringan racun.

Sumber Gambar : Dokita.co

23.Stop Merokok

Kandungan nikotin didalam sebuah rokok menjadi sebuah simultan sama seperti hal nya kafein dalam kopi. Kandungannya dapat menekan hormone melatonin. Memang bagi perokok berat hal ini sangat sulit untuk di lakukan. Jalan keluarnya kita bisa berhenti merokok minimal 4 jam sebelum tidur.

Sumber Gambar : Blogditter.com

24.Terapkan Pola Pikir Kegiatan penting Keesokan Hari

Terapkan pola pikir kegiatan penting di esok hari. Secara ga langsung kita menanamkan pola pikir kedalam alam bawah sadar kita bahwa kita harus beristirahat sebaik mungkin.

Sumber Gambar : Bertuahpos.com

25.Perhatikan Konsistensi Tidur

Konsistensi tidur menyebabkan kita terbiasa tidur pada jam jam tertentu. Mulailah untuk tidur lebih awal,dan jauhkan gadget,dan terapkan tips tips yang udah di sampaikan di atas.

Sumber Gambar : Jadiberita.com

26.Melakukan Kegiatan Monoton

Melakukan hal monoton,seperti menghitung domba merupakn hal yang terkadang disepelekan. Padahal ini merupakan salah satu tips yang sangat bermanfaat. Kalo otak lelah berfikir secara ga langsung maka sel otak akan mengeluar kan hormon melatonin.

Sumber Gambar : Digitalnewsasia.com

27.Konsultasikan Ke Dokter

Semua hal yang udah di sampaikan di atas udah kita lakukan tapi kita masih sulit untuk tidur. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Demikian beberapa poin yang bermanfaat bagi kita yang menderita insomnia. Gimana?

Sekarang udah tau kan apa saja yang musti kita perhatikan kalo kita salah satu pengidap insomnia?

Baca Juga
1.
Gimana Cara Sembuhin Penyakit Amandel?
2. Kalo Amandel Luka Ato Bengkak Bahaya Ato Ga?

Panduan di atas juga berlaku untuk kita yang ga mengidap insomnia juga lho. Selain menjaga kebersihan,kesehatan lingkungan kita juga salah satu kunci berhasil program penyembuhan insomnia.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kalo diamal hidupkan sehat
Kalo ditaati penyakit tak dekat
Kalo dipahami hidupkan nikmat
Kalo disimak sehat didapat

Kemang, Jakarta Selatan
Pukul 09:32 WIB , Senin 06 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – BHA

Sumber Tulisan
Hormon Melatonin  , http://www.almansyahnis.com/2013/06/hormon-melatonin.html , diakses pukul 15:42 WIB pada hari Jumat, 03 Feb 17
Arinda Veratamala. Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur hellosehat.com/mengapa-perlu-matikan-lampu-saat-tidur diakses pukul 16:24 WIB pada hari Jumat, 03 Feb 17
Terapi Rileksasi Untuk Menghatasi Gangguan Insomnia mengatasi-insomnia.blogspot.co.id/2014/05/terapi-relaksasi-untuk-mengurangi.html diakses pukul 17:42 WIB pada hari Jumat, 03 Feb 17

Sumber Gambar
Anekatop10.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Anidaonline.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Balitri-litbang-pertania.go.id diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Behac.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Bertuahpos.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Blogditter.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Brilio.net diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Cdn2.tstatic.net diakses pukul 20:15 WIB pada hari Minggu, 6 Februari 2017
Desadusunbali.files.wordpress.com diakses pukul 20:30 WIB pada hari Minggu, 6 Februari 2017
Desainrumahnya.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Dokita.co diakses pukul 08:10 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Digitalnewsasia.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Hariansehat.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Health.liputan6.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Hipwee.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Inzanami.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Konseling-hipnoterapi.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Loop.co.id diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Merdeka.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Panduanhidupsehat.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Pedulisehat.info diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Resepmenu.wordpress.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Solusisehatku.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Vemba.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Wajibbaca.com diakses pukul 08:00 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

Comments

2 responses to “Wuhuu!!! 27++ Cara Agar Cepat Tidur Mengatasi Insomnia”

  1. maxi Avatar
    maxi

    bagus sob..

Leave a Reply