Apa Pengertian Konveksi?

Apa yang Bedain Konveksi dengan Garment?
Asal Usul dan Sejarah Konveksi di Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro

Kalo denger kata konveksi, pikiran kita akan langsung tertuju pada pakaian ato pabrik pakaian. Kata konveksi bukanlah kata yang asing ditelinga kita dong?

Karna  kata ini berkaitan erat dengan kebutuhan sehari-hari kita. Bahkan kita anak muda pun ga asing kalo mendengar kata konveksi. Tapi apakah kita tau pengertian sebenernya konveksi?

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar konveksikaospoloshirt.com
Sumber Gambar konveksikaospoloshirt.com

Apakah Bener Bahwa Konveksi Merupakan Pabrik Pakaian?

Pengertian konveksi adalah sebuah tempat untuk memproduksi jaket, celana, kaos, baju dan lainnya. Tapi taukah kamu bahwa konveksi dan garment adalah sama. Konveksi dan garment merupakan tempat untuk memproduksi pakaian. Bagi sebagian orang termasuk kita mungkin selalu menghubungkan konveksi sama pabrik pakaian. Pikiran itu galah salah,  karna  konveksi memproduksi berbagai jenis pakaian untuk kebutuhan manusia.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi1 - Sumber Gambar pabrik-baju.net
Sumber Gambar pabrik-baju.net

Apa yang Bedain Konveksi dengan Garment?

Yang membedakannya hanya terletak pada skala pakaian yang kita produksi. Pada umumnya konveksi punya skala di bawah 10 ribu per bulannya.  Tapi garment mempunyai skala di atas 10 ribu per bulannya. Tapi jangan salah, karna udah banyak konveksi yang bisa memproduksi hingga skala satu juta per bulannya. Walaupun skala ini hampir menyamai skala Garment. Ga jarang kita menganggap skala kita sama dengan konveksi.

Tapi berbeda dengan konveksi pada umumnya.  Karna  kita lebih senang menggunakan istilah konveksi besar ato pun semi-garment. Hal ini kita lakukan untuk menghindari pajak.  Karna  tentu aja pajak konveksi dan garment sangat berbeda.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir?
2. 22 Pilihan Warna Kaos Polos yang Biasa Diproduksi Sama Konveksi?

Hal ini disebabkan karna dalam sebuah industri garment membutuhkan banyak macam sumber daya.  Garment itu butuh sumber daya  manusia dan juga bahan-bahan, seperti benang jahit, mesin jahit sampai perwarnaan dalam jumlah besar.  Ga hanya itu aja industri konveksi lebih sering dikenal sebagai industri rumahan. Karna konveksi mampu dikerjakan sendiri ato pake beberapa orang aja buat ngerjainnya.

Sedangkan kalo diliat dari proses produksi, memang ada sedikit perbedaan antara garment dengan konveksi. Pada industri garment, proses produksi akan dilakukan berdasarkan jenis prosesnya.

Contohnya, saat proses menjahit ato membuat kerah baju, maka satu pabrik dan seluruh pekerja akan membuat kerah. Lalu ketika prosesnya berlanjut memasuki tahapan menyambung lengan dengan badan baju, maka seluruh pabrik dan pekerja akan menjalankan prosesnya.

Hal itu berlangsung demikian seterusnya. Tapi pada pabrik konveksi, proses produksi dilakukan secara keseluruhan.  Sehingga tiap-tiap operator jahitan punya tugas mulai  dari menjahit kerah, lengan, dan seterusnya sampe menjadi satu pakaian yang utuh. kalo sudah, maka kita akan menuglang proses yang sama hingga memenuhi target produksi.

Selanjutnya pesanan akan disubkontrakkan ato dikonveksikan kepada pemanufaktur-pemanufaktur kecil. Pemanfaktur kecil lalu akan dibina oleh pabrik garment mulai dari cara memotong yang benar sampe memasuki proses QC (Quality Control). Sehingga hasil produksi bakal sesuai dengan standard mereka. Pemanufaktur-pemanufaktur kecil sering kita sebut sebagai konveksi. Inilah yang menjadi cikal bakal bertumbuhnya konveksi di Indonesia.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar konveksikaospolossurabaya.wordpress.com
Sumber Gambar konveksikaospolossurabaya.wordpress.com

Apakah Usaha Konveksi Lebih Digemari daripada Usaha Garment?

Hingga saat ini usaha Konveksi merupakan salah satu jenis usaha yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tentu aja disebabkan oleh dua hal utama antara lain sebagai berikut :

1.Produk yang dihasilkan dalam industri konveksi merupakan pakaian. Pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia terutama wanita. Sehingga bisa dipastikan bahwa usaha konveksi merupakan usaha yang ga ada matinya.

Jadi jangan heran kalo telah banyak konveksi kaos, konveksi seragam, konveksi kostum futsal, konveksi jaket, konveksi kostum bola tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

2.Karna untuk memulai sebuah usaha konveksi ini ga terlalu besar. Setiap orang bisa memulai usaha konveksi hanya dengan bermodalkan 2 ato 3 mesin jahit saja.

Selain itu harga mesin jahit masih bisa dijangkau oleh kantong kita. Berbeda dengan mesin-mesin produksi di industri lainnya.  kita bisa mengeluarkan biaya hingga ratusan juta ato bisa mencapai hingga milyaran rupiah.

Sehingga ga heran kalo banyak orang yang berlomba-lomba menawarkan konveksi murah, konveksi baju murah, konveksi kaos murah. Agar dapat bersaing dengan konveksi-konveksi baru yang bermunculan. Tapi jangan salah, konveksi yang menawarkan hal itu tetap memiliki penghasilan yang ga sedikit. Mengingat harga kain untuk industri konveksi jauh lebih murah dibandingkan industri rumahan.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar pusatkonveksi.com
Sumber Gambar pusatkonveksi.com

Asal-Usul Konveksi Ato Sejarah Konveksi Baju?

Telah banyak bermunculan konveksi-konveksi baju di Indonesia. Banyak sekali konveksi kaos, konveksi seragam,  konveksi kostum futsal, konveksi jaket, konveksi murah, konveksi baju murah, dan konveksi kostum bola. Konveksi ini telah banyak tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Walaupun wilayah jawa masih mendominasi dibandingkan wilayah lainnya. Mengingat harga kain yang murah dan banyaknya pabrik kain di daerah jawa.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar moskow21.blogspot.co.id
Sumber Gambar moskow21.blogspot.co.id

Asal-Usul Konveksi Bisa Masuk dan Berkembang di Indonesia?

Kemeja mulai dikenal di Eropa pada abad ke 17, Tapi hanya diproduksi untuk kaum bangsawan saja. Desain kemeja kita pun berbeda dengan desain kemeja ada zaman sekarang. kita menggunakan kerah berdiri dan berhiaskan renda-renda. Selan itu kemeja pada zaman itu hanya memiliki satu warna yaitu warna putih.

Lalu pada abad ke-18 kemeja mengalami perubahan, Tapi berbeda masih kurang nyaman.   Karna   kerah yang digunakan menggunakan bahan buff dan ada beberapa yang menggunakan bulu. Lalu pada abad ke-19 kemeja mulai merubah desainnya sama dengan kemeja yang kita kenal sekarang. Begitu juga dengan kaos yang mulai diperkenalkan tentara inggris pada abad ke-19 hingga awal abad 20. Namun karna orang banyak yang melihat bentuk kaos itu menyerupa huruf T. Maka banyak orang yang menyebutnya dengan istilah T-Shirt.

Sedangkan konveksi kemeja mulai bermunculan pada abad 19. Sejak bentuk kemeja mulai berubah dan semakin nyaman dipakai hingga sekarang. Sedangkan untuk konveksi kaos ato T-shirt mulai berkembang sejak dikenal di seluruh dunia lewat John Wayne, Marlon Brando dan James Dean memakainya sebagai pakaian dalam film-film mereka.

Dalam A Streetcar Named Desire (1951) suatu adegan dengan menggunakan kaos polos mampu membuat wanita berteriak histeris.  Lalu pada tahun 1955 Tenesse William menjadi orang pertama yang menciptakan kaos oblong dengan warna abu-abu. Karna   biasanya kaos polos hanya berwarna putih polos.

Kaos polos dengan berwarna abu-abu ini diperkenalkan oleh James Dean dalam film Rebel Without A Cause dan langsung menjadikannya fenomena fashion di dunia. Fenomena inilah yang membangkitkan konveksi kaos dibelahan dunia termasuk Indonesia.

Kaos polos pertama kali masuk di Indonesia dibawa oleh orang-orang Negeri Oranye. Tapi kaos polos pada zaman itu hanya terbatas untuk kalangan atas saja. Lalu pada tahun 1970 munculah konveksi yang memproduksi kaos polos pertama di Indonesia.

Pada tahun 1980 di Indonesia industri garment dan konveksi mulai menguasai kaos polos. Mulai bermunculan merk-merk terkenal yang kita kenal hingga sekarang seperti JOGER di Bali, C59 di Bandung, dan DAGADU di Yogyakarta.

Lalu  gimana  dengan kualitasnya?

Dari segi kualitas ga perlu dipertanyakan. Modelnya pun beragam dan memiliki motif yang ga pasaran. Sehingga ga heran kalo merek-merek diatas mampu bertahan hingga sekarang.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar www.coatsindustrial.com
Sumber Gambar www.coatsindustrial.com

Lalu Gimana Konveksi Mulai Berkembang di Indonesia?

Dan sekitar tahun 1990an konveksi sangat berkembang pesat di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan mulai bermunculan perusahaan-perusahaan dengan skala besar. Perusahaan ini berlomba-lomba menciptakan pakaian terutama kaos polo berkualitas baik.

Ga hanya itu model-model yang kita tawarkan juga sedang mendunia. Merek merek terkenal tahun ini dikuasai oleh HAMMER, POSHBOY, OSELLA, dan lain-lain. Merek-merek ini semakin terkenal   karna   dijual di department store dan mall yang sedang marak pada zaman itu.

Lalu pada tahun 2000an industri konveksi Indonesia bergeser dari pertokoan di mall kembali ke industri kreatif berskala kecil. Banyak pengusaha muda yang mulai menciptakan karya kaos polosnya sendiri.  Dan memiliki desain-desain yang unik sesuai dengan jiwa muda mereka. Hal ini terus berlanjut hingga sekarang disertai dengan munculnya distro-distro. Hampir di setiap wilayah di Indonesia distro-distro ini bermunculan.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar bisnisukm.com
Sumber Gambar bisnisukm.com

Apa Arti Distro yang Sebenernya?

Perlu kita taubahwa arti dari kata Distro adalah “Distribution Outlet“. Kata ini memiliki arti toko yang menjual barang-barang unik hasil karya sendiri termasuk kaos polos.

Lalu pada Tahun 2010 hingga sekarang, distro-distro ini semakin berkembang pesat. Hal ini merupakan dampak dari perkembangan internet dan media sosial. Maraknya distro online shop semakin memudahkan konsumen dalam memilih dan berbelanja. Walaupun bentuk dasar kaos polos masih tetap digunakan sampe sekarang. Namun pada zaman sekarang kaos polos sering dijadikan kanvas tempat anak muda untuk berkreasi.

Tapi tahukah kita kalo membuka usaha konveksi galah sulit selama kita sudah memiliki target pasar yang jelas. Berikut persiapan yang harus kita lakukan sebelum memulai usaha konveksi.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar konveksi-tas.com
Sumber Gambar konveksi-tas.com

1.Pilihlah Jenis Usaha Konveksi yang Ingin kita Kembangkan

Kita perlu ingat sebelum mulai usaha konveksi. Akan lebih baik kalo kita menentukan terlebih dahulu jenis usaha konveksi yang ingin kita kembangkan. Kita bisa membuat konveksi kaos, konveksi seragam, usaha konveksi, konveksi murah, konveksi kostum futsal, konveksi baju murah, konveksi kaos murah, konveksi jaket, ato konveksi kostum bola. Ada juga koveksi tas dan jeans.

Kalo modal kita ga terlalu banyak, kita bisa memulai usaha konveksi rumahan.  Karna  konveksi rumahan ga memerlukan biaya yang besar. Tapi apabila modal yang kita miliki cukup besar dan memadai. Maka ga ada salahnya kalau kita membuka pabrik konveksi dengan skala yang ga terlalu besar. Mengingat kita baru aja memasuki dunia industri konveksi.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar pabrik-baju.net
Sumber Gambar pabrik-baju.net

2.Pilihlah Target Pasar Ato Konsumen Anda

Salah satu yang perlu kita ingat adalah untuk menentukan dan memilih target pasar/ konsumen Anda.  Hal ini sangatlah penting dan menjadi dasar, terutama saat kita sudah mulai menjalankan usaha konfeksi.

Apakah Kita Bisa Bersaing Dengan Usaha Konveksi yang Udah Ada?

Tentu saja, walaupun saat ini telah banyak pabrik ato perusahaan konveksi. Baik yang berskala kecil maupun besar. Tapi kebanyakan kita memproduksi untuk semua kalangan mulai dari anak-anak sampe lansia.

Sedangkan untuk usaha konveksi yang hanya fokus dengan satu target pasar masih tergolong jarang. Jadi ga ada salahnya kalo kita membuka usaha konveksi dengan menargetkan satu kalangan konsumen saja. Contohnya kita bisa menargetkan konveksi untuk kalangan remaja saja.

Walaupun untuk saat ini distro telah banyak bermunculan, ga ada salahnya kalo kita ikut mencoba. Mengingat sifat remaja yang selalu mengikuti trend fashion. Selama kita mampu berkreasi dengan baik, maka usaha konveksi kita dapat berkembang dengan baik.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar idndistro.com
Sumber Gambar idndistro.com

3.Promosikan Sesering dan Sebanyak Mungkin

Ini menjadi hal ketiga yang penting untuk kita ingat yaitu melakukan promosi. Promosi merupakan hal yang sangat penting kalo kita ingin mendirikan konveksi. Baik saat kita memulainya ato ketika konveksi kita sudah berjalan. Bahkan perusahaan konveksi yang telah puluhan tahun berdiri masih terus melakukan promosi. kita akan selalu melakukan promosi produk terbaru.

Karna dengan adanya promosi ini produk konveksi yang kita jual bisa mrenjadi terkenal. Selain itu akan meningkatkan penjualan produk konveksi kita. Jadi jangan lupa mempromosikan sesering dan sebanyak mungkin ya!

Lalu Gimana Cara Kita Mempromosikan Barang Kita?

Promosi pada zaman sekarang galah susah. Mengingat media sosial yang tengah digemari semua kalangan. Tentu kita bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produksi konveksi  kita . kita bisa menggunakan sarana bukumuka, dalam-stragram ato situs dalam mempromosikannya. Tapi kalo kita memiliki biaya berlebih kita bisa mempromosikannya dengan banyak cara. kita bisa memasangkan iklan di koran, iklan di televisi lokal, iklan di radio, dan banner.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Konveksi - Sumber Gambar pabrik-jeans.com
Sumber Gambar pabrik-jeans.com

4.Perhatiin Pola Penjualan yang Tepat

Selain mempromosikannya, kita ga boleh lupa untuk memperhatikan pola penjualan. Pola penjualan merupakan salah satu proses pemasaran.  Karna  pada tahap inilah kita menjual hasil produksi konveksi  kita.  Serta dapatin keuntungan dari penjualan hasil produksi konveksi  kita.

Tapi ga jarang  pengusaha  konveksi mengalami kerugian  Karna  mengabaikan pola penjualan. Padahal pola penjualan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dalam memaksimalkan keuntungan. Pola penjualan pada usaha konveksi sendiri perlu gunain jaringan relasi.  Karna pola penjualan akan membuat kita mengenal lebih jauh tentang partner usaha  kita.

Ga berhenti sampai disitu saja, kita juga perlu memperhatikan pola yang satu ini. kita perlu meningkatkan pola kerjasama. Terutama kerjasama dengan toko-toko pakaian yang memiliki potensi pembelian yang besar.   Karna   itu akan sangat menguntungkan usaha konveksi  kita.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa konveksi sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita.   Karna   setiap orang membutuhkan pakaian sebagai salah satu kebutuhan sehari-hari. Sehingga konveksi merupakan salah satu usaha yang patut kita coba. Mengingat masih terbuka lebarnya pelua kita dalam usaha konveksi. Ga hanya itu saja, jenis-jenis konveksi yang beragam tentu akan sangat memudahkan  kita.

Baca Juga
1. Konveksi Kaos Sablon Grosiran di Semarang  Jawa Tengah
2. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sablon?

Kita  bisa mencoba membuka usaha konveksi sesuai dengan trend. Seperti membuka konveksi kaos, konveksi seragam, konveksi murah, konveksi kostum futsal, konveksi jaket dan  konveksi kostum bola. Buat pasar kalangan menengah ke bawah konveksi baju murah dan konveksi kaos murah bisa jadi pilihan.  Tapi akan lebih baik kalo kita hanya berfokus pada satu konveksi saja. Sehingga kalo kita ingin fokus membuka konveksi seragam, kita harus fokus ngembangin konveksi seragam  kita.

Jadi tunggu apalagi, segera pelajari pasar dan lihat peluang yang ada. Jangan takut untuk memulai, kita hanya perlu mencoba panduan diatas.

kekitaan.com juga punya usaha koveksi jadi kalo organisasi, sekolah, kantor, ato kepanitiaan butuh buat baju, kemeja, jaket, topi, tas, tote bag dan jenis pakaian lainnya.

Silahkan hubungi ya
Line     @kekitaan
WA      082243545754 (telp dan sms)
email   [email protected]

Gimana obrolan kita kali ini?

Membantu dong?

Jadi jangan ragu buat dibagikan ke temen dan keluarga ya. Buat yang masih ada kebingungan. Silahkan tinggalin pertanyaan dibawah ya.

Semoga berguna

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
Rabu 19:01 WIB 23 November 2016
Tulisan Temen Kita

Sumber Tulisan :
Bersosial. 2016. Antara Koveksi dan Garment. bersosial.com/threads/antara-konveksi-dan-garment.11198/ diakses pukul 10.15 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
Konveksi Mahasiswa. 2016. Sejarah Kemeja Bagi Perkembangan Fashion. konveksimahasiswa.com/2016/08/14/sejarah-kemeja-bagi-perkembangan-fashion/ diakses pukul 11.25 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
Konveksi Semarang. 2015. Pengertian Konveksi. konveksiansemarang.com/2015/05/19/pengertian-konveksi/ diakses pukul 10.40 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
Kaos Polos Andalas. 2016. Konveksi Kaos. kaospolosandalas.com/konveksi-kaos/899 diakses pukul 11.30 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016 diakses pukul 12.00 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
Seribu Peluang. 2016. Memulai Usaha Koveksi Pakaian. seribupeluang.blogspot.com/2015/10/memulai-usaha-konfeksi-pakaian.html diakses pukul 12.30 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016

Sumber Gambar :
idndistro.com diakses pukul 12.05 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
jasakonveksimurah.com diakses pukul 13.50 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
konveksikaospoloshirt.com diakses pukul 11.33 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
konveksikaospolossurabaya.wordpress.com diakses pukul 11.36 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
konveksi-tas.com diakses pukul 12.18 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
malangkota.go.id diakses pukul 13.55 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
moskow21.blogspot.co.id diakses pukul 11.52 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
pabrik-baju.net diakses pukul 11.34 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
pabrik-jeans.com diakses pukul 14.10 WIB, pada hari Rabu 17 November 2016
pusatkonveksi.com diakses pukul 11.52 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016
webbisnis.com diakses pukul 11.33 WIB, pada hari Kamis 24 November 2016

Comments

Leave a Reply