Budaya Sopan Santun di Korea

Budaya sopan santun di korea

Kalian Pernah denger ga Budaya sopan santun orang Korea itu kaya gimana? Sopan santun memang harus dijaga. Apalagi kalau lawan bicara yang kita berasal dari negara yang berbeda pasti budaya sopan santunnya juga berbeda dari yang kita terapkan sehari-hari.

Korea adalah salah satu negara yang menganut paham konfusianisme, tentu dengan adanya pengaruh kepercayaan tersebut, sopan santun yang berlaku di Korea akan berbeda dengan Indonesia. Berikut Budaya sopan santun di korea : 

1.Sopan santun di tempat umum 

Pernahkah melihat orang Korea buang ingus sembarangan di jalan ga? Kebanyakan dari mereka pasti memakai tisu untuk membersihkan ingusnya, baik itu di jalan maupun di restoran. Hal ini karena orang Korea menganggap membuang ingus sembarangan adalah hal yang sangat tidak sopan.

Membuang ludah di jalan adalah juga hal yang paling sering ditemui di Korea. Makanya jangan heran kalau jalan di Korea dipenuhi ludah di setiap sudutnya. fenomena laki-laki saling merangkul bahu maupun wanita bergandengan tangan adalah hal yang wajar di Korea. Di jalan-jalan terutama di Seoul banyak ditemukan fenomena ini. Bagi orang Korea, ini adalah bentuk kasih sayang antar sesama.

Baca juga: Universitas Terbaik di korea Selatan 

2. Sopan santun pada saat di meja makan 

Mengobrol saat di meja makan, mengunyah sambil menimbulkan suara adalah hal yang tidak sopan di Korea. ada banyak sekali sopan santun di meja makan Korea seperti misalnya tidak boleh mengangkat mangkuk sup saat sedang makan, dan tidak boleh menancapkan sumpit ke dalam mangkuk nasi karena ini sama aja seperti sedang berdoa untuk orang mati. 

3. Berprilaku di depan orang yang lebih tua atau senior 

Membungkukkan badan saat bertemu dengan orang yang lebih tua adalah bentuk sopan santun yang harus dilakukan. Sebenarnya tidak hanya badan aja, hanya dengan menundukkan kepala maupun melihat ke bawah juga dapat dilakukan.

Di dunia kerja, orang Korea terkenal untuk minum-minum bersama saat kelar kerja atau bisa juga disebut dengan Hwesik apabila acara tersebut dibuat oleh kantor. Namun tidak menutup kemungkinan untuk merencanakan minum bersama dengan kolega kantor diluar acara kantor.

4. Sopan santun saat bertamu ke rumah orang Korea 

Tidak hal asing di Indonesia apabila kita harus melepas sepatu saat sedang memasuki rumah orang lain. Di Korea juga hal ini dilakukan, namun uniknya melepas kaos kaki adalah hal yang tidak sopan sehingga saat bertandang ke rumah orang Korea, selalu pakai kaos kaki ya.

Wanita biasanya suka memakai heels, flat shoes atau sepatu sendal yang tidak memerlukan kaos kaki. Dalam keadaan tersebut, tuan rumah akan menyodorkan sendal rumah untuk dipakai sebagai pengganti kaos kaki.

5. Kebiasaan lainnya 

Menanyakan umur, tinggi badan dan berat badan kepada orang lain khususnya kepada wanita juga dianggap tidak sopan karena hal itu sangat rahasia di Korea. Jadi saat pertama kali bertemu orang Korea, lebih baik tidak menanyakan hal tersebut. Menuliskan nama seseorang dengan pulpen merah bertanda menginginkan seseorang itu mati karena warna merah di Korea juga memiliki makna kematian. 

Terimakasih 

Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 29 September 2021

Comments

Leave a Reply