karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Jangan Langsung Tidur Setelah makan! Ini Dampaknya Pada Kesehatan
Pasti kalian pernah kan langsung tidur atau rebahan setelah makan. Terkadang makan membuat kita merasa ngantuk dan pada akhirnya tertidur. Tapi sebaiknya kebiasaan tidur setelah makan itu dihindari, ya. Karena sangat tidak baik untuk kesehatan.
Ada banyak sekali bahaya yang akan timbul jika kamu terbiasa seperti itu. Tapi tenang saja, di sini saya akan memberikan beberapa tips agar kamu terhindar dari kebiasaan tersebut. Sebelum mendapatkan tips, simak dulu yuk, apa saja sih bahaya dari tidur setelah makan?
Bahaya Tidur Setelah Makan
1. Gangguan Pencernaan
Tidur setelah makan tentu akan mengganggu pencernaan kita seperti timbulnya penyakit asam lambung dan sakit perut. Mengapa?
Dilansir dari self, Asam lambung dari perut rentan naik ke kerongkongan saat seseorang langsung tidur setelah makan. Hal tersebut bisa menyebabkan seseorang merasa mulas, dada atau perut bagian atas nyeri, mual, sampai sakit tenggorokan.
Selain itu, bahaya tidur setelah makan juga bisa menyebabkan sakit perut atau dispepsia. Apa itu dispepsia? Dispepsia adalah sebuah sindrom nyeri atau rasa tidak nyaman di perut bagian atas atau ulu hati.
Gejala dispepsia antara lain seperti sensasi terbakar, mual, begah, dan perut terasa kembung.
Baca Juga
1. 5 Jenis Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Batuk
2. Jangan Diabaikan Alasan Pentingnya Sarapan di Pagi hari
2. Menurunkan Kualitas Tidur
Bahaya selanjutnya jika kamu langsung tidur setelah makan adalah menurunkannya kualitas tidur. Hal ini umumnya disebabkan oleh perut yang terasa tidak nyaman sehingga membuat kamu kesulitan untuk tertidur atau insomnia. Ini lah yang menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang dan menurunnya kualitas tidur.
3. Meningkatkan Berat Badan atau Obesitas
Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang sering tidur setelah makan akan mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan akibat lambatnya metabolisme tubuh dan kurangnya aktivitas untuk membakar kalori dari makanan yang dikunsumsi.
Nah, Untuk menghindari bahaya tidur setelah makan, ahli gizi menyarankan untuk makan antara dua sampai tiga jam sebelum tidur.
Tips Mencegah Tidur Setelah Makan
Seperti yang dikatakan sebelumnya, makan dapat membuat kita merasa ngantuk dan tertidur. Lalu bagaimana cara kita menghindari hal tersebut?
Dilansir dari Alodokter Ada beberapa tips untuk mencegah tidur setelah makan yang harus kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut.
- Konsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, dan karbohidrat.
- Kurangi porsi makan, namun tingkatkan frekuensinya agar lebih sering.
- Perbanyak minum air putih.
- Jangan berbaring setelah makan.
- Rutin berolahraga(minimal 20-30 menit per hari) dan lakukan aktivitas fisik ringan setiap habis makan, agar tidak mengantuk.
- Tidur yang cukup, yaituselama 7-9 jam sehari.
- Hindari konsumsi alkohol dan jangan merokok.
Kesimpulan
Itu dia beberapa bahaya tidur setelah makan dan beberapa tipsnya. Sebaiknya hindari langsung tidur atau berbaring setelah makan, jangan pula makan terlalu banyak dan rajin berolahraga, ya! jaga terus kesehatan kalian. semoga bermanfaat.
<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Terimakasih
health.kompas.com dibuka pukul 16:00 WIB pada Hari Kamis tanggal 3 Juni 2021
alodokter.com dibuka pukul 16:00 WIB pada Hari Kamis tanggal 3 Juni 2021
Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
bahaya tidur setelah makan, tips mencegah tidur setelah makan
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.