Apa Saja Budaya yang Ada di Korea Selatan?

Sebelum kamu pergi liburan ke Korea Selatan, kamu wajib tau nih budaya-budaya yang ada di Korea Selatan. Dengan berkembangnya dari budaya tradisional Korea yang biasa pada suku nomaden Korea awal. Dengan mempertahankan ribuan tahun budaya Korea kuno, dengan pengaruh dari budaya Cina kuno.

Saat ini, banyak elemen budaya Korean Pop dan dunia perfilm-an nya yang tak kalah seru dan sangat populer dan sudah menyebar di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Berikut ada beberapa budaya di Korea Selatan

  1. Kimchi adalah Budaya

Kimchi adalah irisan sayuran kubis yang kemudian dilakukan fermentasi lalu dipadukan dengan saus cabai merah, dan dilengkapi pula dengan aroma yang lezat dari pasta ikan teri.

Kimchi merupakan simbol dari budaya Korea Selatan : kuat, khas, dan menantang.

  1. Melepas Sepatu Ketika Memasuki Rumah

Budaya yang satu ini sudah sangat umum bagi masyarakat Indonesia. Saat kamu memasuki rumah orang Korea, kamu harus melepas sepatu atau sandal yang kamu gunakan.

Melakukan sesuatu yang kurang merupakan tanda tidak hormat yang besar. Karena orang Korea Selatan konon memiliki hubungan yang tidak umum atau khusus dengan lantai mereka.

  1. Minum Soju

Negara Ginseng ini memiliki budaya minum, dan minuman kerasa nasional mereka adalah soju, minuman yang mirip dengan vodka. Sudah pasti soju ini memabukkan dan seperti semua minuman keras di Korea yakni selalu disajikan dengan makanan.

  1. Makan Nasi

Makan nasi sudah tertanam dalam budaya mereka sehingga salah satu salam mereka yang paling umum adalah makan nasi.

Namun warga Korea Selatan biasa makan nasi dengan menggunakan sendok, dan mereka juga tidak pernah mengangkat mangkuk nasi dari meja di hadapan mulut mereka.

  1. Perayaan Chuseok

Chuseok sendiri biasa dirayakan saat bulan purnama tiba guna merayakan suksesnya panen dari para petani. Ini ditandai dengan pertemuan keluarga di kampung halaman.

  1. Pakaian Hanbok

Hanbok adalah pakaian sehari-hari orang Korea selama ribuan tahun sebelum pembukaan negara ke Barat.

  1. Tarian Rakyat Korea Selatan

Tarian rakyat tradisional dari Korea Selatan beberapa di antaranya kuna dan masih bertahan hidup, seperti topeng dari kerjaan Silla, tarian derek berasal dari Koryo, dan tarian burung bulbul musim semi yang di dukung oleh pemerintah Korea Selatan.

  1. Boryeong Mud Festival Lumpur

Di Korea Selatan bermain dengan lumpur sudah menjadi kebiasaan dan tradisi. Karena masyarakat Korea Selatan percaya bahwa lumpur berkhasiat bagus untuk kulit.

  1. Wajib Militer bagi Pria Korea Selatan

Wajib Militer merupakan budaya Korea Selatan yang sudah tidak asing tentunya di telinga kamu. Wamil merupakan kegiatan aksi bela negara yang wajib dilakukan bagi setiap pria Korea Selatan yang berusia dari 18 tahun hingga 35 tahun.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply