Auto Like : 72 Cara Tambah Followers dan Likes Instagram, Twitter, Facebook, dan Media Sosial Lain : #PanduanKita

Sumber gambar tekno.kompas.com

Gimana Cara Tambah Followers dan Likes Instagram, Twitter, Facebook?

Hidup itu butuh banyak strategi
Termasuk untuk ningkatin likes
Penasaran? Ini berbagai strategi
Agar likes dapat ningkat drastis

Salam Mas Bro dan Mbak Bro!

Likes dan followers Instagram, Twitter, Facebook masih dikit?

Ketiga platform sosial media yang Kekitaan.com sebutin di atas punya jumlah pengguna yang paling banyak. Meski saat ini Instagram dan Facebook memegang kendali besar, tapi jangan remehin sosial media lain karna pada dasarnya semua sosial media itu punya tujuan yang sama yaitu untuk berbagi.

Kita harus bisa gunain media-media sosial ini dengan baik Mas Bro dan Mbak Bro. Karna ga cuma peluang usaha. Peluang karir dan peluang-peluang lainnya gede banget buat dikembangin. Penelitian dari We Are Social tuh kerjasama dengan Hootsuite, kita orang Indonesia rata-rata habisin 3 jam 23 menit per hari pake media sosial.

Makin banyak likes dan followers serta followers selain rasa bangga kita makin besar. Semakin besar peluang kita punya usaha dan karir lewat media sosial. Mas Bro dan Mbak Bro bisa liat peluang ini ga?

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro dari 265,4 juta jiwa total orang Indonesia, pengguna aktif dari media sosialnya 130 juta. Dan 120 juta kita orang Indonesia itu pake perangkat mobile.

Sumber gambar tekno.kompas.com

Jadi ga heran kalo pengguna sosmed jaman sekarang gila-gilaan buat cari likes, followers, dan followers. Sayangnya ningkatin ketiganya tuh ga gampang, lho! Kadang-kadang nih, udah sering posting aja, jumlah followers yang bertambah hanya 1 ato 2 orang. Begitu juga dengan likes dan followers sama-sama dikit.

Jadi gimana dong caranya supaya likes dan followers bisa meningkat secara signifikan sampe mencapai angka ribuan?

Dari hasil penelitian internal kekitaan dan dari berbagi sumber. Mas Bro dan Mbak Bro tenang. Kita sampe habis 72 cara tambah followers dan likes Instagram, Twitter, Facebook, dan Media Sosial Lain.

Baca Juga : Cara Tambah Followers Instagram Tanpa Beli Follower Instagram

Karya @lucasbieri

Gimana Cara Tambah Followers dan Likes Instagram, Twitter, Facebook?

1. Bikin konten yang bermanfaat

Apapun cara yang Mas Bro dan Mbak Bro lakukan kalo konten yang diterbitin ga bermanfaat, likes dan followers bakal menjauh dengan sendirinya. Jadi sebelum posting apapun, coba tanya dalam hati apakah konten yang diterbitin bakal berguna ato ga untuk orang lain? Jangan pula terlalu fokus untuk diri sendiri, misalnya dengan bikin caption yang terlalu alay.

Khusus untuk Mas Bro dan Mbak Bro yang baru aja mulai main di Instagram, Twitter, ato Facebook, silahkan ciptain konten yang bermanfaat. Ga harus nambah ilum, konten yang menghibur sekalipun juga bermakna kok bagi orang lain.

2. Kasih opini untuk berita yang lagi rame dibicarakan

Selain untuk posting, sosial media juga bisa dijadiin sumber informasi terbaru dan terhangat. Tapi kalo dibandingkan dengan para penulis berita, Mas Bro dan Mbak Bro jelas kalah karna tanpa dicari sekalipun, para penulis udah langsung dapat beritanya. Jadi gimana? Kasih opini aja, mudah kan? Opini ini bisa disematkan pada foto yang akan diposting ato di IG story. Oh ya, opini tersebut juga usahain membuka cakrawala orang lain supaya mereka dapat berpikir kritis.

3. Posting konten yang bisa dibawa pulang

Kata lainnya adalah file. Jadi postingan Mas Bro dan Mbak Bro bisa disatuin dalam satu file khusus supaya bisa didownload oleh orang lain. File yang disertai dengan gambar tentu lebih bermanfaat dan bernilai tinggi dibandingkan file yang ga pake gambar sama sekali. Apalagi kalo diterbitin langsung sama Mas Bro dan Mbak Bro yang punya followers yang banyak.

4. Jangan hanya tulisan doang

Era udah makin modern, kalo mau posting konten jangan hanya posting tulisan aja. Lengkapi tulisan dengan gambar ato video supaya tulisan lebih menarik. Dari diagram yang Kekitaan.com amati, postingan yang berupa tulisan aja mendapat respon paling kecil dari audiens. Sedangkan tulisan yang disertai gambar ato video punya audiens yang lebih banyak.

5. Kutip ulang konten yang menarik

Kutip ulang ato yang dikenal dengan istilah retweet udah populer sejak beberapa taun lalu semenjak kemunculan Twitter sebagai media sosial. Ketika Mas Bro dan Mbak Bro lagi berselancar di sosial media dan kebetulan ngelihat postingan yang menarik, ga perlu ragu buat nge-tweet. Aksi ini sama sekali ga merugikan, malah menguntungkan. Dimana jumlah grafik tweeting si pemilik postingan bertambah, sementara Mas Bro dan Mbak Bro dapat pahala karna udah berbaik hati nyebarin konten bagus bagi followers.

6. Posting di jam yang paling pas

Beda jam posting, beda pula hasil yang akan didapat. Hal ini berlaku untuk semua media sosial. Posting lah konten saat medsos tersebut sedang rame digunakan. Untuk medsos seperti Twitter, lebih baik posting saat jarum jam menunjukkan angka 10 malam. Untuk Facebook di jam 5 sore – 7 malam. Sedangkan Instagram pada pukul 7 – 8 malam.]

7. Jangan ragu buat follow orang lain

Memfollow orang lain yang ga dikenal jadi cara paling ampuh untuk ningkatin followers. Kenapa? Karna pengikut dari orang yang Mas Bro dan Mbak Bro follow kemungkinan besar bakal ikut mem-follow Mas dan Mbak Bro. Lambat laun, followers pun akan bertambah.

8. Kenali jenis postingan di medsos

Jadi nih Mas Bro dan Mbak Bro, ada 2 tipe orang yang ada di medsos. Pertama, informers yaitu orang yang aktif berbagi informasi. Kedua, meformers yaitu orang yang aktif membagikan informasi tapi tentang dirinya sendiri. Diantara kedua tipe ini, tipe pertama jadi tipe yang paling banyak mendapat lirikan para followers. Karna pengguna sosmed membutuhkan informasi yang berguna, ga hanya sekedar posting-posting foto sendiri.

Adapun postingan yang bagus di posting di medsos, antara lain: postingan berupa opini, saran, masukan, pernyataan, pertanyaan, sharing informasi, dan berbagi pengalaman pribadi.

9. Bikin profil yang enak dibaca

Jangan pernah biarkan profil Mas Bro dan Mbak Bro bersih tanpa tulisan sedikitpun. Giman followers pada mau tau sekilas mengenai data diri Mas Bro dan Mbak Bro kalo profilnya aja kosongan. Jadi sebelum jumlah postingan terlalu banyak, silahkn sediain waktu untuk melengkapi dan mempercantik tampilan profil. Buat pengguna sosmed tertarik membaca profil Mas Bro dan Mbak Bro supaya mereka mau ngikutin medsos Mas Bro dan Mbak Bro sekalian.

Baca Juga : Jual Beli Tambah Followers Instagram Salah Satu 27 Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media

Karya @wokandapix

10. Sematkan kata kunci di profil

Mencari orang lain jadi lebih mudah berkat adanya sosial media. Caranya mudah yaitu dengan nampilin kata kunci. Kata kunci ini bisa Mas Bro dan Mbak Bro sematkan di halaman profil. Isilah halaman profil dengan kata-kata berbobot, jangan hanya kata-kata konyol melulu.

11. Jangan lupa minta like ato share

Kalo mau jumlah orang yang ngeliat postingan Mas Bro dan Mbak Bro bertambah tiap hari, jangan lupa minta likes ato share kepada keluarga, teman, saudara, tetangga, bahkan pacar sekalipun. Sebab jumlah viewers dengan cara ini bisa meningkat sampe 5 kali lipat. Hebat kan?

12. Sisipkan link medsos lain

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro kepingin followers di Twitter dan Facebook sebanyak followers di Instagram, jangan lupa sisipin link penghubung di halaman profil. Jadi ketika follower meng-klik link tersebut, mereka bisa diarahkan langsung ke halaman profil Mas Bro dan Mbak Bro di medsos lain.

13. Minta teman bantuin promosi akun

Mas Bro dan Mbak Bro pasti punya temen kan? Nah mintalah bantuan temen untuk promosiin akun Mas Bro dan Mbak Bro supaya followers makin lama makin meningkat. Kalo dari satu temen aja Mas Bro dan Mbak Bro bisa dapetin 20 followers, bisa bayangkan jumlah followers yang didapat lewat 20 temen yang promosiin akun milik Mas Bro dan Mbak Bro? Jumlahnya bisa sangat fantastis!

14. Jangan pake logo di foto profil

Pemakaian logo di foto profil biasanya digunakan oleh perusahaan tertentu untuk mempermudah orang lain mendapat update-an terbaru dari perusahaan yang bersangkutan. Nah Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu ikut-ikutan cantumin logo di foto profil. Sebagus apapun logo tersebut, ga bakal ada yang mem-follow akun Mas Bro dan Mbak Bro deh! Oke lah kalo Mas Bro dan Mbak Bro selebgram ato artis, ga jadi masalah. Kalo hanya sebatas rakyat biasa, sebaiknya tampilin foto asli aja. Tapi pilih foto yang bagus supaya tampilan profil lebih keren.

15. Sering mention orang yang punya banyak followers

Nge-tag orang terkenal itu memang sedikit berbahaya. Kalo apa yang kita posting atau tuliskan ga berkenan di hati orang yang di-tag, ujung-ujungnya bisa kena kasus. Tapi percaya ato ga, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dapetin sejumlah followers. Mau coba?

16. Jalin komunikasi dua arah

Komen ato likes yang Mas Bro dan Mbak Bro terima sebaiknya jangan di­biarkan begitu aja. Komen ato likes ada baiknya kalo dibalas dengan komen ato likes juga. Supaya apa? Supaya followers jadi makin seneng dengan Mas Bro dan Mbak Bro. Karna dengan adanya tindakan balas komen ato likes, tercipta sebuah komunikasi dua arah antara Mas Bro dan Mbak Bro dengan followers.

17. Bikin blog pribadi

Kenapa para blogger punya banyak followers? Karna mereka mau luangin waktu untuk membuat blog pribadi. Blog ini berisi hal-hal informatif mengenai sesuatu hal, misalnya lifestyle. Blog ini sendiri juga bisa dijadikan sebagai sarana penyalur hobi, khususnya untuk Mas Bro dan Mbak Bro yang suka menulis. Apalagi bikin blog sendiri juga ga butuh banyak biaya, jadi tunggu apalagi?

Baca Juga : Tanda Kalo Kita Salah Gunain Sosial Media

Karya @jdubs

18. Posting kalimat motivasi

Namanya juga kalimat motivasi, ya berarti secara ga langsung dianggap dapat memotivasi seseorang. Kalimat motivasi ini ga melulu dari hasil pemikiran orang lain, Mas Bro dan Mbak Bro sendiri bisa buat kalimat motivasi sendiri untuk para followers di sosial media. Cara ngerangkai kalimat motivasi ga susah kok. Asal mau mencoba dan sering berlatih, kalimat motivasi yang Mas Bro dan Mbak Bro rangkai akan semakin sempurna.

19. Monitori akun lain

Supaya Mas Bro dan Mbak Bro selalu dapat update terbaru mengenai postingan orang lain, hidupkan panel on pada pengaturan notifikasi. Tujuannya agar Mas Bro dan Mbak Bro ga ketinggalan informasi terbaru dari akun yang disukai. Dengan cara ini, Mas Bro dan Mbak Bro jadi lebih aktif di akun orang lain. Dengan memberi likes ato komen, akun Mas Bro dan Mbak Bro pun bisa dibanjiri oleh followers setiap harinya.

20. Pake metode “kuliah twit”

Maksudnya gimana? Jadi kuliah twit ini sama artinya dengan memberi informasi bermanfaat bagi followers, tapi informasinya dikupas secara mendalam dan ada komunikasi dua arah antara Mas Bro dan Mbak Bro. Sistem kerjanya mudah kok. Di akun sosial media, Mas Bro dan Mbak Bro buat pertanyaan, lalu ajak followers untuk memberikan komentar.

Nah komentar yang mereka berikan bisa Mas Bro dan Mbak Bro balas, sehingga komunikasi terus berlanjut. Tapi poin ini perlu kehati-hatian ekstra. Apabila materi yang dibahas kurang disukai oleh followers, maka followers perlahan-lahan akan hilang. Jadi usahakan materi yang dibahas sesuai dengan apa yang disukai para follower ya.

21. Jangan terlalu banyak promosi

Sosial media biasa digunakan untuk menjalin relasi dengan teman-teman lama ato untuk cari tau kabar keluarga. Tapi ada yang menjadikan sosial media sebagai media untuk promosi alian jualan. Boleh ga? Boleh, asalkan jangan keterusan. Hargai followers yang mem-follow akun Mas Bro dan Mbak Bro. Sebab mereka juga ga mau kalo halaman berandanya diisi oleh spamming promosi semua.

22. Berikan solusi atas permasalahan yang terjadi

Postingan terbaik adalah postingan yang memberikan manfaat. Kalo semisal Mas Bro dan Mbak Bro berhasil memberi solusi terbaik atas permasalahan orang lain, orang lain pun bakal antusias dan simpati sama Mas Bro dan Mbak Bro. Apalagi kalo solusi tersebut membangun.

23. Sebar konten milik orang lain

Menciptakan konten yang menarik, bagus, dan berkualitas itu lumayan sulit dan butuh waktu. Kalo situasi dan kondisi lagi runyam, Mas Bro dan Mbak Bro ga bakal bisa buat konten yang bagus. Gimana solusinya? Mudah aja, silahkan sebar konten milik orang lain supaya akun Mas Bro dan Mbak Bro ga mati kayak kuburan.

24. Sekali-sekali buat kontroversi

Sebagai orang yang aktif menggunakan sosial media, Mas Bro dan Mbak Bro pasti pernah ga setuju sama pendapat yang dicetuskan orang lain. Iya kan? Ketidaksetujuan ini bisa diungkapkan lewat hal yang berbau kontroversi ato bertentangan. Sekali-sekali buat kontroversi gapapa, karna cara ini bisa buat Mas Bro dan Mbak Bro naik daun dalam sekejap apalagi kalo kontroversinya sampe mendatangkan kontroversi baru. Beuhh!

25. Lebih banyak nge-tweet, lebih bagus

Mau followers di Twitter meningkat? Mas Bro dan Mbak Bro bisa nge-tweet setidaknya 9x dalam sehari? Busett banyak banget? Ga kok, tenang aja. Malah semakin banyak nge-tweet, semakin banyak jumlah followers yang bertambah. Ah yang bener? Buktikan sendiri kalo ga percaya.

26. Posting 10x dalam seminggu di akun Facebook

Facebook sedikit berbeda dengan Twitter dan Instagram. Di Facebook sendiri, kesempatan untuk posting konten itu dibatasi. Jadi kalo ga mau diblokir akunnya, Kekitaan.com menyarankan untuk posting maksimal 10x aja dalam seminggu. Mas Bro dan Mbak Bro bisa bagi per harinya menjadi 1 – 2 posting. Yang penting dalam seminggu jumlah postingannya tetap 10.

27. Posting 3 – 5 kali sehari di Instagram

Di Instagram, Mas Bro dan Mbak Bro bisa posting sebanyak-banyaknya. Tapi kalo ga mau dikatain spamming, sebaiknya batasi jumlah postingan menjadi 3 – 5 kali aja per hari. Dengan rutin memposting, jumlah followers pun bisa bertambah dengan sendirinya.

28. Maksimalin jumlah kata di Twitter

Tweet yang optimal itu adalah tweet yang terdiri dari 71 – 100 huruf. Dari jumlah huruf ini, Mas Bro dan Mbak Bro bisa maksimalin jumlah katanya. Kalo mau buat tweet kata-kata bijak, sebaiknya jangan terlalu bertele-tele, cukup to the point aja.

29. Posting di Facebook dengan 40 huruf

Kenapa 40 huruf?

Karna 40 huruf itu memiliki jumlah keterikatan sebesar 88%. Gimana kalo Mas Bro dan Mbak Bro mau buat tulisan lebih dari 40 huruf?

Silahkan! Semakin panjang, malah semakin baik apalagi kalau tulisannya informatif.

Baca Juga : Jasa Admin Ribet Urus Media Sosial 13 Alasan Kenapa Jasa Admin Penting

Sumber Gambar : unsplash.com

30. Buat sesi tanya jawab

Semakin sering suatu akun di Twitter berinteraksi dengan followers, maka jumlah followers pun semakin cepat meningkat. Kenapa? Karna orang yang Mas Bro dan Mbak Bro balas Tweet-nya kemungkinan besar akan kasih tau ke teman-temannya kalo Mas Bro dan Mbak Bro adalah orang yang humble dan suka berinteraksi. Sehingga teman si pemilik akun tersebut pun akan berlomba-lomba ngikutin akun Twitter Mas Bro dan Mbak Bro.

31. Hindari pemakaian tool otomatisasi

Sosial media menyediakan tool untuk posting secara otomatis. Bagus aja karna Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu ribet buka akun sosmed tersebut setiap kali ingin posting. Tapi jatuhnya jadi spam kalo postingnya terlalu sering. Apalagi kalo jarak waktunya berdekatan. Alhasil followers pun akan berlarian.

32. Jadi sumber bacaan bagi followers

Twitter dan Facebook memiliki jumlah engagement tertinggi dibandingkan sosial media lain, apalagi untuk postingan berupa link. Nah Mas Bro dan Mbak Bro bisa jadi sumber bacaan bagi followers. Caranya mudah, cukup cari link artikel yang bermanfaat, lalu bagikan di sosial media. Jika followers menganggap artikel tersebut bermutu, mereka akan dengan senang hati membagikannya. Tanpa disadari, akun Mas Bro dan Mbak Bro akan kedatangan followers baru yang juga membutuhkan artikel menarik tersebut.

33. Adakan kontes berhadiah

Kontes berhadiah ato giveaway jadi cara ampuh untuk ningkatin jumlah followers. Jadi Mas Bro dan Mbak Bro umumin syarat dan ketentuan mengikuti giveaway, sebutin apa yang harus dilakukan, dan pilih siapa yang berhak mendapat hadiah cuma-cuma tersebut. Supaya followers Mas Bro dan Mbak Bro meningkat, suruh peserta kontes nge-tag teman-teman mereka dan suruh mereka mem-follow akun Mas Bro dan Mbak Bro terlebih dulu supaya sah menjadi peserta.

34. Meniru taktik dari akun yang udah populer

Setiap orang punya cara tersendiri untuk ningkatin likes dan followers. Nah kalo cara yang Mas Bro dan Mbak Bro tetapin belum menuai hasil maksimal, silahkan tiru cara mereka yang udah berhasil ningkatin beratus ribu followers. Seperti beberapa bulan lalu saat Insta story ber-template sangat booming, pengguna Instagram berlomba-lomba membuatnya untuk naikin jumlah followers.

35. Jangan terlalu asik ngobrol

Ga ada yang mau tau percakapan antara Mas Bro ato Mbak Bro dengan para followers. Jadi jangan terlalu sering menc-capture hasil percakapan kalian berdua di sosial media. Cara ini sama aja dengan spamming, apalagi percakapan tersebut sama sekali ga informatif.

36. Bergabung dengan iklan

Mas Bro dan Mbak Bro punya modal besar? Keluarin sedikit untuk ningkatin jumlah followers. Caranya dengan mempromosikan akun Mas Bro dan Mbak Bro lewat iklan yang ada di sosial media. Biayanya mungkin lumayan mahal, tapi worth it kok untuk nambah followers. Jadi jatuhnya Mas Bro dan Mbak Bro tetep untung.

37. Terbitin daftar akun terpopuler

Mas Bro dan Mbak Bro bingung mau nerbitin konten apa? Konten mengenai daftar akun populer bisa jadi ide bagus. Jadi Mas Bro dan Mbak Bro kumpulin 5 – 10 nama akun yang rame diperbincangkan orang, lalu bagikan ke sosial media. Dijamin, konten yang diterbitin ini bakal banyak yang nge-view.

38. Gunakan cara call to action

Cara ini ampuh untuk Mas Bro dan Mbak Bro yang ingin berbisnis lewat sosial media. Jadi mekanismenya Mas Bro dan Mbak Bro posting foro produk, terus jelasin kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Sebutin juga alasan kenapa mereka harus beli dan apa aja yang bakal mereka dapat.

39. Post konten yang isinya larangan ato anjuran

Saat ini, konten-konten berbau pornografi tersebar luas di sosial media. Hal ini jelas ga mendidik. Nah Mas Bro dan Mbak Bro bisa take action dengan memberikan anjuran supaya generasi muda ga ikut-ikutan menyebarkan link pornografi tersebut. Sehingga orang lain ga ikut terkena dampak negatifnya.

Baca Juga : Unfollowers Instagram Siapa Aja yang Bakal Unfollow Media Sosial Kita dan Kenapa

40. Manfaatkan fitur analitik

Dua aplikasi yaitu Facebook dan Twitter punya fitur menarik ini. Sayangnya, fitur ini sering diabaikan karna jumlah grafiknya yang terlalu banyak, membuat siapapun malas meliriknya. Padahal kalo dimaksimalkan, fitur ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai jumlah viewers yang Mas Bro dan Mbak Bro dapatkan dari konten yang udah diterbitin. Jadi proses pemantauan sosial media jadi lebih mudah.

41. Pahami tujuan dari setiap konten yang diposting

Tujuan setiap postingan di sosial media berbeda-beda. Ada yang mendidik, menghibur, dan ada pula yang menghancurkan. Konten yang Mas Bro dan Mbak Bro bagikan usahakan mendidik dan menghibur ya supaya jumlah followers bisa meningkat dengan sendirinya.

42. Bertanyalah “apakah Mas Bro dan Mbak Bro layak?”

Coba bayangin kalo suatu akun ga bermanfaat sama sekali, apa Mas Bro dan Mbak Bro mau ikutin? Pasti ga kan? Jadi kalo jumlah followers tetap sama, coba tanyakan apakah Mas Bro dan Mbak Bro layak untuk diikuti.

43. Like postingan followers yang sering berinteraksi denganmu

Kalo akun sosmed Mas Bro dan Mbak Bro punya lebih dari 500 followers, pasti ada aja akun yang terus berinteraksi dengan Mas Bro dan Mbak Bro. Jangan diabaikan ya mereka. Justru Mas Bro dan Mbak Bro harus lebih respect karna mereka udah setia mantengin akun Mas Bro dan Mbak Bro. Kalo followers senang, mereka akan merekomendasikan akun Mas Bro dan Mbak Bro ke teman-temannya.

44. Tentukan target, baru menjual sesuatu

Kalo akun yang Mas Bro dan Mbak Bro buat ditujukan untuk bisnis, jangan pernah posting yang aneh-aneh saat target followers ga tercapai. Sebaliknya kalo target tercapai, barulah jual sesuatu. Itupun harus tetap dibatasi. Jangan pula karna target udah tercapai, Mas Bro dan Mbak Bro jadi seenaknya posting. Tetap perhatikan kenyamanan followers ya.

45. Gunakan fitur click to tweet

Di dalam sebuah tulisan, coba sisipkan link. Setiap kali link tersebut di klik, maka followers akan diarahkan langsung ke tulisan yang berhubungan dengan tulisan sebelumnya. Fitur click to tweet ini lebih dikenal dengan istilah backlink pada postingan di Blogspot ato WordPress.

46. Batasi mem-follow akun

Kalo mau follow akun, sebaiknya batasi jumlahnya supaya ga terkesan spamming. Memang, aktivitas mem-follow ini ga terlihat langsung di beranda, tapi akan terlihat di halaman aktivitas yang ada di panel notifikasi akun. Selain spamming, terlalu banyak mem-follow dapat mengakibatkan akun Mas Bro dan Mbak Bro diblokir oleh pemilik sosial media yang bersangkutan.

47. Buat list akun yang relevan di Twitter

Di Twitter, ada fitur yang dinamakan “list”. Fitur ini bisa Mas Bro dan Mbak Bro manfaatin untuk menseleksi akun-akun mana aja yang membagikan informasi bermanfaat. Jadi setiap kali meng-klik panel “list”, maka seluruh postingan ato tweet akun tersebut akan muncul. Sehingga Mas Bro dan Mbak Bro jadi lebih mudah memantau postingan akun tersebut.

48. Pastikan meta tag udah dimanfaatkan sebaik mungkin

Meta tag ini berguna untuk mempermudah kemunculan akun Mas Bro dan Mbak Bro saat memposting. Selain itu, meta tag berguna untuk memastikan kalo judul, gambar, ato deskripsi dari konten tersebut udah bener. Dengan demikian, kesalahan pun dapat diminimalisir sekecil mungkin.

49. Banyak memposting gambar

Posting gambar mendapat tanggapan yang lebih banyak ketimbang yang lain. Masalahnya bikin gambar itu ga mudah. Belum lagi nyesuain kontras, efek, ketajaman, dan banyak lagi, pasti butuh waktu yang banyak. Tapi Mas Bro dan Mbak Bro bisa gunain website Pablo ato Canvas. Cara menggunakan website editing ini juga mudah. Mas Bro dan Mbak Bro tinggal kunjungin alamatnya aja.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Kalo Beli Followers Instagram dan Sosial Media Lainnya

Karya @alexas_fotos

50. Gunakan hashtag yang populer

Untuk ningkatin likes dan followers, pengguna sosial media sering menggunakan hashtag di setiap foto, tulisan, ato video yang dipostingnya. Dengan hashtag, pengguna sosmed yang dijangkau juga jauh lebih luas. Sebelum memposting, sebaiknya seleksi hashtag apa aja yang lagi populer di sosial media. Lalu gunain deh hashtag tersebut.

51. Jangan terlalu kaku, ini sosial media!

Sosial media adalah wadah untuk berekspresi dan menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Untuk mengungkapkan ini, Mas Bro dan Mbak Bro pasti gunain kata-kata kan? Nah rangkaian kata-kata inilah yang ga boleh terkesan kaku karna ga ada yang suka sama orang kaku. Rangkailah kata-kata menjadi kalimat yang luwes dan gambang dibaca oleh orang lain. Kalo perlu, selipin juga kalimat humoris supaya pembaca merasa terhibur.

52. Jangan gunain aplikasi penambah followers

Oke, aplikasi penambah followers sejatinya ampuh untuk ningkatin ribuan followers. Tapi untuk apa punya followers banyak toh followers tersebut pengguna pasif. Mas Bro dan Mbak Bro ga bakal dapat keuntungan apa-apa. Tujuan ningkatin followers ga hanya untuk eksistensi semata, tapi untuk ningkatin kualitas dari setiap postingan demi mendapat banyak likes dan komen.

53. Gunain fitur plugin sosial locker

Fitur ini berguna untuk mengunci setiap postingan. Untuk melihat postingan ini, followers Mas Bro dan Mbak Bro harus mau ngebagiin ato nge-like setidaknya satu postingan yang terlihat. Begitu seterusnya.

54. Buat tulisan untuk menanyakan pendapat

Sesekali, buatlah satu ato dua pertanyaan, lalu ajak followers untuk mengomentasi kiriman yang Mas Bro dan Mbak Bro buat. Kalo kiriman yang diposting dirasa menarik, kiriman ini pun akan otomatis disebarluaskan oleh followers sehingga followers baru pun akan berdatangan dengan sendirinya.

55. Jangan lupa nge-tag lokasi di Instagram

Saat Mas Bro dan Mbak Bro uploas sesuatu di Instagram, sebaiknya tag lah lokasi dimana foto tersebut diambil. Ketika orang lain lagi cari-cari lokasi tersebut, maka foto Mas Bro dan Mbak Bro pun akan muncul di halaman pencarian. Dengan demikian, akun Mas Bro dan Mbak Bro jadi lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

56. Manfaatkan jasa endorsement selebgram

Cara ini sangat populer, khususnya untuk Mas Bro dan Mbak Bro yang ingin berbisnis lewat media sosial. Cara kerjanya sangat mudah. Cari tau selebgram mana aja yang menerima jasa endorsement. Setelah itu, Mas Bro dan Mbak Bro ajak untuk bekerja sama. Bilang ke selebgram supaya mention nama bisnis Mas Bro dan Mbak Bro di caption yang mereka tulis. Alhasil, followers selebgram tersebut pun bakal ngunjungin akun bisnis Mas Bro dan Mbak Bro ato bahkan mem-follow akun tersebut.

57. Posting foto yang terang

Foto terang memiliki jumlah likes dan komen terbanyak di Instagram. Jadi banyak pengguna Instagram, khususnya blogger melakukan editing sedemikian rupa untuk menghasilkan foto terang dan berkualitas. Keterangan foto pun disesuaikan dengan postingan sebelumnya supaya lebih enak dilihat.

58. Gunakan 1 kontras warna aja

Pilih satu efek yang paling Mas Bro dan Mbak Bro sukai, lalu aplikasikan pada setiap foto yang akan diposting. Menyamakan kontras sangat bagus agar tampilan foto di Instagram lebih enak dilihat. Efek yang dipilih sebaiknya terang dan eye catching ya!

59. Jangan terlalu mencolok

Meski efek terang menuai banyak tanggapan positif, seperti likes dan komen, tapi perhatikan pula kontras dari efek tersebut. Jangan sampe terlalu terang karna akan membuat penglihatan terganggu. Sebaiknya pilih efek dan kontras yang lembut.

Baca Juga : Pengaruh Sosial Instagram dan Media Sosial Lainnya

Karya @analogicus

60. Jangan kebanyakan edit foto

Sebelum diposting, emang foto tersebut ada baiknya diedit terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan kebanyakan edit foto karna aksi ini akan menghilangkan keaslian dan karakteristik foto tersebut. Lakukan editing seperlunya.

61. Jangan gunain filter yang disediakan Instagram

Instagram menyediakan fitur pengedit foto yang bisa dimanfaatkan sebelum foto tersebut diposting. Sayangnya, fitur edit foto di Instagram sangat terbatas jadi ga disarankan untuk Mas Bro dan Mbak Bro gunain. Efek foto yang tersedia juga sedikit ngebosanin, jadi kesannya kurang menarik.

62. Posting foto yang nunjukin muka

Emang sih, terlalu banyak mengunggah foto selfie di Instagram itu ga terlalu bagus karna bikin followers illfeel. Illfeel kenapa, bukannya bagus? Okelah kalo kontras, efek, dan objeknya bagus, kalo ga kan yang terjadi yang sebaliknya. Foto yang nunjukin muka biasanya akan mendapat respon berupa komentar sebanyak 35%. Jadi sesekali gapapa kalo Mas Bro dan Mbak Bro kepingin posting foto selfie.

63. Gunakan aplikasi editing terbaik

Memanfaatkan editing yang disediakan pihak Instagram aja ga begitu ampuh untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Sebaiknya gunakan aplikasi editing terbaik dan paling populer di kalangan pengguna Instagram. Misalnya Lightroom, VSCO, dan Snapseed.

64. Jangan lupa sematkan hashtag “love”

Jumlah pengguna hashtag “love” di Instagram udah mencapai angka miliaran orang. Kalo hashtag ini digunakan, jumlah likes yang Mas Bro dan Mbak Bro dapatkan di IG pun akan meningkat drastis. Jadi jangan lupakan hashtag yang satu ini kalo mau posting di Instagram ya!

65. Ciptakan hashtag buatan sendiri

Jangan hanya gunain hashtag milik orang lain aja. Sesekali buat hashtag sendiri supaya kesannya lebih kreatif. Ga perlu ribet mikirin nama hashtag pribadi, yang mudah-mudah aja. Misalnya nih pake hashtag nama Mas Bro dan Mbak Bro sendiri. Mudah kan?

66. Posting ulang foto yang diposting followers

Ya namanya juga followers, pasti ada aja kerjaannya. Kadang-kadang nih followers suka cari-cari foto jadul artis kesukaannya, lalu diposting di Instagram miliknya sembari nge-tag akun IG akun tersebut. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro pernah ngalamin hal yang sama, jangan ragu untuk nge-reposting kiriman dari followers tersebut ya. Ga hanya buat hati followers senang, tapi Mas Bro dan Mbak Bro bisa ikutan flashback tanpa harus susah payah nge-scroll foto-foto lama.

67. Buat meme tentang diri sendiri

Istilah meme udah sering terdengar di sosial media. Tapi jangan hanya suka baca meme aja. Mas Bro dan Mbak Bro juga bisa buat meme tentang diri sendiri. Isi memenya ga perlu se-mainstream meme pada umumnya, cukup meme simpel aja yang pasti lucu untuk menghibur followers. Tenang, harga diri Mas Bro dan Mbak Bro ga bakal turun kok. Yang ada Mas Bro dan Mbak Bro dinilai sebagai orang yang lucu karna berani membuat meme tentang diri sendiri.

68. Sinkronisasi akun sosial media di Instagram

Pengguna Instagram diperbolehkan untuk mensinkronisasi postingan miliknya ke akun sosial media lain. Mas Bro dan Mbak Bro bisa memanfaatkan fitur ini agar proses promosi diri sendiri semakin mudah. Dengan adanya sinkronisasi, akun Mas Bro dan Mbak Bro juga akan muncul di halaman “saran pertemanan” di akun Instagram orang lain yang juga menggunakan sosmed yang Mas Bro dan Mbak Bro sinkronisasikan ke IG.

Baca Juga : 27 Cara Menambah Followers Instagram Termasuk Beli Insta Followers

Karya @splitshire

69. Posting foto yang terkesan rame

Nah rame yang dimaksud disini bukan karna banyak orang ato yang lainnya ya. Tapi foto yang punya background ato latar belakang yang rame. Misalnya lukisan yang ada di sekitar jalan raya bisa Mas Bro dan Mbak Bro manfaatkan untuk latar belakang foto supaya kesannya lebih rame.

70. Jangan jadi pribadi yang kaku

Kalo di poin sebelumnya kekakuan yang dibahas adalah tentang caption ato tulisan, nah kekakuan disini lebih ke pribadi kita sendiri. Jadi di postingan Instagram, jangan posting foto yang begitu-begitu aja. Entah itu pose, cara berpakaian, dan lain-lain. Jadilah pribadi yang lebih luwes. Sesekali posting lah foto yang nunjukin sisi “kegilaan” Mas Bro dan Mbak Bro.

71. Bikin endorsement yang unik

Jadi endorsement itu ga lagi hanya sebatas nampilin foto aja. Mas Bro dan Mbak Bro yang dapat tawaran endorsement bisa bikin video unik untuk menampilkan akun pemilik online shop tersebut. Selain ampuh untuk ningkatin tingkat penjualan si pemilik olshop, followers Mas Bro dan Mbak Bro juga pasti bertambah. Kok bisa? Karna sadar ato ga, si pemilik olshop bakal repost postingan tersebut. Alhasil followers si olshop bakal balik ngikutin akun IG Mas Bro dan Mbak Bro.

72. Jadilah diri sendiri

Poin terakhir ini penting banget! Jangan mau jadi orang lain untuk mendapat pujian, likes, ato ningkatin followers. Jadi diri orang lain itu akan menyiksa diri sendiri. Sejatinya Mas Bro dan Mbak Bro juga udah membohongi diri sendiri dengan berpura-pura menjadi “yang lain” supaya disukai. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro termasuk orang yang humoris, tunjukkan sisi humoris Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu jaim-jaim.

Demikianlah 72 cara tambah followers dan likes di Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya. Semoga Mas Bro dan Mbak Bro bisa terapin ya!

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Nambah likes udah dibahas disini
Jangan lupa untuk diterapin ya
Kalo suka postingan yang satu ini
Jangan lupa disebarluaskan ya

#PanduanKita
20180704 0701 WIB Rabu
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
Darmawan. 2016. 66+ Strategi yang Bisa Anda Lakukan untuk Mendapatkan Followers dan Like di Instagram, Twitter, dan Facebook. panduanim.com dibuka pukul 06:03 WIB pada Hari Rabu tanggal 04 Juli 2018
Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesiatekno.kompas.com. dibuka pukul 06:03 WIB pada Hari Rabu tanggal 10 Juli 2018

Sumber Gambar
pixabay.com dibuka pukul 06:49 WIB pada Hari Rabu tanggal 04 Juli 2018
unsplash.com dibuka pukul 06:57 WIB pada Hari Rabu tanggal 04 Juli 2018

Comments

Leave a Reply