5 Makanan Khas Jawa Barat

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Apa kah kamu ingin kulineran makanan khas Jawa Barat?

Salam #MasBro #MbakBro
Mau kulineran makanan khas Jawa Barat tapi masih bingung cari referensi? Simak yuk! 

5 Makanan Khas Jawa Barat 

Jawa Barat merupakan salah satu Daerah yang menyimpan banyak makanan khas yang populer dan diminati oleh masyarakat. Makanan khas Jawa Barat memiliki cita rasa pedas dan asam.

1. Karedok 

 

Karedok merupakan kuliner makanan khas Jawa Barat dengan bahan dasar sayuran yang disajikan bersama dengan siraman bumbu kacang. Karedok ini hampir sama dengan gado-gado dan pecel.

Namun yang membedakannya yaitu dari bahan dasar sayuran yang sudah matang atau masih mentah. Bahan dasar karedok itu sendiri yaitu timun, kacang panjang, kol, terong, daun kemangi, dan toge.

2. Dorokdok 

Dorokdok merupakan salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau. Dorokdok itu sendiri merupakan cemilan yang digemari oleh warga Garut selain  makanan dodol. 

Dorokdok juga sebagai olahan yang dibuat dari kulit hewan, kandungan protein hewani di dalamnya tergolong cukup tinggi. Dorokdok ini memiliki citra rasa yang gurih, pedas dan renyah. 

3. Tauge Goreng 

 

Dari namanya mungkin ada yang berpikir bahwa olahan ini adalah tauge yang dibuat dengan cara digoreng, namun ternyata nama itu menipu siapa saja, karena sebenarnya tauge goreng dibuat dengan cara direbus.

Kata goreng pada makanan ini didapat dikarenakan perebusan tauge-nya dilakukan menggunakan wajan, yang notabene digunakan sebagai alat penggorengan.

4. Doclang 

Doclang merupakan makanan yang terdiri dari ketupat, tahu, telur, kentang, serta ada siraman bumbu kacang mengitarinya.

Terkesan sangat mirip bukan dengan ketoprak-nya Jakarta maupun kupat tahu-nya Bandung, namun ada banyak yang membedakan antara ketiganya.

5. Soto Kuning

Sesuai dengan namanya soto kuning, makanan ini memiliki keunikan pada kuahnya yang bewarna kuning, dan yang dijadikan rempahnya adalah kunyit.

Makanan khas Jawa Barat ini memiliki aroma kunyit tersebut akan ditambah dengan beraneka ragam daging, mulai dari daging ayam dan sapi, limpa, hingga babat.

Kesimpulan

Itulah 5 makanan khas Jawa Barat yang enak dan lezat. Namun sebetulnya masih banyak lagi jenis makanan khas Jawa Barat yang dapat kamu jumpai dimana pun.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Selanjutnya mau kuliner kemana lagi?
Tinggalkan jejak di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
google.com dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Rabu tanggal 05 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
5 Tempat Kuliner Kekinian di Jawa Barat, Wisata kuliner Jawa Barat, Jawa Barat, kuliner Jawa Barat, kuliner Jawa Barat kekinian, kuliner hits di Jawa Barat, anak muda, tempat nongkrong, tempat kuliner, kulineran Jawa Barat, Jawa Barat street food, rekomendasi kuliner.

Comments

Leave a Reply