10 Kuliner Khas Bangka Belitung

10 Rekomendasi Makanan Khas Bangka Belitung | tulisIN

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di sisi kanan pulau Sumatera yang terdiri atas dua pulau besar beserta ratusan pulau kecil lainnya. Dua pulau tersebut, yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung.

di Bangka Belitung juga memiliki kuliner yang sangat lezat yang harus di coba saat sedang di Bangka Belitung.Berikut daftar makanan yang harus kamu coba di Bangka Belitung.

1. Lempah Kuning

Lempah Kuning, Ikan Tenggiri Dimasak Berkuah Kuning Pedas Asam Plus  Potongan Nanas - Tribunnews.com Mobile

Lempah kuning adalah sup ikan berkuah yang terkenal di pulau Bangka. Sementara di pulau Belitung makanan ini disebut dengan gangan. Warna kuning pada kuahnya yang berasal dari kunyit dan nanas. Dalam membuat lempah kuning ada dua jenis ikan yang sering dipilih yaitu Ikan kakap merah dan ikan tenggiri. 

2. Berego 

Resep Berego, Kuliner Khas Belitung Yang Menggoda – Majalah GPriority

Berego adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu.Berego ini memiliki bentuk yang berbeda karena bulat melingkar yang menjadikan makanan ini unik. Karena rasanya yang tawar dan merupakan sumber karbohidrat, berego sering dijadikan pengganti nasi atau lontong.

3. Lakse

12 Makanan Khas Bangka Belitung Terlezat yang Wajib Di Coba - PUTRA TRAVEL

lakse adalah makanan yang terinspirasi dari spageti. Lakse dibuat dari tepung sagu yang dibentuk memanjang menjadi buntelan.Cara memakan lakse adalah dengan mencampurkannya dalam kuah gurih serta diberi tambahan berupa telur, ikan, atau udang.

4. Martabak Bangka

🌟Martabak Bangka Liem - Balaraja - Food Delivery Menu | GrabFood ID

Siapa sih yang gakenal martabak bangka ini ?? pencinta makanan manis pasti tau nih,karena martabak bangka ini sudah sangat populer dan sudah banyak di kota-kota lain.

Martabak bangka atau sering disebut martabak manis adalah kuliner khas Bangka Belitung.Dengan barbagai macam toping yang menjadikan lebih menarik dan menggoda.Cocok banget nih nemenin kalian sambil nonton.

5. Mie Koba 

Resep: Mie kuah ikan khas bangka (mie koba) nikmat

Mi koba merupakan makanan khas Bangka berbeda dengan mie Belitung,mi koba dengan mi belitung ada pada kuahnya.

Mi koba punya kuah berwarna gelap yang terbuat dari kaldu ikan tenggiri dicampur gula aren. Selain potongan ikan tenggiri, telur dan bawang goreng juga dijadikan sebagai pelengkap mie koba.Kuliner mie koba ini mempunyai rasa gurih manis yang pas pasti bikin kamu ketagihan.

6. Rusip

Mengenal Rusip, Makanan Fermentasi Ikan Khas Bangka yang Menambah Nafsu  Makan - Bangka Pos

Rusip merupakan sambal khas Bangka Belitung yang terbuat dari fermentasi ikan, garam, dan gula merah selama minimal tujuh hari. Setelah fermentasi selesai, rusip dicampur dengan jeruk nipis, cabai, dan bawang merah.

Rusip punya rasa asam manis dengan aroma khas yang sangat kuat. Biasanya rusip disajikan sebagai cocolan sayur dan ikan.

7. Lempah Darat

29 Makanan Khas Bangka Belitung Bikin Nagih - WISATAPRO

lempah darat dibuat dari hasil perkebunan. Makanan yang berkuah ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang segar dan isinya yang beragam.Bermacam-macam hasil perkebunan dapat ditemukan dalam lempah darat. Mulai dari keladi, jagung, sawi, terong, kacang panjang,dan ada juga udang.

8. Pantiaw

Hidangan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie

pantiaw sering dibilang mirip dengan kwetiau. Namun, pantiaw punya perbedaan dalam penyajiannya, yaitu di atasnya ditaburi ikan giling kering lalu disiram kuah kaldu.

Rasa ikan giling dan kuah kaldu yang gurih sangat lezat ketika dipadukan bersama pantiaw yang bertekstur kenyal.Bisa juga ditambahkan dengan sambal ataupun cabai rawit untuk menambahkan rasa pedas pada kuahnya.

9. Mie Belitung 

Resep Mie Belitung, Kuahnya Segar Bikin Nagih

Jika pulau Bagka punya mi koba, maka di Belitung punya mie Belitung.Mi ini dibuat dari mi kuning biasa, namun yang berbeda adalah kuah dan topping-nya. Kuah mi belitung terbuat dari kaldu udang bercampur rempah-rempah. Tentunya memiliki rasa sedap serta kental.

Untuk topping-nya, biasanya mi belitung didampingi oleh udang, kentang rebus, timun, dan emping. Uniknya lagi di beberapa tempat mi belitung disajikan di atas mangkuk berlapis daun simpur.

10. Mie Ayam Bangka

Mie Ayam Bangka Asli Ayung, Kebon Jeruk - Lengkap: Menu terbaru, jam buka &  no telepon, alamat dengan peta

Mie Ayam Bangka yang sudah sangat terkenal. Mie Ayam Bangka ini mempunyai tekstur yang kenyal dengan cita rasa yang gurih.Dan ada pula sayuran dan daging yang semakin melengkapi sajian Mie Ayam Bangka.

Mungkin kamu sudah familiar dengan mie ayam, namun Mie Ayam Bangka ini punya keunikan tersendiri. Penyajian mie ayam bangka terpisah dengan kuahnya. Selain itu, Mie Ayam Bangka juga identik dengan rasa merica.

1. Sub Judul

Penjelasan. 

Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

Makanan Khas Bangka Belitung

https://youtu.be/p-PWcyQz6Do


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply