10 Manfaat Puasa Ramadhan

10 Manfaat Puasa Ramadhan

127x   0   02:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Hayo siapa nih yang kangen Bulan Puasa?
Yang kangen sama saur, takjil dan lainnya?
Kalian tau ga sih apa aja manfaat dari puasa Ramadhan?

Salam #MasBro #MbakBro

Halo halo hai semuanyaa!!!

Gimana nih kabarnya? kita kembali lagi ya akhirnya. Kali ini kita akan bahas tentang apa sih? kali ini kita akan bahas tentang 10 manfaat bulan puasa Ramadhan. Aduh pasti kangen banget ya sama suasana Ramadhan, buka bersama, ngebagiin takjil, saur aduh banyak banget deh. Tapi kalian tau ga, Bulan Puasa ini punya banyak banget manfaat buat kesehatan tubuh. Apa aja ya kira kira?

10 Manfaat Puasa Ramadhan

  1. Detoksifikasi tubuh

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

  1. Membantu regenerasi sel

Manfaat puasa ramadhan juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat puasa ramadhan yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Baca Juga
7 Manfaat Bedak Saripohatji

  1. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

Tak hanya itu, puasa juga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil lantaran mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

5. Mengurangi peradangan

Peradangan sebenarnya dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi normal. Namun, beberapa peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, diperkirakan mencapai 31,5% kematian secara global. Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan produksi sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Secara khusus, penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, manfaat puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

8. Membantu menurunkan berat badanBeberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa dalam jangka waktu tertentu dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, manfaat puasa selama 3-12 minggu sama efektifnya dalam mendorong penurunan berat badan dan massa lemak masing-masing hingga 8% dan 16%.

9. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) adalah sejenis protein yang memiliki peran penting bagi banyak aspek kesehatan. Hormon ini menunjang pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH.

Selain itu, puasa dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin secara stabil sehingga dapat mengoptimalkan kadar HGH.

10. Membantu mencegah kanker Selanjutnya, manfaat puasa adalah dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan kanker.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Selain menahan hawa nafsu, tahan lapar dan dahaga, ternyata bulan puasa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi kalo bulan puasa jangan males malesan ya puasanya.

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai 10 Manfaat Puasa Ramadhan, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
10 Manfaat Puasa Ramadhan, Bulan Ramadhan,  Puasa Ramadhan

Comments

Leave a Reply