Perhatiin 18++ Hal, Saat Wawancara Kerja Online, Apalagi Zoom

Salam #MasBro #MbakBro yang lagi cari informasi wawancara kerja online zoom

Apa di masa pandemi ini?
Kerjaan aman?

Di masa pandemi ini, pake aplikasi konferensi video jadi hal biasa. Mulai dari buat rapat, pertemuan keluarga, komunitas, dan wawancara kerja. Rekrutmen pegawai di tengah pandemi jadi sangat menantang, karna wawancara kerja pun harus dilakuin pake aplikasi konferensi video.

Buat #MasBro #MbakBro yang sedang melamar kerja di masa pandemi, persiapkan diri buat wawancara kerja virtual lewat Zoom. Meski ga ketemu, persiapan … tetep.

Dikumpulin dari berbagai sumber terlampir,  beberapa tips buat #MasBro #MbakBro yang akan wawancara kerja lewat Zoom ato aplikasi lainnya.

Perhatiin 18++ Hal, Saat Wawancara Kerja Online, Apalagi Zoom

Kita bagi menjadi 3 bagian besar ya, mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

PERSIAPAN

1. Riset (Penelitian)

Pertama, kalo kita ngobrol wawancara kerja online zoom, perlu ada data yang kuat dengan riset.

#MbakBro Latesha Byrd sebagai Konsultan karier dan pengembangan talenta bilang ga ada bedanya kok wawancara kerja sebelum corona menyerang dan setelah. Kita harus nunjukin minat yang sebenarnya terhadap posisi pekerjaan dan perusahaan yang kita lamar. “Kepercayaan diri adalah kunci…” bukan cuma saat dipanggung tapi juga wawancara kerja. Kita perlu seriusin dengan tekun dan cermat hubungan antara pengalaman, keterampilan, nilai tambah, serta posisi pekerjaan yang kita lamar. Selain itu, berbicaralah dalam langgam formal. Kalo kita ajuin pertanyaan dengan baik saat wawancara kerja. Pihak perusahaan (biasanya HRD ato user) akan terlibat dengan lebih dalam dan pembicaraan akan ngalir secara alami.

2. Kuasai Pertanyaan Umum Wawancara Kerja

Selain hafalin perkenalan, hafalin beberapa pertanyaan wawancara yang paling sering ditanyain juga penting. Persiapan dengan jawaban yang pas buat pertanyaan umum kita bisa ngurangin rasa gugup.

Contoh pertanyaan umum yang biasa dilontarkan dalam sebuah sesi wawancara kerja adalah hal terkait profil perusahaan, alasan melamar kerja, alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya, goal buat diri sendiri 3 -5 tahun kedepan dan skill lainnya.

3. Pupuk Rasa Percaya Diri

Pakaian sudah bagus, makeup dan rambut juga sudah, selanjutnya saatnya buat numbuhin rasa percaya diri agar kita bisa tampil lebih maksimal lagi kala hadirin wawancara kerja.

Sebab, sebagus apapun penampilan tapi kalo ga disertai dengan rasa percaya diri, semuanya akan sia-sia. Rekruiter pun ragu buat merekrut kita sebagai karyawan karna gagal nunjukin potensi dirimu yang sebenarnya.

Anggaplah sesi wawancara seperti sesi tanya-jawab dengan teman-teman biasa, namun pake tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab.

4. Perhatiin Koneksi Internet dan Siapin Alat Pendukung

Salah satu hal agar bisa sukses dalam proses wawancara online, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah ngecek ketersediaan koneksi internet dan mempersiapkan alat pendukungnya.

Ngecek ketersediaan internet tersebut seperti memeriksa kestabilan dan kecepatan koneksi internetnya. Kalo wi-fi di rumah kurang mendukung, kita bisa mencari tempat lain memiliki kecepatan internet stabil.

Kalo pake pulsa data, ada baiknya buat ngecek ketersediaan kuota yang tersedia. Kalo belum mencukupi, beli dulu.

Selain ini persiapkan pula alat pendukungnya seperti…
a. handphone
b. laptop
c. gadget diatas dalam kondisi baterai penuh
d. aplikasi wawancara.

5. Tes perangkat

Semua orang tau, kita ga boleh terlambat dalam wawancara kerja. Ini termasuk pula bila wawancara kerja lewat konferensi video ato Zoom.

Tes dulu kualitas audio dan video sebelumnya. Cukuplah kejadian video lucu di internet. Kita ga perlu ngalamin. Tanyain pihak pewawancara nomor ponsel ato alamat e-mail buat jaga-jaga kalo koneksi mendadak buruk. Kondisi ini bisa terjadi, maka pastikan masalah perangkat ga menjadi hambatan,” sebut Byrd.

Selain itu, ia juga ngingatin kita ga terlambat terhubung dengan aplikasi wawancara saat wawancara kerja.

6. Tempat

6a. Siapkan Tempat yang Memadai

Setelah siap dengan koneksi internet yang memadai dan pakaian yang formal dan bersih, langkah berikutnya adalah siapkan tempat yang memadai agar proses wawancara online bisa berjalan dengan lancar.

Proses siapin tempat ini dimaksud biar pas terjadi wawancara ga ada gangguan dari suara-suara yang seharusnya ato dari orang-orang yang akan ganggu proses tersebut.

Terlebih Kalo di rumah ada anak-anak ato hewan peliharaan, sebaiknya, hindari dulu kemudian pilih ruangan khusus agar bisa melakukan wawancara online dengan aman dan nyaman.

Kalo ga memungkinkan di rumah, kita bisa melakukan aktivitas tersebut di tempat lain yang sekiranya bisa melakukan wawancara online dengan nyaman dan aman.

Selain jauh dari suara-suara yang bising, hal yang harus diperhatiin dalam memilih tempat adalah memilih background yang tepat.

Bisa memilih backgrpund dengan warna polos, background rak buku, dan background lainnya yang ga menimbulkan ‘’kegaduhan’’ ato prasangka lain.

6b. Perhatiin Volume Suara dan Pencahayaan

Sebelum perkenalan bisa mencoba bertanya pada yang mewawancarai. Apakah volume suara kita sudah pas ato ga. Selain itu tanyakan juga apakah pencahayaan ruangan kita sudah cukup.

Pencahayaan alami juga membantu, jadi kalau kita bisa berada di depan jendela, pencahayaan dari situ akan mencerahkan penampilan dan perasaan kita. Memiliki latar belakang yang bagus membantu meningkatkan energi.

Tau istilah backlight ga?
Itu loh kalo foto tapi hasilnya malah gelap.
Kalo pas wawancara, itu harus kita perhatiin biar 
wajah kita ga terliat gelap.

Nah, agar ga terjadi yang seperti itu, kita harus bisa ngatur backlight yang dimaksud. Jangan sampe wajah kita terliat gelap dan pihak pewawancara ga bisa melihat dengan jelas.

Pentingnya sekali hal ini buat diperhatiin terutama saat ngambil posisi tempat tadi. Karna itu, sebelum proses wawancara selesai, kita harus ngetes dulu dengan orang lain sebelum dengan pihak pewawancara.

Kalo ga nemu tempat yang tepat, solusi adalah…
1. Duduk di depan jendela ato…
2. Siapin 2 lampu yang disimpan di sisi kiri ato kanan laptop ato…
3. Monitor buat menerangi wajah kita.

7. Buat Rencana Lain Ketika Koneksi Internet Terputus

Jangan panik dan berputus asa ketika ditengah-tengah wawancara koneksi internet kita terputus.

Hal tersebut memang ga bisa dihindari karna adalah masalah teknis yang bisa terjadi kapanpun.

Kita ga bisa memprediksi kapan koneksi tersebut tiba-tiba terputus, tapi kita bisa membuat rencana lain agar wawancara bisa tetep berlanjut kalo koneksi terputus. Catat nomor telepon pewawancara baik nomor pribadi ato nomor kantor beserta alamat email.

Nomor ato email tersebut akan sangat berguna kalo koneksi terputus. Dan bila kita yang berinisiatif seperti itu, pewawancara akan liat kita sebagai pribadi yang kreatif dan juga pantang menyerah.

Langkah selanjutnya, kita tinggal berdoa agar mereka bisa menerima kita di perusahaan yang kita lamar.

8. Latihan Wawancara Dulu

8a. Instal Aplikasi

Sebelum wawancara, tanya dulu aplikasi apa yang dipake. Instal dulu aplikasinya.

8a. Latihan Wawancara 

Langkah berikutnya agar wawancara bisa sukses adalah dengan berlatih dulu. Latihan lah pake aplikasi yang akan dipake pas wawancara nanti. Kita bisa meminta teman buat menjadi lawan bicara ato pihak yang akan mewancarai.

Siapkan pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan saat proses wawancara. Kemudian minta teman kita buat membacakannya ato berlatih-latih seolah sedang diwawancari oleh pihak perusahaan.

Selain mempersiapkan pertanyaan tersebut, hal lain yang perlu kita lakukan adalah minta temen buat evaluasi posisi duduk, perhatiin kejelasan suara, periksa ruangan agar terang, dan evaluasi juga penampilan kita saat melakukan wawancara.

Kalo semua ‘’alat tempur’’ sudah siap dan 90% oke, maka saat hari pelakasanaan wawancara perbanyaklah doa. Minta kepada yang maha kuasa buat lancarin aktivitas tersebut.

PELAKSANAAN

9. Bersemangat dan Tunjukkan Antusias

Walaupun terhalang oleh layar dan ga bertemu lansung, kita harus tetep nunjukin semangat dan antusiasme ketika proses wawancara berlangsung.

Dengan sikap kek gitu, berarti kita nunjukin kesan yang bersahabat dan ga pihak pewawancara pun ga remehin percakapan wawancara.

Maka dari itu, tetep tunjukin wajah ceria, bersemangat, dan tersenyum dengan ramah.

Tunjukin sikap bahwa kita memahami dan mendengar apa yang ditanyain oleh mereka sepeti ngangguk, nunjukin sikap ramah, bersemangat, dan antusias.

10. Izin Merekam

Sebelum mulai, silahkan #MasBro #MbakBro minta izin ke pewawancara untuk merekam. 

Sampein aja buat evaluasi. Ini penting. Nunjukin kalo kita serius untuk memperbaiki diri.

11. Menampilkan Wajah yang Segar

Salah satu keuntungan ngikutin wawancara online adalah kita ga dikejar waktu buat pergi atopun ke luar rumah, Kalo rumah yang ditempati mendukung proses wawancara.

Tapi…
…tetep aja kita harus bersiap-siap diri buat ngikutin wawancara online. selain pake pakaian yang rapih, hal yang harus diperhatiin adalah menampilkan wajah yang segar dan ga terliat seperti bangun tidur.

Kalo wajah masam dan ga fresh yang ditonjolkan, kita akan dicap ga professional. Boleh jadi, dengan liat wajah kita yang baru bangun tidur, pihak pewawancara ngurungin niatnya buat mewawancarai.

Maka dari itu, sebelum menyesal hal yang perlu dilakuin adalah bersiap-siap diri beberapa jam sebelum proses wawancara online. Dengan waktu yang cukup panjang tersebut bisa dimanfaatin buat berbenah diri khususnya menata wajah agar terliat fresh.

12. Tetep Pake Pakaian Rapi / Formal

Walapun melakukan wawancara secara online, kita tetep harus pake pakaian formal. Pake pakaian bersih dan sopan, seperti kemeja dan celana kain kalo perlu pake dasi. Yah, kalo memungkinkan, cukup pake-pakean rapi diatas juga boleh.

Buat wanita sendiri bisa pake blazer, dress, ato pakaian sopan lainnya agar tetep terliat sopan dan professional.

Jangan lupa buat ngecek apakah pakaian tersebut rapih ato ga. Kalo kurang rapih kita bisa setrika dulu.

Secara teknis, pihak mewancara hanya akan liat setengah badan saja ato bisa pula hanya fokus pada jawaban yang dilontarkan.

Hanya saja, hal ini adalah kesempatan emas dan berharga bagi kita terlebih buat bisa bekerja di perusahaan multinasional. Awali dengan bersikap professional dari baju yang rapi.

13. Liat ke Arah Kamera Bukan Monitor

Saat sedang berlangsungnya wawancara online, jangan lupa buat fokus liat kamera bukan pada monitor. Bukan berarti lawan bicara ada di layar monitor maka kita menjawab langsung tanpa liat ke arah kamera.

Ini penting buat biar ga terjadi kesalahanpahaman ketika berkomunikasi. Bisa jadi, kita akan dinilai ga ‘’sopan’’ ato ga ‘’hargai’’ pihak pewawancara.

Lalu, jangan sampe lupa diri sibuk liat penampilan sendiri di kamera padahal pihawak pewawancara sedang liat ato ngobrol bersama kita.

Biar ga terjadi kesalahpahaman, fokus serta ingat selalu buat liat kamera pada layar laptop ato handphone.

14. Perhatiin bahasa tubuh

Dalam wawancara kerja, penting pula bagi kita nunjukin persiapan yang telah kita lakuin, salah satunya adalah bahasa tubuh. Meski wawancara kerja dilakuin lewat aplikasi, jangan lupa tetep perhatiin cara duduk hingga ekspresi wajah.

Bukan cuma dia yang perlu di perhatiiin. Kita juga.
Jadi ada beberapa yang perlu diperhatiin disini…
a. Apakah itu bahasa tubuh dan postur udah pas?
b. Gimana ekspresi wajah kita?
c. Nada bicara ga terlalu tinggi ato rendah?
d. Udah pede belum?

Batasi semua hal yang bisa memecah fokus dan konsentrasi. LDR-lah dulu sama hapemu. Ubah jadi mode getar dan jauhkan dari jangkauan. Bair kita bisa fokus serta nunjukin minat dan persiapan yang telah dilakuin. Kita juga bisa nunjukin kalo kita perhatiin dengan ngangguk dan senyuman.

15. Atur latar belakang

Memang, wawancara kerja lewat Zoom memungkinkan kita melakukannya di kamar. Tapi, bukan berarti latar belakang (background) nya adalah kasur berantakan kan?

Ga perlu ribet2. Latar belakang asal ga ganggu, menjadi polusi mata, dan ngurangin penilaian.
Ga perlu merombak kamarmu secara besar-besaran demi latar belakang yang bagus. Cukup pastikan kamar rapi, bersih, dan segar.

16. Fokus Pada Wawancara, Ga Membuka Halaman Website Lain

Tips berikutnya agar kita sukses melalui tahapan wawancara online adalah fokus pada wawancara yang akan dilakuin.

Meksipun pihak wawancara ga bisa liat aktivitas kita yang lain, sebaiknya hindari buat membuka halaman website lain ato sambil mendownload film, lagu, dan lain sebagainya. Hah, tahan godaan dari download streaming online. Abis wawancara akan seru sih buat istirahat sambil nonton tapi … eits tunggu dulu. Itu bisa mempengaruhi sinyal loh.

Selain membuat konsentrasi terganggu, aktivitas tersebut bisa membuat jaringan koneksi internet terhambat. Apalagi Kalo file yang kita download memiliki kapasitas yang cukup besar.

Sebaiknya relakan waktu 1-3 jam buat tetep bisa fokus pada wawancara. Apalagi kalo wawancara tersebut adalah pekerjaan yang kita dambakan sejak lama.

EVALUASI

17. Tonton ulang rekaman

Kalo kuat langsung, silahkan

Kalo ga ya, ambil beberapa menit ato jam. Jangan terlalu biar ga basi. Jangan mepet sama wawancara kerja selanjutnya.

18. Catat Kekurangan dan Kelebihan

Terakhir, kalo kita ngobrol wawancara kerja online zoom, perlu juga ada data yang kuat dengan evaluasi.

Apapun hasil dari wawancara sebelumnya. Kita udah lakuin yang terbaik. 2 hal yang bisa kita lakuin adalah berdoa dan evaluasi. Setelah udah berdoa. Mari perbaiki kekurangan di wawancara selanjutnya dan perkuat kelebihan.

KESIMPULAN

Tunjukkan Sisi Terbaikmu Kepada Perusahaan

Semua orang mempunyai sisi terbaik dalam dirinya. Tapi, ga semua orang berhasil nunjukkin kepada orang lain. Hal inilah yang sebaiknya harus dihindari saat wawancara kerja. Berlatih dari sekarang biar jadi lebih berani. Nantinya apa yang ada dalam diri kita akan terpancar dengan sendirinya. Jadikan sesi wawancara sebagai kesempatan berharga yang ga bisa diulang kembali agar kita bisa kasih yang terbaik.

Itu dia #MasBro #MbakBro obrolan kita soal wawancara kerja online zoom.
Selamat praktek ya.

Sering ditanya …

1. Cara sukses interview online?
2. Cara wawancara online?

Masih ada pertanyaan tentang wawancara kerja?
Masih butuh panduan lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/WawancaraKerja

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? kli
kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Pengalaman Penulis
. 10 Tips Sukses Interview Online yang Harus Dipelajari. jadikaryawan.com 
dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Kamis tanggal 17 September 2020
Hadijah, Siti. Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!. cermati.com 
dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Kamis tanggal 17 September 2020
Setiawan, Sakina Rakhma Diah. 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Wawancara Kerja Lewat Zoom. money.kompas.com 
dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Kamis tanggal 17 September 2020

Kata kunci lain yang sering dicari …
aplikasi interview online,
kelemahan interview online, interview online lewat hp, wawancara online pertamina, wawancara psikologi online, contoh wawancara online, interview online alfamart, pertanyaan saat interview, hal yang harus diperhatikan saat wawancara kerja online, wawancara kerja online, wawancara kerja, pertanyaan interview, interview kerja, interview bahasa inggris, pertanyaan saat interview, tips interview, pertanyaan wawancara, cara menjawab interview, contoh pertanyaan wawancara, pertanyaan interview kerja, pertanyaan interview dan jawabannya, cara interview, contoh interview bahasa inggris, tes interview contoh interview, jawaban interview, tips wawancara kerja, pertanyaan untuk wawancara, cara memperkenalkan diri saat interview, Wawancara Kerja Online Zoom, 

Comments

Leave a Reply