Tulisan Tentang Olahraga Bola Voli

Hai semuanya

Siapa nih diantara kalian yang suka sama olahraga bola voli?…

Voli adalah

Permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan dan masing – masing grup memiliki enam orang pemain, dan juga terdapat variasi permainan voli pantai yang dimana masing – masing timnya hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga ini dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan untuk diindonesia olahraga bola voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Aturan Main dan Pelanggaran
– Setiap tim terdiri dari enam orang. Ada empat peran yang harus dimiliki setiap tim, yaitu spiker, tosser, defender, dan libero.
– Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang.
– Permainan dimulai dengan lempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali.
– Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.
– Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan.
– Pemain harus melakukan passing, smash, dan teknik lainnya di area lapangannya sendiri. Artinya, pemain tidak boleh sampai melewati batas net atau masuk ke area lawan.
– Bola dinyatakan masuk apabila sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.
– Pemain hanya boleh memukul/memantulkan bola, bukan menangkap atau melemparnya seperti pada permainan basket. Menangkap dan melempar bola akan dinilai sebagai suatu pelanggaran.
– Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memantulkan bola dengan cara menendang.
– Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.
Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
– Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran.

Teknis Dasar Bola Voli

  • Servis: Servis bawah, servis atas, floating servis, jumping servis.
  • Passing: Passing atas, pasing bawah, pasing bawah satu tangan, pasing bawah dua tangan.
  • Smash atau Spike: Open smash, quick smash, semi smash.
  • Blocking

Terbit

dalam

,

Tags:

Comments

Leave a Reply