6 Tips Bermain Smartphone Yang Aman Agar Tidak Merusak Mata

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

6 Tips Bermain Smartphone Yang Aman Agar Tidak Merusak Mata

Di era digital ini, orang-orang tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Smartphone sudah menjadi kebutuhan penting untuk semua orang. Ada banyak sekali manfaat dan keuntungan jika kita memiliki smartphone, dimana segala pekerjaan akan lebih mudah jika kita menggunakannya.

Namun, penggunaan smartphone juga dapat menimbulkan efek negatif seperti kecanduan bermain smartphone tanpa mengenal waktu dan melupakan lingkungan sekitar. Hal tersebut tentu bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, simak terus ya beberapa tips aman bermain smartphone yang harus kamu ketahui.

 

1. Menjaga Jarak Smartphone Dengan Mata

Buat kamu yang suka bermain smartphone, hindari bermain smartphone dari jarak dekat dengan mata. Terlalu dekat menatap smartphone, dapat menyebabkan gangguan atau bahkan kerusakan mata.

Hal ini disebabkan karena paparan sinar pada smartphone mengandung banyak radiasi. Sebaiknya memberi jarak sekitar 20-30 cm dari mata saat menggunakannya.

 

Baca Juga
1. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan! Ini Dampaknya Untuk Kesehatan
2. 5 Jenis Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Batuk

2. Istirahatkan Mata

Selain menatap smartphone dari jarak dekat, bermain smartphone dalam waktu yang lama juga tentu tidak baik untuk kesehatan mata.

Sebaiknya, istirahatkan mata kamu sejenak setelah bermain smartphone selama 20 menit. Atur jeda untuk tidak menatap layar smartphone terlalu lama dan istirahatkanlah mata kamu agar terhindar dari kerusakan mata.

 

3. Matikan Smartphone Menjelang Tidur

Bermain smartphone menjelang tidur dapat mengakibatkan terganggunya pola tidur kita. Bermain hp dapat merangsang otak sehingga membuat kamu menjadi lebih  aktif dan tetap terjaga.

Selain itu, hal tersebut juga dapat mengakibatkan rasa lelah ketika bangun tidur. Oleh karena itu, hindari bermain smartphone menjelang tidur sehingga pola tidurmu akan tetap terjaga.

 

4. Atur Cahaya Agar Tidak Terlalu Terang

Semua smartphone pasti memiliki fitur untuk mengatur cahaya pada layar smartphone. Hindarilah menggunakan cahaya yang terlalu terang agar mata tidak mudah lelah.

Selain itu, hindari juga bermain smartphone di tempat yang gelap, karena hal tersebut dapat memberikan beberapa dampak negatif seperti merusak retina mata, kelelahan otak, kurang tidur, serta dapat meningkatkan resiko depresi.

 

5. Sering Berkedip

Terkadang kita terlalu fokus bermain smartphone sampai lupa untuk berkedip. Padahal berkedip ini sangat penting untuk kesehatan mata. Dengan berkedip akan mencegah masuknya benda asing ke dalam mata.

Jika kita kurang berkedip akan menyebabkan mata menjadi lelah, mudah kering, bahkan iritasi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengedipkan mata secara teratur saat bermain smartphone.

 

6. Hindari Menggunakan Smartphone Sambil Tiduran

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar orang pasti sering bermain smartphone sambil tiduran. Padahal hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan mata.

Beberapa dampak negatif jika kamu bermain smartphone sambil tiduran diantaranya dapat membuat mata menjadi minus, kerusakan pada retina mata, bahkan dapat mangakibatkan kebutaan. Hal ini disebabkan kerena saat bermain smartphone sambil tiduran, posisi sinar ponsel tepat berada di atas bola mata.

 

Kesimpulan

Beberapa tips diatas hanya bisa mengurangi dampak negatif dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Sebaiknya, bijaklah dalam penggunaan smartphone agar mata kamu tetap sehat.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
k-link.co.id dibuka pukul 12:50 WIB pada Hari Senin tanggal 14 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
6 Tips Bermain Smartphone Yang Aman Agar Tidak Merusak Mata, Menjaga Jarak Smartphone Dengan Mata, Istirahatkan Mata, Matikan Smartphone Menjelang Tidur, Atur Cahaya Agar Tidak Terlalu Terang, Sering Berkedip, Hindari Menggunakan Smartphone Sambil Tiduran


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply