Suku Baduy dan Suku Paling Berani Di Indonesia

Suku Baduy dan Suku Paling Berani Di Indonesia

 

Berapa Jumlah Suku Bangsa yang Ada di Indonesia?

Kita semua tau apa utama
Jangan diam hanya resah
Bersatu itu ga harus sama
Beda itu ga harus berpisah

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Suku apa?

Asalnya darimana?

Bangga dong sama suku sendiri?

Jumlah suku di indonesia adalah 1.340 suku bangsa sesuai catatan Sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010. Ini adalah salah satu pesona Indonesia dengan kekayaan yang menjadi kebanggan kita. Karna ga cuma kaya di negara sendiri Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Batak, dan Suku Betawi, dan Suku Madura juga banyak di negara lain. Itu kenapa kita rasa penting untuk bahas Suku Baduy dan Suku di Indonesia yang paling berani dan ditakuti.

Berbagai kekayaan ada di dalam tiap suku, mulai dari makanan daerah, lagu daerah, adat istiadat, dan kegiatan budaya lainnya. Nah salah satunya budaya kanibalisme di Indonesia juga pernah ada. Itu membuat suku Indonesia tertentu menjadi ditakuti. Nah, ada alasan-alasan lain kenapa sebuah suku dianggap berani dan ditakuti.

Suku Baduy dan Suku Di Indonesia yang Paling Berani dan Ditakuti : #KitaIndonesia
karya atik sulianami

Suku Baduy dan 13 Suku Di Indonesia yang Paling Berani dan Ditakuti

Disini Mas Bro dan Mbak Bro kita ga akan bahas suku di Indonesia berdasarkan provinsi. Kita akan bahas suku pedalaman secara hukum dengan syarat berani dan ditakuti.

Suku Baduy dan Suku Di Indonesia yang Paling Berani dan Ditakuti : #KitaIndonesia
Sumber Sumber Gambar Brilio

1. Suku Dayak di Kalimantan

Suku Dayak tinggal di daerah Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Suku bangsa Indonesia ini tinggal di sepanjang aliran sungai dan lebih pindah-pindah tempat. Dari riset terbaru, ternyata Suku Dayak yang primitif masih ada dan terliat tinggal di goa-goa pedalaman hutan Kalimantan.

Sejarah mencatat kalo Suku Dayak di Kalimantan udah dari dulu dikenal punya budaya sihir ato mistis yang sangat hebat. Biasanya budaya ini disimpan dalam senjata perang seperti, mandau, penyang, dan sipet. Selain dipraktekin dalam senjata Suku Dayak juga praktikin dalam jampi buat menarik jodoh.

Lalu, ada keahlian sekaligus budaya yang dipunyai Suku Dayak yang ga dipunyai suku-suku yang ada di Indonesia lainnya. Orang-orang di Suku Dayak sangat jago dalam berperang. Keahlian khususnya adalah selalu menebas kepala musuhnya. Budaya ini disebut “Ngayau”.

Sekarang Suku Dayak sebagian besar udah hidup modern. Tapi sejarah dari mulut ke mulut nenek moyang mereka. Ga tabu dulunya makan daging manusia. Sampe tahun 1970an pemerintah larang budaya ini. Kerennya itu dilakuin sama pemerintah dengan langsung ke lapangan.

Itu alasan besar kenapa Suku Dayak  sejak dulu dikenal berani, karna budayanya ituKarna itu juga mereka menjadi lebih berani daripada suku lainnya.

Suku Baduy dan Suku Di Indonesia yang Paling Berani dan Ditakuti : #KitaIndonesia
Sumber Gambar kaskus

2. Suku Jawa di Banyuwangi

Sebagai suku yang paling banyak di Indonesia, suku Jawa juga punya budaya sihir. Ga dipungkiri kalo Setiap daerah juga punya kebudayaan yang beda. Beda Suku Dayak beda lagi sama Suku Jawa. Meski masih sama-sama dalam hal budaya sihir. Budaya sihir yang ada diaerah di Banyuwangi, Jawa Timur dipraktekin lewat santet.

Sejarah buktiin kalo tahun 90an, Banyuwangi gempar hanya karna isu banyaknya dukun.

Oh iya, Suku Jawa itu berdasarkan catatan BPS tahun 2010 jumlah 95,2 juta. Jadi ga sekedar budayanya tapi jumlah ini juga mempengaruhi kenapa Suku Jawa berani dan dan ditakuti di Indonesia.

Suku Baduy dan Suku Di Indonesia yang Paling Berani dan Ditakuti : #KitaIndonesia
Sumber Gambar tribunnews

3. Suku Asmat di Papua

Selanjutnya budaya sihir yang jauh-jauh terkabar dari timur sampe kebarat adalah Suku Asmat. Suku di Indonesia berdasarkan provinsi masing-masing udah banyak. Apalagi kalo dikumpulin suku-suku di Indonesia itu banyak banget. Suku Asmat adalah salah tu nama suku di papua yang terkenal.

Tepatnya Suku Asmat sendiri adalah suku pedalaman. Mereka tinggal di pedalaman hutan yang terjaga. Kalo ada yang berani ganggu apalagi sampe rusak hutan. Suku Asmat bakal beraksi dengan budaya gaibnya bagi yang merusak.

Selanjutnya karna mencintai leluhurnya. Wujud nyatanya Suku Asmat mempercayai banyak roh di alam. Sejarah mencatat kalo lewat budaya sihirnya Suku Asmat bisa gerakin alam. Ini adalah suku yang ada di Indonesia yang bisa manggil hujan, halilintar, dan angin topan.

Suku Asmat bukan suku Indonesia terakhir yang akan kita bahas dari Papua. Lagi-lagi bukan makanan daerah dan keindahan Pulau Papua yang kita bahas. Budaya sihirnya ini juga ternyata alasan kenapa sampe sekarang tempat tinggal mereka masih terjaga di hutan. Ini juga alasan kenapa hutan tempat tinggal mereka ga ada yang berani rusaknya.

Kalo ada yang merusak maka suku pedalaman yang 1 ini bakal buat hidupnya ga tenang. Budaya sihirnya akan dilakuin. Nama suku di Indonesia yang 1 ini sangat mempercayai kekuatan alam. Kekuatan budaya sihir suku Asmat bisa gerain alam. Tercatat juga dalam thepanicchannel.com pada tanggal 05 Januari 2017 kalo datangin hujan dan manggil petir bukan hal ga mungkin buat mereka

Jadi rasa takut suku lain dan keberanian terdorong budaya ini memang melekat pada suku bangsa di Indonesia yang 1 ini.

Suku Baduy dan Suku Di Indonesia yang Paling Berani dan Ditakuti : #KitaIndonesia
Sumber Gambar yukepo

4. Suku Baduy di Banten

Suku Baduy berasal dari provinsi banten. Dari banyaknya suku-suku yang ada di indonesia, keunikan dari suku baduy adalah suka mengisolasi diri. Suku Baduy menjaga diri modernisasi. Bukan makanan daerah yang menjadi nilai tambahnya. Suku bangsa yang 1 ini juga dengan ilmu sihirnya.

Ada banyak budaya yang terkenal dari budaya suku pedalaman ini. Mulai dari ilmu kebal senjata, pelet, dan santet. Itu kenapa masih ada aja orang pergi ke Banten. Karna Suku Baduy berasal dari provinsi Banten.

Karna banyak orang yang datang ke etnis yang 1 ini. Semakin besar juga “branding” dari mulut ke mulut yang membuat suku ini dikenal berani sehingga ditakuti. Suku baduy berasal dari banten ini jadi semakin jelas ya kenapa ditakuti?

 
Suku Kajang Amma Toa di Sulawesi Selatan
Sumber Gambar plukme

5. Suku Kajang Amma Toa di Sulawesi Selatan

Setelah tadi ada 2 suku bangsa Idonesia yang kita bahas dari Pulau Jawa. Nama suku di Indonesia selanjutnya yang akan kita bahas adalah Suku Kajang dari Sulawesi Selatan. Didalam etnis ini, budaya sihir seperti guna-guna, pelet, dan santet, udah tercatat sejarah sejak ratusan tahun lalu.

Sama kayak Suku Badui bukan makanan daerah yang menonjol. Suku Kajang punya budaya juga untuk bisa membuat seseorang kebal terhadap senjata. Lalu Suku Kajang dengan budayanya itu juga bisa menyerang dari jarak jauh. Bahkan catatan sejarah mencatat kekuatan ini bisa membunuh orang lain.

Jadi jelas dong kenapa Suku Kajang yang berasal dari Sulawesi Selatan ini dikenal berani dan ditakuti?

Suku Korowai di Papua
Sumber Gambar kaonak

5. Suku Korowai di Papua

Suku Korowai adalah suku pedalam selanjutnya yang akan kita bahas. Suku ini tinggal di dataran rendah selatan Pulau Papua ini. Suku Indonesia yang 1 ini tingal dan hidup berkembang di sepanjang aliran rawa dan sungai. Suku Korowai hidup nomaden. Sama seperti suku bangsa Indonesia lainnya yang tinggal di Papua. Suku Korowai itu hidup berpindah-pindah tempat. Mereka ngandalin hidupnya dari alam. Ga cuma pesona Indonesia aja yang indah. Karna daerahnya yang subur jadi alasan suku-suku di Papua berpindah-pindah.

Sedihnya kita akan baca sama suku di Papua yang perang karna lahan.

Suku korowai adalah salah yang tercatat nama suku di Papua yang kalo perang pake racun. Setiap mata tombak dan anak panah dikasih racun. Mata tombak dan anak panah itu terbuat dibuat dari tulang kebanyakannya.

Siapa yang ga takut dengan budaya ini?

Tapi sebelum kita bahas suku di Indonesia berdasarkan provinsi yang lainnya. Kenapa suku ini takuti dan dikenal berani juga karna budaya yang terbialng serem. Suku Korowai punya budaya makan daging manusia. Kalo ada yang lakuin pelanggaran adat bakal ditangkap dan diadili. Kalo ternyata bersalah, yah korban jadi objek ritual dan jadi pengisi perut orang-orang Suku Korowai.

Suku Tolai di Papua
Sumber Gambar unik babe

6. Suku Tolai di Papua

Suku Tolai adalah nama suku di Papua selanjutnya yang akan kita bahas. Suku Tolai Sebagian besar tinggalnya adalah di Papua New Guinea. Perbatasan Papua pada wilayah Indonesia adalah tempat tinggalnya sebagian kecilnya Suku Tolai.

Lalu kenapa suku kecil ini ditakuti?

Lagi-lagi karna kanibalisme. Jadi pemerintah Papua New Guinea menerima permohonan maaf dari warga suku Tolai modern .Karna praktik kanibalisme (pembunuhan) pernah dilakuin sama nenek moyang mereka. Korbannya pada abad 19 adalah misionaris Inggris. Lalu ada lagi pada dan pada tahun 1978 Suku Pedalaman Papua ini praktek budaya kanibalisme sama menteri dan 3 orang guru negara Fiji. Ketakutan atas Suku Tolai semakin besar karna korban budayanya itu dimasak dan dimakan beramai-ramai.

Jadi ga kenapa mereka dikenal berani kan?

Gambar misteraladin

7. Suku Batak di Sumatera

Belum selesai dengan nama suku di Papua. Suku di Indonesia yang akan kita bahas adalah Suku Batak. Suku di Pulau Sumatera ini ternyata punya kesamaan budaya juga dengan suku dari Papua. Budaya kanibalisme juga tercatat dalam sejarah halak hita. Halak hita adalah sebutan untuk orang batak. Halak hita artinya orang kita.

Dari cerita turun-temurun nenek moyang Suku Batak. Ternyata budaya kanibalisme ini bertujuan untuk memperkuat tondi (jiwa). Jadi dipercayai orang yang lakuin bduaya ini jiwanya semakin kuat. Meski punya makanan daerah khas Batak. Tapi sejarah juga menceritakan kalo darah, jantung, telapak kaki, telapak tangan, jantung, dan darah dianggap sebagai kaya tondi.

Nah, selama perjuangan Orang Batak melawan pemerintahan kolonial Belanda di Tanah Batak. Ternyata ada larangan keras budaya kanibalisme ini. Lalu akhirnya pelan-pelan sejak tahun 1816. Halak hita jarang lakuin budaya kanibalisme ini.

Selain itu budaya berani dan dikenal di masyarakat sebagai suku yang ditakuti. Memang melekat sama Suku Batak. Budaya merantau meski tanpa modal pun biasa dilakuin sama Suku Indonesia di tanah Tapanuli ini. Suku-suku dengan mental bajanya bisa hidup di suku-suku di Indonesia. Sebut aja nama suku di Indonesia lainnya. Etnis apapun bisa menjadi temen dan keluarga suku ini.

Suku-suku lainnya juga pasti sama mencintai perbedaan. Nah ini salah satu pesona Indonesia selain kuliner dan keindahan alamnya.

Selain 7 suku diatas, dari banyaknya jumlah suku di Indonesia. Apalagi suku pedalaman yang belum tersentuh. Suku-suku yang ada di Indonesia pasti punya kekayaan dan keunikan budaya masing-masing. Suku bangsa di Indonesia manapun kita. Perbedaan itu adalah kekayaan kita. Biarkan itu jadi pesona Indonesia tersendiri yang ga dimiliki sama bangsa lainnya

Oh ya Mas Bro dan Mbak Bro, urutan diatas ga jadi penentu urutan keberanian dan ditakutinya suku-suku itu ya. Suku Baduy dan suku di Indonesia yang paling berani dan ditakuti hanya bukti kekayaan Indonesia. Bukan alat perbedaan. Sedhaap ga tuh.

#
Sejak awalnya semua sama kita yang buat beda.
#

Suka nulis?

Punya berita lainnya yang menarik tentang Indonesia?

Nulis aja disini dan dapetin keuntungannya berbagi.

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? kli
kekitaan.com/mauNULIS

Bukan alasan perpecahan
Buang benci dalam dada
Semua hal punya kelebihan
Aku, dia, mereka juga ada

Terimakasih
Istighfaroh, Melia. 2016. Seram! Suku-suku di Indonesia Ini Konon Miliki Ilmu Sihir Paling Kuat, Ada yang Berani?style.tribunnews.com dibuka pukul 12:31 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
Nugroho, Adi. 2016. Nih 5 Daerah Terkuat di Indonesia yang Paling Susah Ditaklukkan Belanda Selama Penjajahanboombastis.com dibuka pukul 12:31 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
Maulana, Lalan Wahid. Bukan Dayak, 3 suku asal Indonesia ini paling disegani di luar negeri. www.brilio.net dibuka pukul 15:37 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
Netralnews. 2017. Inilah 7 Suku Paling Ditakuti Seluruh Dunia, 2 Suku Ada di Indonesia. netralnews.com dibuka pukul 03:40 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
Sat, Winda. 2017. 6 Suku Asli Indonesia yang Disegani Dunia dengan Kekuatan Sihir Paling Dahsyat!vebma.com. dibuka pukul 03:57 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
si6lahi. 2017. Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!kaskus.co.id dibuka pukul 12:32 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
Wikipedia. 2018. Suku bangsa di Indonesiaid.wikipedia.org dibuka pukul 03:45 WIB pada Hari Selasa tanggal 10 Juli 2018
blog.misteraladin.com dibuka pukul 07:22 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018
kaonaknewspapua.blogspot.com dibuka pukul 06:21 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018
plukme.com dibuka pukul 07:22 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018
tribunnews dibuka pukul 06:37 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018
unik.babe.news dibuka pukul 07:27 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018
unsplash.com dibuka pukul 06:50 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018
yukepo.com dibuka pukul 06:22 WIB pada Hari Selasa tanggal 11 Juli 2018

Kata kunci lain yang sering dicari …
Suku Baduy, Suku Paling Berani Di Indonesia, suku di Indonesia,

Comments

2 responses to “Suku Baduy dan Suku Paling Berani Di Indonesia”

  1. Lawak Batak Avatar

    Praktek kanibalisme pada suku Batak saya rasa itu tidak dilakukan semua orang. Hanya orang2 yang memiliki kesaktian saja mungkin yg memakan lawannya.

    1. kekitaan Avatar
      kekitaan

      Salam Mas Bro @LawakBatak

      Sayangnya belum dapat informasi itu siapa aja.
      Cuma ada info
      Ido dilakuin sama orang batak.

      Mauliate
      Terimakasih

Leave a Reply