Strategi Pemasaran: Intip Trik Suksesnya Tokopedia

Salam #MasBro #MbakBro pembaca tulisan Strategi Pemasaran

Ada yang sering belanja online ga nih?
Pasti tau Tokopedia dong ya?

Tau ga sih ternyata Tokopedia ini jadi marketplace yang paling sering dikunjungi di Indonesia, loh! ga percaya? Nih buktinya! Ini pasti karena strategi pemasaran yang keren.

iPrice Group pernah ngelakuin penelitian di tahun 2018, doi bilang kalau Tokopedia tuh jadi marketplace yang paling sering dikunjungi sama warga Indonesia. Bahkan, Tokopedia ngalahin para pesaingnya kayak Bukalapak, Shoppe dan Lazada.

Kok bisa gitu, ya?

Kesuksesan Tokopedia ini gak lepas dari strategi pemasaran mereka yang pastinya ajib. Ajib gimana? Ya, ajib. Bisa bikin para Toppers, sebutan buat para user Tokopedia, buat main ke platform mereka. Apalagi, si Tokped ini konsisten jaga performa mereka buat tetep digandrungi sama para Toppers.

FYI nih #MasBro sama #MbakBro, Tokopedia ini jadi platform online shop pertama di Indonesia yang nyediain peluang bisnis online. Siapa sih yang jadi pendirinya? Platform ini adalah hasil pemikiran jenius dari dua anak bangsa kita, loh. Mereka adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Tokopedia sendiri diresmiin tanggal 6 Februari 2009, tapi kalau website-nya sih baru dikenalin 17 Agustus 2009 plus ditambah ngenalin pengunaannya nih. Waktu itu, mereka dapet dana segar dari PT Indonusa Dwitama buat dana pendirian awal nih. Ya, biar gampang diinget aja waktunya, kan sekalian hari kemerdekaan Indonesia. Bisa jadi wujud keikutsertaan anak muda ngisi kemerdekaan negara kita tercinta dong tentunya.

Kalo yang pengen main-main ke kantornya, ada nih di Graha Handaya Unit R, S, dan T di Jl. Raya Pejuangan no.12-A Kebon Jeruk Jakarta Barat. Lumayan kan main-main ke salah satu kantor perusahaan startup gede 4 lantai yang luasnya 600m2. Gak capek kok, sekalian olahraga hehehe….

Bisnis Online di Indonesia

Tokopedia kan jadi pelopor online shop di Indonesia, nih. Tapi sebelum itu, kayak gimana sih prospek bisnis online di Indonesia sendiri?

Kalo menurut Bloomberg, bisnis online di Indonesia sekarang lagi ada di jalur yang positif nih #MasBro #MbakBro. Malahan tiga terakhir, ada peningkatan 12 kali lipat selama proses transaksi jual beli online. Wow! Gede banget gak sih?

Di awal 2015 aja, jumlahnya baru sekitar $ 1,7 miliar, tapi bisa nambah signifikan banget sampe $12,7 tiga tahun kemudian. Bloomberg juga punya prediksi nih, beberapa tahun mendatang, transaksi online bakal nyampe angka 53 miliar dollar. Wah! Semakin ke sini semakin gede aja ya jumlahnya.

Nah, peningkatan signifikan itu ternyata gak lepas dari peran Tokopedia juga, loh. Mereka sampe dapet penghargaan Marketeers of the Year 2014 buat sektor E-Commerce di acara Markplus Conference 2015, yang diadain langsung Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014. Tokped berhasil menyabet gelar bergengsi itu berkat jasa mereka yang udah ngembangin bisnis online di Indonesia.

Siapa Yang Gak Suka Kemudahan?

Kalo ditanya siapa #MasBro #MbakBro di sini yang gak suka kemudahan, adakah yang jawab iya? Pasti gak lah ya, tentu semua suka kemudahan.

Nah, hal ini nih yang banyak ditawarin sama perusahaan start up Indonesia saat ini ke pelanggan mereka. Begitu juga Tokopedia. Banyak banget loh ternyata kemudahan yang ditawarin Tokopedia buat masyarakat Indonesia, kayak kemudahan berbelanja, bertransaksi, sampe kemudahan terima barang yang udah kita beli.

Tapi, bukannya marketplace lain juga gitu ya? Terus apa bedanya Tokopedia sama marketplace lain?

Kalo lihat dari data e27.co, salah satu dari 4 unicorn di Indonesia yang udah berdiri selama 10 tahun ini punya 90 juta orang pengguna aktif per bulan November 2018. Uniknya lagi nih #MasBro #MbakBro, penyebaran penggunanya tuh merata, bahkan sampe 93% dari totoal 34 provinsi di Indonesia.

Kalo dari fakta itu tadi, pasti ada yang beda ya sama Tokopedia, bahkan sampe sekarang aja konsisten jadi marketplace terbaik. Terus apa sih yang bikin beda?

Sumber Daya, Lapangan Kerja, dan Produk

Sebenernya, bisa ada banyak faktor nih yang ngaruh ke konsistensi mereka sampai sekarang. One of all sih, mereka punya banyak lapangan kerja, sumber daya, dan produk dari berbagai pedagang online.

Dari data yang ada aja, online shop dengan logo burung warna ijo ini udah punya sekitar 2800 karyawan dan jadi lapak buat 4 juta pedagang online di Indonesia dengan produk mencapai 100 juta unit.

Ada satu tujuan yang udah dipegang sama Tokopedia sampe mendarah daging, mereka pengen memberdayakan pedagang online. Tujuan ini juga yang dijadiin strategi iklan sama Tokopedia. Bahkan, sejak 10 tahun terakhir, Tokped terus konsisten promosiin platform mereka sebagai wadah ngumpulnya para pedagang online yang pengen jadi pengusaha.

Gak cuma itu aja, selain punya banyak lapangan kerja, sumber daya, dan produk, Tokopedia juga punya strategi pemasaran yang dirancang sedemikian ajib sampe bisa jadi kunci kesuksesan mereka. Kayak apa sih strateginya? Nih, kita kasih liat strateginya.

strategi pemasaran

Strategi Pemasaran Tokopedia

Di mana aja kaki kita berpijak, pasti ada aja iklannya si marketplace yang identik sama warna ijo ini. Banyak banget iklan mereka di mana-mana. Yang paling sering dijumpai ada kata-kata “Ciptakan Peluangmu” sambil ditemenin sama tagline “Sudah cek Tokopedia belum?”

Yang dimaksud peluang di sini tuh adalah peluang jualan online. Iklan ini pengennya bisa mendorong masyarakat supaya mau jual produk mereka secara online dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

Banyak juga keuntungan yang bakal ditawarin Tokopedia buat para Toppers yang jadi penjual online. Contohnya para Toppers gak perlu biaya buat promosi karena udah bakal ada website gratid, SEO, jejaring sosial, sampe berbagai event yang diadain sama Tokopedia buat para mitra usahanya promosiin dagangan mereka.

Kampanye dan Promosi

Keuntungan yang bisa didapetin sama penjual di Tokopedia salah satunya ada fitur Promo/Dink It. Fitur ini bisa bikin produk yang kita jual berpotensi muncul di front page website ataupun aplikasi Tokped. Kira-kira interval munculnya sekitar 1 produk per jam.

Kalo cara pakai fitur ini, tinggal kita pilih produk mana yang mau kita promosiin. Terus tinggal kita klik “Promosikan Produk Ini”.

Ada lagi nih, fitur lainnya yang bisa dipake buat promosiin produk kita, tapi kali ini lewat sosmed. Caranya juga gampang banget, tinggal klik produk yang mau dipromosiin terus tinggal pilih promosi lewat sosmed.

Buat narik minat masyarakat, Tokopedia juga ngelakuin pemasaran dengan ngontrak artis-artis kece bahkan artis kelas dunia, loh. Tahun 2013 lalu, ada nama Chelsea Islan. Terus 2014 ada Isyana Saraswati. Terus yang terbaru sekarang, mereka ngontrak salah satu boyband Korea yang terkenal, BTS. Mungkin biar gak kalah sama si oren kali ya, hehehe….

Tapi, kalau bisa dibilang, emang strategi iklan Tokped beda banget dibandingin para pesaingnya. Di saat pesaingnya bikin iklan dengan ngebanggain promo dan diskon yang mereka kasih, Tokopedia malah kenceng buat ngajak masyarakat Indonesia buat jadi pengusaha, terutama bisnis online.

Ini sih bisa dilihat dari tagline mereka ‘Ciptakan Peluangmu’ sama #MulaiAjaDulu yang beberapa tahun terakhir konsisten mereka pake.

Anak Muda Mendominasi Bisnis Indonesia

Tokopedia juga pengen nih anak muda Indonesia mendominasi bisnis saat ini. Langkah ini dipilih Tokopedia dengan menggandeng Chelsea Islan. Doi jadi brand ambassador Tokopedia. Secara gak langsung, Tokped mau nunjukkin kalo udah saatnya anak muda yang mendominasi bisnis di Indonesia.

Sekarang pun, Tokped makin meneguhkan diri mereka buat ngajak anak muda berbisnis lewat BTS yang mereka gandeng buat jadi bintang iklan mereka. Sekarang banyak foto-foto Suga,tentu K-Popers kenal lah ya, di aplikasi dan website Tokopedia.

Dari situ, Tokopedia pengen nyampein pesan ke anak muda, “peluang dalam berbisnis itu bukanlah untuk ditunggu melainkan diraih secepatnya” lewat kampanye ‘Ciptakan Peluangmu’.

Gak cuma nge-gandeng artis-artis terkenal aja nih #MasBro #MbakBro, Tokopedia juga ngelakuin kampanye lewat YouTube milik mereka. Tiap bulannya, mereka bikin seller stories yang tujuannya buat ngenalin pengusaha sukses yang udah jualan online lewat Tokopedia. Jadi, nantinya orang-orang tuh bisa tertarik buat mulai bisnis mereka di Tokopedia.

Sampai-sampai di mana pun, #MasBro dan #MbakBro di sini gak bisa lepas dari iklan Tokopedia, baik di tivi, radio, majalah, koran, dan lain-lain. Tentu, dengan iklan mereka yang khas banget “Ciptakan Peluangmu” dipaduin sama tagline mereka “Sudah cek Tokopedia belum?”

Antimainstream

Kalo dilihat-lihat, strategi pemasaran Tokopedia emang anti mainstream. Di saat pelaku e-commerce lain, kayak Traveloka, Tiket, OLX, Bukalapak, Zalora, Lazada dan lain-lain, pake strategi pemasaran performance-based advertising dengan nampilin promosi, diskon, atau subsidi harga biar konsumen tertarik, Tokopedia justru pake strategi pemasaran Return on Investment.

Strategi pemasaran kayak gini pasalnya gak habisin duit banyak. Tokopedia lebih menekankan sama para penjual online buat mengejar dan menciptakan peluang yang ada bukan malah ditunggu. Dan terbukti ternyata strategi ini efektif sampe sekarang.

Apalagi pilihan Chelsea Islan yang jadi brand ambassador mereka, ternyata ada tujuan tersendiri buat nyasar pasar tertentu. Dan hasilnya, pelanggan Tokopedia didominasi nih sama kaum hawa yang masih mudah dan penuh semangat. Wah, ampuh juga ya.

Pendekatan emosional

Marketing approach yang dipake sama Tokopedia pun gak main-main loh. Mereka gak cuma pake performance-based advertising sama ROI aja, tapi juga pake pendekatan emosional. Emang sih strategi berisiki dan butuh exposure yang jauh lebih masif. Bahkan, hitung-hitungan ROI nya juga beda dan gak bisa langsung hasil gitu aja dalam waktu singkat.

Kalo soal hasil, emang lebih cepet pake performance-based advertising, but, Tokopedia kayaknya emang pengen menjangkau pasar lebih luas dengan jaminan pasar jangka panjang. Makanya mereka pake pendekatan emosional di marketing mereka. Kalo untuk urusan uang dan waktu sih, untuk saat ini mungkin bukan masalah lah ya buat Tokped.

Tapi, coba kita lihat aja, 1-2 tahun ke depan, apa bisa ya strategi ini berhasil? Menarik buat ditunggu nih #MasBro dan #MbakBro.

Emang banyak marketplace yang kita kenal sekarang, gak cuma Tokopedia aja. Masih ada BukaLapak, OLX, Shopee, Lazada, dan selainnya. Gak jarang, banyak penjual milih pake semua marketplace tadi buat jualan. Ya tujuannya biar bisa ngelayanin semua pembeli dari berbagai platform tadi.

Strategi Pemasaran Bisnis Tokopedia

Tau gak nih #MasBro #MbakBro, Tokopedia yang jadi marketplace online terbesar di Indonesia ini setiap tahunnya ngalamin pertumbuhan bisnis loh. Gokilnya, mereka nyatet kalo pertumbuhan mereka mencapai 200% secara rata-rata tiap tahunnya.

Chief Operating Officer (COO) Tokopedia Leontinus Alpha Edison juga nyampein hal yang sama. Doi bilang kalo pihak Tokopedia gak bisa nyebutin angka pastinya secara detail yang meliputi jumlah seller, buyer, dan nilai transaksinya. Tapi yang pasti, mereka udah menjual lebih dari dua ribu produk setiap bulannya, ya kayak e-commerce lain yang lagi ngalamin masa pertumbuhan.

“Kami masih fokus dengan pasar dalam negeri, dimana potensi bisnis e-commerce ini masih sangat besar sekali. Dari segi nilai transaksi, rata-rata kami tumbuh hingga 200% per tahun. Dalam sehari costumer serving Tokopedia melakukan verifikasi puluhan ribu transaksi, tetapi jelas tidak semuanya tercatat sebagai validasi sukses,” ujar Bang Leo, Jumat (24/10/2014).

Bang Leo juga bilang nih, kalo pihaknya bisa dibilang gak bersaing secara head to head sama pelaku e-commerce (udah kayak main bola aja yak). Bang Leo beralasan karena Tokopedia punya sistem yang beda dibandingin sama para pesaingnya.

Alasannya kurang lebih kayak gini nih #MasBro #MbakBro, pihak Tokopedia gak pake strategi dengan jadi penyedia iklan baris online dan website B2C sebagai penjual ritel online. Tapi, mereka pake strategi Gold Merchant. Apaan tuh?

Jadi, strategi ini semacam sistem berlangganan yang ditawarin Tokopedia ke para sellernya. Nah, fasilitas ini bakalan bantu para seller buat lebih efisien jualan, kayak pengecekan order dan aktivitas user management lainnya bakal dibantuin sama pihak Tokopedia. Keren gak?

Gak cuma itu, mereka juga nyediain fasilitas Tokopedia Top Advertising buat para sellernya. Fasilitas ini bisa dimanfaatin para seller buat jadi ajang iklan produk mereka yang model display-nya disebar kayak promosi di media sosial yang sekarang ada.

Keamanan, Kenyamanan dan Kepuasan jadi Prioritas

Bang Leo juga bilang lagi nih kalo pihaknya sadar banget buat menjaga keamanan jaringan transaksi atau pembayaran yang dilakukan lewat Tokopedia. Semua demi kenyamanan dan kepuasan seller maupun buyer.

Sampe sekarang Tokopedia juga ngasih fasilitas review buat penilaian seller sama buyer. Jadi, para Toppers nantinya lebih gampang buat milih dan percayain proses transaksi mereka. Menurut pihak Tokopedia nih, buat para buyer maupun seller yang punya rating buruk bakal tersingkir secara sendirinya karena seleksi alam.

Tokopedia juga ngelakuin backup lewat customer care kalo emang ada seller atau buyer yang nakal. Customer care ini semacam sistem pengaduan yang bakal bikin para Toppers gampang buat ngaduin buyer atau seller yang nakal. Bahkan, Tokopedia juga ngasih himbauan nih buat perusahaan gak usah sungkan buat ambil jalur hukum kalo emang dibutuhin.

Ngeliat perkembangan Tokopedia yang pesat banget, ada investor dari Amerika dan Jepang yang mau ngasih investasi ke mereka. Ada dana sekitar US$ 100 juta dollar atau sekitar 1,2 triliun rupiah dari SoftBank Internet and Media, Inc. (SIMI) dari Jepang dan Sequoia Capital dari negeri Om Sam.

Nah, untuk strategi pemasaran si Tokped, nih ulasannya buat #MasBro #MbakBro:

Strategi Pemasaran Digital (Digital Marketing/Online Marketing)

  1. Media Sosial-Ngikutin Trend

Ternyata Tokopedia juga gak ketinggalan zaman, nih. Mereka juga pake strategi pemasaran lewat media sosial. Banyak media sosial yang mereka pake, kayak Instagram, Twitter, Facebook, Line, dan YouTube.

Contohnya aja di Instagram, Tokopedia ngikutin banget trend yang ada. Mereka kadang ngadain live, upload story, atau kadang upload IGTV.

Nah, di tiap akun media sosialnya, Tokopedia pake tampilan iklan dan subjek yang beda-beda. Kondisi ini nyesuain karakter pengguna media sosial itu. Kira-kira kayak apa sih gambaran social media marketing mereka? Yuk, coba kita intip, check this out!

  • Twitter

Buat para Toppers bisa banget nih pantengin twitter-nya Tokopedia di https://twitter.com/tokopedia. Akun mereka udah punya 366,7k followers loh. Banyak juga ya. Biasanya mimin sering banget posting pake bahasa-bahasa kekinian khas anak muda banget. Sering ngadain give away. Dan akhir-akhir ini sering banget pake bintang iklan mereka yang baru, BTS, buat menarik minat para K-Popers nih. Mau liat gambaran akun twitter-nya Tokped? Kayak gini nih.

strategi pemasaran

  • Facebook

Buat #MasBro dan #MbakBro yang masih aktif di dunia per-facebook-an dan pengen kepo sama produk maupun promo Tokopedia, bisa banget nih cek fanpage resminya nih di sini https://web.facebook.com/tokopedia/. Fanpage resmi dengan 6.368.403 likes dan 6.411.919 followers ini lebih banyak memposting soal promo mereka nih. Selain itu, bahasa yang dipake di facebook lebih sedikit formal dibandingin sama di twitter tadi. Mungkin menyesuaikan pengguna facebook yang kebanyakan sudah bapak-bapak dan ibu-ibu kali ya hehehe….

Yang penasaran sama akunnya, nih kita kasih liat.

strategi pemasaran

  • YouTube

Gak cuma main di media jejaring sosial aja, Tokopedia juga punya akun di aplikasi berbagi video macam YouTube. Malahan, udah banyak konten yang udah diupload sama Tokopedia loh. Kebanyakan kontennya berisi soal event mereka, video iklan, dan yang paling keren ada video Seller Story buat narik minat masyarakat lain buat jadi pengusaa online lewat Tokopedia.

#MasBro #MbakBro bisa cek aja di kanal Tokopedia yang udah punya 522k subscriber ini. Nih, kita kasih liat gambaran kanalnya mereka.

strategi pemasaran

  • Instagram

Kayak yang udah disampein di awal tadi kalo Tokopedia ngikutin banget trend yang ada sekarang, termasuk punya akun instagram. Akun instagram bisa dilihat di akun @tokopedia. Biasanya sih si admin pake akun ini buat posting promo, event, quotes pemasaran, dan masih banyak lagi. Penasaran sama akun yang udah punya 1,6 juta followers ini? Nih, kita kasih liat sekilas ya.

strategi marketing instagram tokopedia

  • Line

Nah, kalo yang satu ini pasti udah pada tau ya. Platform setengah aplikasi chatting setengah aplikasi jejarang sosial ini juga dipake Tokopedia jadi sarana promosi mereka loh. Official account mereka aja udah sampe punya 987.645 followers. Tokped biasanya pake Line buat kasih liat testimoni seller dan buyer sekaligus kasih info promo maupun event nih. Pengen liat line official account @tokopedia ini? Nih, coba cek gambar kuy!

strategi marketing tokopedia

SEO/SEM

Tokopedia juga manfaatin apa yang dinamakan SEO loh #MasBro #MbakBro. Mereka mengklaim kalo udah ngembangin SEO mereka, jadi nantinya harapan mereka halaman-halaman toko maupun produk bakal sering muncul di hasil pencarian lewat search engine. Keren kan strategi pemasaran buat merchant-merchantnya.

Nah, buat gambaran teknik marketingnya kurang lebih kayak gini, Tokopedia ngelakuin pembakuan nama domain toko-toko dan produknya. Formatnya kayak gini http://namatoko.tokopedia.com/, nantinya format ini juga bakal menurun ke tautan dari produk-produk toko itu tadi. Contohnya gini, http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product.

Nah, harapannya ke depan, nantinya toko-toko yang ga pake domainnya sendiri bakal lebih terasa brandingnya dengan adanya pembakuan kayak gini.

Fitur Keren Tokopedia

Gak cuma itu, buat dorong pertumbuhan toko-toko partner mereka, Tokopedia nerapin directory toko yang diurutin berdasarkan volume penjualan. Ada juga featured shop yang bakal dapet spot khusus di halaman depan maupun directory. Cuma masalahnya, belum ada ketentuan baku soal pemilihan featured shop ini.

Para seller juga bisa manfaatin tombol Dink It. Tombol ini dipake sama para seller buat promosiin barang-barang mereka secara bergantian di halaman depan Tokopedia.

Barang yang udah di-Dink It bakal ditampilin sama Tokopedia di halaman depan mereka selama satu jam. Penjual cuma bisa nge-Dink It satu jenis barang. Seller gak bakal bisa Dink It lagi setelah dua jam dari barang yang baru aja di-Dink It. Baru setelah dua jam, seller baru bisa nge-Dink It lagi, entah barang yang sama atau barang yang beda.

Tokopedia juga sering ngasih promo dengan ngadain event bazar yang digelar berkala. Event ini cuma bisa diikuti sama penjual yang udah punya bintang dalam jumlah tertentu dan masuk kategori Featured Shop.

Yang namanya bazar, pasti bakal penuh dengan diskon. Begitu juga sama bazar yang diadain Tokopedia ini. Barang yang mau diikutin bazar udah harus didiskon sama penjualnya. Nah, nantinya barang ini bakal dipajang di halaman pertama dan bisa langsung di-link-kan ke akun Twitter atau Facebook-nya si seller.

Terus gimana cara nge-link-in barang itu tadi? Caranya gampang kok. Tinggal klik aja logo FB sama Twitter, isi sandi masuk, dan izinin Tokopedia buat bertaut sama akun FB atau Twitter kalian #MasBro #MbakBro. Secara otomatis, barang bakal di pajang di feed akun kalian.

Fitur-fitur lain di Tokopedia

  • Fitur TopAds

Fitur ini adalah pengembangan dari fitur Dink It yang udah dikembangin sama Tokopedia sebelumnya. Dengan pake fitur ini, penjual bisa promosiin toko dan produk mereka sehingga berpotensi buat dilihat dan dibeli sama lebih banyak buyer di Tokopedia.

Para seller bisa promosiin produk mereka kapan aja tanpa harus klik tombol “Promosi” setiap satu jam sekali. Dengan fitur ini, para seller bisa ngiklan dengan biaya yang murah banget, mulai dari Rp 50,- aja loh.

  • Fitur Statistik Toko

Fitur ini merupakan fitur baru buat para seller yang jadi Gold Merchant di Tokopedia. Seller bisa pake fitur ini buat mantau dan ngeliat performa toko mereka, mulai dari statistik produk yang dijual sampe data transaksi secara detail.

Harapannya nih, dengan adanya fitur ini para seller bisa menganalisis data penjualan dan ngatur strategi yang akurat buat ngembangin bisnis mereka. Keren kan #MasBro #MbakBro.

  • JNE Online Booking (JOB)

Tokopedia punya fitur yang kerja sama langsung dengan JNE loh. Namanya JNE Online Booking. Dengan pake fitur ini, penjual bakal lebih gampang ngirim barang mereka tanpa repot urus nomor resi.

Penjual tinggal bawa aja kode booking dari pembeli buat ditunjukkin ke petugas JNE saat ngirim barang. Otomatis, nomer resi bakal masuk deh ke akun penjual maupun pembeli.

  • Prefered Logistic Partner

Prefered logistic partner merupakan logistik rekanan yang bakal direkomendasiin sama Tokopedia buat ngirim barang dagangan seller. Untuk saat ini, si JNE sih udah jadi perusahaan logistik yang jadi prefered logistic partner-nya si Tokped.

  • Gold Merchant

Fitur ini disediain buat para penjual dengan tujuan ngasih kemudahan buat para seller ngelola toko online-nya. Tapi jangan lupa ya #MasBro #MbakBro kalo fitur ini berbayar.

  • Top Points

Nah, siapa di sini yang habis belanja di Tokopedia pasti dapet poin? Poin itu yang dinamain Top Points. Tiap kali para Toppers belanja, sehabis belanja mereka bakal dapet poin reward sebesar jumlah barang yang mereka beli. Nanti poinnya bisa dituker sama voucher dan gift banyak, loh.

  • Lucky Deal

Kalo yang ini, semacam bonus nih buat para seller maupun buyer yang aktif transaksi di Tokopedia.

  • Reputation System

Sistem penilaian ini merupakan sistem penilaian yang baru buat toko, penjual, dan produk yang ada di Tokopedia.

  • Chatting

Fitur ini disediain sama si Tokped buat memfasilitasi pembeli dan penjual kalo ada apa-apa nih, entah masalah atau kesepakatan-kesepakatan terkait barang yang bakal dibeli.

  • User management

User management atau bahasa Indonesianya pengaturan admin merupakan fitur spesial buat para seller yang punya volume penjualan tinggi dan sering banget kewalahan buat ngelola toko sendiri.

Tapi sekali lagi jangan lupa ya #MasBro #MbakBro, kalo fitur ini berbayar gak gratis.

Televisi

Media yang sampe sekarang masih banyak dipake dan punya jangkauan luas adalah televisi atau TV. Makanya, Tokopedia pake iklan di TV sebagai strategi pemasaran mereka buat promosiin perusahaan dan buka peluang bisnis.

Salah satu iklan di TV yang mereka tayangin pengen nyampein kalo Tokopedia bukan website yang cuma cari untung aja, tapi juga buka peluang bisnis buat masyarakat yang gak kenal batas usia.

Strategi Pemasaran Offline (Offline Marketing)

Pake Brand Ambassador

Tokopedia juga pernah pake beberapa artis buat jadi brand ambassador mereka. Dulu pernah mereka pake Chelsea Islan buat jadi brand ambassador mereka. Tapi, Oktober 2019 kemarin, Tokopedia resmi ngumumin BTS buat jadi brand ambassador mereka.

Semakin keliatan nih kalo Tokopedia pengen ngajak makin banyak anak muda buat jadi pengusaha online di Tokopedia.

Strategi pemasaran pake brand ambassador emang menjanjikan banget. Kenapa? Soalnya, brand ambassador bakal bisa kasih pengaruh ke banyak orang buat pake produk tertentu dan bikin perusahaan lebih kredibel.

Tokopedia baru ngajak para A.R.M.Y nih buat jadi Toppers juga hehehe….

Makanya, buat #MasBro dan #MbakBro yang punya perusahaan dan pengen masarin perusahaan kalian, pilih tuh brand ambassador yang sesuai sama imej perusahaan dan punya good reputation di mata publik, biar makin laku.

Bikin dan Ikut Event

  • Makerfest

Gak cuma kenceng pemasaran di dunia digital aja nih, Tokopedia juga bikin banyak event buat ngedukung produk UMKM lokal. Nah, event yang paling terkenal salah satunya adalah Makerfest.

Makerfest ini diadain buat ngenalin kalo produk UMKM lokal juga bisa nih bersaing di pasar nasional bahkan internasional. Gak lupa dong Tokopedia nge-gandeng Bekraf buat ngadain event keren ini.

Selain itu, para pelaku usaha bisa loh ketemu sama banyak investor yang siapa tau mau ngasih dana investasi dan jalin kerja sama.

Gak cuma itu aja loh, di event Makerfest ini, para pelaku usaha juga bisa ikut kompetisi produk UMKM lokal yang hadiahnya bisa nyampe miliaran rupiah. Ada juga sharing ilmu dari para entrepreneur yang udah sukses di Indonesia dan masih banyak lagi.

Strategi iklan ini emang nunjukkin banget kalo Tokopedia peduli dan berkonsentrasi buat ngembangin dan majuin produk tanah air, khususnya industri kecil dan menengah.

  • Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)

Ini emang bisa dibilang bukan pemasaran offline sih, tapi Tokopedia rutin ikutan event ini. Tiap Harbolnas, Tokopedia selalu ngasih berbagai promo tokopedia. Promonya bisa berupa kupon tokopedia dan juga promo gratis ongkir.

Kencengnya strategi iklan Tokped ini, entah offline atau online, emang gak lepas dari sumber dana tanpa batas. Apalagi mereka tergolong unicorn di Indonesia.

Bahkan, Bloomberg sendiri bilang kalo kira-kira nilai valuasi si Tokped udang nyampe 7 miliar dollar amerika. Ini setara sama sekitar 98 triliun rupiah saat ini, loh. Gila gak, sih.

Strategi Pemasaran: Follow Up Marketing

  • Kasih Loyalty Gift buat Konsumen

Tokopedia juga sering banget kasih loyalty gift buat para Toppers yang setia pake aplikasi maupun web tokopedia.

Biasanya, loyalty gift-nya berupa promo tokopedia, kupon tokopedia, promo gratis ongkir, promo tiket kereta, cashback, give away, dan masih banyak lagi.

Strategi ini mereka pake biar konsumen ngerasa puas dan tertarik lagi buat belanja di Tokopedia.

  • Kasih Apresiasi buat Penjual

Tokopedia juga sering kasih apresiasi buat para penjual yang emang sukses di lini usaha mereka. Biasanya Tokopedia bikin Seller Story di akun YouTube mereka.

Selain buat apresiasi, video ini juga dijadiin bahan buat mereka ngajak masyarakat lain buat ikutan jadi pengusaha online dan mulai usaha mereka di platform Tokopedia. Cerdas dan humanis banget ya #MasBro #MbakBro.

Itu aja sih sementara sedikit ulasan tentang Strategi Pemasaran Tokopedia. Seneng bisa berbagi. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya #MasBro #MbakBro.

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Comments

Leave a Reply