Self Management Untuk Kesuksesan Karir

Self Management atau yang disebut juga dengan manajemen diri adalah salah satu hal penting untuk menunjang karir kamu di masa depan. Sebab, banyak perusahaan yang menerima karyawan yang memiliki skill self management yang baik sebagai aset penting bagi mereka.

Banyak diantara  kita yang belum mengetahui apa arti dari self management, lantas apa sih pengertian dari self management itu? Self management adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol pikirannya, perasaan dan tindakan yang mereka lakukan. Self management juga bisa dimaknai sebagai kemampuan untuk memprioritaskan tujuan, memutuskan apa yang harus dilakukan dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan.

Dalam lingkungan kerja self management ini sangat dibutuhkan, karyawan yang  memiliki self management yang baik mereka bisa memaksimalkan kinerja atau produktivitasnya dalam bekerja secara efisien dan bergerak untuk mencapai tujuan yang ada.

Lantas apa saja alasan mengapa pentingnya self management bagi kita dalam menunjang karir dan kehidupan kita sehari hari, diantaranya yaitu :

  • Membantu kamu lebih terorganisir
  • Membantu menentukan prioritas
  • Membantu kamu untuk tetap termotivasi
  • Membantu kamu mengelola tanggung jawab dengan lebih baik
  • Membantu kamu mengelola waktu secara efektif
  • Menumbuhkan rasa percaya diri karena kamu mampu mengendalikan situasi dengan mandiri

8 Contoh Self Management Skills

Berikut merupakan beberapa contoh skil kunci dalam self management adalah :

  1. Manajemen waktu

Ketika kamu memiliki manajemen waktu yang baik memungkinkan kamu untuk dapat memprioritaskan tugas, menghindari gangguan dan mempertahankan fokus saat bekerja. Dan kamu juga bisa menetapkan dan memenuhi tenggat waktu secara efektif.

2. Manajemen stres

Manajemen stres sangat dibutuhkan untuk kamu yang sedang menjadi karyawan disebuah perusahaan karena dapat membantu kamu tenang di saat bekerja dan tetap fokus pada tujuanmu. Selain itu kamu juga bisa mengelola emosi sendiri dan mempertahankan profesional dalam pekerjaan.

3. Gigih dan resiliensi

Kegigihan memungkinkan kamu untuk mengejar tujuan kamu tanpa henti meskipun perlu proses yang tidak mudah. Sedangkan resistensi bertujuan untuk beradaptasi atau mengatasi kemunduran yang mungkin menghalangi kamu saat mencapai tujuanmu.

4. Percaya diri

Setiap orang pasti ingin memiliki rasa percaya diri yang tinggi sebab skil ini sangat berguna di tempat kerja terutama saat menghadapi masalah atau tugas yang sulit. Karyawan yang memiliki kepercayaan diri ia tidak akan gampang stres, dan percaya diri juga dapat membuat orang lain percaya pada kamu.

5. Kemampuan adaptasi

Kemampuan adaptasi menunjukan kemampuan seseorang untuk belajar dan tumbuh. Karyawan yang tidak memiliki kemampuan ini biasanya akan lebih terhambat dalam mencapai tujuannya. Sebab, rekan kerja atau satu tim dengan kamu mungkin akan kesulitan untuk bekerja sama dengan kamu karena takut terhambat akibat ketidakmampuan kamu menyesuaikan diri.

6. Organisasi

Jika kamu terorganisir dalam pekerjaan, itu berarti kamu dapat merencanakan waktu dan hal-hal yang harus kamu lakukan. Dengan kata lain kamu dapat merencanakan, memprioritaskan dan melaksanakan aktivitas yang penting sehingga kamu dapat mengelola sendiri tanggung jawab yang penting di tempat kerja.

7. Akuntabilitas

Akuntabilitas artinya kamu sangat bertanggung jawab atas tindakan yang kamu ambil atau putuskan.

8. Self motivation

Biasanya orang yang  memiliki skill ini tidak harus bergantung pada motivasi eksternal atau motivasi yang diberikan oleh orang lain untuk mendorong dirinya. Ia dapat menemukan kegembiraan dalam setiap langkahnya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuannya dengan lebih cepat, sebab ia bisa memotivasi dirinya sendiri dengan baik.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply