Bermula saat Perang Dunia II, Berikut ini Sejarah Nugget!

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Selamat siang..

Salam #MasBro #MbakBro
Taukah kamu sejarah chicken nugget? Dilansir dari History, chicken nugget atau nugget ayam ini berasal dari Amerika. Menu ini juga sangat populer karena mudah diproduksi massal, memiliki kandungan gizi yang cukup, serta cocok untuk semua usia. Yuk simak sejarah lengkapnya! 

Bermula saat Perang Dunia II, Berikut ini Sejarah Nugget!

Booming menu BTS Meal di Mcdonald yang baru-baru ini rilis, ternyata salah satu item di dalamnya adalah chicken nugget. Di sajikan dengan kentang goreng, minuman bersoda serta saus khas menu tersebut, menu berkemasan logo BTS ini langsung menarik perhatian fans dan warga Indonesia. 

Chicken nugget sendiri adalah menu favorit semua orang, namun taukah kamu? Pada awalnya nugget ayam ini merupakan hasil dari masa kepahitan Perang Dunia II, dan butuh banyak penelitian agar menu ini dapat masuk kedalam menu-menu restoran bergengsi.

1. Sejarah lahirnya chicken nugget

Saat masa Perang Dunia II di Amerika, kala adanya perintah dari militer bahwa daging sapi dan babi hanya di konsumsi untuk para tentara militer saja, membuat masyarakat mau tidak mau memilih daging ayam untuk menjadi sumber protein mereka. Tujuan dari perintah ini sendiri jelas, yaitu agar prajurit-prajurit militer lebih kuat dan sehat.

Sebab banyaknya permintaan daging ayam dari rakyat, kala itu peternakan ayam menjadi berkembang pesat. Lalu pada saat pertengahan tahun 1945, militer juga tiba-tiba melirik peternakan ayam. Bahkan permintaannya mencapai 100% dari hasil peternakan di kawasan Peninsula dan Ohio.

Yang mana peternakan tersebut, adalah pusat peternakan terbesar di Amerika. Tentu saja, hal ini berimbas pada tingkat produksi yang makin naik setiap harinya. Hingga saat perang usai, lantas peternakan panik sebab adanya kemerosotan permintaan pasar terutama dari militer, hingga akhirnya daging ayam di jual secara utuh untuk mengurangi stok di gudang. 

Beranjak dari masalah peternakan ayam tersebut, dan lagi untuk memancing kembali selera anak-anak terhadap daging ayam, seorang peneliti bernama Robert C. Baker akhirnya menemukan resep nugget ayam di laboratoriumnya pada tahun 1963.

Melihat celah kesempatan yang ada ini, sentra peternakan ayam memutuskan untuk tak menjual daging ayam secara mentah lagi. Sebagai gantinya mereka memproduksi nugget untuk menutupi kekurangan omzet akibat masalah sebelumnya.

Baker sendiri tidak mematenkan temuannya, Ia justru mengirimkan resepnya ke sejumlah perusahaan besar di bidang pengolahan pangan.

2. Chicken nugget di McDonald

Di tahun 1977, anggota dewan Amerika mengeluarkan pernyataan mengenai pola makan dan pola hidup yang sehat untuk masyarakat. Salah satu poinnya ialah tentang mengurangi konsumsi daging merah karena memiliki lemak jahat di dalamnya.

Karena pernyataan tersebutlah, daging sapi kembali merosot drastis dan sajian daging ayam mulai naik daun.

Beberapa produsen olahan makanan melihat hal ini sebagai peluang begitupun dengan McDonald. 

Mcdonald sendiri mulai memproduksi chicken nugget sejak tahun 1981. Pada masa itu Fred Turner, meminta tim ahlinya untuk memproduksi sajian ayam tanpa tulang, yang akan laku keras menyaingi kentang goreng.

McDonald pun lantas menyewa Rene Arend, yang merupakan chef ternama yang pernah melayani Queen Elizabeth. Sempat mengalami kegagalan tidak membuat perusahaan ini putus asa

Hingga akhirnya pada tahun 1983, chicken nugget lahir di Mcdonald dan langsung menarik animo masyarakat. 

Kesimpulan

Bermula dari kepahitan perang dunia II, Berikut ini Sejarah Nugget!

Keriuhan karena BTS Meal bukan pertama kali terjadi. Di tahun 2018 juga ketika produksi saus Schezuan dengan chicken nugget habis laris manis dan bahkan rela mengambil. 

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:35 WIB pada Hari Senin tanggal 14 Juni 2021
Google.com dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Senin tanggal 14 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
Bermula dari Kepahitan Perang Dunia II Berikut ini Sejarah Nugget!, Sejarah Chicken nugget, sejarah nugget, bts meal, nugget ayam, sejarah nugget ayam, sejarah nugget McDonald, perang dunia II.

Comments

Leave a Reply