Rasanya Jadi Half Santriah Half Siswi

Hey readers! gimana puasa di hari kelima-nya nih? masih kuat? masihlah ya…, semoga sehat selalu dan selalu dalam lindungan yang maha kuasa. Amiiin…

Sedikit cerita-ceriata nih, gimana rasanya dan sibuknya setengah sekolah setengah pesantren. Jadi, aku itu termasuk siswa unggulan di SMK Wikrama 1 Garut, yang dimana kita itu pesantren dibarengin dengan sekolah biasa. Cuss… langsung liat ceritanya yuk.

Sibuknya jadi santri di hari Sabtu, 17 April 2021

Jadi, ceritanya Al-ikrom (nama pesantren di Wikrama) ada berita kepulangan di bulan Ramadhan ini (YES! santri mana yang seneng kalau denger tentang kepulangan), tapiiii…. Seperti biasa, tidak semudah itu keluar dari lingkunagan pesantren, pasti, pasti ada syaratnya :). Kaget ga kaget sih. Syarat-syaratnya lumayan bikin kepikiran sih buat aku yang seorang thinking, hehe. Syarat-syaratnya antara lain, dapet setengah juz kalau yang baru masuk juz 29, hafalan tajwid (makhorijul, sifatul, dll), sertifikasi imam masjid (nona arjula, do’a-do’a harian, ODOJ), qomat, dan mengikuti kegiatan smartren di sekolah. Keliatan sederhana? gampang? NOPE. 1 syarat itu beranak pinak, do’a-do’a harian yang panjang-panjang, hafalan yang baru masuk surah baru dan ga mudah buat hafalinnya. Pokoknya, subhanaallah, deh.

Walaupun tanggal kepulangna masih belum pasti, tapi kita harus tetap ngejar target kita . Dan pada saat itu, tidak ada lagi yang namanya kata ‘santai’ di jam kosong. Kalau ada jam kosong, dipakai buat hafalan, setoran hafalan, hafalan, setoran. Belum lagi tugas-tugas sekolah. Jujur, sebenernya aku kewalahan buat di sekolah karena lebih fokus sama pesantren. Dan itu yang membuat nilai sekolah aku ‘anjlok’ parah.

Tapi, walaupun kita sibuk sama setoran dan hafalan. Itu semua tetep seru. Banget. Dan itu bakal kerasa sama kalian kalau kalian udah sampe ke target kalian. Tapi, tetap aja aku kewalahan sama tugas-tugas sekolah, khususnya di mapel produktif.

Penutupan

Yup. Sedikit cerita dari aku, tentang gimana sibuknya jadi santri dan siswi. Sekian. Wassalamu’alaikum wr.wb.


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan