Rafflesia Arnoldii

Padma Raksasa atau bahasa latinnya Rafflesia Arnoldii adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal tumbuhan yang sangat besar bahkan sampai dunia, bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold dihutan tropis Bengkulu sehingga bengkulu terkenal dengan bumi Rafflesia, tumbuhan ini endemik di pulau Sumatera terutama bagian selatan yaitu Bengkulu, Jambi, dan SUmatera Selatan, konservasi utama spesies ini ada di Taman Nasional Kerinci Seblat, jenis spesies ini terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat.
ketika sedang mekar diameter bunga ini bisa mencapai 1 meter dengan berat 11 kg, mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong, di dasar bunga memiliki bagian seperti piringan berduri yang berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga yaitu jantan atau betina, bunga ini megeluarkan bau busuk yang bisa menarik perhatian lalat sebagai hewan penyerbuk dan bunga ini hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) setelah itu layu dan mati. presentasi pembuahan bunga ini sangat kecil karena bunga jantan dan betina sangat jarng bisa mekar dengan bersamaan dalam satu minggu, itu pun jika ada lalat yang datang membuahi.

Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply