Perjuangan Berbisnis Animasi

PublikTerbitkanSecepatnyaLekatkan pada laman teratas blogMe

Indonesia merupakan negara kaya akan orang-orang yang memiliki kriatifitas tinggi. Salah satunya dunia animasi. Banyak animator dalam negeri yang berhasil merilis anime nya me luar negeri. Beberapa animator Indonesia adalah Rini Sugiantom Andre Surya dan Cristiawan Lie yang ikut terlibat dalam membentukan film Transformer, Tintin, Terminator dan Gl Joe.

Namun kadang kala dunia animasi sulit untuk berkembang di Indonesia, padahal di luar negeri animator Indonesia sudah banyak yang sukses dalam membuat berbagai film animasi.

Menurut penilaian Achmad Rofiq, seorang animator asal Malang mengatakan, banyak kendala di Indonesia yang membuat industri animasi sulit untuk berkembang di Indonesia, salah satunya kendala hukum.

Kesulitan lainnya terkait model bisnis ini menurut Achmad Rofiq adalah di Indonesia belum ada agensi yang dapat menangani animasi seperti di luar negeri.

Maskipun demikian, Rofiq mengatakan bahwa mereka juga cukup dengan dengan pemerintah, dalam hal ini kementrian Pariwisata dan Ekonomi.

Perjuangan Rofiq bersama teman-temannya dalam mengembangkan bisnis ini di Indonesia di wujudkan dengan cara membantu kemenparekraf untuk merumuskan Blueprint industri Indonesia sekitar 1 tahun yang lalu.

Rofiq sendiri telah meliris banymak karya film animasi. Salah satu film yang di lirisnya adalah Rock You, sebuah film animasi yang menceritakan seekor ayam kampung dari Indonesia bersama bebrapa temannya,

Rofiq berharap industri animasi di Indonesia berkembang dengan baik sama seperti dunia industry luar negeri agar orang yang mempunya kreatifitas yang tinggi mampu menuangkan ide kreatifnya di Indonesia ini bukan di luar negeri.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply