Pengertian Kebugaran Jasmani

Halo, perkenalkan nama saya Melani Retno Cahyani. Saat ini saya masih duduk di kelas 10 tepatnya di SMK Wikrama Bogor. Hari ini, tepatnya hari Selasa, 13 April 2021 tidak seperti biasa sekolah online yang dimulai dari jam 08:00 hingga 11:15, akan tetapi libur dikarenakan hari pertama puasa Ramadhan. Saat libur sekolah, saya mengisi waktu luang dengan merangkum materi. Untuk menambah wawasan kalian, saya akan membahasnya dan memberikan ilmu yang saya dapatkan hari ini serta yang saya pahami. Yuk langsung aja kita bahas!

“Mensana in corpore sano” artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ungkapan tersebut tentu benar jika kita dalam keadaan sehat dan bugar. Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak, sehingga sangat dianjurkan untuk rajin berolahraga. Namun kesibukan kerja, belajar, bermain sering tidak menyisihkan waktu luang untuk olahragaml. Dan akibat tidak pernah olahraga tubuh kita akan mudah lelah.

A. Pengertian Kebugaran Jasmani
• Menurut Rusli Lutan
Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan dan kekuatan.
• Menurut Cholik dan Maksum
Kebugaran jasmani merupakan kemampuan dalam melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain.

Jadi, pengertian kebugaran jasmani secara umum adalah kemampuan dan daya tahan fisik untuk tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari tanpa kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya share mengenai pancakaki kepada teman-teman semuanya. Semoga bermanfaat yaaa. Jika ada yang kurang atau kesalahan mohon dikoreksi dengan komen di bawah ini!

Comments

Tinggalkan Balasan