Pengalaman Belajar: Menyusuri 10 Tahun Perjalanan Pendidikan

Halo teman-teman, saya Wiwi. Saya ingin berbagi sedikit tentang perjalanan belajar saya yang telah berlangsung selama 10 tahun. Semuanya dimulai ketika saya adalah anak berusia 6 setengah tahun dan memasuki dunia pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK). Di fase ini, saya lebih banyak belajar tentang pengenalan lingkungan sekitar.

Perjalanan saya berlanjut ke Sekolah Dasar (SD), sama seperti teman-teman lainnya. Di SD, perkembangan akademik saya mulai terlihat, terutama saat saya memasuki kelas 4 dan sering menduduki peringkat 3 besar. Ini adalah awal dari pengalaman berharga saya dalam dunia pendidikan.

Namun, tantangan sebenarnya muncul ketika saya akan melangkah ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saya mengalami ketidakberuntungan ketika tidak dapat masuk ke SMP negeri yang saya inginkan. Awalnya, saya merasa terpuruk, tetapi seiring berjalannya waktu, saya menerima kenyataan bahwa takdir Allah selalu yang terbaik. Di SMP, saya meraih prestasi sebagai salah satu siswa terbaik dalam hal nilai.

Keberuntungan dan kebahagiaan saya diikuti oleh tantangan baru saat memilih sekolah menengah atas (SMA). Pada saat kelas 3 SMP, saya tidak memiliki pilihan atau pengetahuan yang cukup untuk memilih SMA yang sesuai. Hal ini membuat saya tertinggal dalam pendaftaran dan tidak bisa masuk ke sekolah negeri. Periode ini menjadi masa sulit dalam hidup saya.

Kini, saya menempuh pendidikan di SMK Wikrama Bogor, sebuah sekolah swasta. Meskipun awalnya belum bisa menerima tetapi lama-kelamaan saya menerimanya dengan lapang dada, saya yakin bahwa takdir Allah telah menetapkan jalur terbaik untuk saya. Meskipun awalnya saya mengalami culture shock, seiring berjalannya waktu, saya menemukan kegembiraan dalam perjalanan pendidikan ini.

SMK Wikrama Bogor memberikan dukungan yang luar biasa dalam mengikuti berbagai lomba sesuai minat saya. Fasilitas yang lengkap dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi membuat saya merasa bersyukur. Alhamdulillah, hasil kerja keras saya terbayar dengan meraih juara 1 dalam lomba monsoonsim. Saya tidak akan berhenti difase ini.

Pesan saya untuk semua teman-teman: percayalah dan serahkanlah segalanya kepada Allah. Jalan yang telah Allah tetapkan adalah yang terbaik. Setiap tantangan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Tetaplah bersemangat dan yakin, karena perjalanan belajar tidak hanya tentang pencapaian, tetapi juga tentang pertumbuhan dan keteguhan hati.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply