PEMIMPIN YANG SEPERTI AIR MINERAL

PEMIMPIN YANG SEPERTI AIR MINERAL

Keteladan seorang pemimpin itu harus seperti air mineral. Yang mana air mineral itu bening, segar, tidak berwarna, tawar, sehat dan dibutuhkan oleh semua orang.

Bening, berarti sangat jenih. Sehingga apa yang ada di dasar air tersebut dapat kita lihat. Karena beningnya juga, kita bisa melihat bayangan diri kita di atas permukaannya. Demikian juga seorang pemimpin itu harus bening. Bening berarti sangat jernih dan transparan. Sehingga apa yang dilakukan oleh pemimpin itu dapat dilihat oleh rakyat, selain melakukan kegiatan pribadi tentunya. Dan kita tahu apa yang ada dalam pikirannya. Karena beningnya juga, rakyat bisa bercermin kepada setiap tingkah laku dari pemimpinnya.

Segar, selayaknya air pasti menyegarkan. Apalagi ketika kita kehausan air mineral pasti menjadi pilihan yang paling pas untuk menyegarkan dahaga kita. Ketika dahaga kita telah segar kembali, maka jiwa kita tenang dan tenteram. Begitu pula seorang pemimpin, harus mampu menyegarkan hati, jiwa dan pikiran rakyatnya. Dan bagi pemimpin itu sendiri harus mampu membawa perubahan yang menyegarkan bagi kemajuan. Karena kesegaran itulah maka pemimpin itu sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk membuat rakyatnya tenang dan tenteram.

Tidak berwarna, sebagaimana air mineral itu. Warnanya bening tanpa campuran warna lain. Tidak ada warna biru, hitam, putih, merah, hijau dan warna lainnya. Karena tidak berwarna, sehingga digabungkan dengan warna apapun tidak akan merusak warna lainnya. Yang artinya pemimpin yang baik itu tidak memandang warna-warna yang terdapat pada rakyatnya dan kepada golongan-golongan tertentu, tetapi harus mampu berbaur dengan warna dan golongan manapun tanpa mengakibatkan perpecahan dan kecemburuan sosial antar kelompok.

Tawar, tidak memiliki rasa asin, manis, pahit ataupun asam. Karena ketawarannya air mineral cocok untuk dikonsumsi dalam kondisi apa pun. Baik waktu santai, lelah ataupun makan. Karena tawar juga sehingga air mineral tidak membuat kita merasa bosan untuk meminumnya. Demikian juga seorang pemimpin, harus dapat dikonsumsi oleh rakyatnya tanpa menimbulkan perasaan bosan sedikitpun di hati rakyatnya. Serta dapat dinikmati oleh rakyatnya saat bagaimana dan kapan pun, tidak hanya ketika dalam kampanye.

Sehat, dibanding dengan air lainnya, air mineral lebih menyehatkan. Karena tidak mengandung zat-zat yang dapat merusak tubuh, seperti kafein, gula ataupun zat kimia lainnya yang biasa digunakan sebagai bahan pewarna makan dan minuman. Seorang pemimpin itu menyehatkan rakyatnya. Dalam artian tidak memberikan sesuatu hal yang membahayakan kepada rakyatnya. Sehingga rakyatnya merasa aman terhadap pemimpin itu sendiri.

Dibutuhkan oleh semua orang, air mineral memang adalah kebutuhan pokok manusia. Manusia bisa hidup tanpa makan selama tiga hari, tetapi manusia tidak bisa hidup tanpa air selama tiga hari. Selain itu juga semua orang dapat mengkonsumsi air mineral. Baik kaya maupun miskin, tua maupun muda. Karena air mineral memang untuk semua orang dan semua orang membutuhkannya. Seorang pemimpin harus mampu menciptakan suatu perasaan dibutuhkan oleh rakyatnya. Dan merupakan pemimpin yang baik terhadap orang kaya, miskin, tua ataupun muda. Berbuat baik dan menyayangi rakyatnya. Karena pemimpin itu untuk semua orang dan semua orang butuh akan dia.

Itulah teladan sebuah pemimpin yang dapat kita ambil dari air mineral. Air biasa yang bisa kita temui dimana-mana, namun begitu banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya. Pemimpin yang baik dan jaya bukan pemimpin yang mampu menundukkan musuh-musuhnya. Tetapi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jernih, segar, tidak berwarna, tawar, sehat dan dibutuhkan oleh semua orang.

Sekian tentang PEMIMPIN YANG SEPERTI AIR MINERAL.

Terima kasih.

Thestresslawyer.com


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply