27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi

Adakah Pantangan untuk Orang yang Pernah Dioperasi?
Apa Aja yang ga Boleh Dilakukan Sama Orang yang Pernah Dioperasi?

Banyak kejadian jadi kenangan
Saat temen dan keluarga disisi
Kita perlu tau apa aja pantangan
Untuk orang yang pernah operasi

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pernah dioperasi?

Pernah dioperasi, nih?

Ya ampun, sakit apa emangnya?

Sekarang semoga udah mendingan, ya. Nah, kalo kita belum pernah dioperasi, syukurlah. Ada beberapa penyakit yang berujung dengan operasi supaya kondisi kesehatan kembali seperti semula. Penyakit-penyakit itu misalnya katarak atau jantung.

Baca Juga
1. 27 Cara Sehat Agar Bisa Cepet Tidur

Ada juga operasi yang harus dilakuin bukan karena penyakit, seperti operasi caesar dan operasi plastik. Kita bisa simak beberapa info pantangan untuk orang yang pernah operasi di sini. Ini tentang operasi yang melibatkan dokter loh, bukan Operasi Patuh Jaya, Operasi Simpatik, atau Operasi Zebra, ya.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar family.fimela.com
Sumber Gambar family.fimela.com

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi

Berikut beberapa pantangannya:

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar sidomi.com
Sumber Gambar sidomi.com

1.Makan Makanan Penyebab Gas

Kalo habis operasi pasti banyak kepengen, dong. Tapi mereka yang abis ngejalanin operasi caesar atau operasi usus buntu ga boleh makan sembarangan loh. Operasi-operasi ini melibatkan perut sebagai objek.

Operasi caesar adalah operasi yang dilakukan pada ibu hamil yang takut mengalami rasa sakit jika melahirkan secara normal, atau menginginkan anaknya lahir dengan tanggal spesial, atau bisa juga karena memang adanya masalah medis sehingga sang ibu harus menempuh operasi caesar.

Beberapa contoh kasus medis tersebut ialah ukuran bayi yang terlalu besar tapi ibu bayi ga memiliki panggul yang besar, posisi bayi yang sungsang (kepala bayi ga berada di bawah), atau keadaan ibu yang ga sehat yang memiliki risiko jika dilakukan persalinan secara normal.

Operasi usus buntu tentu terjadi di organ di dalam perut kita yaitu usus buntu. Dan tau ga sih, sampai saat ini masih belum diketahui loh kenapa kita punya usus buntu. Pengangkatan organ ini juga ga mempengaruhi kondisi kesehatan, tapi kalo dibiarkan, berpotensi memicu adanya komplikasi yang serius.

Nah, buat mereka yang habis menjalani salah satu dari kedua operasi di atas, sangat diwajibkan menjauhi makanan yang bisa menimbulkan gas. Beberapa contoh makanan diantaranya ialah kol, jamur, dan brokoli. Makanan penghasil gas ini akan menambah tekanan dalam perut. Selain menimbulkan keganyamanan pada perut, gas juga dapat menyebabkan diare. Jadi, jangan coba-coba makan itu ya pasca operasi usus buntu atau caesar.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar maducerna1.blogspot.com
Sumber Gambar maducerna1.blogspot.com

2.Konsumsi Makanan yang Bikin Sembelit

Nah, kalo tadi tentang makanan penghasil gas yang mungkin bisa bikin diare, kali ini yang ga boleh dikonsumsi adalah yang bisa bikin sembelit. Hal ini dikhususkan untuk mereka yang habis operasi caesar. Operasi caesar pasti menyisakan bekas sayatan. Nah, saat pasien pasca operasi sembelit, pasien akan mengalami kesakitan pada daerah bekas sayatan tersebut. Daging merah, produk gula, dan produk susu adalah yang harus jauh-jauh deh dari pasien pasca operasi.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar kumpulanmisteri.com
Sumber Gambar kumpulanmisteri.com

3.Angkat Beban Berat

Pantang angkat beban berat ini berlaku untuk pasien pasca operasi caesar dan jantung. Kalo kita mikir lah ga akan fitness juga kali sesudah operasi. Jangan berpikir sesempit itu deh. Saat kita keasyikan shopping dan ternyata bawaan kita ternyata sampai 4 kg, itu termasuk beban berat. Hindari juga menarik atau mendorong beban berat.

Sayang anak atau sayang cucu emang bagus banget sih, tapi puasa dulu gendong-gendongnya, ya. Tunggu enam minggu lagi, deh. Demi kesehatan juga loh.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar benefit.co.id
Sumber Gambar benefit.co.id

4.Naik Turun Tangga

Kalo kita seorang ibu yang habis menjalani persalinan caesar atau habis menjalani operasi jantung, demi keselamatan, kenyamanan, dan keamanan bersama, hindari ya naik turun tangga. Bekas operasi akan terasa semakin sakit saat kita naik turun tangga.

Kalo rumah kita memaksa untuk selalu naik tangga, lebih baik kita ngobrol dulu sama dokter deh. Karna masih ada kemungkinan kita dibolehin kok. Tapi pasti ga boleh berkali-kali dalam satu hari.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi Sumber Gambar segiempat.com
Sumber Gambar segiempat.com

5.Makan Junkfood, Gorengan, Soda, dan Makanan Pedas

Siapa tak kenal dengan jenis makanan itu semua? Semua orang rasanya pasti pernah mencobanya. Tak jarang mereka bikin ketagihan! Makanan pedas misalnya, tau sih pedasnya bisa sampe bikin menderita, tapi ugh makin dimakan makin ga pengen berhenti.

Kalo kita pecinta ketiga, salah satu, atau salah dua dari makanan-makanan tersebut. Jangan sampe deh kita operasi plastik, caesar, atau usus buntu. Junkfood, gorengan, dan makanan pedas pantang dikonsumsi untuk pasien pasca operasi tersebut. Terutama pasca operasi plastik, kalo kita makan pedes, pembengkakan di wajah kita bakal lama pulihnya.

Mendingan ga makan pedes kan, daripada ga dilirik doi?

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar bacaini.com
Sumber Gambar bacaini.com

6.Minum Minuman Manis

Satu hari setelah pasien penderita usus buntu mengalami operasi, pasien ga disarankan untuk mengonsumsi minuman dengan kadar gula alias yang manis. Pasien pasca operasi usus buntu ga disarankan mengonsumsi kopi, teh, atau jus. Tapi ga untuk selamanya kok.

Minum yang tawar juga ga apa-apa kok. Sambil ngaca aja, kan kita manis.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar jellygamatgoldseacucumber.web.id
Sumber Gambar jellygamatgoldseacucumber.web.id

7.Makan Makanan yang Teksturnya Keras

Tolong jangan siksa sistem pencernaan kita yang baru saja betul selepas operasi usus buntu, ya. Biar kita ga mual dan muntah, makanlah makanan yang lunak dan mudah dicerna. Kandungan makanan yang kita pilih juga sebaiknya yang dapat mempercepat proses penyembuhan kamu ya. Sebagai contoh, kamu bisa memilih yoghurt yang tinggi protein sebagai asupan gizi kamu. Bisa juga labu jatuh sebagai pilihan kamu yang lainnya.

Merasa belum makan kalo ga makan nasi. Biarkan saja nasi itu menjadi bubur.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar obatguladarah.info
Sumber Gambar obatguladarah.info

8.Konsumsi Alkohol dan Merokok

Minum alkohol?

Duh ga sakit juga mana pernah deh saya minum alkohol. Syukur deh kalo itu yang ada di pikiran kita kalo baca poin ke delapan ini. Tapi bagi sebagian orang yang ternyata peminum dan perokok, kedua kegiatan tersebut dilarang selama empat minggu setelah kita menjalankan operasi plastik. Itu loh, operasi yang bisa membuat wajah kamu seperti baru.

Kalo kita ngotot masih minum alkohol, jangan heran kalo tiba-tiba terjadi peradangan dan infeksi. Masih ngeluh juga kenapa penyembuhan luka operasinya lama, mungkin kita bandel masih merokok.

Kalo bisa sih ga cuma 4 minggu ya, selamanya pantang pasti hidup kita jadi lebih baik.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar tahupedia.com
Sumber Gambar tahupedia.com

9.Tidur Nyamping

Pantar tidur nyamping ini maksudnya pantang tidur dengan posisi miring. Pantangan ini terdengar aneh di telinga kita?

Tapi hal ini benar-benar dipantangkan untuk kita yang baru saja operasi plastik. Posisi tidur duduk lebih tepat untuk kita dan juga dengan bantal yang tinggi. Pastikan ga menekuk leher setelah operasi plastik.

Pantang ini selama satu bulan bisa, kan?

Demi wajah baru.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi Sumber Gambar www.caramenghilangkanmembuat.com
Sumber Gambar www.caramenghilangkanmembuat.com

10.Kena Air

Beauty is pain terasa sangat benar terutama bagi mereka yang baru menjalankan operasi plastik. Selain beberapa pantangan di atas, mereka juga ga boleh terkena air pada bagian yang dioperasi selama satu minggu. Mengingat operasi plastik banyak dilaukan di wajah, maka hindarilah keramas di pekan pertama pasca operasi. Hal ini membuat pasca operasi plastik pasien sangat memerlukan bantuan orang lain untuk membersihkan tubuhnya, karena pasti sangat sulit dilakukan sendiri.

Kenapa sulit? Masih ingat tentang pantang menekuk leher, bukan?

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar brilio.net
Sumber Gambar brilio.net

11.Olahraga

Masih untuk penderita pasca operasi plastik. Tahanlah keinginan kalian untuk berolahraga di luar sana. Menikmati panasnya matahari dan kesenangan berolahraga harus ditunda dulu selama tiga bulan.

Kenapa?

Tiga bulan cukup lama?

Kalo begitu ga usah operasi plastik.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar yesidwif.blogspot.com
Sumber Gambar yesidwif.blogspot.com

12.Pakai Baju Ketat

Beberapa pantangan untuk penderita operasi jantung telah disinggung di awal. Nah, pantang pakai baju ketat adalah pantangan lainnya untuk pasien pasca operasi jantung. Tau dong letak jantung di mana? Nah kalo operasi jantung dilakukan pasti terdapat luka bekas sayat di dada. Baju ketat hanya akan menyiksa kita dengan menekan atau menggesek luka tersebut.

Tau kan sakitnya luka yang tergores kembali?

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar harian-pasien.blogspot.com
Sumber Gambar harian-pasien.blogspot.com

13.Mandi

Pantang mandi ini harus ditaati pasien pasca operasi jantung. Sebenarnya, pantang mandi disini dimaksudkan agar luka operasi tetap dalam keadaan bersih dan kering. Oleh karena itu, jangan sampai ada cairan yang menyentuh luka tersebut, kecuali dengan anjuran dokter. Saat luka mulai mongering, mandi cepat boleh dilakukan, tapi jangan sampai berendam ya. Pilih suhu yang sesuai,yang suam-suam kuku/hangat.

Suhu ekstrem bisa menurunkan kesadaran, loh.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar female.kompas.com
Sumber Gambar female.kompas.com

14.Konsumsi Kafein, Teh, dan Cola

Setelah operasi jantung, pasien mungkin rindu hangatnya teh dan kopi. Namun sayang sekali, minuman dengan kandungan kafein harus dihindari, begitu pula dengan teh dan kola. Kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan detak jantung. Jantung jadi mudah berdebar-debar.

Jadi kalo kita pecinta kopi, jangan sampai harus operasi jantung, ya.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi Sumber Gambar segiempat.com global.liputan6.com
Sumber Gambar global.liputan6.com

15.Nyetir

Ya, mengemudi. Pasca operasi jantung pasien ga boleh nyetir. Bukan berarti ga bisa jalan-jalan, ya. Pasien tetep bisa bepergian tapi perannya sebagai penumpang, bukan driver. Dokter biasanya akan memberi tahu kapan boleh mengemudi lagi. Umumnya kegiatan ini boleh dilakukan kembali setelah 7-8 minggu dari operasi.

Tapi jangan langsung mengemudi jarak jauh, ya. Setelah satu atau dua jam sebaiknya istirahat.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar jogja.tribunnews.com
Sumber Gambar jogja.tribunnews.com

16.Berhubungan Seks

Pernah tau ga kalo berhubungan suami istri itu membakar kalori yang setara dengan berlari sejauh 8 km?

Saat berhubungan seks, banyak sekali energi yang terkuras karena adanya kerja otot dan hormon pada tubuh. Di atas telah disebutkan bahwa setelah operasi jantung, pasien ga boleh berbeban berat. Nah, pasca operasi jantung pun pasien jangan berhubungan seks sebelum energinya pulih kembali.

Bersikap terbuka pada pasangan, ya. Pasangan kita pasti akan mengerti.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar brilio.net
Sumber Gambar brilio.net

17.Berdiri di Satu Tempat Lebih dari 15 Menit

Setelah enam minggu pasca operasi jantung, pasien mulai bisa mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan. Sekalipun demikian, pasien ga disarankan untuk berdiri diam di satu tempat saja lebih dari 15 menit.

Harus bisa move on, ya.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar sociolla.com
Sumber Gambar sociolla.com

18.Terkena Matahari

Terlalu lama berdiam di kamar atau di rumah pasca operasi jantung, pasti membuat pasien ingin merasakan sentuhan sinar matahari. Sayangnya, tahun pertama pasca operasi jantung, pasien harus memastikan lukanya ga terpapar cahaya matahari. Luka bekas sayatan ini jika terkena cahaya matahari akan menghitam karena sifatnya mudah terbakar.

Sinar matahari masih boleh menyentuh kita kok, yang penting jangan kena luka sayatan, ya.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar ummi-online.com
Sumber Gambar ummi-online.com

19.Makan Terlalu Banyak

Orang baru sembuh dari sakit, kok malah ga boleh makan banyak, sih? Ya, begitulah, semua hal di dunia ini sebaiknya dilakukan dengan pas, ga lebih dan ga kurang. Pasien pasca operasi jantung juga sebaiknya menghindari makan yang terlalu banyak. Lebih baik konsumsi makanan dengan porsi yang sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Pola makan harus dijaga selalu agar gamemperburuk keadaan, selain waktu makan yang pas, konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan yang pas, misalnya makanan dengan kandungan lemak dan garam yang rendah. Semua ini agar risiko terkena serangan jantung bisa semakin menipis.

Kebingungan dengan pola yang pas untuk kita, konsultasilah dengan dokter.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi Sumber Gambar gambar10.blogspot.co.id
Sumber Gambar gambar10.blogspot.co.id

20.Insomnia

Tadi kan udah dibilang tuh, hindari konsumsi kafein, masa masih insomnia, sih? Well, memang operasi pasti memberikan dampaknya sendiri. Beberapa pasien pasca operasi jantung biasanya mengalami sulit tidur, sekalipun beberapa bulan setelahnya keinginan tidur menjadi lebih mudah. Jangan biarkan rasa sakit membuat kita insomnia. Semua hal pasti ada solusinya. Jika terasa nyeri, bisa konsumsi obat penghilang rasa sakit setengah jam sebelum waktu tidur. Bisa juga lakukan penataan kamar yang membuat nyaman untuk ditiduri, misalnya tempat tidur yang empuk dan lampu yang lebih redup.

Tidur siang juga membantu kita bisa lebih mudah tidur di malam hari, loh.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar merdeka.com
Sumber Gambar merdeka.com

21.Depresi

Pantang depresi! Ya, ini sih sebenernya mau sakit atau ga sakit pasti lebih nyaman menjalani hidup kalo pantang depresi. Tapi khusus nih buat para pasien pasca operasi jantung, jangan memperberat kerja jantung dan tubuh dengan depresi. Waktu-waktu awal setelah operasi pasti wajar mengalami depresi, tapi kalo ternyata malah berkelanjutan dan depresi ga hilang juga, sebaiknya konsultasi dengan psikolog atau dokter. Pasien operasi jantung harus dijaga selalu emosinya.

Kalo memang menerima tamu malah membuat emosimu memburuk, jangan terima tamu terlebih dahulu, ya.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar antaranews.com
Sumber Gambar antaranews.com

22.Ke Tempat Berdebu

Ada yang bisa tebak pantangan ini untuk pasien operasi apa?

Buat mastiin tebakan kita bener ato ga, ini jawabannya. Operasi katarak. Masih belum kenal dengan katarak?

Katarak adalah penyakit yang menyerang indra penglihatan. Penderita katarak memiliki selaput putih pada lensanya. Karena menyangkut mata, maka pasien disarankan menghindari tempat yang berdebu. Ga ada salahnya mengerjakan aktivitas di luar ruangan, atau mungkin mau berolahraga, yang penting jangan sampai mata terkena debu.

Hindari ya, supaya operasi kita ga sia-sia.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar yu2n09.blogspot.com
Sumber Gambar yu2n09.blogspot.com

23.Kena Cahaya

Selain dilarang kena debu, mata pasien pasca operasi katarak juga harus menghindari cahaya yang berlebihan. Cahaya yang berlebihan akan membuat mata menjadi ga nyaman. Kepekaan mata yang baru mengalami operasi akan berbeda dengan mata normal.

Mau aman dan gaya? Pakai kaca mata hitam aja.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar estianti.puspitadewi.net
Sumber Gambar estianti.puspitadewi.net

24.Basuh Wajah

Pantang basuh wajah selama 24 jam pertama pasca operasi katarak ini harus benar-benar dilakukan. Kenapa wajah dilarang? Karena mata ada pada wajah. Sebenarnya yang ditakutkan adalah adanya air yang masuk ke dalam mata. Bagian wajah yang lain jika ingin dibersihkan diperbolehkan, kok. Jangan kena mata ya.

Pakai tisu basah lebih disarankan ketimbang langsung membasuh wajah.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi Sumber Gambar pekanews.com
Sumber Gambar pekanews.com

25.Kucek Mata

Duh, baru juga bagian itu dioperasi, masa langsung diuwel-uwel, sih? Pasca operasi katarak, pasti akan diberikan obat tetes mata. Oleh karena itu, jangan biasakan mengucek mata jika terasa gatal. Pastikan cairan yang masuk ke mata hanya obat tetes yang diresepkan dokter, jangan sembarang pakai obat tetes. Selain itu, kebersihan tangan saat meneteskan obat harus dijaga biar ga ada debu yang masuk ke mata.

Tahan kerabat kita yang mau kucek mata pasca operasi katarak ya.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar kicantik.com
Sumber Gambar kicantik.com

26.Pakai Make Up

Para wanita pasien operasi katarak harus bisa menghilangkan kebiasaan pakai make-up untuk beberapa waktu pasca operasi. Sangat berbahaya apabila ada make-up yang mengenai mata, atau bahkan masuk ke mata (serbuk bedak misalnya).

Harus bisa pantang ini, kita cantik apa adanya kok.

27 Pantangan Untuk Orang yang Pernah Operasi - Sumber Gambar gambarkartununik.blogspot.com
Sumber Gambar gambarkartununik.blogspot.com

27.Berenang

Masih ingat dengan pantangan jangan basuh wajah?

Basuh wajah saja ga boleh, jadi jangan coba-coba berenang deh. Saat berenang pasti akan ada air yang masuk ke dalam mata kita. Ini hanya akan memperburuk keadaan pasca operasi katarak. Tahan dulu, ya keinginan berenangnya, sampai dokter mengizinkan kita melakukan aktivitas ini kembali.

Baca Juga
1. 
Apa Sih Itu Sebenernya Penyakit Amandel?
2. 
Gimana Sehat Cara Sembuhin Penyakit Amandel?

Kalo kita pernah dioperasi, tetep jaga kesehatan ya. Buat kita-kita yang belom pernah dioperasi, jangan sampe deh ya.

Setuju dong?

Kalo punya temen ato keluarga yang udah pernah operasi. Kirimin ke sosial media ya. Kalo masih ada pertanyaan jangan ragu tinggalin komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Disana sini banyak hal
Masalah hilangin manja
Sehat akan terasa mahal
Saat kita sedang sakit aja

Tembalang, Semarang
Jumat 11:21 WIB, 11 Nopember 2016
Tulisan Temen Kita – MHF

Sumber Tulisan
My Obat Herbal. 2016 Larangan Setelah Operasi Caesar myobatherbal.com/pantangan/larangan-setelah-operasi-caesar.html diakses pukul 08:43 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Alodokter. 2016. Catatan Penting Usai Operasi Jantung www.alodokter.com/catatan-penting-usai-operasi-jantung diakses pukul 09:22 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Beranda Bunda. 2016. Hal Yang Harus di Hindari Setelah Melakukan Operasi Katarak berandabunda.org/kesehatan/hal-yang-harus-di-hindari-setelah-melakukan-operasi-katarak/ diakses pukul 10:22 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Devina Putri. 2015. Makanan yang tidak boleh di konsumsi paca operasi usus buntu pantanganmakananpenyakit.blogspot.co.id/2015/08/makanan-yang-tidak-boleh-di-konsumsi.html diakses pukul 08:43 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Dlssl. 2015. [Grand News] Advis Ahli Bedah Plastik, Perawatan Pasca Operasi mata pun sepenting operasi kelopak mata ganda. grandplastic.wordpress.com/tag/pantangan-makan-setelah-operasi/ diakses pukul 09:49 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
dr Rezaldi Pratama SpM, MKes 2012 setelah operasi katarak aldi-rp.blogspot.co.id/2012/03/setelah-operasi-katarak.html diakses pukul 10:22 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Intan Kemala Sari 2016 Dilarang Keramas Hingga Berolahraga, Ini Pantangan Pasca Operasi Plastik detik.com/wolipop/read/2016/05/30/100206/3220619/234/dilarang-keramas-hingga-berolahraga-ini-pantangan-pasca-operasi-plastik diakses pukul 09:00 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Kun Sila Ananda 2013 8 Cara menyembuhkan diri setelah operasi jantung merdeka.com/sehat/8-cara-menyembuhkan-diri-setelah-operasi-jantung.html diakses pukul 09:26 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Rizki Barokah 2014 Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar pantanganmakananpenyakit-rr.blogspot.co.id/2014/11/pantangan-makanan-setelah-operasi-caesar.html diakses pukul 08:43 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016

Sumber Gambar:
gambar10.blogspot.co.id diakses pukul 12:14 WIB pada hari Jumat, 11 Nopember 2016
global.liputan6.com diakses pukul 12:12 WIB pada hari Jumat, 11 Nopember 2016
lifestyle.analisadaily.com
pekanews.com diakses pukul 12:11 WIB pada hari Jumat, 11 Nopember 2016
segiempat.com diakses pukul 12:10 WIB pada hari Jumat, 11 Nopember 2016
www.caramenghilangkanmembuat.com diakses pukul 11:57 WIB pada hari Jumat, 11 Nopember 2016

Comments

Tinggalkan Balasan