27++ Tempat Wisata yang Dianjurkan di Pulau Kalimantan

Apa Aja Sih Tempat Wisata yang Harus Kita Kunjungi Di Kalimantan?
Tempat Wisata Murah Meriah yang Ga Boleh Kita Lewatin Di Kalimantan

                                                                                               Jalan-jalan ke taman ria
Pulang membeli semangka
Penat dengan rutinitas sama
Liburan gini enaknya kemana

Salam #MasBro #MbakBro

Udah pernah jalan-jalan ke Kalimantan?

Berikut 27 tempat wisata yang dianjurkan untuk dikunjungi di Pulau Kalimantan.

Sumber Gambar chris13jkt.wordpress.com

1.Pantai Melawai

Siapa bilang kalian ga bisa menikmati sunset saat berada di Balikpapan? Anggapan itu terpatahkan setelah kalian berkunjung ke pantai Melawai. Lokasinya ga jauh dari pusat kota loh. Pantai ini berada di teluk kecil dan jadi lokasi terbaik buat melihat sunset di Balikpapan.

Untuk kesana kalian cuma perlu menempuh 5 menit perjalanan dari pusat kota. Kalian juga bisa ke Pulau Babi dengan berjalan kaki ketika air surut. Saat malam tiba, kalian bisa ngeliat pemandangan pijaran flare gas dari cerobong kilang minyak.

Sepanjang pantai kalian bisa menemukan banyak kafe-kafe yang menjajakan berbagai makanan. Mulai dari makanan ringan samoe menu makan malam lengkap. Mereka banyak menyediakan lesehan sambil menikmati angin pantai. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan malam bersama keluarga.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Jawa

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar nomadtravellers.com
Sumber Gambar nomadtravellers.com

2.Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting adalah termasuk tempat wisata yang direkomendasikan di Indonesia. Disini kalian bisa ngeliat orang utan di habitat sebenernya. Untuk ke lokasi, kalian bisa langsung terbang ke Pangkalan Bun. Kalo pengen naik kelotok diusahakan bawa pasukan ya. Karna setiap kelotok dilengkapi fasilitas lengkap. Seperti kasur, meja makan sampai dengan toilet dengan shower. Jadi ga heran kalo biaya sewanya kelotok mahal.

Kalo pengen naik kalian harus memesannya jauh-jauh hari.  Karna pas liburan kapal wisata yang berjumlah  50 buah sudah penuh semua. Harga sewa tergantung sama besar kapal serta lamanya perjalanan ke kawasan Taman Nasional. Harga sewa mulai dari Rp. 1.250.000 sampe Rp. 2.000.000/ hari. Tapi ada juga harga sewa untuk perorang sekitar Rp. 1.750.000 buat tiga hari, minimal 4 orang.

Bagi wisatawan yang ke Tanjung Puting wajib loh ada Guidenya. Kalo pake paket all in biasanya uda lengkap sama biaya guide, makan bahkan tiket masuk.

Baca Juga : Menginap Di Karma Kandara Villa Sebelum Ke Pantai Suluban Uluwatu

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar hipwee.com
Sumber Gambar hipwee.com

3.Danau Sentarum

Danau sentarum berbeda dari danau pada umumnya. Danau yang berada di Kalimantan Barat ini emang bukan danau biasa. Kalo musim hujan, danau ini keliatan seperti genangan air yang merendam hutan. Kalo musim kemarau, kalian akan nemuin hutan serta padang dengan sedikit air seperti danau kecil.

Danau Sentarum merupakan danau musiman dan diapit pegunungan. Tempat ini jadi sumber utama buat aliran air sungai Kapuas. Bahkan danau ini memegang peran penting buat kelangsungan hidup hewan liar serta manusia. Bahkan danau ini uda diresmikan jadi taman nasional yang dilindungi.

Buat mencapai lokasi wisata kalian bisa melalui Pontiakan ke Sintang lalu ke Semitau. Akan membutuhkan sekitar 11 jam perjalanan kalo menggunakan mobil. Ato kalian bisa melalui rute Sintang-Semitau degan  longboat (bandong) dan memakan waktu sekitar tujuh jam. Dan dari Semitau ke danau bisa pake perahu motor jurusan Lanjak.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar pinimg.com
Sumber Gambar pinimg.com

4.Pulau Derawan

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro seneng diving kalian harus ke pulau ini. Pulau Derawan punya taman laut yang bagus diliat saat menyelam (diving). Disana terdapat batu karang yang dijuluki sebagai “Blue Trigger Wall”. Untuk biaya dari Tarakan kesana kalian perlu mengeluarkan uang  sebanyak Rp. 100.000 untuk naik speedboat. Kalo menggunakan pesawat kita harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 500.000.

Disana juga banyak homestay dengan harga mulai dari Rp. 100.000-250.000. Buat penginapan di atas laut harganya mulai dari Rp. Rp. 300.000 hingga jutaan.  Kalo sewa alat snorkeling di Pulau Derawan kalian perlu mengeluarkan Rp. 50.000 per hari. Buat sewa speedboat dengan kapasitas 3 sampe 4 orang perlu mengeluarkan biaya Rp. 1.900.000 sampe  2.500.000.
Disana kalian bisa nyicipin makanan khas suku Bajau. Makanan khas di pulau itu adalah kima dan tehe-tehe.  Kima biasa disantap dengan diiris tipis-tipis kecil. Rasanya sedikit kenyal tapi enak digigit dan rasanya seperti kerang tumis.

Kalian juga bisa nyicipi lobster berukuran jumbo. Harga sekitar Rp.250.000-300.000/per porsi bisa disantap 2 orang. Buat hidangan penutup, kalian bisa nyicipin yang namanya tehe-tehe.  Tehe-tehe lebih mirip lemper, cuma  ga menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Tapi menggunakan cangkang Landak Laut dan diisi dengan beras ketan. Jadi jangan kaget kalo rasanya lebih padat dari lemper. Ini bisa jadi karna cangkang Landak Laut lebih kokoh.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar amabeltravel.com
Sumber Gambar amabeltravel.com

5.Bukit Rimpi Pelaihari

Siapa bilang Indonesia ga punya bukit hijau kayak di film teletubies? Indonesia ternyata punya loh, letaknya di Kalimantan Selatan. Bukit hijau ini bernama Bukit Rimpi Pelaihari. Selain sangat mempesona kalian juga bisa ngeliat pemandangan matahari terbit yang sangat cantik. Dilengkapi dengan rerumputan yang masih hijau asri.

Selain itu, kita bisa merasakan angin yang berhembus kearah kita. Dari Banjarmasin ke Pelaihari dapat ditempuh sekitar 2 jam. Lalu kalian harus menuju ke arah Tanah Bumbu. Sekitar 7-8 km kalian akan tiba di Desa Tampang. Dari tempat parkir kalian harus berjalan kaki 200 m menuju lokasi utama.

Untuk masuk kesana kalian perlu mengeluarkan sebesar Rp 10.000,-. Untuk parkir kendaraan roda dua akan dikenai Rp 5.000,- . Untuk kendaraan roda empat kalian perlu membayar sebesar Rp 10.000,-.

Kalo lapar kalian bisa makan di warung-warung yang ada di sekitar sana. Sangat disarankan jika pengunjung membawa bekal makanan terutama minuman. Untuk bekal selama menjelajahi hamparan Bukit Rimpi.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar couldfront.net
Sumber Gambar couldfront.net

6.Loksado

Kalo kalian seneng dengan wisata alam, kalian wajib mengunjungi Loksado. Loksado merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan menjadi wisata andalan di Kalimantan Selatan. Untuk sampe kesana kalian akan menjelajahi pegunungan meratus. Kalian juga bisa mengunjungi Air Terjun Haratai dan  Air Terjun Kilat Api. Serta  Balanting Paring ato Bamboo Rafting menyusuri sungai amandit.

Di area Meratus, kalian bisa ngeliat Sumber Air Panas Tanuhi. Kalian juga bisa menggunakannya untuk mandi dan berendam. Selain itu kalian ga boleh melewatkan Sungai Amandit yang jadi trandmark dari Pegunungan Meratus. Lebih bagus lagi kalo kalian menaiki rakit bambu buat menelusuri aliran sungai yang membelah hutan.

Untuk kesana kalian perlu menyiapkan sekitar Rp. 350.000. Itu uda termasuk penyewaan rakit, pelampung dan ojek untuk menuju Loksado. Serta tiket ke Air panas Tanuhi dan pembuatan gelang dari alang-alang.

Akses ke Loksado, terbilang susah karna jarang ada angkutan umum yang bisa langsung ke Loksado. Dari Kandangan, kalian harus menyewa mobil yang bisa ditemui sekitaran Kec. Kandangan. Saat disana jangan lupa nyicipin makanan khasnya ya. Yaitu Ketupat kandangan yang disajikan dengan gulai santan. Serta ikan haruan (gabus) yang dipanggang dengan arang kayu. Ikan dipanggang dengan tusukan sate. Setelah matang baru dicelup dalam kuah gulai.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar lacakinfo.com
Sumber Gambar lacakinfo.com

7.Pulau Kembang

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro punya jiwa petualang. Ga ada salahnya nih datang ke pulau kembang. Pulau dengan luas 50 hektare merupakan delta di tengah sungai Barito secara alami terbentuk. Tempat ini menjadi habitat  kera ekor panjang serta berbagai macam burung.

Bahkan katanya kawanan kera ini dipimpin oleh raja kera loh. Bahkan kera-kera ini dikeramatkan oleh warga Tionghoa di daerah itu. Di tengah hutan juga ada altar berupa patung kera putih ato Hanoman. Kalian bisa mencapai lokasi itu dengan naik perahu motor dari tepi sungai Barito. Buat sampe kesana akan memakan waktu sekitar 15 menit loh.

Untuk harga tiket masuk lokasi ini memerlukan biaya sebesar Rp 5.000 aja. Itu untuk wisatawan domestik kalo wisatawan mancanegara akan kena biaya Rp 25.000. Kalo kesana jangan  lupa bawa makanan buat kawanan monyet ya. Dan selalu perhatikan barang bawaan kalian.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan - Sumber Gambar islamic-center.or.id
Sumber Gambar islamic-center.or.id

8.Masjid Sultan Suriansyah

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro pengen nyobain wisata yang berbeda. Bisa nih berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah ato Masjid Kuin. Mesjid ini dibangun dengan gaya arsitektur khas Banjar serta berbahan dasar kayu ulin. Atap mesjid ini tumpang tiga berhiaskan mustaka pada bagian atapnya. Masjid ini dibangun diatas lahan 30 x 25 m dengan panjang 15,5 m, lebar 15,7 m  serta tinggi 10 m.

Didalamnya juga terdapat mimbar yang dibuat dari kayu ulin. Lengkungan dimimbarnya juga berhiaskan kaligrafi Arab. Di bawah tempat duduk mimbar ada undak-undak berjumlah sembilan. Undak-undakan ini juga berhiaskan ukiran berupa sulur-suluran, kelopak bunga serta arabes yang distilir. Untuk mihrabnya, atapnya ternyata terpisah sama bangunan induk. Di daun pintu sebelah barat serta timur ada inskripsi Arab berbahasa Melayu pada sebuah bidang berukuran 0, 5 x 0,5 meter.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar fitryhukmi.blogspot.co.id
Sumber Gambar fitryhukmi.blogspot.co.id

9.Pantai Teluk Tamiang

Kalo kalian ke Kalimantan Selatan ga ada salahnya nih mampir ke Pantai Teluk Tamiang. Pantai ini merupakan salah satu kawasan Daerah Perlindungan Laut (DPL) Kabupaten Kotabaru. Jadi Pemerintah mengatur cara penangkapan ikan, bertujuan untuk melindungi terumbu karang. Disekitar Teluk Tamiang ada dua buah pulau yang berdekatan yaitu Tanjung Tengah serta Tanjung Kunyit. Kalo ingin snorkeling disana, disarankan bawa peralatan sendiri. Karna fasilitas disana masih belum mendukung untuk snorkeling.
Terumbu karang di teluk ini cukup berwarna serta beragam. Kalo mau ke tanjung kunyit kalian bisa sewa klotok nelayan. Biasanya kalian perlu membayar sekitar Rp 200.000-250.000an untuk menyewanya. Itu uda termasuk antar-jemput ya. Untuk sampe kesana kalian membutuhkan waktu 15-30 menit untuk menyebrang. Untuk sampe ke Pantai Teluk Tamiang kalian bisa terbang dari Banjarmasin ke Kotabaru.
Untuk biayanya kalian perlu menyiapkan dana mulai dari Rp.350.000. Ato pake jalur darat dengan bus tujuan Banjarmasin-Kotabaru  dengan harga mulai dari Rp.110.000. Lalu pake angkutan pedesaan menuju Lontar  dengan biaya sebesar Rp.45.000. Dan menggunakan jasa ojek menuju Teluk Tamiang  dengan merogoh kocek sebesar Rp.30.000. Perlu diinget disana ga ada penginapan ya Mas Bro dan Mbak Bro. Tapi kalian bisa menumpang tinggal di rumah warga kok.
27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar backpakerborneo.com
Sumber Gambar backpakerborneo.com

10.Danau Labuan Cermin

Pengen liat danau jernih seperti cermin? Mas Bro dan Mbak Bro bisa nih berkunjung ke danau Labuan Cermin. Danau ini berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Kalian bisa menggunakan jalur darat sekitar 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau. Jadi dari Balikpapan ke Samarinda bisa pake bus dengan budget Rp. 35.000-45.000. Lalu Samarinda-Tanjung Redeb pake travel kayak Avanza ato Xenia dengan budget Rp. 250.000-300.000. Lalu dari Tanjung Redeb-Biduk-biduk pake travel dengan budget Rp. 130.00. Ato bisa juga pake travel lansung dari Samarinda ke Biduk-biduk.

Kalo pake jalur darat bisa menghabiskan sekitar 20 jam perjalanan. Jadi kalo pengen cepet bisa dari Balikpapan langsung menuju Berau (Tanjung Redeb) pake pesawat. Lalu menuju Biduk-biduk bisa dengan mobil travel dengan memakan waktu 7 jam kayak diatas.

Untuk sampai ke Danau kalian bisa menyewa kapal sekali jalan seharga Rp. 100.000 per perahu. Disana banyak kok penginapan sampe hotel kelas melati. Mulai bertarif Rp.80.000 sampai dengan Rp. 250.000 per malamnya. Kalo pengen hemat bisa tinggal di pondokIbu Hj. Zumaidah yang biasa dipake oleh para pemancing. Dengan harga sewa Rp. 100.000 buat satu minggu. Buat yang tinggal beberapa hari bisa nego kok.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar telusurindonesia.com
Sumber Gambar telusurindonesia.com

11.Pulau Kakaban

Pengen ngerasain berenang bersama lautan ubur-ubur ? Kalo pengen, Mas Bro dan Mbak Bro wajib berkunjung ke pulau kakaban. Kakaban merupakan surganya diving dan snorkeling kedua setelah Raja Ampat. Untuk pergi kesana kita harus naik kapal dari dermaga Tanjung Batu. Cuma makan waktu 1 jam loh, bentar banget kan? Mas Bro dan Mbak Bro yang pengen snorkling ato diving pake alat sendiri akan dikenakan biaya Rp 20.000,-.

Di dalam danau ada empat jenis ubur-ubur yang masih hidup. Kayak Mastigias Papua, Casiopea, serta Aurelia. Kalian boleh kok berenang bersama ubur-ubur yang ga mematikan itu. Untuk ikannya juga beraneka ragam loh. Kalian bisa ngeliat barakuda, white tip, black tip, juga hammer shark. Dari Tanjung Redeb ke Dermaga Tanjung Batu perlu menyiapkan budget Rp 75.000 / orang.

Untuk Sewa Speedboat perlu menyiapkan budget Rp 100.000-Rp 150.000 / orang  untuk  sekali jalan. Ato pake speedboat untuk 4 orang dengan budget Rp 500.000. Untuk penginapan dan homestay perlu menyiapkan budget Rp 100.000 – Rp 600.000 / malam. Untuk sewa alat snorkeling butuh nyiapin budget sebesar Rp 50.000,-. Buat biaya makan perlu menyiapkan budget Rp 20.000 – Rp 50.000 / porsi. Kalo pengen naik sepeda, kalian bisa nyewa seharga Rp 10.000/ sepeda. Ayo mulai dihitung ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar amabeltravel.com
Sumber Gambar amabeltravel.com

13.Desa Budaya Pampang

Pengen mengenal budaya kalimantan lebih jauh? Kalian bisa bekunjung ke Desa Budaya Pampang. Kalo dari balikpapan ke desa ini akan memakan waktu sekitar 4 jam. Penduduk desa ini merupakan suku Dayak Kenyah. Setiap akhir pekan, tempat wisata ini penuh oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada hari Minggu, pada pukul 13:00 – 15:00 biasa diadakan pertunjukan seni di lamin ato gedung pertemuan desa. Buat melihat pertunjukan itu akan dikenakan Rp 5.000,-.

Selain itu ketika memasuki rumah lamin akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 / rombongan. Kalo pengen foto bersama seorang suku dayak perlu menyiapkan budget Rp 25.000. Kalo pengen nyewa baju adat dayak lengkap perlu menyiapkan budget Rp 25.000. Kalo pengen berfoto sama anak-anak suku dayak akan dikenakan biaya Rp 60.000 / 3 kali foto. Selama disana kalian bisa menemukan budaya-budaya yang hampir punah. Salah satunya adalah tradisi cuping panjang, di desa ini kalian masih bisa menemukannya.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar amabeltravel.com
Sumber Gambar amabeltravel.com

14.Air Terjun Riam Merasap

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro pengen wisata alam yang menenangkan hati. Wajib nih ke Air terjun riam merasap di Pontianak, desa segonde. Untuk kesana kalian perlu menghabiskan waktu sekitar 5,5-6,5 jam. Air terjun riam merasap punya ketinggian sekitar 27 meter serta lebar sekitar 200 meter.

Air terjun ini dinamakan riam merasap karna aliran air yang jatuh menimbulkan percikan. Disertai kabut yang terlihat kayak asap.  Konon katanya ada intan sebesar kepalan tangan yang di jaga sama seekor labi-labi ato kura-kura putih. Air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan tropis kalimantan tengah. Sehingga tempat ini masih sangat alami serta terjaga banget. Wisata ini sangat dianjurkan bila Mas Bro dan Mbak Bro mencari tempat hijau dan tenang.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar amabeltravel.com
Sumber Gambar amabeltravel.com

15.Pulau Randayan

Pulau randayan merupakan wisata populer di Kalimantan Barat.  Pulau ini terkenal dengan keindahan alam serta kehidupan bawah laut yang masih alami. Kalian bisa pake Kelotok dari Teluk Steigher ato Sungai Raya. Dengan perjalan yang memakan waktu 30 menit. Pulau Randayan berada di kabupaiten Bengkayang. Disana  kalian bisa kok snorkeling buat menikmati habitat bawah lautnya.
Tersedia juga cottage yang bisa kalian pake buat bermalam di pulau ini. Dari Pontianak kalian bisa sewa mobil menuju Teluk Suak di Bengkayang. Lama perjalanan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.
Yang perlu diinget, kelotok ga beroperasi mulai dari sore hingga malam. Karna ombak laut sedang dalam kondisi berbahaya. Kalo kalian pake kapal dari Teluk Suak ato Samudra Indah. Kalian perlu menyiapkan budget sebesar Rp 1,7 juta buat 25 penumpang. Harga uda termasuk asuransi sama pajak ya Mas Bro dan Mbak Bro.
Fasilitas disana tergolong lengkap, terutama buat diving dan snorkeling. Buat yang hobi mancing, juga tersedia kok fasilitasnya. Ikan yang tertangkap bisa kalian masak ato panggang sendiri. Bakalan seru ya Mas Bro dan Mbak Bro, menikmati keindahan alam serta menikmati hasil pancingan sendiri.
27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar kompas.com
Sumber Gambar kompas.com

16.Pantai Temajuk

Kalimantan merupakan pulau penuh dengan pantai indah. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro ke Kalimantan Barat, ga ada salahnya mampir ke Panati Temajuk. Pantai ini ada di Kecamatan Paloh, Kalimantan Barat yang langsung berbatasan dengan Malaysia. Desa ini punya garis pantai sangat panjang yaitu 60 kilometer bahkan sering dikunjungi penyu buat bertelur.

Kalo dari Kota Singkawang kita memerlukan waktu sekitar 6 jam. Perjalanan dimulai dari Singkawang ke arah Sambas, dan menuju Kartiasa. Lalu kita menyeberangi sungai pake feri dengan tujuan Teluk Kalong. Serta memerlukan budget Rp 5.000/ sepeda motor ato Rp 35.000/mobil pribadi. Untuk  menuju Dusun Ciremai kita perlu nyebrang pake perahu bangkong. Dengan budget Rp 10.000/sepeda motor serta Rp 100.000/ mobil pribadi.

Kondisi pantai masih sangat alami serta pasir putih yang terhampar luas. Diperindah dengan gugusan bebatuan granit serta bebatuan granit yang berpadu batuan karang. Kalian juga bisa loh snorkeling di Teluk Atong. Gugusan bebatuan granit dengan beragam ukuran bisa kalian nikmati di lokasi Batu Pipih. Lokasi ini ga jauh dari penginapan Teluk Atong.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar ksmtour.com
Sumber Gambar ksmtour.com

17.Bukit Kelam

Di antara tempat wisata di Kalimantan Barat, Bukit Kelam di Sintang merupakan yang paling menarik. Bukit ini hingga sekarang dilingkupi berbagai kisah misteri dan menarik. Bukit ini punya tinggi sekitar 900 Mdpl dan merupakan salah satu ikon wisata di Sintang, Kalimantan Barat. Konon katanya bukit ini merupakan batu yang di angkat oleh pemuda Dayak bernama Bujang Besji. Berniat menutup Sungai Melawi dengan Sungai Kapuas. Lantas gagal akibat godaan bidadari dan terperosok ke dalam lubang. Ada juga yang bilang bukit ini merupakan meteor yang jatuh ke bumi.

Kalo kalian naik ke atas puncak bukit ini, kalian akan melihat Sintang dan hutan yang terhampar luas. Bagi yang ga terbiasa akan memerlukan waktu 4 jam untuk mendaki hingga puncak. Tapi kalian bisa naik menggunakan tangga kalo ga pengen mendaki. Di sana juga ada petugas yang selalu siap siaga untuk ke puncak. Kalo pengen bermalam ato kemping.  Perlu menyiapkan segala perbekalan dan peralatan karna suhu disana bisa sampe minus 20 derajat.

Tapi ga akan nyesel, karna kalian bisa liat sunrise yang begitu indah dari puncak bukit. Biaya yang perlu disiapkan untuk mendaki adalah Rp 10.000 per orang. Di kaki bukit juga ada air terjun yang bisa dinikmati saat musim penghujan. Buat ke Sintang, ada 2 alternatif yaitu jalur udara serta jalur darat dari Pontianak. Jalur darat memerlukan waktu 7 jam perjalanan, kalo jalur udara butuh 45 menit. Ayo silahkan disesuaikan dengan budget ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

18. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin ato yang bernama asli Danau Rawamangun terletak di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. JDari pusat kota ke danau ini  memakan waktu 45 menit pake jalur darat. Nama ini muncul karna danau ini cukup jernih dibanding danau-danau lain di Balikpapan. Air danau ini berwarna hijau serta memantulkan dengan jelas pohon-pohon disekelilingnya. Kalo sinar matahari sedang bersinar, air danau bisa mengkilap kayak cermin.

Danau ini sebenernya ga sengaja kebuat saat proyek pengerjaan Lapangan Tembak tahun 2009 – 2010 lalu. Bekas urukan mulai terisi air dari sumber mata air bawah tanah dan menjadi danau.  Danau ini memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter. Tapi katanya air danau ini ga layak untuk dikonsumsi. Karna punya kadar asam yang tinggi diakibatkan kandungan tanah liat serta batu bara.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar kompasiana.com
Sumber Gambar kompasiana.com

19.Hutan Bakau Margomulyo 

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro pengen berlibur ke tempat wisata dengan keindahan alam mempesona. Kalian bisa ke objek wisata hutan bakau Margomulyo. Tempat wisata ini sangat dekat dengan pusat kota Balikpapan. Objek wisata ini punya sebuah jembatan kayu dengan panjang sekitar 800 meter.

Disini kalian juga bisa menemui beberapa hewan bekanta. Kalo kalian datang ke tempat ini pada pagi hari ato saat matahari terbenam. Kalian akan ngeliat pepohonan hijau yang rindang disertai pemandangan luar biasa indah. Hutan Bakau merupakan sebuah kawasan konsevasi tanaman bakau. Ato mangrove yang berguna mencegah terjadinya abrasi loh. Disini kalian bisa menemukan tumbuhan api-api hitam (Avicennia alba).  Buah pohon ini merupakan makanan favorit para bekantan. Selain itu kalian bisa menemukan pohon nipah (Nypa fruticans), pidada (Sonneratia caseolaris), bintaro (Cerbera spp.) dan masih banyak lainnya.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

20.Penangkaran Buaya Teritip

Pengen merasakan wisata menantang? Mas Bro dan Mbak Bro bisa nih ke Penangkaran Buaya seluas 5 ha. Wisata ini terbuka buat umum setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00. Penangkaran ini terletak 25 km dari pusat kota Balikpapan. Penangkaran ini ga jauh dari Pantai Manggar serta Pantai Lamar. Tempat penangkaran ini ternyata punya jumlah buaya paling banyak di Kalimantan Timur.

Sampe sekarang telah lebih dari 1.450 ekor buaya yang berada di penangkaran ini. Kalian bisa ngeliat buaya muara (Crocodylus porosus) yang paling banyak. Serta dua jenis buaya langka, seperti buaya air tawar (Crocodylus siamensis) juga buaya supit (Tomistoma segellly). Ribuan buaya telah ditangkar didalam beberapa kandang di area ini.

Ternyata yempat ini dikelola oleh pihak swasta yaitu  mulai tahun 1993. Untuk masuk kesana kalian perlu menyiapkan budget Rp.15.000/dewasa serta Rp.10.000/anak-anak. Ga cuma itu, kalian juga bisa kasih makan ke buayanya loh. Kalian bisa membeli seekor ayam dengan harga Rp 10.000. Serta memberikan makan buaya kepada secara langsung.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar jadituris.com
Sumber Gambar jadituris.com

21.Waduk Manggar

Kalo kalian lagi di Balikpapan, bisa nih mammpir ke waduk manggar. Waduk ini berlokasi di wilayah kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara. Berada  16 kilometer dari pusat kota loh. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga meningkatkan ketersediaan air bersih bagi warga.

Waduk seluas 50km persegi menjadi sumber utama air bersih buat PDAM Balikpapan.  Mulai tahun 2004 sampe 2010, Waduk terus ditambah daya tampung air melalui dam Manggar. Disini kalian bisa bertemu komunitas jeep serta komunitas memancing. Tapi jangan pernah sekali-kali mencoba berenang di waduk ya.

Selain itu kalian bisa ngeliat burung seperti Pecuk Ular (Anhinga melanogaster), Blue-throated Bee-eater (Merops Viridis). Serta Blue-tailed Bee-eatre (Merops phillipinus), Brahminy Kite/Red Backed Sea-eagle (Haliastur indus). Bahkan kalian bisa menemukan berbagai burung kecil kayak sunbird. Untuk kesana kalian perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar prokal.com
Sumber Gambar prokal.com

22.Taman Tiga Generasi

Taman tiga generasi merupakan taman unik yang wajib kalian kunjungi kalo ke Balikpapan. Di tempat itu kalian bisa menemukan 3 spot yang yang cocok untuk semua jenis umur. Disana kalian bisa nemuin batu-batu kerikil untuk refleksi kesehatan. Kalian juga bisa ngeliat sangkar burung dengan ukuran sedang.

Dipercantik dengan lampion-lampion untuk menambah keindahan taman. Ada juga tempat bermain sepeda, kursi taman sebagai fasilitas dari taman ini. Kalian bisa dengan bebas ngobrol, menikmati makanan di pinggir taman. Di taman ini juga ada air mancurnya loh. Bahkan sering anak kecil mandi di Kolam Air Mancur itu. Ga heran ya taman ini selalu rame pengunjung.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar brilio.net
Sumber Gambar brilio.net

23.Batu Dinding

Kalo pengen merasakan matahari terbit (sunrise) dengan suasana yang berbeda. Kalian bisa mengunjungi wisata batu dinding ini. Objek wisata ini baru saja ditemukan setelah lama tersimpan di rimba Borneo Timur. Berlokasi di Desa Bukit Merdeka, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat ini berjarak 45 km dari pusat kota balikpapan.

Dilanjutkan dengan 8 kilometer dari jalan raya menuju lokasi puncak batu. Kalo menggunakan mobil sedan roda rendah ato yang mirip ga direkomendasi menuju lokasi. Lebih baik kalo pake MPV roda besar karena medannya yang ga mudah.

Wisatawan yang pergi Batu Dinding sangat rame akhir-akhir ini. Lokasi ini baru ditemukan sekitar4 tahun lalu oleh sekelompok mahasiswa.

Tempat wisata ini dinamakan Batu Dinding karna bentuknya yang kayak dinding. Kiri kanan adalah batunya terjal seperti dinding. Bahkan banyak yang bilang kalo menyerupai tembok China.

Menyikapi begitu banyak pengunjung, masyarakat setempat kini punya kesibukan baru. Jika sebelumnya warga kebanyakan bertani dan berkebun, belakangan sibuk mengelola parkiran, berjualan dan mengelola puncak bukit batu dinding.

Batu dinding sangat cocok buat Mas Bro dan Mbak Bro pencinta wisata menantang. Wisata ini memberikan pemandangan yang asri, tenang, sejuk, tapi menegangkan. Dinding ini tersusun dari bebatuan pasir serta batuan keras yang menjulang di tengah hutan.

Tempat ini akan membuat kalian terpesona ngeliat terbitnya matahari (sunrise) serta matahari terbenam (sunset). Karna perjalanan yang masih relatif sulit dijangkau. Sangat disarankan untuk menyiapkan stamina kalo pengen mendaki dinding batu ini.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar panoramio.com
Sumber Gambar panoramio.com

24.Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit adalah objek wisata yang berada di Desa Muara Kuaro, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk kesana kalian akan memakan waktu 5 jam perjalanan dari pusat kota. Objek wisata ini adalah sebuah gunung batu yang berguna jadi dinding serta atap buat Sungai Kandilau.

Dengan berhiaskam dinding serta tebing batu yang tinggi. Beragam satwa dan deretan pohon memperindah liang mangkulangit . Untuk sampe ke tempat ini dengan waktu singkat kalian bisa memulainya dari Balikpapan. Dari Balikpapan kalian harus ke Tanah Grogot yang memakan 5 jam perjalanan.

Lalu melanjutkan hingga jembatan Kandilau dan menyewa perahu motor untuk ke hulu sungai. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 10 menit.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

25.Goa Losan

Kalo kalian berkunjung ke Kalimantan Selatan, kalian wajib mengunjungi goa losan. Goa ini berada di tepi jalan poros trans Kalimantan, jadi bakalan sayang banget kalo sampe ngelewatin. Saat liburan tiba, goa losan selalu rame pengunjung. Untuk masuk kesana kalian perlu menyiapkan budget Rp. 5.000,-/ orang.

Kalian bisa masuk dan menyusuri tangga sampe ke mulut goa. Tiba di mulut goa, kalian bisa menuruni anak tangga. Dengan sedikit bantuan sinar matahari melalui mulu akan menerangi anak tangga ini.

Kalo kalian berjalan ke kiri kurang lebih 1 jam perjalanan kalian akan menemukan mata air. Konon katanya, mata air ini ga pernah kering walau musim kemarau. Di sana juga ada deretan batu yang bakal ngeluarin suara kalo dipukul. Batu-batu dijuluki oleh masyarakat sebagi batu benada (batu bernada).

Baca Juga : Haaa 6 Alasan Kenapa Ga Perlu Liburan Ke Karimunjawa

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar kompasiana.com
Sumber Gambar kompasiana.com

26.Danau Jempang

Mas Bro dan Mbak Bro pengen menikmati pemandangan danau di Kalimantan. Kalian bisa mengunjungi danau Jempang yang hanya memakan waktu setengah jam. Itu kalo kalian pake kendaraan roda empat dari pusat kota. Danau ini adalah salah satu danau terbesar dibandingkan tujuh puluhan danau lain di kalimantan Timur.  Danau seluas 15.000 ha ini menghadirkan panorama alam yang menakjubkan dan asri.

Disekitar danau kalian akan ngeliat sekelompok anak-anak suku Dayak Benuaq. Mereka sering mengoleskan lem di atas kayu sebagai perangkap burung. Pada tiang dermaga terdapat kalian bisa menemukan ukiran bermotif naga. Bahkan ukiran  ini dibentuk sangat halus serta detil loh.

Baca Juga : 27 Tujuan Wisata Indonesia Untuk Liburan Awal Tahun
27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan Sumber Gambar kidnesia.com
Sumber Gambar kidnesia.com

27.Taman Nasional Gunung Palung

Kalimantan Barat menyimpan sejuta destinasi wisata, kayak wisata alam, wisata budaya. Bahkan wisata religi serta wisata sejarah juga melengkapi provinsi ini. Tapi kalo kesana jangan lupa mengunjungi Kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Taman ini merupakan sebuah kawasan taman nasional yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Untuk bisa sampai ke lokasi kalian harus tiba di Kabupaten Ketapang. Dan bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi udara ato transportasi laut. Kalo lewat jalur udara kalian bisa berangkat dari bandara Supadio Pontianak tujuanKetapang. Perjalanan ini akan memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Kalo pengen lewat jalur laut bisa pake kapal cepat dari Pelabuhan Senghi Pontianak ke Ketapang. Jalur ini akan memakan waktu  perjalanan sekitar 7 jam.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
Pukul04:01 WIB, 21 November 2015
Tulisan Temen Kita – E

Sumber Tulisan
Amabeltravel. 2016. 15 Tempat Wisata di Kalimantan Barat. amabeltravel.com/2016/04/01/15-tempat-wisata-di-kalimantan-barat/ diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Amabeltravel. 2016.15 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan. amabeltravel.com/2016/04/08/15-tempat-wisata-di-kalimantan-selatan/ diakses pukul 21.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Amabeltravel. 2016.10 Tempat Wisata di Kalimantan Timur. amabeltravel.com/2016/04/11/10-tempat-wisata-di-kalimantan-timur/ diakses pukul 20.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Anekalokasi. 27 Tempat Wisata Terbaik di Balikpapam Kalimantan Timur. anekalokasiwisata.com/27-tempat-wisata-terbaik-di-balikpapan-kalimantan-timur/ diakses pukul 22.45 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Anggialfonso. Tua Muda Ngumpul Di Taman Tiga Generasi. anggialfonso.com/tua-muda-ngumpul-di-taman-tiga-generasi-balikpapan/ diakses pukul 21.26 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Backpacker. 2013. Danau Labuan Cermin Keajaiban Dua Rasa. backpackerborneo.com/2013/08/danau-labuan-cermin-keajaiban-dua-rasa.html diakses pukul 21.42 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Balikpapanguide. Wisata Alam Waduk Manggar. balikpapanguide.com/wisata-alam-waduk-manggar-2/ diakses pukul 22.56 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Bayahsiajeng. Seputar Kandangan. bayahsiajeng.weebly.com/seputar-kandangan.html diakses pukul 21.11 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Getborneo. Pantai Melawai Tempat Nongkrong Muda Mudi di Balikpapan.getborneo.com/pantai-melawai-tempat-nongkrong-muda-mudi-balikpapan/ diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Hipwee. 10 Destinasi Liburan di Kalimantan yang Gak Kalah dari Kepulauan Derawan. hipwee.com/travel/10-destinasi-liburan-di-kalimantan-yang-gak-kalah-indah-dari-kepulauan-derawan/ diakses pukul 23.30 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Jefrihutagalung. 2014. Berkunjung ke Desa Budaya Dayak di Pampang Samarinda. jefrihutagalung.wordpress.com/2014/05/31/berkunjung-ke-desa-budaya-dayak-di-pampang-samarinda/ diakses pukul 01.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Jefrihutagalung. 2014. Tips Backpacker Menuju Kepulauan Derawan Kabupaten Berau Kalimantan Timur.jefrihutagalung.wordpress.com/2014/08/15/tips-backpacker-menuju-kepulauan-derawan-kabupaten-berau-kalimantan-timur/ diakses pukul 02.43 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Kebudayaan.kemdikbud. 2016. Masjid Sultan Suriansyah. kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2016/07/27/masjid-sultan-suriansyah/ diakses pukul 03.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Kompas. Bertandang ke Danau Jempang Menyapa Kawan Dayak Benuaq. kompasiana.com/hariakbar/bertandang-ke-danau-jempang-menyapa-kawan-dayak-benuaq diakses pukul 01.53 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
KotaBalikpapan. Pariwisata Penangkaran Buaya di Teritip .kotabalikpapan.wordpress.com/pariwisata/penangkaran-buaya-di-teritip/ diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
Ngadem. Sensasi Back To Nature Di Wisata Alam Loksado Kalimantan-Selatan. ngadem.com/sensasi-back-to-nature-di-wisata-alam-loksado-kalimantan-selatan/ diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
topselindo.com/index 2017/keindahan_alam_provinsi_kalimantan_timur_124_daerah_wisata_borneo/0-14 diakses pukul 11.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari
Travel. 2015. Bukit Kelam di Sintang Berselimut Kisah Misterius . travel.detik.com/read/2015/08/27/150425/3002944/1519/bukit-kelam-di-sintang-berselimut-kisah-misterius diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari
Travel.2014. Pulau Kakaban Surga Ubur-ubur dan Koral di Kalimantan Timur . travel.detik.com/read/2014/12/14/112316/2776705/1519/pulau-kakaban-surga-ubur-ubur-dan-koral-di-kalimantan-timur diakses pukul 12.13 WIB, pada hari Jumat 3 Februari
Travel. 2013. Temajuk Sepotong Surga di Ekor Kalimantan .travel.kompas.com/read/2013/09/05/123354 /Temajuk.Sepotong.Surga .di.Ekor.Kalimantan diakses pukul 14.55 WIB, pada hari Jumat 3 Februari
Traveluxion. 2016. Taman Nasional Gunung Palung.traveluxion.web.id/2016/09/taman-nasional-gunung-palung.html diakses pukul 15.24 WIB, pada hari Jumat 3 Februari
wisata-hutan-bakau-margomulyo-di.html diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari
Yukayowisata. 2015. 3 Air Terjun di Kalimantan Barat. yukayowisataliburan.blogspot.co.id/2015/09/3-air-terjun-di-kalimantan-barat.html diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari

Sumber Gambar
amabeltravel.com diakses pukul 19.34 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
backpakerborneo.com diakses pukul 18.35 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
bp.blogspot.com diakses pukul 18.42 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
brilio.net diakses pukul 18.27 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
couldfront.net diakses pukul 18.11 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
fitryhukmi.blogspot.co.iddiakses pukul 19.14 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
hipwee.com diakses pukul 19.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
jadituris.com diakses pukul 19.47 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
kidnesia.com diakses pukul 20.14 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
kompasiana.com diakses pukul 20.54 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
kompas.com diakses pukul 20.47 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
ksmtour.com diakses pukul 21.58 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
lacakinfo.com diakses pukul 21.04 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
nomadtravellers.com diakses pukul 21.34 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
panoramio.com diakses pukul 21.48 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
pinimg.com diakses pukul 22.54 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
prokal.com diakses pukul 22.43 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017
telusurindonesia.com diakses pukul 22.33 WIB, pada hari Jumat 3 Februari 2017

Comments

Leave a Reply