Pantangan, Gejala, Penyebab dan Cara Sembuh Asam Urat : #KitaSehat

Karya @rawpixel.com

Apa Aja Penyebab Penyakit Asam Urat?
Gimana Cara Nyembuhin Penyakit Asam Urat?

Lagi gerak sana gerak sini
Tiba-tiba sendi terasa sakit
Bertanya, ada apakah ya ini
Asam urat kerasa terjepit

Salam Mas dan Mbak Bro

Persendian tiba-tiba sakit?

Penyakit asam urat, Mas Bro dan Mbak Bro pasti udah ga asing lagi dengan penyakit artritis gout ini. Penyakit degeneratif yang serang persendian. Jumlah penderita penyakit asam urat di Indonesia banyak juga loh. Karna berdasarkan data WHO penderita gangguan sendi di Indonesia mencapai 81% loh dari populasi. Wow.

Sayangnya penderita yang pergi ke dokter cuma 24%. Lalu penderita yang langsung konsumsi obat pereda nyeri yang di jual secara bebas dipasaran cuma 71%. Angka ini membawa Indonesia jadi negara tertinggi dengan penderita gangguan sendi dibandingin negara lain.

Penderita asam urat biasanya didominasi oleh orang tua ato berusia 30 tahun ke atas. Dari segi gender, penyakit ini lebih sering menyerang pria alias Mas-Mas Bro sekalian ketimbang Mbak Bro. Karna pria sering kali mengangkat beban berat ketika bekerja.

Artritis gout adalah salah satu penyakit yang suka nimbulin rasa nyeri ga tertahan, pembengkakan, dan rasa panas di daerah persendian kita. Persendian yang biasa diserang itu adalah bagian kaki, lengan, pergelangan, dan lutut. Selengkapnya tentang penyakit asam urat akan dibahas di bawah ini.

Baca juga : Gimana Cara Agar Daya Tahan Tubuh Kuat?

Apa Aja Penyebab Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

1. Faktor Makanan

Mas dan Mbak Bro yang suka mengonsumsi makanan manis akan lebih rentan terkena penyakit asam urat ketimbang yang suka makan makanan yang rasanya asam ato hambar. Kenapa? Karna zat gula di dalam tubuh ga larut sepenuhnya dalam proses pembakaran makanan. Sehingga dapat menimbulkan penumpukan asam urat di dalam darah.

Selain makanan manis, makanan yang mengandung zat purin yang tinggi juga dapat menyebabkan penyakit asam urat. Misalnya, aneka seafood ato makanan laut, makanan kaleng, kacang-kacangan, dan daging merah. Kalau Mas dan Mbak Bro ga mau kena asam urat, sebaiknya hindari jenis makanan yang telah disebutkan ya.

2. Faktor Usia

Orang yang berada di usia monopause atau usia 30 tahun ke atas lebih rentan terkena penyakit asam urat. Wajar aja, soalnya daya tahan tubuh semakin lemah. Sehingga penyakit pun lebih mudah masuk menggerogoti tubuh. Untuk mencegahnya, Mas dan Mbak Bro harus lebih sering berolahraga supaya tubuh tetap fit.

3.Kelebihan Berat Badan ato Obesitas

Orang yang obesitas kemungkinan besar lebih mudah terkena asam urat. Sebab, berat badan yang berlebihan membuat Mas dan Mbak Bro malas bergerak. Sehingga proses pembakaran makanan menjadi ga sempurna. Alhasil, makanan yang dikonsumsi akan mengendap di dalam tubuh dan timbul lah penyakit asam urat. Oleh karna itu, Mas dan Mbak Bro yang punya bobot badan yang ga ideal perlu lebih banyak bergerak. Supaya Mas dan Mbak Bro ga mengidap penyakit asam urat di kemudian hari.

4. Faktor Genetik ato Keturunan

Seseorang bisa terkena penyakit asam urat karna orang tuanya juga mengidap penyakit yang sama. Apabila anggota keluarga Mas dan Mbak Bro memiliki riwayat penyakit asam urat, besar kemungkinan Mas dan Mbak Bro juga akan terkena penyakit ini. Tapi tenang, persentase penyakit asam urat akibat genetik hanya 20% saja. Itu artinya, ga selamanya orang tua yang menderita asam urat akan menurunkan penyakit ini kepada anggota keluarga lainnya.

5. Faktor Komplikasi

Mas dan Mbak Bro yang mengidap penyakit kolesterol dan ginjal kronik kemungkinan besar akan mengidap penyakit asam urat juga. Selain itu, bisa juga disebabkan karena penyakit obesitas, diabetes, sindrom metabolisme, dan psoriaris.

Baca juga : Kok Bisa? Sembuh Penyakit Diabetes Tanpa Obat Diabetes?

Apa Aja Gejala Asam Urat?

Sebelum mengidap penyakit asam urat, biasanya ada beberapa gejala asam urat yang sering dirasakan. Pertama, kita bakal sering keluhin kesakitan di bagian tubuh tertentu, terutama di daerah sendi tangan dan kaki. Saat digerakkan, sendi malah terasa sakit. Kalo gejala asam urat ini dibiarin gitu aja, yang ada penyakit ini akan bertambah parah dan berdampak sama penyakit lain yang lebih serius.

Kedua, persendian terasa kaku saat digerakin. Selain sakit, persendian pun terasa kaku. Hal ini disebabkan karna asam urat udah numpuk di salah satu sendi tubuh. Pada akhirnya yang secara otomatis juga bakal hambat aliran darah di dalam tubuh. Ketiga, terjadinya pembengkakan dimana salah satu bagian tubuh kita memerah tanpa sebab. Kalo sudah begini, besar kemungkinan akan terjadi infeksi pada bagian sendi yang ujungnya dapat berdampak pada penyumbatan darah di dalam tubuh.

Baca juga : Obat Herbal Bisa Sembuhin Penyakit Apapun?

Pantangan Penderita Asam Urat

Seperti yang udah dijelaskan di atas, penderita asam urat ga boleh mengonsumsi makanan dan minuman manis, hidangan seafood, makanan kaleng, kacang-kacangan, makanan yang berminyak alias memiliki lemak tinggi, dan minuman beralkohol.

Mas Bro dan Mbak Bro yang udah mengidap asam urat, sebisa mungkin menjauhi jenis makanan di atas dan menjalani pola makan clean eating. Jika melanggar pantangan asam urat (makanan), yang ada penyakit asam urat malah nambah parah. Ato mungkin timbul penyakit lain yang ujungnya dapat menimbulkan penyakit komplikasi.

Baca juga : Parah!!! 27 Efek Buruk Begadang dan Akibat Kurang Tidur

Gimana Cara Nyembuhin Penyakit Asam Urat?

Karya Lisa Hobbs

Dalam proses penyembuhan, penderita asam urat sebaiknya mengonsumsi obat asam urat alami. Sebab, obat herbal ga memiliki efek samping dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Salah satu obat herbal yang bisa Mas Bro dan Mbak Bro coba adalah herbal Soman.

Herbal Soman adalah obat asam urat alami yang sudah diakui dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Ga hanya asam urat saja, tapi juga penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang udah dilakukan di Universitas Gadjah Mada, mengonsumsi 10 tetes cairal Herbal Soman setiap hari terbukti ampuh untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Apalagi karena herbal Soman memang terbuat dari campuran bahan-bahan alami yang berkualitas, seperti sayur-sayuran dan rempah-rempah. Setiap tetes herbal Soman juga mengandung mineral, DHA, asam amino, omega dan aneka multivitamin lengkap yang baik untuk tubuh.

Untuk hasil terbaik, Mas dan Mbak Bro bisa mengonsumsi herbal Soman selama kurang lebih 3 bulan. Uniknya lagi, herbal Soman sudah lulus BPOM. Ini artinya, herbal Soman aman untuk dikonsumsi para penderita asam urat yang ada di Indonesia. Sembuh asam urat? Bisa kok, asalkan mengonsumsi obat herbal yang tepat.

Mas dan Mbak Bro yag menderita penyakit asam urat sekarang ga perlu khawatir lagi. Dengan mengonsumsi obat herbal, seperti Herbal Soman, dijamin deh, penyakit asam urat bisa sembuh dengan cepat.

Lulusan kesehatan?

Suka menulis?

Menulis aja disini. Sekarang lulusan apa aja bisa kerja dimana aja dan dapatin rupiahnya.

Hubungi kontak kita ya.

#

Amarah ga datang dari pikiran yang sehat.

#

Kalo suka makanan kurang sehat
Dapat menyebabkan asam urat
Daripada asam urat makin akut
Pilih-pilih makan, jangan takut

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Sumber Tulisan
alodokter.com dibuka pukul 09:00 WIB pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018
gejalaasamurat.agaricpro.com/ dibuka pukul 09:30 WIB pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018
medium.com dibuka pukul 12:06 WIB pada hari Rabu tanggal 02 Mei 2018
somanindonesia.co.id dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 10:15 WIB pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018

Comments

Leave a Reply