Nama Pahlawan Nasional Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini tidak lepas dari jasa para pahlawan. Untuk mengenangnya, kita perlu mengingat nama nama pahlawan dan cerita perjuangannya di masa lalu.

Pahlawan adalah seorang yang rela mengorbankan kenyamanannya demi memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

Di masa lalu, ada banyak pahlawan yang rela keluar dari zona nyamannya untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Tanpa adanya jasa para pahlawan, mungkin bangsa kita tidak bisa merdeka seperti sekarang.

Nama Nama Pahlawan dan Sejarah Perjuangannya:

1. Ir Soekarno

Ir. Soekarno atau biasa dikenal dengan nama Bung Karno adalah salah satu pahlawan nasional yang paling diingat masyarakat Indonesia.

Ir Soekarno adalah salah satu proklamator kemerdekaan dan presiden pertama Republik Indonesia.

Perjuangan Soekarno hingga memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah.Bahkan Soekarno sempat menjadi tahanan politik di Penjara Banceuy. Dari balik penjara inilah Soekarno menulis sebuah pidato yang sangat terkenal bertajuk “Indonesia Menggugat”.

2. Mohammad Hatta

Perjuangan Bung Hatta hingga Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sangat tidak mudah. Di tengah perjuangannya, Hatta bahkan sempat diasingkan ke Digul dan Banda Neira. Setelah Indonesia merdeka, Mohammad Hatta menjadi Wakil Presiden pertama Indonesia. Dia juga sempat menjadi Predana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan Republik Indonesia Serikat. Pada 1956, Mohammad Hatta mundur dari jabatan Wakil Presiden setelah berselisih dengan Soekarno.

3. Soetomo

Soetomo atau Bung Tomo adalah seorang jurnalis asal Surabaya yang kemudian dikenal lewat semboyannya, “Merdeka atau Mati” dalam pertempuran 10 November tersebut. Dalam pertempuran itu, dia memimpin rakyat Surabaya untuk melawan pasukan Nederlandsh Indie Civil Administration (NICA).

4. Raden Adjeng Kartini

Pada masanya, kaum perempuan tidak mendapat hak sama dengan kaum laki-laki karena memiliki status sosial yang rendah.

Kartini ingin kaum perempuan bangkit, bisa memiliki kebebasan untuk menuntut ilmu dan belajar.

Salah satu karyanya yang terkenal adalah sebuah surat yang bertajuk “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

5. Raden Dewi Sartika

Satu lagi nama pahlawan nasional yang memperjuangkan hak kaum perempuan, yaitu Raden Dewi Sartika.Demi memperjuangkan hak pendidikan kaum perempuan, Dewi Sartika membangun sekolah khusus perempuan bernama Sakola Isteri pada 1904 di Paseban Kulon Pendopo Kabupaten Bandung.

Comments

Leave a Reply