Nama Malaikat dan Tugasnya

Halo, perkenalkan nama saya Melani Retno Cahyani. Saat ini saya masih duduk di kelas 10 tepatnya di SMK Wikrama Bogor. Hari ini, tepatnya hari Sabtu, 3 April 2021. Hari ini saya belajar mengenai nama malaikat dan tugasnya di mata pelajan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Untuk menambah wawasan kalian, saya akan membahas yang saya dapatkan hari ini. Yuk langsung aja kita bahas!

A. Nama Malaikat dan Tugasnya

Jumlah keseluruhan para malaikat Allah tidak ada yang mengetahui kecuali hanya Allah dan rasul-Nya. Tetapi di dalam Al-Quran dan Hadist disebutkan ada 10 malaikat yang wajib kita imani beserta tugas-tugasnya, yaitu:

  1. Malaikat Jibril => Dikenal juga sebagai penghulu atau pemimpin para malaikat. Nama malaikat Jibril disebutkan dua kali di dalam Al-quran yaitu pada surat Al-baqarah ayat 97-98 dan surat At-tahrim ayat 4. Malaikat Jibril memiliki beberapa nama lain atau jukukan diantaranya disebut sebagai ruuhuul aamiin ataupun ruuhul qudus. Tugas utamanya adalah menyampaikan wahyu dari Allah swt. kepada para nabi dan rasul-Nya.
  2. Malaijat Mikail => Tugasnya mengatur rezeki untuk semua makhluk Allah terutama manusia seperti menurunkan hujan, membagikan rezeki kepada manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang ada di muka bumi ini.
  3. Malaikat Izroil => Bertugas mencabut nyawa sekua makhluk Allah termasuk dirinya sendiri. Nama laij dari malaikat Izroil adalah malaikat maut.
  4. Malaikat Israfil =>Bertugas meniup sangkakala. Malaikat Isrofil selalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama beravad-abad hinggs menunggu perintah Allah untuk meniupnya ketika datangnya hari kiamat.
  5. Malaikat Munkar => Bertugas di alam kubur. Malaikat Munkar yang menanyakan iman seseorang yang sudag mati di alam kubur.
  6. Malaikat Nakir => Bertugas di alam kubur. Malaikat Nakir yang menguji iman seseorang yang sudah mati di alam kubur.
  7. Malaikat Raqib => Selaku berada di sisi manusia untuk mencatat segala amal perbuatan manusia. Malaikat Rakib sebagai pencatat segala amal kebaikan manusia.
  8. Malaikat Atid => Sebagai pencatatat segala amal keburukan manusia.
  9. Malaikat Malik => Sebagai pemimpin para malaikat yang bertugas menjaga neraka.
  10. Malaikat Ridwan => Bertugas menyambut semua hamba Allah swt. yang akan dimasukkan ke dalam surga.

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya share kepada teman-teman mengenai nama malaikat dan tugasbya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jika ada kesalahan atau kekurangan boleh komen di bawah ya!


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply