Klo kata orang tuh, SEO itu bukan ilmu pasti. Maksudnya itu, mereka ga bisa ngejamin kalo website ato konten yang mereka buat bakalan masuk ke halaman 1 di Google ato bahkan jadi peringkat 1 walopun katanya kontennya uda berkualitas. Tapi malah di sisi lain ada konten yang jelek, ga berkualitas, tapi kok bisa di peringkat 1 ngalahin website-website yang lebih bagus? Hmm gara-gara kaya gini nih, banyak yang nganggap kalo SEO tuh untung-untungan.
Tapi so pasti ga benar ya..
Ada cara yang bisa kita lakuin buat ngejamin 100% keyword yang kita incar bisa masuk ke halaman 1, bahkan jadi peringkat 1 lho!
Kuy kita lihat gimana caranya!
Menurut Darmawan, penulis di PanduanIM, di blog dan forum tentang IM, kita sering liat orang-orang ngeliat ebook atau jasa SEO yang katanya bisa “maksa” Google biar kita jadi peringkat 1. Bisa dibilang seakan-akan website kita bisa jadi peringkat 1 dalam sekejap. Tapi ya biasanya bohonga, kebanyakan isinya cuman teknik SEO dasar ato teknik black hat yang resikonya tinggi. Tapi sebetulnya ada lho cara yang bisa kita lakuin buat kita pasti masuk ke halaman 1 Google. Ga bisa dibilang mudah sih, tapi bisa. Nah coba deh liat beberapa peringkat konten di PanduanIM sebagai studi kasusnya:
Peringkat 1 buat keyword “peluang usaha” dengan volume pencarian yang lebih dari 60 ribu. Artikel ini juga ngedapetin peringkat 1-2 buat keyword “peluang bisnis” (20 ribu).
Peringkat 1 buat keyword tentang “belajar SEO” dengan volume pencarian yang lebih dari 3000. Nah yang ini bersaing sama orang-orang yang ahli tentang SEO.
Peringkat 2 buat keyword soal “bisnis online” dengan volume pencarian yang lebih dari 60 ribu.
Peringkat 2 buat keyword tentang “cara membuat blog” dengan volume pencarian yang lebih dari 100 ribu.
Kemudian, ada 3 hal nih yang perlu kita pahami ya menurut Darmawan, dikutip dari artikelnya di PanduanIM, tentang cara masuk jadi peringkat pertama di halaman Google:
- Saya ga ngeluarin biaya sepeser pun buat pake jasa SEO, backlink, kontes SEO, dsb. Semuanya dilakuin sendiri
- Saya ga pake teknik black hat kaya buat blog zombie, PBN, dan/atau software pembuat backlink
- Untuk bisa ampe masuk ke halaman 1, konten-konten di atas butuh waktu antara 2-5 bulan
Intinya, cara kaya gini nih 100% aman dari penalti lah, dan bisa dilakuin sama semua orang. Beliau juga mengatakan kalo cara kaya gitu merupakan cara yang mudah ya. Tapi dia yakin kalo semua orang mau sedikit berusaha pasti bisa. So, kuy kita mulai caranya,
Ngobrolin Apa?
Toggle1. Coba buat cari tau jenis konten yang dibutuhin buat keyword yang akan kita pilih
Konten itu bukan cuman artikel, ye kan?
Tapi karena artikel tuh jenis konten yang paling easy, biasanya orang-orang selalu ngebuat konten dalam bentuk artikel buat keyword apapun. Nah yang kek gini nih yang bahaya. Karena Google tau konten apa yang dibutuhin buat sebuah keyword. Kalo misalnya dalam sebuah keyword ternyata yang dibutuhin itu konten berupa halaman produk, video, ato tool, maka konten artikel ga bakalan bisa ngedapetin rangking 1. Sekalipun kualitas artikelnya tinggi.
Sederhananya kek gini:
Contoh, keywordnya itu “beli laptop asus”
Orang yang pake keyword tersebut pasti pengen beli laptop dengan merek Asus, bukan pengen cari artikel yang isinya panduan bat beli laptop. Nah hal ini termasuk keyword jenis transactional. Jadi, hasil pencarian dengan pake keyword tersebut udah pasti berupa halaman produk dari si toko online.
Lihat aja:
Ga ada satupun yang berupa artikel. Ampir semuanya halaman tentang produk ato halaman kategori dari si toko online. Trus contoh lainnya, keywordnya “promo tiket pesawat”
Nih hasil pencariannya:
Sama kan, ga ada satupun yang bentukannya artikel. Jadi kalo kita buat artikel yang isina promo tiket pesawat, ga bakalan pernah masuk halaman 1 deh. Makanya, jangan ampe salah buat konten ya. Oya, tambahan 1 hal lagi ya, kalau kita sebagai pemilik toko online nih biasanya toko online ngincar keyword-keyword dengan intent transactional (beli laptop, beli baju batik, dll) kaya di contoh pertama tadi. Nah pemilik toko online biasanya pengen biar halaman produknya yang bisa masuk ke peringkat 1. Tapi ada 1 masalah nih:
Keyword transactional biasanya tuh udah dipenuhi sama ecommerce dan marketplace raksasa kaya BukaLapak, Lazada, Bhinneka, Tokopedia, dll.
Saingannya cukup berat, apalagi kalo produknya umum. Nah, kalo toko online kita cuman ngincer keyword-keyword transactional maka bakalan sangat susah buat bisa masuk ampe ke halaman 1. Apalagi kalo kita ga pengen ngeluarin biaya promosi kaya para raksasa ini.
Nah dari situ, saran dari Darmawan adalah:
Coba buat konten yang sifatnya informatif dan isinya sesuai sama produk/jasa yang kita jual. Bisa dalam bentuk kaya artikel, video, ato konten lainnya. Pokoknya biar website kita bernilailah. Hal ini karna konten informasi itu bisa dishare lewat media sosial, forum, ato blog punya orang lain, sedangkan buat halaman produk jarang banget. Karna website kita udah bernilai dan sering dishare sama orang, jadinya Google bakalan nganggep website kita itu reputasinya bagus dan setelah itu, peringkat halaman produk kita juga bakalan ikut naik. Yeay!
2. Pahami dulu faktor yang pengarhui peringkat di Google
Yang udah kenal sama SEO pasti langsung jawab: “Backlink”. Iya emang betul, backlink emang faktor utamanya…tapi ga sesederhana itu ya #masbro #mbabro. Backlink emang bisa pengaruhin peringkat website, tapi GA SEMUA backlink bisa pengaruhin peringkat. Bahkan nih ya kalo salah justru pengaruhnya bisa negatif. Nah lho. Backlink itu ga sama semua. Jenisnya itu beda-beda, kualitasnya juga bakalan beda-beda. Nah sebelum lebih jauh, kuy kita bahas dulu faktor-faktor apa aja yang ga berpengaruh dan bisa ngasih dampak negatif. Supaya kita ga salah langkah.
Ini hal-hal yang ga kepengaruh dan bahkan bisa ngasih dampak negatif:
- Pake bold/italic/underline di keyword
- Nulis keyword beberapa kali di konten
- Banyak heading (kaya H1, H2, H3,…) yang ada keyword
- Ngebagiin konten otomatis ke media sosial
- Masang backlink di komentar blog, guest book, social bookmarking dan sejenisnya
- Buat backlink dari blog zombie, web 2.0,dan Private Blog Network (PBN).
Dari info Darmawan dia itu sering dapet pertanyaan dari pembaca kalo keywordnya harus muncul berapa kali di 1 halaman ya? Trus headingnya harus isi berapa keyword? Harus ada berapa internal link tuh? Jangan terlalu ambil pusing dengan hal itu, ga terlalu berpengaruh. Kalo soal backlink, jenis yang nomor 5 sekarang udah ga berpengaruh sedangkan buat nomor 6 bisa berpotensi bikin penalti. Nah hal-hal yang tadi itu bagian yang kurang bagus…lanjut sekarang kita bahas yang bagusnya ya.
Ada yang namanya on-page SEO, ada juga off-page SEO. Buat on-page SEO (selain keyword research dan pembuatan konten tentunya), sebenarnya ga banyak yang butuh buat kita lakuin.
Jadi fokus di 2 hal ini aja ya..
Jadi kalo keyword yang kita pilih contohnya “belajar presentasi”, maka taro juga keyword tersebut ke dalam judul halaman dan di URL-nya. Tapi ingat buat ga terlalu banyak buang-buang waktu di on-page SEO ya, apalagi kalo website kita bentuknya sederhana (kaya blog).
Selanjutnya soal backlink kontekstual dan editorial dari website yang punya reputasi tinggi. Pusing ga tuh sama istilahnya? hehe..
Nah tadikan udah sempat di singgung kalo ada banyak jenis backlink, beberapa jenis yang ga bagus udah disebutun di atas. Nah yang berikut ini jenis backlink yang bisa ningkatin rangking website kita secara drastis. Bahkan kalau kita cuma punya 1.
Kita liat pengertiannya dulu ya:
Backlink kontekstual itu merupakan backlink yang muncul di suatu bagian halaman website yang ngebahas topik tertentu. Contohnya nih di artikel soal sepakbola ada link ke website lain, nah ini maksudnya kalo link tersebut termasuk backlink kontekstual dalam topik tentang sepakbola.
Backlink editorial artinya tuh backlink yang dikasi atas kemauan si pemilik website itu sendiri. Bukan karna imbalan (uang, barter, dll.) tapi karna mereka benar-benar pengen ngerekomendasiin website/konten kita.
Coba diresapi dan dipahami ya #masbro dan #mbabro..
Hm.. sederhananya tuh cuma ada 1 perbedaan yang dasar antara backlink yang bagus sama yang ga bagus:
Backlink yang bagus dikasi sama orang lain atas kemauan mereka sendiri. Tapi kalo backlink yang kurang bagus itulah yang kita buat sendiri. Gituu. Oh ya, kita mungkin pernah denger kata orang yang bilang kalo kita kudu dapat puluhan ato ratusan backlink supaya bisa masuk halaman 1 Google. Ini ga benar ya. Kalo backlinknya berkualitas, kita bisa kok jadi peringkat 1 cuma dengan 1-2 backlink.
Buat artikel-artikel di PanduanIM di screenshot yang di tampilin di atas tadi rata-rata hanya ngedapetin 5, bahkan ada yang kurang. Kalo kita udah dapet ratusan backlink tapi belum masuk halaman 1, itu artinya backlinknya salah.
Selanjutnya adalah faktor kepuasan pengunjung. Nah faktor ini yang penting, tapi sering diabaikan sama kita. Yuk kita berlogika yaa..
Google itu adalah sebuah bisnis, mereka itu punya saingan (contohnya itu DuckDuckGo, Bing dll). Gimana coba caranya biar mereka jadinya bisa unggul dari saingannya? Itu gampang, caranya itu dengan ngasih hasil pencarian yang memuaskan buat para penggunanya.
Bener nggak?
Kalo kita sebagai pengguna ga puas sama Google, lama-lama bakalan pindah ke search engine lain. Makanya Google pasti bakalan selalu berusaha biar hasil pencarian yang dikasih memuaskan buat kita, supaya kita ga beralih ke produk lain.
Oke, tapi gimana caranya supaya bisa puas?
Tampilin website yang ga buat frustrasi, yang loadingnya ga lambat, dan kalo dibuka dari mobile pas dipake mobile-friendly. Dan 1 lagi yang paling penting: konten websitenya yang paling berkualitas.
Kalo kita sekarang udah punya website, coba bayangin dari sudut pandang para pengunjung. Kira-kira mereka bakalan puas ato ga dengan website kita? Kalo puas, berarti bagus. Kalo belum, ya tingkatin lagi.
3. Buat konten yang bisa ngundang backlink (dengan 8 resep berikut)
Tahap ini mungkin kesannya bakalan rumit, bikin ribet, ato terlalu berlebihan, apalagi kalo kita masih pemula. Tapi pahami baik-baik, karna ini kuncinya. Dari penjelasan di atas itu, kita udah sepakat kalo backlink kontekstual & editorial itu yang paling gede efeknya. Tapi coba deh kita pikirin ulang, kenapa sih orang-orang pada suka nyari backlink dengan cara submit ke guest book, social bookmarking, komentar blog, dan teknik black hat padahal ga bagus? Ada 2 alasan:
Pertama, karna mikirnya mudah. Tinggal submit trus langsung dapet backlink. Padahal ga juga lho. Bisa dibilang susah, karna pengaruhnya kecil banget. Jadi ya kita mesti submit ke ratusan ato ribuan website baru mulai keliatan efeknya (itu pun kalo belum kena penalti).
Kedua, karna ga ada yang mau memberikan backlink.
Kalo kita seorang pemilik website (apalagi blogger), pasti bakalan ngerti maksud dari pernyataan itu. Tiap kali bikin artikel, ga ada sama sekali yang mau ngasih backlink. Pengalaman awal Darwaman dia juga pernah mengalami hal kaya gitu. Jadi daripada backlinknya itu nol, mendingan submit ke komentar blog, social bookmarking, dll…
Inilah yang bakalan kita bahas sekarang. Untuk itu, ada 1 hal yang kudu kita pahami dulu, kalo kontennya ga istimewa, kita ga bakalan bisa dapetin backlink dari orang lain. Wajar kan, coba bayangin ya: Pada suatu tempat ada seorang blogger yang ga kita kenal. Dan si blogger tersebut buat artikel yang biasa-biasa aja, ga ada istimewanya, nah kita sebagai pemilik website rela ga ngasih backlink?
Mustahil toh. Ngapain juga kita ngasih backlink padahal kontennya biasa aja…Makanya kita butuh 8 resep ini nih. Resep ini kalo kita pake, konten kita bakalan jadi luar biasa. Lebih berkualitas, menarik, bagus, dan pastinya teristimewa daripada konten punya orang lain sehingga bisa buat konten kita dapet peluang besar untuk ngedapetin backlink. Langsung aja 8 resepnya,
Resep 1 – Topik yang bisa dijadiin referensi
Pernah ga sih pas kita lagi ngejelasin tentang sesuatu istilah ke orang lain dan kita bingung gimana caranya biar gampang di mengerti sama orang itu? Nah cara yang paling gampang biar ga susah ngejelasin ke orang tersebut pasti kita bakalan search ke website dan kasi linknya ke orang tersebut. Ya toh? Nah inilah yang dimaksud dengan “topik yang bisa dijadiin referensi”. Artikel tersebut bisa kita rekomendasiin karna bisa ngebantu kita buat jelasin tentang suatu hal.
Contoh tersebut emang bukan backlink, tapi kasusnya berlaku seperti ini:
Misalnya ada seorang blogger yang nulis artikel, dan dia butuh untuk ngejelasin tentang sesuatu yang ga terlalu berhubungan sama topik utamanya. Daripada dia mesti nulis panjang lebar, dia bisa rekomendasiin konten kita sebagai referensinya yang mungkin lebih relate. Nah ketika direkomendasiin sama orang lain, kita dapet backlink deh. Makanya, pilihlah topik yang bisa dijadiin referensi ya.
Resep 2 – Mengandung data/statistik yang bisa di percayai
Dalam sebuah artikel di Buffer, Alex Turnbull mengemukakan kalo (judul) artikel yang punya data bisa ngedapetin lebih banyak pembaca dibanding yang ga. Bedanya itu bisa ampe 42% lho.
Buat orang-orang yang buat konten, data bisa bikin konten mereka jadi lebih bisa dipercayai dan lebih menarik, jadi akan lebih banyak pembacanya. Nah, kalo kita nyediain data, maka data tersebut bisa dikutip sama orang lain dan pas data itu dikutip, mereka bakalan ngasih backlink.
Contohnya lagi, lihat artikel dari Tech in Asia ini,
dalam artikel tersebut, si penulisnya ada ngutip data dari jumlah pengguna social media di Indonesia (datanya itu diambil dari sumber lain).
Coba deh liat backlinknya, ada sekitar 28 backlink yang berasal dari 13 domain. Kalo diperhatiin, backlink tersebut ini asalnya dari orang-orang yang ngutip data yang mereka cantumin di artikel tersebut. Makanya, dengan kita nyantumin data kita bisa ngedapetin backlink. Tapi pertanyaannya, gimana cara dapet/ buat data?
Ini ada beberapa cara yang paling mudah yang bisa kita lakuin:
- Lakuin survey online pake Google Forms, sebarin ke komunitas online
- Lakuin analisa atas sesuatu hal di dalam website/ bisnis kita sendiri
- Bisa mengutip data dari website lain, tapi jangan lupa sertakan sumbernya yaa
Resep 3 – Kebanggaan atas identitas pribadi
Untuk ngejelasin maksudnya gimana, kita bakalan pake contoh ya. Misalnya kalau kita ini seorang Bonek (sebutan buat para pendukung klub Persebaya), lalu kita baca artikel kaya gini ini dari IDNTimes:
Pasti bakalan kita share, ya kan. Orang-orang yang bangga sama identitasnya seperti Bonek bakalan ngebagiin artikel itu ke teman-temannya yang ada di media sosial. Hal ini dikarenakan rasa bangga yang mereka alami, dan mereka pengen teman-temannya tahu kalo mereka itu bangga. Dan itulah yang terjadi di artikel tersebut. Artikel tersebut yang nge-share jumlahnya hingga 8500 lho! Wow banget. Itu kenapa konten yang punya identitas golongan ato pribadi bakalan jadi populer banget, karena orang-orang yang punya identitas tersebut punya rasa bangga dan pengen terlihat positif.
Resep 4 – Lebih lengkap daripada yang lain
Coba deh perhatiin grafik ini:
Gambar itu merupakan hasil analisa dari Moz terhadap ukuran panjang artikel yang mereka terbitin di blognya. Dan hasilnya ternyata, artikel panjang itu cenderung bisa ngedapetin banyak backlink lho. Logikanya itu kaya gini,
Coba bayangin ada artikel A dan B, dengan topik dan gaya penulisan yang sama. Artikel A cuma ngebahas soal poin-poin dengan penjelasan yang singkat, sedangkan artikel B ngejelasin secara rinci tentang langkah-langkahnya, trus dipakein gambar dan juga ada contoh biar jelas dan mudah buat orang jadi paham. Lalu teman kita butuh informasi soal topik tersebut. Nah artikel mana yang bakalan kita rekomendasiin? Ya udah pasti sih bakalan rekomendasiin yang artikel B kan? Dan hal tersebut merupakan hal yang butuh kita lakuin biar kita bisa jadi peringkat 1 di Google.
Resep 5 – Isinya yang bisa langsung kita terapin
Coba kita buat uji ingatan tentang apa isi berita di koran yang kemarin kita baca? Sebagian orang yang kalo kita tanyain pertanyaan kaya gini biasanya sih udah lupa, walopun ya sebagiannya lagi baru ingat abis beberapa detik/menit dibaca. Nah kenapa sih kita bisa lupa? Hal ini dikarenakan sebagian besar artikel di koran itu ga ngasih dampak apapun ke dalam hidup kita. Sekalipun isinya bagus, tapi ga punya dampak yang berarti buat kita. Makanya itu dalam sehari abis kita abis baca juga udah lupa.
Nah sekarang coba bayangin konten di website kita kaya contoh tadi. Kalo para pengunjung website udah lupa sama website kita, mereka ga bakalan bisa ngerekomendasiin website kita.
Resep 6 – Membangun hubungan positif sama pemilik website yang lain
Coba bayangin kasus yang satu ini:
Ada 2 orang yang lagi butuh bantuan dari kita. Kondisi permintaannya itu ternyata sama persis. Bedanya, yang satu itu permintaan yang dari teman baik kita dan yang satunya lagi orang ga kita kenal. Nah, disini kita cuma bisa nolong 1 orang aja. Kalo kaya gini, kira-kira sapa yang bakalan kita tolong? Udah pasti yang bakalan kita tolong itu teman baik kita toh? Ya wajar aja, karna kita cenderung untuk nolong orang yang dekat sama kita sekalipun mungkin permintaannya berat buat kita.
Nah hal ini juga berlaku buat backlink yaa. Kalo kita pengen dapet backlink dari pemilik website lain, kita kudu ngejalin hubungan yang positif sama pemilik website yang lain. Kalo mereka kenal sama kita, maka mereka bakalan lebih mau buat ngasih backlink ke kita. Untuk memulainya kita bisa ngasih backlink duluan lewat konten kita ke konten punya mereka.
Contohnya kaya gini:
Di artikel tersebut misalnya kita pengen biar pembaca bisa paham cara bikin online shop dengan menggunakan WordPress. Nah biar gampang, kita rekomendasiin artikel dari Dapur Uang karena isinya yang paling lengkap tentang cara bikin toko online dibandingin artikel yang lainnya. Nah, ga berapa lama kemudian pemilik dari artikel Dapur Uang bakalan masang link ke website kita juga.
Resep 7 – Mempunyai aset yang bernilai
Pada umumnya semua website bakalan kejar-kejaran untuk bikin artikel. Hal ini mengakibatkan orang-orang jadi bosan dengan sekedar artikel. Coba aja liat di timeline media sosial kaya Twitter dan Facebook, isinya cuma link artikel semua. Tahukah bahwa artikel itu bisa dibilang sifatnya “lemah”? Kalau konten kita isinya cuma bentuk artikel, cuma huruf tanpa ada hal lain, maka konten kita bersifat lemah. Terutama karna ga menarik dan uda terlalu umum. Karena itulah ada baiknya kalo artikel selalu ditunjang sama aset yang lebih bernilai. Nah maksudnya itu coba disisipkan beberapa hal kaya berikut ini,
- Infografis, Foto, Gambar
- Contoh Video
- Info aplikasi, tool, software,
- Data atau statistik (yang ini uda dibahas tadi ya)
- Tambahkan file PDF berupa ebook, checklist, dan sebagainya.
- Plugin, Template
Semuanya ini emang lebih susah dibuat atau di cari dibanding sekedar bikin artikel, tapi ya hasilnya juga bakalan jauh lebih tinggi. Dari daftar di atas, yang paling gampang buat dibuat itu poin pertama dan yang kelima. Tahukah kalian kalo konten infografis rata-rata dapet 37.5% backlink lebih banyak dibanding artikel biasa? Info ini didapat dari Quicksprout yang dibuat oleh Neil Patel. Bahkan bisa dibilang kalo foto hasil jepretan sendiri juga udah bagus. Coba deh liat screenshot berikut ini,
Para blogger di Indonesia suka pake gambar yang diambil dari website lain. Nah, pas gambar ini dipake maka mereka bakalan nyantumin sumbernya. Pas gambar kita dipake, kita bakalan dapet backlink deh.
Untuk contoh yang lainnya, template (kaya template blog). Di website Sugeng.id, Mas Sugeng sering bagi-bagi template gratis melalui blognya. Hasilnya? Jadinya banyak yang ngasih backlink ke blognya. Ini diururtin berdasarkan jumlah backlinknya:
Coba deh liat angka di atas, sekitar 3 dari 5 halaman yang ngedapetin backlink terbanyak asalnya dari halaman download template. Maka dari itu, mulailah nyediain “aset” di konten kita ya.
Resep 8 – Memicu terjadinya kontroversi
Kontroversi yang dimaksud di sini bukan yang isi konten artikelnya tentang cerita palsu, nyari ribut, ato yang nyebar kebencian ya. Kontroversi yang disini tuh kaya gini,
Misalnya dalam sebuah topik ada 2 sisi ato lebih. Kita sebagai pihak pembuat konten milih dan ngedukung satu sisi. Kaya dalam SEO, ada konsep yang disebut white hat dan black hat. Pada tulisan ini kita berdiri pada sisi white hat, bukan di sisi black hat. Makanya para praktisi sisi black hat SEO kadang ga suka sama beberapa konten di artikel ini. Jadi ada 2 pihak yang bertentangan waktu membaca konten kita. Waktu konten kita dibagikan, kedua sisi ini bakalan saling berdiskusi dan berdebat antara pendapat yang setuju maupun ga setuju, yang tentu aja narik banyak perhatian dari orang lain. Contohnya dalam artikel cara dapetin uang dari blog ini,
Jumlah share-nya lumayan banyak kan? Di dalam artikel itu disebutin kalo blogger mestinya menghindari pake AdSense sebagai sumber pendapatan trus artikel tersebut di-share ke komunitas AdSense. Nah hal ini bakalan bikin banyak orang di dalam grup jadi pada ngomentarin. Tentu aja ada yang positif, ada yang negatif. Beberapa orang yang setuju sama pernyataan tersebut kemudian bakalan ngerekomendasiin artikel tersebut lewat blognya sehingga artikel tersebut bisa masuk ke halaman 1 Google, padahal ga pernah kita cariin backlink.
Perhatiin beberapa hal berikut ini pas buat konten yang kontroversi:
- Topik dan isinya kudu positif buat satu pihak
- Jangan yang isinya omong kosong, justru itu bakalan ngerusak reputasi kita sendiri
- Seluruh pernyataan yang kita buat harus make sense dan bisa dibuktiin
Ya intinya, konten kita bukan buat cari ributlah dan harus ada kalangan yang setuju sama cara berpikir kita. Misalnya kalo kita buat artikel yang isinya kekecewaan terhadap sebuah produk, isinya itu harus benar-benar terjadi bukannya tentang omong kosong atau kebohongan belaka.
Nah itulah 8 resep buat bikin konten yang bisa ngundang backlink. Ga semuanya harus dimasukin dalam sebuah konten, tapi makin banyak semakin bagus loh. Selain 8 hal tersebut, ada 1 lagi nih yang wajib dan kudu kita perhatiin:
4. Bikin konten dengan kualitas yang lebih tinggi dibanding yang udah ada di halaman 1 Google
Misalnya kita pengen belajar main gitar, lalu kita pasi cari tutorialnya di Google. Biasanya di peringkat 1 ada panduan yang cukup lengkap, mudah buat kita ngerti, dilengkapi sama gambar, video, dan ada bahan buat latihan. Bisa dibilang yang ini panduan terbaik yang ada sekarang. Trus ada seorang blogger yang ngincar keyword itu juga. Dia bikin 1 artikel, judulnya “Cara Mudah Belajar Main Gitar”. Di dalam artikel itu cuman ada tips-tips singkat, tanpa ada tutorial, tanpa pake gambar ato video. Cuma ada tulisan yang panjangnya 500 kata.
Kalau kita pernah belajar main gitar, pasti tahu kalo 500 kata ga cukup banget buat ngejelasin cara bermain gitar. Nah, pertanyaannya itu kalo pake logika, mungkin ga sih artikel 500 kata buatan si blogger ini bakalan bisa ngalahin konten yang udah ada di halaman 1 tadi? Well, bisa dibilang hampir mustahil toh. Kecuali entah gimana caranya dia bisa manipulasi si Google baru deh dia bisa ampe ke halaman 1 hehe.
Jadi ingat ya, konten yang lengkap pasti lebih banyak direkomendasiin dan lebih banyak dapet backlink, dan lebih disukai sama banyak orang. Itulah kenapa kualitas itu yang nomor 1. Kalo tadi kita sudah lihat ada 8 resep buat dapet backlink. Kalo konten yang kita buat ga lebih berkualitas dibanding yang udah ada sekarang, semua yang kita udah bahas diatas jadinya sia-sia.
Nah sekarang kita baklaan belajar gimana cara bikin konten yang berkualitas dengan pake metode KTP. Singkatnya itu ada 3 langkah yang akan bisa kita lakuin untuk bikin konten berdasarkan dari metode tersebut:
- Kumpulin artikel-artikel yang terbaik dalam topik yang sama
- Tingkatin isinya biar artikel kita jadi yang terbaik
- Promosiin ke orang yang tepat ya (poin ini bakalan kita bahas pada poin 5 di bawah)
Untuk pertama-tama kita bakalan bahas poin 1 dan 2 dulu dan biar lebih gampang untuk dipahami, kita bakalan pake panduan SEO yang sumbernya dari website PanduanIM sebagai studi kasus. Artikel ini ada di peringkat 1 buat kata kunci “belajar seo”.
Studi kasus: proses dalam pembuatan artikel panduan SEO
Pertama kita coba analisa dulu keyword utamanya yaitu “belajar seo”. Disini jelas kalo orang yang nyari dengan keyword ini pasti pengen belajar, bukan buat nyari tempat kursus ato jasa SEO. Keyword yang ini butuh konten seperti panduan berupa ebook, artikel, gambar ato video. Nah disini kita pilih yang paling gampang dibuat, yaitu artikel.
Langkah 1 – Ngumpulin artikel-artikel dalam topik yang sama
Ini tahapan wajib ya. Sekalipun kita udah paham sama apa yang akan kita tulis, tapi kita tetap perlu nyari artikel-artikel lain dalam topik yang sama. Hal ini bertujuan agar kita tau materi apa aja yang perlu dibahas dan tau kualitas konten yang ada di halaman 1, biar kita bisa bikin yang lebih bagus lagi. Karna itu kita cari di Google dengan kata kunci “belajar seo”. Abis itu semua website di halaman pertama kita catat di Google Sheets (bisa pake Ms. Excel), dan sertai juga keterangannya ya. Contohnya itu kaya gini,
Hasilnya itu bisa dibilang kurang memuaskan. Dari hasil research kita, masih belum ada panduan yang bisa dibilang benar-benar terstruktur dari basic hingga tuntas. Kalau kita sebagai orang yang pengen belajar SEO, maka kelima website tersebut sepertinya ga bakalan bisa buat kita jadi benar-benar ngerti. Jadi artinya itu,
- Peluang buat jadi peringkat 1 masih terbuka lebar, karna kita bisa buat konten yang lebih baik
- Pada artikel yang kita udah lihat, ga bisa kita jadiin patokan
Trus gimana dong? Ya lanjut lah, sekarang kita beralih ke kata keyword pake bahasa inggris “seo guide”. Dan hasilnya? Jauh lebih baik
Dari 5 konten tersebutlah yang akan kita jadikan sebagai tolak ukur. Terutama 2 artikel yang sumbernya dari QuickSprout dan Moz yang sekarang emang sering dijadiin tempat rekomendasi buat mulai belajar SEO. Nah di tahap ini, bayangin kita yang pengen belaja bisa tahu apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing konten tersebut.
Langkah 2 – Buat struktur isi konten yang lebih bagus lagi
Abis kita baca bermacam panduan SEO dalam 2 bahasa tersebut, kita bisa tahu konten kaya apa yang bagus dan yang kurang bagus. Kita juga bisa tau materi apa yang sebaiknya kita bisa bahas dan yang tidak. Abis itu, susun strukturnya kaya gini,
Biar kualitasnya bisa lebih bagus, maka kita buat agar:
- Materinya lebih lengkap dibanding yang lainnya dalam Bahasa Indonesia
- Bisa langsung diterapin sama pembaca
- Formatnya lebih enak buat dibaca sama orang
- Ada aset tambahan berupa file PDF yang bisa orang download
Pada 8 resep sebelumnya, 3 di antaranya dimasukin ke dalam panduan SEO yang udah dibuat, makannya artikel tersebut bisa jadi peringkat 1. Ohya, kita kudu hati-hati pada tahap ini, yaitu kalo kita bikin artikel dalam bahasa Indonesia dan pake artikel Inggris sebagai patokannya (kaya yang tadi dilakukan), JANGAN bikin artikel terjemahan ya. Usahakan untuk selalu bikin konten yang berbeda dan lebih bagus. Kalo kita langsung terjemahin dari Bahasa Inggris, kita ga bakalan bisa masuk ke halaman 1 karena ada kemungkinan kalo orang lain udah terjemahin dan kita bisa dianggap sebagai duplicate content.
Selanjutnya, tips buat website ecommerce
Tadi udah dijelasi apa aja yang harus dilakuin sama website ecommerce, yaitu buat konten informasi biar websitenya bernilai buat para pengunjung. Nah ada 1 hal lagi yang kudu kita perhatiin, yaitu buat supaya halaman produk kita jauh lebih bagus dibanding website lain. Misalnya pake foto yang bagus, kasih penjelasan tentang produk yang menarik (bukan yang asal copy-paste), tampilin review dari para pembeli sebelumnya, dan kasih “aset” yang bisa dalam bentuk kupon diskon. Ya intinya tuh bikin mereka lebih puas pas berkunjung ke website kita ya.
5. Promosiin konten ampe bisa masuk ke halaman 1
Penekanan kata “ampe” yaaa. Coba kita liat sekilas isi percakapan yang betul terjadi di Facebook antara pemilik website (D) dengan seorang pembaca (P):
P: Mas Darmawan, saya udah bikin konten berkualitas yang sesuai sama panduan di PanduanIM, tapi udah sebulan lebih kok belum masuk halaman 1 juga ya?
D: Apa kontennya udah dipromosiin?
P: Udah mas
D: Gimana cara promosiinnya?
P: Saya post di media sosial Twitter, Facebook dan Google+
D: Itu aja kah?
P: Iya mas baru itu aja
Pertanyaan dan jawaban macam kaya gini sering muncul lewat Facebook ato email dari para pembaca website. Ada yang tau dimana letak salahnya? Jawabannya karna TERLALU singkat! Promosi sebuha konten itu bukanlah sebuah pekerjaan yang hanya sekali jalan. Semakin tinggi persaingan, harusnya proses promosi konten bakalan semakin panjang. Bahkan kalau perlu ampe memakan waktu yang berbulan-bulan. Ampe targetnya tercapai yaitu masuk ke halaman 1 (tapi ga mesti tiap hari kita kerjain sih…asal jangan ampe terlantar aja). Contohnya salah satu artikel di PanduanIM ini memakan waktu ampe 3 bulan sejak pertama dibikin ampe bisa masuk ke halaman 1 Google:
Sejak awal diterbitin ampe masuk ke halaman 1, selama 3 bulan promosinya itu terus dilakuin secara rutin sama pemilik websitenya. Nah, biar ga terlalu panjang bahas semua teknik distribusi konten di dalam panduan ini monggo langsung aja baca 3 panduan berikut:
- 13 teknik promosi konten (jangan dilewati ya konsepnya)
- Studi kasus: meningkatkan pengunjung blog hingga 419%
- 14+7 cara mendapatkan backlink berkualitas
Ketiga artikel tersebut wajib buat kita pahami kalo kita pengen jadi peringkat 1 di Google. Tapi jangan langsung baca sekaligus semuanya ya, soalnya nanti kebanyakan.
Lanjut,
Karna artikel ini bentuknya studi kasus, kita bakalan bahas teknik-teknik mana aja sih yang paling efektif ,
Bikin komunitas sendiri di media sosial
Cobalah untuk awal bikin website, sekitar 2-3 bulan pertama untuk bikin komunitas sendiri di Facebook. Contohnya itu, pemilik dari PanduanIM, Grup Facebook pertama dia bisa ngedapetin sekitar 2000 anggota lebih dalam 1-2 hari lho. Yang dia lakuin itu,
- Bikin grup di Facebook
- Nyari grup lain yang bergerak aktif pada topik yang sama
- Bikin konten dalam bentuk file (seperti bentuk PDF, video, dll.)
- Bagikan konten tersebut di grup kita sendiri
- Kasi tau konten itu ke grup lain, dan ajak mereka buat gabung ke grup kita biar bisa downliad konten kita
Kalo belum pernah bikin grup, ini caranya,
Kalau pembaca kita bukan pengguna media sosial Facebook, alternatif lainnya kita bisa pake Google+, Line@, BBM, Instagram, dan media sosial lainnya. Kita bisa coba lebih dari 1 kalau kita punya banyak waktu. Untuk grup yang dibuat sama pemilik PanduanIM, setiap kali membagikan link baru maka bakalan ada sekitar 300-500 pengunjung ke website ini lho. Wow banget ga tuh. Karna ya kalo makin banyak pengunjungnya, bakalan semakin tinggi juga peluang kita buat ngedapetin backlink.
Bikin expert roundup
Teknik yang satu ini populer banget di luar negeri, tapi masih jarang banget dipake di Indonesia. Expert roundup itu bisa diartikan sebagai artikel yang isinya tuh kumpulan opini ato tips terhadap sebuah topik dari para pakar yang ahli dibidangnya.
Contohnya kaya gini:
Konten macam ini hampir selalu ngedapetin banyak share dan juga backlink. Alasannya itu karena para ahli yang kita ikutkan di dalamnya bakalan ngikut promosiin konten tersebut juga. Dalam beberapa jam abis diterbitin, trafficnya langsung booming:
Ga banyak yang mau pake teknik ini karena mereka malu ato bahkan takut buat ngewawancara para ahli. Padahal sebenarnya ga sulit, tinggal kirim email aja.
Guest blogging pada blog yang populer
Ini cara yang bisa dibilang paling mudah. Bayangin, dengan numpang nulis di blog orang lain yang udah terkenal, artinya kita bakalan dapat pengunjung dari mereka dan juga backlink yang kualitasnya oke, tanpa biaya dan tanpa repot. Beberapa hari abis terbitin guest post, efeknya bisa langsung keliatan yaitu adanya ratusan pengunjung dalam hitungan sehari.
Yang kemudian masuk ke halaman 1 dalam hitungan 7 hari,
Tapi kita juga kudu berhati-hai ya, karna guest blogging itu gampang buat dimanipulasi, dan Google ngeluarin peringatan ke para guest blogging yang dilakuin dengan sembarangan karna sekarang ini banyak banget yang ngelakuin guest blogging secara massal…hingga dianggap sebagai spam. Makanya, coba perhatiin hal-hal berikut sebelum ngelakuin guest blogging:
- Pilih aja blog yang udah punya reputasinya bagus (caranya dengan lihat sendiri, ga sulit kok)
- Jangan nawarin uang ato imbalan lainnya
- Jangan pake jasa untuk guest blogging
- Bikin konten yang punya kualitas oke buat guest post kita
- Jangan melakukan guest blogging di banyak blog dalam sekali waktu
Sama kaya aspek SEO lainnya, ingat kalo kualitas tuh lebih penting dibandingin sama kuantitas. Kalo dilakuin dengan tepat, ga perlu khawatir sama resiko penalti. Banyak perusahaan startup ato perusahaan besar yang ngelakuin guest blogging juga kok sebagai bagian dari strategi marketingnya.
Itulah semua strategi buat kita bisa pelajari bareng-bareng. Sesusah apapun persaingannya, kita pasti bisa masuk kok masuk ke halaman 1 kalo semua strategi di atas dilakuin dengan tepat. Nah, sekarang waktunya kita liat kesimpulan dari artikel ini. Simplenya, ini urutan langkah-langkahnya:
Langkah 1: Tentuin 1 topik konten ato keyword yang pengen kita incar biar bisa dapat peringkat 1. Cari tau konten jenis apa sih yang terbaik buat keyword tersebut.
Langkah 2: Catetin 5 konten teratas di halaman 1 Google, dan bikin poin/ materi apa yang ada pada dalam konten tersebut. Tulis juga kekurangan-kelebihannya ya.
Langkah 3: Bikin rencana konten kita sendiri, ingat lho materinya harus yang lebih berkualitas.
Langkah 4: Pilih beberapa poin dari 8 resep yang bisa dipake dalam konten tersebut buat ngedapetin backlink.
Langkah 5: Bikin kontennya. Ingat, untuk ga terburu-buru, konten yang bagus itu biasanya memakan waktu bisa lebih dari 1-2 hari. Pastiin konten ini jadi yang terbaik dibandingin dari yang udah ada.
Langkah 6: Rencanain juga cara promosinya. Bikin daftar website buat guest post, mulai cari komunitas yang tepat, dan sebagainya.
Langkah 7: Bikin promosi yang rutin (misaknya kaya seminggu sekali) ampe targetn kita tercapai
Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.