Cara Mudah Jadi Master SEO, Tingkatkan Traffic Website dengan Cepat

Salam #MasBro #MbakBro

Udah belajar SEO berapa lama?

1 taun 2 taun 10 taun? Udah jadi master SEO?

Kalo ga yakin jawabannya berarti belum.

Ayok belajar bareng.

SEO ato search engine optimization adalah trik yang harus dikuasai kalo kita pengen memiliki sebuah website yang populer di mesin pencari. Saat seseorang nyari informasi dengan pake kata kunci, maka website yang populer akan muncul di halaman paling atas. Dengan demikian, website kita lebih berpotensi dikunjungin orang yang lagi nyari informasi.

master seo

Keuntungan yang didapat pemilik website kalo berhasil nerapin SEO tentu aja sangat berkaitan dengan traffic. Pengunjung website akan makin banyak dari hari ke hari sehingga turut pula meningkatkan konversi periklanan. Kalo website yang dimaksud adalah website komersil, maka SEO juga berguna untuk mendongkrak omzet penjualan. Karena manfaatnya yang sangat luar biasa inilah, master SEO atau orang yang ahli dalam SEO banyak dicari oleh pelaku bisnis online.

Sayangnya, jasa master SEO bukanlah jasa yang murah. Kita perlu merogoh kocek cukup dalam kalo pengen pake jasa ahli SEO. Lantas, bagaimana kalo ga punya cukup biaya?

Tenang, kita bisa mempelajari teknik SEO secara otodidak.

Belajar Mengenal SEO

Meski bukan perkara mudah, SEO merupakan ilmu yang bisa dipelajari. Kalo kita tekun, kita pasti bisa menguasainya dengan mudah. Namun, sebelum itu, kita harus paham dulu tentang ilmu non teknis dan teknis.

Ilmu teknis udah banyak bertebaran dimana-mana, khususnya soal SEO off page dan SEO on page.

Tapi soal non teknis, kita kurang banyak tau. Karna SEO menjadi sebuah jasa di Industri Digital. Maka dikit yang mau berbagi.

A. Non Teknis

1. Riset

Coba jawab pertanyaan ini, #MasBro #MbakBro …
a. suka baca / nulis topik apa?
b. udah cari tau belum siapa aja yang suka baca / nulis topik itu?
c. mau jual jasa / produk apa?
d. udah cari tau belum siapa aja yang jadi pesaing mu?
e. apa ciri khas pesaing mu?
f. udah tau belum gimana kebiasaan para target pasar mu?

Nah, kalo udah tau itu semua. Buat lah sesuatu yang berbeda dari semua itu. Buat hal yang lama ga apa-apa tapi buat sedikit perbedaaan. Setuju sama #MasBro Pandji Pragiwaksono, sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik.

Perhatiin semua yang viral-viral sekarang, 1 kesamaan dari semuanya adalah BEDA.

Jadi kalo mau dikenal jadi master SEO, kita mesti kenali medan dimana kita berperang.

Nah, kekitaan sebagai Agency Digital Marketing dengan salah satu layanannya Jasa SEO Indonesia, khususnya Jakarta. Konsultan digital marketing harus riset dulu 6 hal diatas sebelum membantu #TemenKita (panggilan untuk klien).

2. Apdet

Yap, update (baca apdet), itu kunci menjadi master. Setelah tulisan ini sebarin ke media sosial khususnya EfBi. Ada komentar negatif soal ilmu SEO yang dibagiin ini yang basi. Kita dan tim langsung ketemuan dan bahas. Kenapa responnya gitu?

Karna komentarnya gini, “Tulisan basi. Sdh bertahun2 menerapkan persis seperti itu tidak berhasil.” Kita udah balas sih, “kenapa ga berhasil dan berapa tahun mencobanya. Biar kita sama2 belajar, udah terapin apa aja dan sejak tahun berapa? Udah riset kenapa ga berhasil kah? Udah bandingin sama kompetitor?

Kita tunggu balasannya…

Nah sambil nunggu balasannya, ada pertanyaan buat kita yang udah lama belajar SEO. Apdet ga sama perkembangan SEO sekarang?

Dulu SEO asal …
1. menulis kata kunci dalam tulisan;
2. buat tulisan dengan jumlah kata banyak, dari kopi paste;
3. sebar banyak-banyak di media sosial pasti naik.

3 hal itu udah cukup, semua orang bisa jadi master SEO.

Nah sekarang, beuh… itu masih bisa dipake tapi ga terlalu kuat lagi. Ibarat itu Kapak 212 wiro sableng. Itu sekarang udah kalah sama senjata otomatis AK47.

Sekarang SEO harus …
1. Riset kata kunci yang mau ditulis;
Jangan cuma fokus sama 1 kata kunci, kejar juga kata kunci lain yang berkesinambungan.
2. Buat kerangka tulisan bersambung;
Jangan menulis hanya 1 tulisan tapi kupas dalam beberapa seri tulisan.
3. menulis kata kunci dalam tulisan;
4. buat tulisan dengan minimal 2000 kata, dari ATM++ tulisan lain;
5. terbitin di waktu (jam dan hari) yang tepat;
Tulisan tentang wisata akan ampuh kalo diterbitin dijam istirahat, mendekati akhir minggu, dan mendekati libur panjang.
6. sebar tulisan jadi sebuah thread di media sosial pada jam yang tepat.

Udah jelas belum?

Kalo belum silahkan kasih pertanyaan di kolom komentar ya.

B. Teknis

1. SEO On Page

Sesuai namanya, SEO jenis ini dilakuin dengan cara membangun optimasi melalui halaman website. Trik inilah yang biasa dilakuin oleh master SEO dalam meningkatkan popularitas website yang sudah ada sebelumnya. Jadi, optimasi dibangun melalui konten atau artikel yang dimuat dalam website.

Untuk nerapin SEO on page, #MasBro #MbakBro harus perhatiin beberapa unsur berikut:

a. Pemilihan kata kunci

Kata kunci adalah hal sangat penting kalo pengen halaman website kita muncul di laman pertama mesin pencarian. Pastiin kata kunci yang kita pake familiar bagi pengguna internet, padat, dan mengandung informasi yang banyak dibutuhkan. Kalo kesulitan nemuin kata kunci yang tepat, kita bisa pake bantuan Google Key Planner. Melalui Google Key Planner, kita bisa nemuin kata kunci yang banyak dicari pengguna internet serta kata kunci turunan yang juga harus dimasukin dalam artikel.

Rincian cara pemilihan kata kunci nanti kita bahas ditulisan lain ya.

b. Density

Udah nemuin kata kunci yang tepat?

Kini saatnya kita mikirin cara untuk nyisipin kata kunci tersebut dalam artikel. Sisipin kata kunci senatural mungkin karena mesin pencari lebih suka SEO friendly dibandingin artikel yang kaku.

Pastiin pula kita perhatiin density ato kepadatan kata kunci. Amannya, kata kunci minimal muncul 1,5% hingga 4% dari jumlah kata artikel yang ditulis. Peletakannya pun harus menyebar, yakni 1 kali di 100 kata pertama, 1 kali di 100 kata terakhir, muncul pada heading, judul, dan sisanya menyebar.

c. Meta Deskripsi

Anda mungkin masih awam dengan yang dinamain meta. Namun, kalo kita pake CMS instan layaknya wordpress. Maka kita bisa nemuinnya dengan mudah. Meta membantu kita ngatur judul dan deskripsi yang akan muncul saat artikel dibagiin melalui sosial media. Hal ini memungkinkan artikel memiliki dua judul berbeda, satu judul saat dilakuin pencarian kata kunci dan satu judul lagi yang bisa dibuat lebih santai untuk keperluan sharing melalui media sosial.

d. Alt Tag

Alt tag bisa kita sisipin melalui gambar yang ada pada artikel. Kita wajib menyisipkan kata kunci sebagai Alt tag gambar agar gambar juga muncul saat seseorang mencari gambar yang relevan dengan kata kunci.

e. Internal Link

Internal link merupakan link artikel lain yang disisipin melalui sebuah artikel. Penempatannnya bebas, yang terpenting ga pada paragraf pertama. Kita bisa nyisipinnya dengan menambah link pada kalimat dalam artikel ato nulisin ‘Baca Juga’ yang kemudian diikuti dengan judul dan link artikel.

f. Link / URL tulisan

Terakhir, kita perlu perhatiin link yang dipake untuk publish artikel. Umumnya, link digenerate secara otomatis. Namun, kita tetap bisa mengaturnya sehingga lebih familiar. Untuk lebih mudahnya, ganti link dengan kata kunci utama yang kita gunakan.

2. SEO Off Page

Selain SEO on page, ada pula SEO off page yang juga perlu kita ketahui. Berbeda dengan SEO on page yang membangun optimasi langsung melalui website yang bersangkutan, SEO off page mencoba ningkatin popularitas website melalui website lain. Untuk nerapin trik SEO yang satu ini, beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:

a. Penerapan back link

SEO off page diterapin dengan cara ngarahin pembaca dari website lain ke website kita. Nah, link yang digunain untuk ngarahin pembaca inilah yang disebut sebagai back link. Umumnya, pembaca ga akan menyadari kalo mereka diarahin ke website.

b. Popularitas website

SEO off page memang menjadi salah satu andalan master SEO karena memang sudah terbukti ampuh, Namun, kita yang pengen nerapinnya harus sangat perhatiin popularitas website yang dipasangi back link. Pastiin website tersebut cukup populer sehingga mendongkrak popularitas website kita dengan cepat.

c. Kredibilitas website

Selain populer, website yang dipake untuk memasang back link haruslah website terpercaya. Pengunjung website pastinya akan lebih percaya kalo kredibilitas website sudah teruji. Pada hal ini yang dimaksud adalah kebenaran informasi yang disampaikan.

d. Usia website

Usia website yang dipasangi back link juga sangat mempengaruhi keberhasilan SEO nantinya. Jadi, pastiin kita memasang back link pada website yang sudah cukup lama berdiri dan rutin meng-update artikel.

e. Kesesuaian website induk dengan website kita

Selain beberapa hal di atas, kita juga harus perhatiin kesesuaian website yang dipasangi back link dengan website kita. Pastiin website tersebut memiliki tema atau pembahasan serupa sehingga link yang dipasang ‘nyambung’ dengan pembahasan artikel. Jadi, pembaca ga merasa dilempar pada website dengan informasi yang sebenarnya ga mereka butuhin.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang teknik SEO. Sudah paham dan pengen mencobanya sekarang?

Sebaiknya, kita memantau hasil SEO dari hari ke hari dengan mencoba mencari kata kunci yang dibidik melalui mesin pencarian. Catat ranking website kita di mesin pencari, di halaman berapa dan di nomor berapa. Adakah perubahan setiap harinya?

Kalo kita berhasil nerapin teknik SEO pada sebuah website, bukan ga mungkin hal tersebut menjadi ladang uang yang baru untuk kita. Kita bisa menjadi pakar SEO dengan bayaran ga sedikit dan bahkan bisa besar daripada bayaran dari adsense. Kalo masih belum yakin dengan kemampuan yang dimiliki, kita bisa memulai dengan nawarin jasa penulisan artikel SEO yang umumnya lebih mahal dibandingin artikel biasa.

Tapi, kalo pengen nawarin jasa SEO ada satu hal yang perlu kita ingat, yakni dunia SEO yang terus berkembag seiring dengan berkembangnya algoritma yang diterapin oleh mesin pencarian. Jadi, kita harus terus meng-upgrade kemampuan kita, kalo ga pengen ketinggalan dengan master SEO lainnya. Butuh jasa master SEO? Cek di sini.

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Mauliate

Comments

Leave a Reply