Makanan Khas Kepulauan Riau

Salam #MasBro #MbakBro

Nikmatin  kuliner khas suatu daerah pasti bakal ngasih kesan nyenengin betul gak #MasBro #MbakBro? Apalagi kalo #MasBro #MbakBro bisa cicipin langsung dari kota asalnya. Salah satunya kuliner khas Kepulauan Riau. Ini dia beberapa rekomendasi kuliner khas Kepulauan Riau yang gak boleh dilewatin.

  1. Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang terkenal banget sampe lintas daerah loh #MasBro #MbakBro. Makanan ini merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang bahan dasarnya ikan patin. Ikan patin dimasak pake bumbu khusus sehingga menghasilkan kuah kuning yang gurih dan sedap banget. Apalagi kalau ditambahin menu lain kayak perkedel atau daun ubi rebus. Dijamin bisa menggoyang lidah bagi siapapun yang mencobanya.

2. Ikan Selais Asap

Makanan yang satu ini pasti dicari para penikmat kuliner. Kenapa? Soalnya punya citarasa daging yang khas dan renyah. Apalagi kalo dicampur sama sambal merah yang pedas dan menggugah selera. #MasBro #MbakBro gak usah khawatir gak bisa menikmati makanan khas Kepulauan Riau satu ini, soalnya pasokan ikan selai di Riau akan selalu ada. Maklum aja Riau banyak diapit beberapa sungai sebagai sarang ikan selai. Gimana #MasBro #MbakBro siap nyobain?

3. Asam Pedas Baung 

Selanjutnya ada Asam Pedas Baung. Baung adalah salah satu jenis ikan yang diyakini punya kandungan protein tinggi dan rendah lemak. Tekstur daging ikan ini tuh lembut dan kenyal gitu #MasBro #MbakBro jadinya nikmat banget disantap. Kuahnya warna kemerahan pun menggoda banget soalnya dibikin pake bumbu khusus khas Riau. Nah, kalau #MasBro #MbakBro mau cobain makanan khas Kepulauan Riau satu ini #MasBro #MbakBro bisa mengunjugi rumah makan Pondok Asem Pedas Baung yang terletak di sebrang RS aWl Bross

4. Roti Canai

Kalo makaan khas Kepulauan Riau ini berasal dari budaya India. Cara memasaknya dengan diberi sedikit minyak. Rasanya empuk dan gurih. Roti canai biasa disajikan dengan kari daging kambing dengan cara disobek rotinya untuk diccol ke kuah kari daging kambing atau domba. Gurihnya menggoda banget!

5. Mie Lendir

#MasBro #MbakBro jangan jijik dulu ketika mendengar nama makanan khas Kepulauan Riau satu ini. Walopun namanya agak aneh, tapi percaya deh paduan cita rasanya gak ada duanya. Mie Lendir ini terdiri dari mie kuning yang direbus dan dicampur dengan telur dan tauge. Kalo kuahnya, biasanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar kacang tanah yang dicampur pake ubi dan bumbu lainnya. Cocok banget buat menu sarapan sebelum #MasBro #MbakBro beraktifitas.

6. Nasi Lemak

Makanan ini juga sering ditemui di negara-negara tetangga kayak Malaysia, Singapura, hingga Brunei Darussalam.Nasi Lemak biasanya disajiin sebagai menu sarapan saat pagi hari. Buat #MasBro #MbakBro yang belum tau, nasi lemak adalah kuliner dari nasi yang diolah dengan menggunakan santan kelapa serta daun pandan. Dua bahan tambahan itulah yang bikin cita rasa makanan khas Kepulauan Riau satu ini menjadi gurih. Masyarakat Riau juga sering manambahkan lauk lain seperti ikan teri goreng, telur, sambal hingga mentimun.

7. Mi Seo

Mi seo juga merupakan makanan khas Kepulauan Riau lumayan gampang ditemuin di beberapa warung makan. Kuliner ini merupakan makanan berkuah dengan isian seperti mie kuning, mie putih, suwiran daging ayam, kulit ayam yang renyah dan bahan-bahan lainnya. Campuran kuah dengan berbagai isian yang ada, dijamin bikin #MasBro #MbakBro ketagihan.

8. Sup Tunjung

Kalo #MasBro #MbakBro berkunjung ke Riau dan butuh yang anget-anget, makanan khas Kepulauan Riau ini bisa jadi jawabannya. Gak cuma bikin #MasBro #MbakBro hangat, Sup Tunjung ini juga bisa lidah #MasBro #MbakBro bergoyang saking enaknya. Sup tunjung ini merupakan sup yang dibuat dengan menggunakan tulang kaki sapi yang udah dibalut daging. Tulang sapi tersebut kemudian direndam pada kuah bening warna kuning dengan beberapa bahan pelengkap kayak irisan wortel, tomat dan daun bawang.

9. Sate Rusa

Kalo sate didaerah lain biasanya pake daging seperti ayam, sapi, kerbau, dan sebgainya maka di Riau #MasBro #MbakBro akan nemuin sate dengan bahan dasar daging rusa. Tekstur makanan khas Kepulauan Riau satu ini  legit dan cita rasanya manis. Dijamin sukses bikin #MasBro #MbakBro ngerasain pegalamnan makan dengan sensasi berbeda.

10. Lakse kuah

Lakse kuah adalah makanan khas Kepulauan Riau yang berasal dari bahan dasar ikan laut segar. Makanan tradisional ini terkenal banget di kepulauan Riau, khususnya di pulai Natuna yang bahkan menjadi ikon kulinernya. Lakse kuah pada umumnya pake ikan tongkol dan ikan teri yang ditumbuk halus dengan tambahan mie yang terbuat dari bahan dasar sagu. Kalo  kuahnya pake santan kelapa dengan tambahan rempah seperti cabai, ketumbar, adas manis, bawang merah, bawang putih, jintan putih, jahe, dan kunyit. Lakse kuah punya keunikan dari segi tampilan, terutama pada bentuk mie yang mirip sama sanggul yang diletakkan pada daun kemangkuk. Terus ada keunikan lain juga #MasBro #MbakBro yakni pada kuahnya yang merupakan campuran antara santan, rempah-rempah, dan ikan tongkol yang sudah dihalusin. Kalo #MasBro #MbakBro ingin menyicip lakse kuah, biasanya makanan ini dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 – Rp10.000 per porsinya.

11. Asidah

Makanan khas Kepulauan Riau berikutnya, ada asidah. Menurut sejarah, makanan yang bisa ditemukan di kawasan Riau ini terinspirasi dari kudapan khas Arab #MasBro #MbakBro, kemudian disesuaikan dengan selera lidah orang Melayu. Asidah merupakan makanan khas Riau yang berasal dari orang Melayu. Saat ini, asidah sudah mulai sulit ditemui dan langka soalnya minim pengenalan dari generasi tua kepada generasi muda.

Buat #MasBro #MbakBro yang belum tau, asidah mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa kue manis gurih akibat perpaduan pandan, cengkeh, dan kayu manis sebagai bahan perasa alaminya. Bentuk dari kue asidah juga cantik-cantik loh kayak namanya, ada yang berbentuk bulat, daun jambu, dan paling banyak sih bentuk bunga mawar. Penyajian asidah biasanya bersama taburan bawang goreng agar rasa dan aromanya lebih istimewa.

12. Gulai Belacan

Di berbagai negara, termasuk Indonesia, udang adalah hewan laut yang seringkali dijadiin bahan utama untuk berbagai masakan. Kayak di Kepulauan Riau nih, ada makanan berbahan dasar udang yang disajiin pake kuah yang bercampur santan. Makanan tersebut adalah gulai belacan yang memadukan bahan utama berupa udang dengan bumbu rempah yang udah ditemukan di daerah Riau.

Adapun bumbu rempah yang dipake buat bikin gulai belacan antara lain asam jawa, kemiri, dan lada. Yang menarik dari makanan khas Kepulauan Riau ini adalah penggunaan udangnya yang bisa disesuaikan selera. #MasBro #MbakBro bisa memilih mau memakan gulai belacan yang pake udang sungai ato udang laut. Kalo  #MasBro #MbakBro mau menyantap udang yang berukuran besar, maka pilih udang laut. Selain itu #MasBro #MbakBro juga bisa milih mau hidanginnya pake petai sebagai pelengkap apa enggak .

Jadi #MasBro #MbakBro pengen nyobain makanan khas Kepulauan Riau yang mana dulu nih? Selamat menikmatinya ya!

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/butuhTulisan

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply