MAKANAN KHAS BALI

Halo teman teman semuanya kali ini kita bakal intip makanan khas dari bali nihhh yuk di simak tulisan berikut :

  1. nasi campur pedas

Nasi pedas merupakan kuliner yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Bali. Terkenal dengan sensasi pedasnya yang nikmat, nasi pedas merupakan nasi dengan campuran lauk pauk, sayuran, dan sambal.

2. pia bali

Pia atau Bakpia Bali tidak kalah enaknya dari bakpia Jogja dan Solo. Bedanya, bagian kulit pia Bali lebih crunchy dan isiannya rasa coklat dan keju. Dua merk pia paling terkenal di Bali adalah Pia Legong dan Pia Eiji.

3. sate lilit

Sate lilit adalah makanan jalanan favorit di Bali. Kelezatan tradisional ini biasanya dibuat dengan daging cincang yang dililitkan pada tusuk sate pipih. Semua jenis daging mulai dari sapi, ikan, babi, hingga ikan dapat dijadikan sate lilit.

4. bebek goreng bumbu bali

Bebek Goreng Bali berbeda dari bebek lainnya karena wajib menggunakan bebek yang masih muda agar dagingnya tidak alot saat dikonsumsi.

Bumbunya pun berbeda karena menggunakan bumbu khas Bali yang diracik dengan menggunakan lengkuas, kencur, jahe, bawang putih, terasi goreng, ketumbar, gula, garam, dan merica.

Salah satu rekomendasi bebek goreng bumbu Bali yang bisa kamu beli secara online adalah bebek goreng dari Taliwang Bali yang disajikan lengkap dengan sambal dan tanpa bahan pengawet.

5. kacang bali

Kacang merupakan cemilan yang cocok untuk segala suasana. Kacang dari Bali banyak digemari konsumen karena rasanya yang gurih, renyah, dengan aroma bawang putih yang sedap.

Ada 4 tipe kacang yang terkenal di Bali, yaitu kacang tanah, kacang kapri, kacang disco, dan kacang koro. Kamu bisa membeli kacang kapri Tari Bali Memang dan kacang tanah Matahari, dua merk kacang paling terkenal dan enak di Bali

6. nasi jinggo

Selain nasi pedas, Bali juga memiliki kuliner nasi lainnya yang tidak kalah enak, yaitu nasi jinggo. Perbedaannya ada pada ukuran dan lauknya.

Nasi Jinggo atau nasi kucing berukuran kecil dan dibungkus dengan daun pisang. Pembeli biasanya membeli 2 hingga 3 nasi jinggo agar kenyang. Lauk dalam nasi jinggo ada ayam suwir, telur pindang, orek tempe, mi goreng, dan sambal.

7. pie susu

Sebagaimana pie pada umumnya, pie susu Bali memiliki tekstur yang keras diluar dan lembut didalam. Namun, yang membedakannya, pie susu Bali berbentuk kecil dan dikemas individual.

Pie susu Bali terkenal karena rasanya yang manis susu dipadu dengan pinggiran pie yang renyah. Cemilan ini sering di borong wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

8. aneka sambal bali

Kuliner Bali terkenal karena pedas dan menggunakan berbagai macam sambal yangs egar dan nikmat. Sambal matah dan embe khas Bali sering dijadikan pasangan saat menyantap makanan.

Sambal matah berarti “sambal mentah” yang terdiri dari cabai, bawang merah, serai, kecombrang, daun jeruk, dan jeruk limau. Sementara, sambal embe merupakan sambal terasi khas Bali.


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply