Laptop HP-Ku Tiba-Tiba Mati Sendiri, Apa Alasannya, Dan Bagaimana Cara Memecahkan Masalah Ini? | [Jawaban Ahli]

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Kapan terakhir beli laptop?
Ada rencana mau beli laptop?

Laptop HP-Ku Tiba-Tiba Mati Sendiri, Apa Alasannya, Dan Bagaimana Cara Memecahkan Masalah Ini?

Pengguna laptop kini semakin banyak karena kebutuhan akan alat ini semakin meningkat, tidak hanya perusahaan atau sekolah saja yang memilikinya, tapi hampir semua orang punya laptop. Laptop setiap hari digunakan untuk berbagai kegiatan, tapi ada kelemahan yang tidak dapat dipungkiri dari komputer ini, yakni sering kali laptop mati sendiri secara tiba-tiba pada saat digunakan. Hal yang membuat kesal jika sedang membuat makalah atau tulisan yang belum disimpan, maka semua akan terhapus. Penyebab laptop mati sendiri harus kamu ketahui sehingga mudah untuk menanganinya. Apakah laptopmu benar-benar sudah mati? Atau komputermu hanya tidak sengaja di restart saat kamu sedang mengerjakan sesuatu?

Kejadian ini sering terjadi. Jika kamu mengalami kejadian seperti ini, jangan langsung membawa ke teknisi dan cobalah cari tahu terlebih dahulu penyebab laptop ini mati sendiri, kemudian lakukan tindakan dengan memeriksa sofwarenya atau hardwarenya mengalami masalah atau tidak. Kamu bisa melakukannya sendiri sehingga tidak usah mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Namun selain itu, apa sajakah yang berpotensi menjadi penyebab masalah ini?

Laptop mati sendiri apabila baterainya sudah habis, namun tentu saj adnegan pembritahuan dulu sebelumnya. Jika laptop mati sendiri secara tiba-tiba  tanpa penyebab apapun, maka hal ini perlu diperhatikan. 

Penyebab-penyebab laptop mati sendiri antara lain:

1. Laptop kotor atau kemasukan debu, apabila laptop berdebu maka udara dalam laptop tidak akan keluar sehingga hardware dalam komputer akan menjadi panas karena sirkulasi udara terganggu. Hal ini akan menyebabkan panas sehingga laptop mati secara tiba-tiba. Hal ini bisa diatasi dengan membuka laptop dan bersihkan secara berlahan debu-debu yang menempel dengan menggunakan kuas, usahakan menggunakan kuas yang lembut sehingga tidak merusak bagian yang lainnya. Bersihkan debu-debu terutama pada saluran udara sampai bersih.

2. RAM bermasalah, kalau memang RAM yang mengalami masalah sehingga kerja RAM kurang optimal ini bisa disebabkan karena adanya debu sehinga RAM menjadi berat jika demikian bersihkan daerah tersebut dengan menggunakan penghapus saja bersihkan pada area kuningan saja. Untuk membersihkan RAM. Jangan menggunakan tangan, karena bila tangan berminyak akan membekas. Kapasitas RAM bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan agar kinerja RAM dapat lebih optimal dan komputer dapat bekerja lebih baik dan ringan.

3. Suhu udara pada laptop terlalu panas hal ini bisa disebabkan karena alas atau meja yang digunakan tidak rata atau laptop dinyalakan diatas benda yang bergelombang, misalnya di atas kasur, atau di atas kursi busa  sehingga udara tidak bisa keluar dengan baik udara panas akan membalik ke laptop dan akibatnya laptop mati sendiri secara tiba-tiba. Gunakan alas dengan permukaan rata atau datar sehingga sirkulasi udara bisa keluar dengan baik. Gunakan, buku, pendingin atau kipas khusus untuk laptop.

4. Baterai juga bisa menjadi penyebab matinya laptop secara tiba-tiba, hal ini bisa dilihat apakah baterainya sudah rusak dan perlu diganti. Coba lepas baterainya kemudian kamu bisa menggunakan charger untuk sementara. Namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh pemilik laptop dengan removable battery.

5. Kesalahan pada hardware, mungkin masalah hard drive. Kamu bisa instal aplikasi crytal disk Info untuk mengecek kondisi hard drive.  

6.  Masalah motherboard yang sudah tua atau rusak, kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Sebaiknya kamu segera mengganti mainboar dengan yang baru, karena laptop tidak akan bekerja optimal dengan mainboard yang sudah rusak. Namun untuk hal ini, kamu harus mengonsultasikannya dengan teknisi terlebih dahulu.

Tips-Tips Untuk Merawat Laptop

Untuk merawat laptop bisa dilakukan pada waktu-waktu senggang pada saat laptop tidak digunakan dan dalam keadaan tidak menyala.

  • Lakukan perawatan secara berkala dengan selalu membersihkan debu-debu yang muncul baik pada permukaan laptop maupun didalam laptop dengan menggunakan kuas kecil yang lembut.
  • Tempatkan laptop pada tempat yang aman dan jauh dari tetesan air.
  • Apabila kamu telah memakainya sebaiknya jangan langsung ditutup dalam keadaan panas hal ini menyebabkan laptop cepat rusak. Diamkan dingin terlebih dahulu baru kemudian menutupnya dengan rapat dan simpan dengan baik.
  • Sebaiknya memakai charger jangan dalam keadaan laptop menyala sebaiknya laptop dimatikan terlebih dahulu.
  • Jangan membiarkan laptop terlalu lama menyala sampai berjam-jam menjadi panas. Istirahatkan terlebih dahulu sampai panas menghilang baru kamu menyalakan laptop kembali.
  • Laptop yang masa pakainya sudah lewat memang harus diganti disamping kecepatannya kurang optimal kamu terus direpotkan dengan berbagai perbaikan dari mulai mengganti perangkat yang kecil-kecil sampai mengganti perangkat yang besar. Budget yang harus kamu keluarkan tentunya tidak sedikit carilah laptop yang kualitasnya bagus dan tahan lama. Tentu saja hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Apabila kamu seorang pegawai atau seorang pelajar yang kebutuhannya hanya sekedar mengetik, browsing dan memutar musik tentunya kamu tidak membutuhkan laptop dengan memory akses acak atau RAM yang tinggi, tapi jika kamu adalah seseorang dengan pekerjaan yang menuntut performa yang maksimal, maka laptop yang harus kamu miliki harus yang canggih dan terbaik agar nantinya kamu tidak kerepotan. Laptop HP memang bagus kualitasnya dan sudah banyak orang yang memakainya.

    Rawatlah laptop dengan baik agar tahan lama, karena laptop sangat berguna untuk membantu pekerjaan. Laptop merupakan fasilitas yang sangat berguna sekali bagi semua orang. Untuk itu jagalah barangmu dan kenali penyebab matinya laptop dan kerusakannya. Apabila kerusakannya tidak terlalu parah, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dan apabila kerusakannya berat dan harus dilakukan oleh ahlinya maka bawalah laptopmu ke service langganan yang kamu percaya. Jika laptop kamu berumur sudah terlalu tua dan biaya perbaikanya hampir sama membeli baru sebaiknya ganti laptop kamu dengan yang baru saja agar kedepannya tidak merepotkan lagi.

    Demikian penjelasan di atas mengenai penyebab laptop mati sendiri secara mendadak. Rawatlah laptop kamu dengan baik agar laptop tetap awet dan tahan lama.

Suka baca tulisan tentang teknologi?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar untuk menulis nya.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
acerid. SpAcer, Lakukan 9 Cara Ini untuk Merawat Laptop Baru.
acerid.com dibuka pada pukul 07.27 WIB pada hari Senin, 06 Oktober 2020

Kata kunci lain yang sering dicari
laptop hp-ku tiba-tiba mati sendiri apa alasannya dan bagaimana cara memecahkan masalah ini?, cara menghidupkan laptop hp yang tiba-tiba mati, cara mengatasi laptop axioo sering mati sendiri, cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati, cara mengatasi laptop asus mati sendiri, laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh, cara mengatasi laptop mati sendiri, penyebab laptop asus x441u mati sendiri, laptop sering mati sendiri tapi tidak pana, Laptop HP-Ku Tiba-Tiba Mati Sendiri, Apa Alasannya, Dan Bagaimana Cara Memecahkan Masalah Ini?,
laptop, jawabIN, #JawabanAhli, 

Comments

Leave a Reply