Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan, salah satu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia adalah kedatangan malam lailatul qadar. Pada malam ini, dikatakan bahwa memiliki kebaikan setara dengan seribu bulan.
Pada malam tersebut, terdapat banyak keutamaan bagi umat muslim. Berikut ini, kami rangkum dari beberapa sumber, keutamaan malam lailatul qadar.

  1. Malam Diturunkan nya Al-Qur’an Keutamaan malam lailatul qadar yang pertama adalah malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an. Sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al-Baqarah dan Al-Qadr.
  2. Lebih Baik Dari Seribu Bulan
    Keutamaan malam lailatul qadar yang kedua adalah malam tersebut lebih baik dari pada seribu bulan. Allah SWT berfirman,
    “Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr:2–3)
  3. Malam Keberkahan
    Keutamaan malam lailatul qadar yang ketiga yaitu malam dipenuhi dengan berkah. Allah SWT berfirman:
    “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sebenarnya Kami-lah yang memberi peringatan peringatan. Pada malam itu segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul. ” (QS Al-Dukhan: 3-5)
  4. Malam Penuh Keberkahan
    Keutamaan malam lailatul qadar yang keempat yaitu malam lailatul qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan.
    Selain penuh dengan keberkahan, malam lailatul qadar juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Qadr,
    “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5)
  5. Para Malaikat Turun Ke Bumi
    Keutamaan malam lailatul qadar yang kelima adalah pada malam tersebut, para malaikat akan berbondong-bondong turun ke bumi.
  6. Malam Penuh Ampunan
    Keutamaan malam lailatul qadar yang keenam yaitu pada malam itu, dosa umat muslim akan diampuni. Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya.
  7. Malam Penuh Kebaikan
    malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh kebaikan. Pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslimin mengerjakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Comments

Leave a Reply