KENAPA HARUS GROWTH MINDSET & GRIT DAN ARTINYA

Adopsi growth mindset dan grit sebagai prinsip dasar dalam menghadapi tantangan hidup menjadi semakin penting dalam era yang terus berkembang ini. Growth mindset mencerminkan keyakinan bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat berkembang melalui usaha, pembelajaran, dan ketekunan. Hal ini berarti individu dengan growth mindset melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan mereka, bukan sebagai batasan.

Growth Mindset:

Growth mindset mencerminkan pandangan bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat berkembang melalui upaya, pembelajaran, dan ketekunan. Dalam perspektif ini, individu yang memiliki growth mindset percaya bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan sebagai langkah menuju pertumbuhan. Mereka melihat tantangan sebagai peluang untuk belajar dan meningkatkan keterampilan mereka. Dengan fokus pada proses daripada hasil akhir, individu dengan growth mindset lebih mungkin menjalani kehidupan dengan semangat pembelajaran yang tinggi. Keyakinan ini menginspirasi mereka untuk terus mencari pengetahuan baru, mengatasi hambatan, dan berkembang sepanjang waktu.

sumber : sites at darthmout

Grit:

Di sisi lain, grit adalah kombinasi antara hasrat jangka panjang dan ketekunan. Orang dengan grit memiliki tekad kuat untuk mencapai tujuan mereka, bahkan di tengah-tengah kesulitan dan kegagalan. Sifat ketekunan ini mendorong

individu untuk tetap fokus pada tujuan mereka, meskipun dihadapkan pada rintangan yang sulit. Dengan grit, seseorang tidak hanya memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai sukses, tetapi juga daya tahan mental yang memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan jangka panjang. Kombinasi antara hasrat yang mendalam dan ketekunan yang berkelanjutan menjadikan grit kualitas yang mendukung pencapaian tujuan jangka panjang, mengatasi hambatan, dan membangun ketangguhan mental yang diperlukan untuk menghadapi perjalanan hidup yang penuh liku.

sumber : good news indonesia

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, keberhasilan bukan lagi hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal semata, tetapi juga oleh ketangguhan mental dan sikap terhadap pembelajaran. Individu dengan growth mindset akan lebih cenderung mencari peluang untuk belajar dan berkembang, sementara grit memastikan bahwa mereka tetap fokus dan tekun dalam mengejar tujuan mereka, meskipun dihadapkan pada rintangan dan kegagalan.

Ketika seseorang memeluk growth mindset, mereka lebih mungkin untuk melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk tumbuh, dan ini menciptakan siklus positif di mana pembelajaran konstan menjadi bagian alami dari kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, grit memainkan peran penting dalam memastikan bahwa individu tidak mudah menyerah ketika menghadapi hambatan atau kegagalan, melainkan terus berjuang untuk mencapai tujuan mereka.

Dengan adanya growth mindset dan grit, individu dapat mengatasi rasa takut akan kegagalan, mengembangkan ketahanan mental yang kuat, dan merespon perubahan dengan lebih fleksibel. Dalam lingkungan yang dinamis dan kompetitif, kombinasi kedua konsep ini menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan, menciptakan fondasi untuk pertumbuhan pribadi, profesional, dan akhirnya, kontribusi positif terhadap masyarakat.

by : Daffa Azkhalifa PMN XI-1


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply