INI LOHH WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKSANAKAN ZAKAT FITRAH!!!

INI LOHH WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKSANAKAN ZAKAT FITRAH!!!

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Gimana? Masih Puasa Gak Nih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh. Gimana nih? Masih Semangat Gak Puasanya? Masih dong ya.

Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Syarat  wajib seseorang membayar zakat fitrah:

  • seseorang yang mempunyai kelebihan makanan atau hartanya dari keperluan tanggungannya pada malam dan pagi hari raya.
  • Anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan Ramadan dan hidup selepas terbenam matahari.
  • Memeluk Islam sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadan dan tetap dalam Islamnya.
  • Seseorang yang meninggal selepas terbenam matahari akhir Ramadan.

Berkata Ibnul Atsir: “Zakat fitrah (fithr) adalah untuk mensucikan badan” (An Nihayah 2:307) Berkata Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Atsqolani menukil perkataannya Abu Nu’aim: “Disandarkan shodaqoh kepada fithr (berbuka) disebabkan karena wajibnya untuk berbuka dari bulan Ramadhan.” Adapun pendapatnya Ibnu Qutaibah: “Yang dimaksud zakat Fitrah adalah zakat jiwa, istilah itu di ambil dari kata fitrah yang merupakan asal dari kejadian.” Pendapat ini dilemahkan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dan yang benar adalah pendapat yang pertama. (lihat Fathul Baari 3:367) Sabda Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewajibkan zakat Fithr (fitrah) satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum kepada budak atau yang merdeka, laki-laki atau perempuan anak kecil ataupun dewasa dari kaum muslimin dan Beliau menyuruh untuk dibayar sebelum manusia keluar untuk shalat (‘ied).” (HR. Bukhari Kitab Zakat 3:367 no. 1503 dari hadits Ibnu Umar)

KAPAN SIH WAKTU PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH?

Waktu pelaksanaan zakat fitrah adalah selama bulan Ramadhan berlangsug. Dalam sebuah hadits disebutkan:

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ‎

Artinya: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas orang muslim, baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).

 

A. Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah

Berbeda dengan waktu shalat, waktu pelaksanaan zakat fitrah tidak terikat pada jam tertentu. Selama masih di bulan Ramadhan dan sebelum Shalat Idul Fitri maka zakat fitrah dapat dilakukan.

Zakat fitrah itu sendiri merupakan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW (Ahadi, 2020: 10).

Dilansir dari Zakat.or.id, ada tiga syarat seseorang wajib menunaikan zakat fitrah. Syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Orang-orang yang beragama Islam dan merdeka.
  2. Orang yang memiliki kesempatan untuk menjumpai dua waktu, yaitu di antara bulan Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat.
  3. Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan pada hari raya dan malamnya.
Baca juga:

B. Keutamaan dari Zakat Fitrah

Islam selalu memberikan ajaran, aturan, dan larangan yang dilengkapi dengan alasan atau hikmah. Demikian pula dengan anjuran mengeluarkan zakat. Ada dua keutamaan dari menunaikan zakat fitrah, yaitu:

  • Membersihkan orang yang berpuasa dari kekurangan yang terjadi pada ibadah puasanya.
  • Mencukupi makanan bagi orang yang kekurangan. MasyaAllah.

Berbeda dengan sedekah atau donasi, zakat memiliki ketentuan jumlah barang yang harus dikeluarkan. Adapun jumlah zakat yang harus dikeluarkan adalah beras atau makanan pokok dengan berat 2,5 kg atau 3,5 liter per orang. Jadi, jika ada 5 anggota keluarga yang wajib menunaikan zakat maka masing-masing dari mereka wajib mengeluarkan 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

https://www.youtube.com/watch?v=sV_qEpMMRzI

Kesimpulan

Zakat fitrah wajib hukumnya bagi orang yang mampu. Zakat fitrah bertujuan untuk menyucikan jiwa kita setelah melewati 1 bulan puasa.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Kumparan, liputan6.com Wikipedia dibuka pukul 21:07 WIB pada Hari Senin tanggal 10 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
Ramadhan, Bulan Ramadhan, Amalan Ramadhan, Puasa, Khatam Quran, Lailatul Qadar, Zakat Fitr, Zakat Fitri.

Comments

Tinggalkan Balasan