BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Salam #MasBro #MbakBro

Udah tau kan Beberapa Insiden Kecelakaan Kapal Selam Paling Tragis Di Dunia?

INI LOH LIST BEBERAPA INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Beberapa hari yang lalu kita telah menerima berita bahwa Kapal Selam NANGGALA 402 telah hilang dan pencarian pun telah di upayakan. Beberapa jam yang lalu telah bermunculan berita bahwa kapal selam tersebut telah di temukan di kedalaman 800 meter di dasar laut. Kejadian tersebut tentunya membuat banyak orang terpukul dan sersedih.

Disini kita akan mencoba mengingat beberapa tragedi kecelakaan kapal selam yang terjadi di beberapa belahan bumi kita ini.

1. Kursk

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Kapal Kursk atau K-141 Kursk merupakan kapal selam rudal jelajah kelas Oscar-II buatan Rusia.

Dilansir dari Naval Technology, pada akhir tahun 1994 Kursk jadi salah satu dari 30 kapal yang ambil bagian dalam latihan “Summer-X” yang ditugaskan oleh Angkatan Laut Rusia.

Pada 12 Agustus 2000, Kursk tenggelam di Laut Barents.

Kursk mengalami ledakan saat bersiap menembakkan torpedo tiruan selama latihan.

Kebocoran high-test peroxide (HTP) dari salah satu torpedo Type 65 diyakini telah menyebabkan ledakan tersebut.

Terdapat 118 orang dalam kapal selam tersebut. Masih ada 23 yang bertahan di kompartemen ke-9 ketika kapal selam menghantam dasar laut.

Sayangnya, mereka kemudian meninggal karena kekurangan oksigen.

2. USS Thresher

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Pada 10 April 1963, kapal selam bertenaga nuklir USS Thresher atau SSN 593 hilang dan dinyatakan tenggelam.

Melansir lawfareblog.com, 129 anggota awak kapal dan warga sipil di Thresher dinyatakan tewas.

Dalam sejarah, Ini jadi catatan korban meninggal terbanyak akibat kapal selam tenggelam.

Beberapa menit sebelum tenggelam, Thresher sempat mengirimkan sinyal adanya gangguan kecil ke kapal Skylark.

Kapal selam itu berada kedalaman sekitar 1.300 kaki pada saat kecelakaan terjadi.

Masalah di bagian pipa yang mengakibatkan hilangnya daya diidentifikasi sebagai penyebab utama kecelakaan.

3. USS Scorpion

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

USS Scorpion atau SSN-589 merupakan kapal selam bertenaga nuklir kelas Skipjack 3.500t yang ditugaskan Angkatan Laut AS pada Juli 1960.

Dilansir dari Naval Technology, pada 21 Mei 1960 USS Scorpion melaporkan posisinya sekitar 50 mil selatan Azores dan tidak ada masalah yang dicurigai.

Akan tetapi, pada 27 Mei 1960 kapal selam ini gagal kembali ke Norfolk.

Angkatan Laut AS melakukan pencarian. Sampai akhirnya, kapal selam diumumkan sebagai “dianggap hilang” pada 5 Juni 1960. Dan Insiden ini menewaskan 99 awak kapal.

4. HMS Thetis

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Kapal selam Inggris, HMS Thetis atau N25 adalah kapal selam kelas-T Grup 1 yang dibangun oleh galangan kapal Cammell Laird.

Kapal selam itu diluncurkan pada Juni 1938 dan mulai beroperasi setahun setelahnya.

Kapal selam tersebut melakukan uji coba selam di Teluk Liverpool.

Akan tetapi, karena masuknya air yang membanjiri tabung torpedo dan bagian haluan menyebabkan kapal selam karam sampai kedalaman 150 kaki atau 45,72 meter.

Insiden ini telah menelan korban jiwa sebanyak 99 orang dari 103 awak kapal.

HMS Thetis diperbaiki dan ditugaskan kembali ke Angkatan Laut Kerajaan sebagai HMS Thunderbolt, tetapi dihancurkan oleh korvet Italia Cicogna pada Maret 1943.

Kapal ini sempat mengapung selama beberapa jam, tetapi hanya empat awak yang berhasil selamat sementara sisanya tewas karena mati lemas.

5. K-129

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Kapal selam K-129 merupakan salah satu kapal selam rudal balistik strategis Project 629A (kelas Golf II) dari Armada Pasifik Soviet.

Pada 8 Maret 1968 kapal selam K-120 tenggelam di Samudra Pasifik. Kapal ini sempat hilang kontak setelah meninggalkan Kamchatka dalam misi patroli pada Februari 1968.

Kru sempat melaporkan posisinya saat uji coba menyelam tetapi tidak mengirimkan komunikasi lebih lanjut.

Misi pencarian dilakukan semaksimal mungkin, tetapi gagal. Pada minggu ketiga Maret 1968, angkatan laut Uni Soviet mengumumkan K-129 hilang.

Pada Agustus 1968, puing K-129 ditemukan oleh USS Halibut di barat laut Oahu pada kedalaman sekitar 4.900 meter. Penyebab kecelakaan masih belum diketahui.

Kejadian ini menewaskan semua awak di dalamnya sebanyak 98 orang.

6. USS Tang

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Pada 24 Oktober 1944 malam, kapal selam Angkatan Laut AS USS Tang berada di Selat Taiwan membayangi konvoi besar kapal tanker dan angkutan Jepang.

Melansir Buisness Insider, Tang menembakan banyak torpedo untuk melumpuhkan kapal Jepang.

Dengan dua torpedo tersisa, Tang menembakkan torpedo terakhirnya, tetapi ada yang tidak beres.

Torpedo tiba-tiba menembus permukaan dan berbalik, langsung menuju Tang.

20 detik kemudian, senjata makan tuan itu menghantam ruang torpedo belakang Tang. Ini jadi akhir yang buruk dalam sejarah Angkatan Laut AS.

7. Ming 361

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

Kapal selam Ming 361 atau The Great Wall merupakan kapal selam diesel-listrik milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, China.

Mengutip Naval Technology, pada April 2003, Ming 361 sedang melakukan latihan di Laut Kuning antara Korea dan Provinsi Shandong.

Akan tetapi, terjadi kerusakan pada mesin diesel yang merusak oksigen dalam kapal selam.

Kapal selam yang lumpuh itu tetap mengapung selama sepuluh hari karena dalam misi tanpa kontak.

Ming 361 yang setengah tenggelam ditemukan oleh nelayan China pada 25 April 2003.

Kapal itu ditarik dari lokasi kecelakaan ke pangkalannya di Qingdao. Semua awak di kapal selam yang berjumlah 70 orang, mati lemas karena kekurangan oksigen.

8. K-152 Nerpa

BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!

K-152 Nerpa adalah kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Akula milik Russia.

Kapal ini mengalami kecelakaan saat melakukan uji coba bawah air di Samudra Pasifik yang menyebabkan kematian 20 orang dari 208 orang.

Kecelakaan terjadi karena aktivasi sistem pemadam kebakaran yang tidak disengaja melepaskan gas Freon ke dalam Nerpa K-152.

Semua orang di kapal mengalami sesak napas dan tidak bisa mengaktifkan alat bantu pernapasan.

Kru lainnya tidak menyadari situasinya sampai sirene peringatan berbunyi setelah sejumlah besar gas telah dilepaskan ke kapal selam.

6 awak kapal dan 14 pekerja sipil tewas, sementara 21 orang lainnya luka-luka.

Kesimpulan

Kecelakaan kapal selam bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya kelalaian manusia itu sendiri, seperti kurangnya ketelitian saat pemeriksaan kapal. Dan masalah yang di alami oleh kapal selam seperti umur, mesin, keretakan pada badan kapal, dan lain-lain.

<< Sebelumnya

MASYARAKAT INDONESIA DALAM BERAGAMA #tanya-jawab #1

Selanjutnya >>

                                                                                                     MASYARAKAT INDONESIA DALAM BERAGAMA #4

 

Kata Kunci Lain Yang Sering Di Cari:

KRI Nanggala 402, Kapal Selam, Awal Mula Kapal Selam

Ada juga yang nanya
KRI Nanggala 402 Tenggelam

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Senang bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
KOMPAS.com


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply