Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Apa aja sih hewan yang dimanfaatkan untuk pengobatan?

Salam #MasBro #MbakBro
Beberapa hewan juga ada yang dimanfaatkan untuk pengobatan. Hewan-hewan apa saja yang berguna di dunia kesehatan?

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Ini dia beragam obat yang berasal dari hewan ekstrem tetapi terbukti ampuh melawan penyakit.

1. Tarantula

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Protein dari bisa tarantula spesies Chilian rose berpotensi untuk mengatasi penyakit distrofi otot. Penderita penyakit ini, serabut ototnya akan mengalami kerusakan sehingga fungsi ototnya terganggu dan melemah secara progresif. Protein dari tarantula ini secara spesifik akan membantu memperlambat proses pelemahan sel-sel ototnya.

Pengobatan dari tarantula ini ditemukanoleh ilmuwan asal University of Buffalo, Frederick Sachs, PhD. Namun pengobatan ini belum diujicobakan pada manusia. Tapi, sudah diujicoba pada tikus dengan protein ini telah berhasil membantu tikus yang mengalami distrofi otot memperoleh kekuatannya kembali pada percobaan awal.

2. Belatung 

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Dari penelitian di University of Hawaii, Honolulu menemukan cara cepat dan efektif untuk menyembuhkan luka akibat diabetes, yaitu menggunakan belatung. Pertama, dokter akan mengangkat jaringan yang terinfeksi atau mati dengan pisau bedah atau enzim (debridement), lalu 50-100 belatung spesies Lucilia sericata ditempelkan pada luka pasien dan dibiarkan selama dua hari.

Dua puluh satu pasien ternyata berhasil sembuh. Kesembuhan tersebut diidentifikasi dengan sembuhnya infeksi, jaringan mati terhapus seluruhnya, pembentukan jaringan baru yang kuat pada luka dan lebih dari tiga perempat luka telah menutup.

Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

3. Lintah

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Pengobatan dari lintah ini digunakan untuk terapi. Penyakit yang paling banyak disembuhkan dengan terapi lintah ini adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung, kebocoran jantung, pembengkakan jantung dan migrain.

Lintah yang digunakan adalah lintah medis bernama Hirudo medicinalis yang memiliki tiga rahang dengan deretan gigi kecil. Dengan gigi-giginya yang tajam itu, lintah menusuk kulit pasien, dan memasukkan antikoagulan melalui air liurnya. Kemudian, lintah akan mengisap darah pasien, sekitar 20-45 menit. Biasanya, setiap lintah mampu menyedot 15 ml darah.

4. Tokek

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Tokek dipercaya dapat mengobati asma, penyakit kulit dan menambah stamina. Bahkan menurut penelitian, daging tokek juga dapat menambah kekebalan tubuh yang juga membantu menghancurkan sel-sel tumor maupun kanker. Tokek juga diyakini dapat menurunkan aktivitas dari protein VEGF dan bFGF. Protein-protein ini sangat mempengaruhi perkembangan dari sel-sel kanker.

5. Lebah 

5 Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Terapi yang memanfaatkan racun dari sengatan lebah ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya rheumatoid arthtitis. Terapi sengat lebah bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan menempelkan langsung sengat lebah ke kulit manusia. Kedua, dengan menyuntikkan ekstrak racun lebah ke bagian tubuh yang akan diobati. Racun lebah mengandung zat kimia yang memiliki efek antiperadangan. Senyawa-senyawa tersebut diduga mampu mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan penyakit tertentu, dengan cara mengurangi peradangan.

Kesimpulan

Mau coba pengobatan pake hewan diatas?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 22:25 WIB pada Hari Minggu tanggal 13 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Hewan yang Dimanfaatkan untuk Pengobatan,Tarantula, Belatung, Lintah, Tokek, Lebah, 

Comments

Leave a Reply